Tabungan Pendidikan Anak BNI
Perbankan

Tabungan Pendidikan Anak BNI Tapenas 2020

Tabungan Pendidikan Anak BNI – Sebagai orang tua, pasti memiliki cita-cita membesarkan anak melalui pendidikan yang tinggi. Namun, banyak orang tua yang tidak bisa mewujudkan cita-cita tersebut karena kendala keuangan.

Biaya pendidikan dari waktu ke waktu akan semakin mahal dengan adanya pekembangan zaman yang semakin modern. Untuk mewujudkan cita-cita orang tua mengenai pendidikan anak, sebenarnya hal yang mudah karena saat ini telah bisa di atas dengan menabung di bank.

Anda dapat mengatasi hal tersebut melalui bank BNI, karena bank BNI adalah salah satu bank penyedia tabungan pendidikan anak. Tabungan pendidikan anak di bank BNI, sama halnya ada berinvestasi untuk masa dua atau tiga tahun ke depan.

Tabungan anak bank BNI, sama halnya dengan tabungan berjangka yang memiliki fasilitas auto debet, sehingga nasabah dapat menabung secara rutin. Nah, agar dana pendidikan anak terpenuhi maka saldo dana yang ada di rekening tidak dapat di tarik sewaktu-waktu dan jika nasabah melanggar maka akan dikenakan denda.

Tabungan Pendidikan Anak BNI Tapenas

BNI Tabungan Perencanaan Masa Depan (BNI Tapenas)

BNI Tapenas merupakan produk tabungan dari bank BNI sebagai tabungan berjangka untuk membantu perencanaan keuangan termasuk pada pendidikan anak. Selain menabung, para nasabah BNI Tapenas juga mendapatkan perlindungan asuransi secara gratis.

Saat bergabung dengan BNI Tapenas, maka nasabah harus membayarkan setoran setiap bulannya mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 5.000.000. Dana saldo yang telah disetorkan tersebut tidak dapat di tarik sewaktu-waktu.

Namun, nasabah dapat melakukan setoran lebih atau menambah dana tabungan di luar setoran rutin. Nah, untuk dana setoran tambahan tersebut baru bisa di tarik sewaktu-waktu dengan maksimum penarikan 30% dari setoran tambahan.

Sebenarnya Bank BNI memiliki beberapa produk tabungan yang bisa digunakan untuk tabungan anak. Namun apabila ingin membuat tabungan pendidikan anak BNI maka kami sarankan untuk membuat rekening BNI Tapenas. Nah untuk mengetahui lebih lanjut mengenai tabungan pendidikan anak BNI tersebut silahkan simak di bawah ini.

Manfaat Tabungan Tapenas BNI

Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan apabila membuat tabungan pendidikan anak BNI Tapenas. Namun perlu diingat bahwa tabungan Tapenas merupakan tabungan berjangka sehingga nasabah harus rutin menyetorkan dana setiap bulan sesuai dengan jangka waktu yang dipilih.

1. Masa depan akan lebih pasti

Melalui BNI Tapenas, maka masa depan pendidikan anak akan lebih pasti karena anda telah memperkirakan dengan pasti jangka waktu yang dipilih.

2. Meningkatkan kedisiplinan dalam menabung

Nasabah Tabungan Tapenas harus menyetorkan dana tabungan setiap bulannya, sehingga tidak ada lagi alasan tidak menabung. Hal tersebut, akan membuat orang merasa terbiasa menabung dan lebih disiplin.

3. Mendapatkan asuransi bebas premi

Nasabah Tabungan Tapenas akan mendapatkan asuransi bebas premi. Sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya lebih yang harus dibayarkan sebagai asuransi bebas premi.

4. Mendapatkan suku bunga lebih tinggi

Dengan bergabung Tabungan Tapenas, maka akan mendapatkan suku bunga lebih tinggi dibandingkan dengan jenis tabungan BNI lainnya. Nasabah dapat mengantongi suku bunga hingga 4,00% setiap tahunnya.

Keunggulan Tabungan Tapenas BNI

Selain beragam manfaat di atas, masih ada banyak keunggulan tabungan BNI Tapenas yang wajib diketahui sebelum membuatnya.  Untuk mengetahui apa saja manfaat tabungan pendidikan anak BNI Tapenas silahkan simak di bawah ini.

  1. Terdapat dua pilihan mata uang yaitu IDR dan USD
  2. Nasabah bebas menentukan jangka waktu mulai dari 2 tahun hingga 18 tahun
  3. Nasabah bebas menentukan setoran bulanan, mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 5.000.000 dengan kelipatan Rp 50.000 atau US$20 hingga US$500 dengan kelipatan US$10
  4. Nasabah dapat membuka lebih dari satu rekening Tapenas BNI untuk lebih dari calon penerima manfaat
  5. Nasabah bebas menambah dana di luar setoran bulanan dengan menyetorkan langsung ke rekening BNI Tapenas
  6. Pilihan pembayaran klaim asuransi fleksibel, yaitu setoran bulanan dilanjutkan sampai dengan jatuh tempo
  7. Terdapat piihan asuransi tambahan tanpa adanya pemeriksaan kesehatan dengan manfaat asuransi lebih besar yang terdiri dari asuransi jiwa serta asuransi kesehatan
  8. Nasabah dapat melakukan  tambahan jangka waktu dan setoran bulanan
  9. Nasabah akan mendapatkan manfaat asuransi, meskipun memiliki pertanggungan asuransi sejenis pada lembaga asuransi lain
  10. Nilai asuransi nasabah dapat mencapai nominal hingga Rp 1,5 miliar (BNI Tapenas IDR) atau US$150.000 (BNI Tapenas USD) para rekening nasabah dengan nilai maksimal Rp 6 miliar (BNI Tapenas IDR) atau US$600.000 (BNI Tapenas USD).

Syarat Pengajuan Tabungan Tapenas BNI

BNI Tapenas
Bagi yang tertarik membuat tabungan pendidikan anak BNI Tapenas silahkan simak terlebih dahulu syarat-syarat yang dibutuhkan di bawah ini.

  1. Sebagai Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Usia minimal nasabah 17 tahun atau 65 tahun saat jatuh tempo
  3. Memiliki identitas diri berupa KTP/ SIM / Passpor
  4. Harus memilki tabungan Tapenas IDR yaitu BNI Taplus, BNI Taplus Bisnis Perorangan / BNI Giro Perorangan atau Tapenas USD yang meliputi BNI Dolar atau BNI Giro USD Perorangan
  5. Wajib mengisi formulir aplikasi BNI Tapenas.

Suku Bunga Serta Biaya

Syarat membuat tabungan pendidikan anak BNI Tapenas tidaklah sulit. Namun sebelum membuatnya kami sarankan untuk terlebih dahulu memahami biaya adminstrasi, suku bunga, dan beragam biaya lainnya.

  1. Nasabah akan mendaptkan suku bunga sebesar 4% pertahun.
  2. Nasabah akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 18.000 pertahun.
  3. Nasabah akan dikenakan biaya penutupan rekening sebelum jatuh tempo sebesar 1% dari saldo akhir. Saldo akhir minimal sebesar Rp 100.000.
  4. Dikenakan pajak 20% atas bunga yang dibayarkan

Pajak bunga tabungan pendidikan anak BNI Tapenas memang cukup besar. Namun tidak jadi masalah selama kita bisa menabung secara rutin demi pendidikan anak di masa depan. Lalu yang jadi pertanyaan sekarang, bagaimana cara membuat tabungan pendidikan anak BNI?

Cara Membuat Tabungan Pendidikan Anak BNI Tapenas

Cara pengajuan Tapenas BNI cukup mudah, calon nasabah silahkan datang ke kantor cabang bank BNI dengan membawa persyaratan yang dibutuhkan. Sesampainya di bank, silahkan ambil antrian dan menuju ke customer service.

Selanjutnya, silahkan beritahu petugas customer service bahwa anda ingin mengajukan tabungan Tapenas. Customer service akan memproses pengajuan anda, jika anda telah melengkapi syarat dan ketentuan.

Cara Setoran Dana dan Penarikan Dana Tapenas BNI

Masih ada yang lain yang perlu kalian pahami terkait tabungan pendidikan anak BNI, yakni mengenai cara penyetoran serta cara penarikan dana. Untuk mengetahuinya silahkan simak di bawah ini.

1. Cara setoran dana

Penyetoran dana Tapenas BNI dilakukan dengan setoran bulanan, dengan cara nasabah mendebet rekening inflansi setiap bulan di tanggal 5. Jadi, nasabah tidak perlu menyetorkan uang tabungan melalui kantor cabang bank BNI.

Namun, untuk penyetoran dana tambahan dapat dilakukan melalui seluruh kantor cabang BNI, Gerai ATM, BNI SMS Banking, hingga BNI Internet Banking.

2. Cara penarikan dana

Dana yang ada pada rekening Tapenas tidak dapat dicairkan sewaktu-waktu, tetapi nasabah dapat mencairkan atau penarikan dana pada uang setoran tambahan. Untuk penarikan setoran tambahan, dapat ditarik secara utuh atau semua total dari setoran tambahan.

Pertanyaan Seputar BNI Tapenas

Perlu kalian pahami bahwa BNI Tapenas berbeda dengan tabungan pelajar BNI ataupun tabungan pelajar Mandiri dari beragam Bank lainnya. Sebab BNI Tapenas merupakan tabungan berjangka sehingga setiap nasabah wajib menyetorkan dana setiap bulan. 

Berapa Bunga Tabungan Pendidikan Anak BNI Tapenas?

4% untuk rekening rupiah dan 0.50% untuk rekening USD

Berapa Biaya Adminstrasi BNI Tapenas?

Rp 18.000,- atau USD 3 per rekening/tahun

Apakah Dana Bisa Ditarik Sewaktu-waktu?

Penarikan dana hanya berlau untuk setoran tambahan saja. Sedangkan untuk dana setoran tetap perbulan tidak bisa ditarik hingga jangka waktu tabungan Tapanas berakhir.

Berapa Kali Pernarikan Dana Diperbolehkan?

Dalam satu tahun hanya boleh 1 penarikan untuk setoran tambahan

Apaka Auto Debit?

Untuk setoran wajib per bulan akan di Auto Debit dari rekening BNI pada tanggal 5 setiap bulan.

Berapa Setoran Minimal Per Bulan?

Setoran minimal per bulan adalah sebesar Rp. 100.000 sampai Rp. 5.000.000. Setiap nasabah BNI Taplus bisa bebas memilih besaran setoran per bulan.

Apakah Mendapatkan Asuransi

Ya. BNI memberian asuransi kesehatan dan asuransi jiwa.

Nah, di atas merupakan beberapa informasi mengenai tabungan pendidikan anak BNI. Bagi yang masih ragu dengan biaya pendidikan anak di masa yang akan datang, Tapenas BNI menjadi solusi yang tepat untuk mewujudkan cita-cita anda menyekolahkan anak hingga berpendidikan tinggi.

Selamat mencoba dan semoga infomasi viralorchard.com kali ini bermanfaat. Apabila masih ada pertanyaan seputar tabungan BNI Tapenas silahkan menghubungi BNI Call 1500046 atau melalui website https://www.bni.co.id/id-id/personal/simpanan/bnitapenas.

Simak pula artikel viralorchard.com sebelumnya mengenai saldo minimal BCA dan beragam informasi seputar dunia perbankan yang kami unggah setiap harinya. Sekian dan terima kasih telah rela meluangkan waktu untuk membaca artikel di atas.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *