Syarat Pengajuan KUR BRI
Perbankan

Syarat Pengajuan KUR BRI 2020 : Mikro, Ritel & TKI

Syarat Pengajuan KUR BRI 2020 –  KUR BRI merupakan salah satu program peminjaman atau pembiayaaan yang diselenggarakan oleh BRI, untuk membantu usaha masyarakat Indonesia. KUR BRI memiliki keunggulan yaitu memiliki suku bunga cukup rendah yaitu 6%.

Suku bunga yang rendah, sangat memikat masyarakat untuk melakukan pengajuan KUR BRI. Selain itu, suku bunga rendah sangat memudahkan nasabah dalam membayar cicilannya.

Seiring berkembangnya zaman, usaha merupakan cara mencari rezeki yang paling efektif. Untuk memudahkan pengusaha-pengusaha, KUR BRI bisa membantu pembiayaan modal usaha mereka.

Banyak para pengusaha Usaha mikro kecil menengah atau (UMKM) yang kesulitan mendapatkan modal untuk mengembangkan bisnisnya. Namun sekanga tidak perlu khawatir, karena sudah KUR (Kredit Usaha Rakyat) yang akan memberikan pinjaman secara mudah dan cepat.

Sebelum masuk pada syarat pengajuan KUR BRI, silahkan pahami terlebih dahulu beberapa ulasan di bawah in mengenai informasi KUR BRI.

Keunggulan KUR BRI

Kelebihan KUR BRI

  1. Target BRI dalam menyalurkan dana KUR cukup tinggi yaitu mencapai 63% dari total dana sebesar 190 triliun
  2. Memiliki tempat pengajuan KUR terluas, karena telah tersebar di seluruh Indonesia. Unit layanan BRI yang telah tersedia hingga pelosok desa memudahkan nasabahnya dalam memenuhi peryaratan bahkan hingga simulasi tabel angsuran KUR BRI
  3.  Menjadi penyalur KUR telengkap, karena menyalurkan skema pembiayaan KUR Mikro, Retail, dan KUR TKI
  4. Memiliki syarat dan proses pengajuan yang cukup mudah.
  5. Pembayaran angsuran KUR sangat fleksibel, karena BRI satu-satunya bank Indonesia yang telah memiliki satelit sendiri. Selain itu, bank BRI diperkuat oleh Sumber Daya Manusia yang handal

Jenis-Jenis KUR BRI

Jenis Jenis Kur BRI

1. KUR Mikro

KUR Mikro BRI merupakan kredit modal kerja atau investasi tanpa agunan bagi perorangan. Melalui dana peminjaman KUR Mikro BRI, nasabah berkah mendapatkan pinjaman sampai dengan 25.000.000 perdebitur.

Meskipun tidak memiliki agunan (jaminan), tidak semua usaha mendapatkannya karena minimal waktu usaha sudah mencapai 6 bulan. Jenis kredit pada KUR Mikro yaitu Kredit Modal Kerja (KMK) dengan jangka waktu tenor maksimal tiga tahun, kemudian ada Kredit Investasi (KI) yang memiliki jangka tenor maksimal lima tahun perdebitur.

2. KUR Ritel

KUR Ritel BRI merupakan salah satu kredit atau kredit modal kerja yang harus memiliki usaha produktif minimal 6 bulan. Untuk dana pinjaman yang diberikan KUR Retail yaitu mulai dari 25 juta hingga 500 juta perdebitur.

Untuk jenis kredit KUR Ritel BRI, terbagi menjadi dua yaitu Kredit Modal Kerja (KMK) dengan jangka waktu maksimal pinjaman selama 4 tahun dan Kredit Investasi (KI) yang memiliki waktu maksimal pinjaman 5 tahun. Nah, bagi calon peminjam yang berminat meminjam KUR Ritel, haruslah disertai agunan atau jaminan untuk mengajukan pinjaman.

3. KUR TKI

Fungsi dari KUR TKI adalah meminjamkan modal kepada calon TKI yang akan berangkat ke negara tujuannya. Negara tujuan yang berhak mendapatkan modal berangkat adalah Hongkong, Singapura, Brunai, Taiwan, Jepang, Korsel dan Taiwan.

Jumlah pinjaman yang diberikan oleh KUR TKI BRI yaitu sebesar 25.000.000. Selain itu, tenor pinjaman yang diberikan oleh KUR TKI selama 3 tahun ataupun sesuai dengan kontrak kerja dan memiliki suku bunga sebesar 6%.

Syarat Pengajuan KUR BRI

Persyaratan KUR BRI

1. Syarat Pengajuan KUR BRI Mikro

  1. Calon nasabah merupakan individu perorangan yang sedang merintis usaha produktif dan layak
  2. Minimal waktu usaha yang telah dijalani serta produktif selama 6 bulan
  3. Calon nasabah wajib melampirkan persyaratan administrasi identitas diri berupa KTP, KK, dan surat ijin usaha
  4. Jumlah pinjaman yang dapat diajukan oleh calon nasabah yaitu 25.000.000 perdebitur
  5. Nasabah tidak memiliki kredit dari perbankan yang bersangkutan atau di tempat pengajuan KUR BRI, kecuali kredit yang bersifat komsutif seperti: KPR, Kartu Kredit hingga KKB

2. Syarat Pengajuan KUR BRI Ritel

  1. Calon nasabah diwajibkan memiliki usaha yang berjalan secara berkelanjutan, produktif serta dikatakan layak
  2. Usaha yang telah berjalan minimal 6 bulan
  3. Pengajuan pinjaman mulai Rp. 25 Juta sampai Rp. 500 Juta
  4. Tidak memiliki kredit atau cicilan, kecuali KPR, KKP dan kartu kredit
  5. Wajib melampirkan Surat Ijin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) dan surat ijin lainya, minimal dari kelurahan setempat

3. Syarat KUR TKI

  1. Calon nasabah merupakan calon TKI yang akan berangkat bekerja pada negara tujuan
  2. Calon nasabah haruslah melengkapi administrasi, seperti: KTP, Kartu Keluarga, Surat MoU (perjanjian kerja) dengan pengguna jasa, passpor, Visa dan surat keterangan penempatan.
  3. Pengajuan pinjaman maksimal Rp. 25 Juta

Asal kalian ketahui, sejak tahun 2020 suku bunga KUR BRI turun dari 7% menjadi 6%. Untuk lebih jelasnya soal suku bunga KUR, kami sarankan untuk datang langsung kantor cabang BRI terdekat. Kalian juga bisa menyimak informasi seputar KUR BRI melalui website https://bri.co.id/kur

Baca Juga Informasi Lainnya
Belajar ReksadanaBank Syariah Terbaik
Syarat Pengajuan KUR MandiriCara Investasi Emas Online

Di atas merupakan syarat pengajuan yang dapat anda lakukan jika berminat untuk mengambil KUR di bank BRI. Kami berharap, ulasan viralorchard.com di atas dapat bermanfaat serta menjadi pedoman yang baik untuk anda yang ingin melakukan pengajuan KUR BRI.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *