Syarat Pengajuan KPR Bank BTN
Pinjaman & Kredit Online

Syarat Pengajuan KPR BTN 2020 dan Cara Pengajuan

Syarat Pengajuan KPR BTN – Siap sih yang tidak menginginkan memiliki sebuah rumah? Semua masyarakat membutuhkannya sebagai tempat berteduh atau beristirahat. Meskipun rumah memiliki harga yang cukup mahal dan menyulitkan pembeli untuk membayarkannya, maka saat ini bank-bank di Indonesia telah menyediakan program KPR atau kredit pemilikan rumah.

Salah satu bank yang menyediakan program KPR adalah bank BTN. Bank BTN menyediakan program KPR untuk rumah tapak maupun rumah susun.

KPR BTN biasa disebut dengan KPR BTN Bersubsidi atau KPR BTN Sejahtera FLPP yaitu fasiltas likuiditas pembiayaan perumahan yang bekerjasama antara bank BTN dengan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Kelebihan dari program KPR BTN yaitu memiliki suku bunga yang rendah serta cicilan tetap selama jangka waktu kredit. Nah bagi kalian yang tertarik mengajukan KPR Bank BTN, silahkan simak informasi syarat pengajuan KPR BTN berikut ini.

Syarat Pengajuan KPR BTN Terbaru

Syarat Pengajuan KPR BTN

Keunggulan KPR BTN

Sebelum masuk pada syarat pengajua KPR BTN, sebaiknya mengetahui terlebih dahulu keunggulan yang dimiliki bank BTN dalam program pelayanan KPR. Berikut keunggulan yang dimiliki KPR BTN:

  • Pengajuan KPR BTN sangat mudah dan cepat
  • Memiliki suku bunga yang kompetitif
  • Mendapatkan perlindungan asuransi jiwa, asuransi kebakaran dan asuransi gempa bumi
  • Memiliki peraturan jangka waktu cicilan yang fleksibel, hingga 25 tahun
  • Fleksibilitas dalam pemilihan lokasi lahan serta rumah impian
  • Mendapatkan perhitungan debit efektif, dapat membuat kredit secara harian, mingguan atau bulanan.

Jenis-Jenis KPR BTN

Setelah mengetahui keunggulan dari KPR BTN, mungkin anda merasa tertarik untuk mengajukanny, maka ketauhilah jenis-jenis KPR BTN terlebih dahulu sebelum bertindak. Adapun jenis-jenisnya sebagai berikut:

1. KPR BP2BT

Jenis KPR BP2BT merupakan kredit pemilikan rumah yang bekerjasama antara bank BTN dengan kementrian PUPR Indonesia. KPR BP2BT diberikan kepada masyarakat yang memiliki subsidi uang muka dalam bentuk tabungan untuk pembelian rumah tapak atau swadaya.

Untuk subsidi yang diberikan mencapai nominal Rp 32,4 juta dengan uang muka minimal 5%. Selain itu, KPR BP2BT memiliki jangka waktu yang cukup panjang yaitu 20 tahun.

2. KPR BTN Subsidi

Untuk jenis KPR BTN Subsidi ini, diperuntukan bagi masyarakat yang memiliki penghasilan rendah dan mendapatkan cicilan rendah serta cicilan yang ringan. Kepemilikan rumah yang didapatkan adalah rumah tapak maupun rumah susun.

Untuk subsidi bantuan uang mukannya yaitu mencapai 32,4 juta dengan suku bunga minimal 5%. Selain itu, untuk jangka waktu KPR BTN Subsidi selama 20 tahun.

3. KPR BTN Mikro

KPR BTN Mikro merupakan jenis KPR dengan produk kemudahan membeli lahan, rumah, membangun rumah, renovasi rumah, secara bertahap. Jenis KPR ini cocok dan diprioritaskan bagi masyarakat pekerja sektor informal.

Pembayaran cicilan KPR BTN Mikro dapat dilakukan dalam bentuk harian, mingguan bahkan bulanan, sesuai dengan kesepakatan pengambil KPR dengan pihak bank BTN. Uang muka yang dibutuhkan pengambilan KPR BTN Mikro sebesar 1% dengan maksimal kredit sampai dengan 10 juta serta memiliki jangla waktu cicilan selama 10 tahun.

4. KPR BTN Platinum

Jenis KPR Platinum dapat digunakan untuk pembelian rumah baik dari pihak pengembang (developer) maupun nondeveloper. Pemblian rumah melalui KPR Platinum tidak harus melalui badan hukum, tetapi dapat dilakukan pembelian rumah melalui perorangan.

Untuk KPR Platinum, bank BTN telah bekerjasama dengan banyak rekanan developer disejumlah kota Indonesia, sehingga pengurusan KPR melalui sejumlah delevoper cukuplah mudah. Selain itu, pengambilan KPR BTN Platinum akan mendapatkan fasilitas asuransi kebakaran, serta jangka waktu cukup lama yaitu 25 tahun.

Syarat KPR BTN

Sebelum melakukan proses pengajuan KPR BTN, haruslah menyiapkan beberapa persyaratan yang dibutuhkan. Menyiapkan persyaratan KPR BTN, memiliki tujuan untuk memperlancar proses pengajuan.

  1. Warga negara Indonesia
  2. Memiliki usia minimal 21 tahun dan maksimal 65 tahun pada saat kredit jatuh tempo
  3. Memiliki pendapatan kurang lebih 4 juta untuk rumah sejahtera tapak dan 7 juta untuk rumah sejahtera susun
  4. Sudah bekerja minimal 1 tahun atau sedang menjalani usaha minimal 1 tahun
  5. Memiliki dokumen eKTP, SPT Tahunan serta NPWP
  6. Bagi pengembang rumah sejahtera tapak atau susun harus terdaftar di kementrian RUPR serta pengembang harus memiliki fasilitas asuransi
  7. Spesifikasi rumah harus sesuai dengan peraturan pemerintah Indonesia
  8.  Khusus bagi KPR BTN Platinum harus menutup asuransi personal, karena nantinya BTN akan memberikan fasilitas asuransi ketika pengajua pengambilan KPR diterima
  9. Pengajuan KPR BTN Platinum wajib mendatatangani perjanjian kredit dan APHT (Akta Pembebanan Hak Tanggungan)
  10. Pembayaran cicilan KPR BTN Platinum dilakukan dengan auto debet dari rekening pemohon

Syarat Pengajuan KPR BTN

Nah, setelag mengetahui keunggulan, jenis-jenis serta syarat KPR BTN, kini saatnya anda mengetahui bagaimana syarat pengajuan dengan lancar dan sukses. Berikut langkah-langkahnya:

1. KPR BP2BT/ Mikro/ Subsidi

  1. Pemohon KPR silahkan mencari lokasi rumah sesuai dengan keinginan
  2. Bagi pemohon yang bingung mencari lokasi KPR, dapat dibantu dengan website resmi btn.proprerti.co.id
  3. Silahkan lengkapi dokumen sesuai dengan persyaratan di atas
  4. Setelah langkah 1,2 dan 3 telah terpenuhi, maka berkas akan diproses oleh bank BTN yang terdiri dari Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK), verifikasi data, hingga analisa
  5. Jika proses pemberkasan telah berhasil disetujui, dilanjutkan dengan akad kredit
  6. Terakhir yaitu melakukan proses pencairan.

2. KPR Platinum

  1. Pengajuan kredit KPR Platinum dilakukan di kantor bank BTN
  2. Silahkan mengisi formulir pengajuan KPR BTN Platinum
  3. Jangan lupa membawa dokumen secara lengkap sesuai dengan syarat di atas pada saat mendatangi kantor bank BTN untuk pengajuan KPR Platinum
  4. Jika dokumen telah lengkap, bank BTN akan segera memproses pengajuan KPR Platinum
  5. Ketika proses pengajuan telah berhasil, silahkan siapkan biaya prarealisasi kredit pada rekening tabungan pemohon
  6. Silahkan tandatangani perjanjian kredit disertai dengan akta jual beli.
Baca Juga Informasi Lainnya
Investasi Terbaik Untuk PemulaSyarat KPR Bank Mandiri
Syarat Pengajuan KPR BRISyarat Gadai Sertifikat Tanah 

Nah demikianlah beberapa syarat pengajuan KPR BTN. Seperti yang kalian lihat di atas, syarat yang dibutuhkan tidaklah sulit sehingga bisa menjadi alternatif selain KPR dari Bank BRI ataupun Mandiri. Sekian informasi viralorchard.com kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *