Syarat Pengajuan KUR Mandiri
Perbankan

Syarat Pengajuan KUR Mandiri 2020 Agar Pinjaman Disetujui

Syarat Pengajuan KUR Mandiri 2020 – KUR (Kredit Usaha Rakyat) merupakan program pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk membantu Usaha mikro kecil menengah atau (UMKM) dengan memberikan pinjaman modal secara mudah dan cepat.

Bank Mandiri telah menyediakan pelayanan KUR dengan tujuan untuk membiayai usaha produktif mikro, kecil, menengah, hingga koperasi. UMKM yang berhak mendapatkan KUR merupakan jenis usaha yang produktif dan layak (feasible), tetapi tidak mampu memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh perbankan.

Mendapatkan pinjaman dengan bunga kecil merupakan salah satu keuntungan apabila meminjam uang melalui pinjaman KUR Mandiri. Namuna tidak hanya UMKM skala kecil saja yang bisa meminjam uang melalui sistem KUR. Sebab Mandiri menyediakan beberapa produk KUR yang disediakan dengan kebutuhan nasabah.

Bank Mandiri menjadi lembaga keuangan yang memiliki tujuan dengan memuaskan nasabahnya dalam berbagai pelayanan yang dimiliki. Nah, bagi UMKM yang masih mencari modal, KUR Mandiri merupakan solusi yang tepat untuk peminjaman modal.

Siapa yang Dapat Mengajukan KUR Mandiri?

Pengajuan KUR Mandiri dapat dilakukan bagi perorangan, pemilik badan usaha kecil, menengah, nelayan, usaha perikanan, hingga petani dapat melalukan pengajuan KUR Mandiri dengan syarat yang cukup mudah.

Jumlah Nominal Pengajuan KUR Mandiri

Bagi anda yang berminat untuk mengajukan KUR Mandiri, dapat mengajukan pinjaman hingga Rp 500.000.000 dan memiliki suku bunga pertahun sebesar 9%. Nah, bagi pengusaha atau perorangan yang ingin mengajukan, sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan jangan terlalu besar sehingga tidak menyulitkan pembayaran cicilannya.

Produk KUR Mandiri

Produk KUR Mandiri
Produk KUR Mandiri

Produk KUR yang disediakan oleh bank Mandiri terbagi menjadi empat, yang dapat anda pilih. Keempat produk KUR Mandiri memiliki fungsi dan tujuan pendanaannya masing-masing.

1. KUR TKI

KUR TKI merupakan produk KUR yang ditunjukkan untuk tenaga kerja Indonesia yang akan bekerja di negara asing. Maksimal peminjaman KUR TKI sebesar 25.000.000 dengan bunga pertahun sebesar 7%.

Para TKI dapat mengambil KUR TKI bagi yang akan bekerja pada negara Singapura, Hong Kong, Brunei, Jepang, Taiwan, Korea Selatan, dan Malaysia. Produk KUR TKI sangat bermanfaat bagi yang akan berangkat ke negara asing tetapi hanya memiliki dana terbatas, dan dapat digunakan sebagai kebutuhan awan saat sampai di negara tujuan.

2. KUR  Mikro

KUR Mikro ini ditunjukkan bagi pengusaha kelompok maupun individu dengan waktu usaha minimal sudah 6 bulan. Jenis usaha yang dapat digunukan untuk mengambil produk KUR Mikro sangat beragam, kecuali jenis usaha yang memiliki hal negatif. Besaran pinjaman KUR Mikro Mandiri maksimal mencapai Rp 25 juta per debitur dengan jangka waktu maksimal 2 tahun.

3. KUR Ritel

Jumlah maksimal peminjaman KUR Mikro sebesar Rp. 25.000.000 sampai maksimal Rp. 200.000.000 dengan suku bunga sebesar 7%. Jangan waktu pinjaman KUR Ritel maksimal mencapai 3 tahun untuk kredit modal kerja dan 5 tahun untuk kredit investasi.

3. KUR Khusus

Produk KUR Khusus ini ditunjukkan untuk kelompok tertentu yang memiliki usaha seperi perkebunan, pertenakan, perikanan. Jumlah maksimal peminjaman KUR khusus yaitu sebesar 500.000.000.

Syarat Pengajuan KUR Mandiri

Syarat KUR MANDIRI
Syarat KUR Bank Mandiri

Sebagai calon debitur, ada beberapa syarat pengajuan KUR Mandiri yang harus dipenuhi jika akan mengajukan pinjaman KUR Mandiri. Adapun syarat yang dibutuhkan adalah sebagai berikut

Dokumen Syarat Pengajuan Kur Mandiri

  1. Tidak termasuk dalam daftar hitam bank Indonesia (nama anda tidak terblacklist di bank Indonesia)
  2. Fotocopy KTP
  3. Fotocopy Kartu keluarga (KK)
  4. Fotocopy surat nikah atau cerai
  5. Pas foto 4×6 suami istri
  6. Surat keterangan usaha
  7. Untuk peminjam dana lebih dari 50.000.000, harus memiliki NPWP
  8. Memiliki jaminan yang sesuai dengan besaran pinjaman, seperti BPKB motor ataupun Mobil

Syarat Pengajuan KUR TKI Mandiri

  1. Memiliki usia minimal 21 tahun
  2. Tidak memiliki kredit pada perbankan atau lembaga keuangan lainnya, baik melalui lembaga program pemerintah di daerah ataupun nasional
  3. Lolos BI checking

Syarat Pengajuan KUR Mikro dan Retail

  1. Merupakan warga negara Indonesia (WNI)
  2. Memiliki usia minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun
  3. Tidak sedang menerima kredit pada lembaga lainnya
  4. Memiliki usaha aktif, minimal 6 bulan dan tergolong layak dari pihak bank Mandiri
  5. Lolos BI checking

Kelebihan dan Kekurangan KUR Mandiri

Bagi yang masih ragu untuk meminjam uang melalui pinjaman KUR Mandiri, maka kalian wajib mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan KUR Mandiri agar bisa semakin yakin menggunakan pinjaman berbunga rendah tersebut.

1. Kelebihan KUR Mandiri:

  • Proses pengajuan KUR mudah dan cepat
  • Agunan mendapatkan kredit berupa objek yang dibiayai
  • Bebas agunan untuk KUR Mikro dan KUR TKI
  • Tingkat suku bunga terbilang cukup efektif

2. Kekurangan KUR Mandiri

  • Sebelum pencairan KUR terdapat proses survey usaha
  • Nilai barang yang dijadikan agunan minimal 70% dan maksimal 100% dari nilai limit kredit

Cara Mengajukan Kur Mandiri

Cara Pengajuan Pinjaman KUR Mandiri
Cara Pengajuan Pinjaman KUR Mandiri

Setelah mengetahui syarat KUR Mandiri besar kelebihan dan kekurangannya, maka kalian bisa yakin apakah akan meminjam uang melalu pinjaman KUR Mandiri atau tidak. Apabila sudah yakin, kalian tinggal datang ke kantor cabang Mandiri terdekat atau pergi ke Mandiri Mitra Usaha yang tersebar di hampir semua kecamatan di Indonesia.

Sebelum datang ke kantor cabang Mandiri atau Mandiri Mitra Usaha kalian harus terlebih dahulu membuat Surat Keterangan Usaha yang didapatkan di kantor Balai Desa masing-masing daerah. Selain itu, siapkan pula jaminan yang akan digunakan untuk pengajuan KUR Mandiri. Jaminannya bisa BPKB motor, BPKB Mobil, dan sertifikat tanah.

Nantinya pihak bank Mandiri akan memeriksa kelengkapan dokumen persyaratan pengajuan KUR Mandiri. Selain itu, pihak bank Mandiri juga melakukan surveh apakah nasabah layak mendapatkan pinjaman atau tidak. Apabila pinjaman disetujui, maka dana bisa cair dalam waktu 1-2 Minggu.

Baca Juga Informasi Lainnya
Bank Terbaik Di Indonesia Bank Syariah Terbaik
Cara Blokir ATM BCA Cara Transfer Lewat M-Banking BCA

Besaran pinjaman yang didapatkan tergantung dari jaminan yang diberikan. Apabila ingin mendapatkan pinjaman dalam jumlah besar, maka kalian harus menyiapkan jaminan bernilai tinggi. Nah demikianlah informasi seputar cara dan syarat pengajuan KUR Mandiri. Sekian informasi viralorchard.com kali ini. Untuk lebih jelasnya, silahkan kungjungi halaman https://www.bankmandiri.co.id/kredit-usaha-rakyat-kur- untuk mengetahui secara pasti syarat pengajuan KUR Mandiri terbaru.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *