Syarat Membuat Rekening BCA
Perbankan

11 Syarat Membuat Rekening BCA 2020 : Semua Jenis Tabungan

Syarat Membuat Rekening BCA – Bank Central Asia (BCA) menjadi bank swasta terbesar di Indonesia. Dari waktu ke waktu bank BCA selalu memberikan pelayanan terbaik kepada nasabahnya.

Salah satu pelayanan terbaik yang diberikan oleh bank BCA kepada nasabah adala pembuatan rekening. Pembuatan rekening melalui bank BCA merupakan hal yang tepat, karena nasabah dapat menikmati beberapa fungsi yang ada.

Fungsi rekening yang dapat dinikmati oleh para nasabah bank BCA tidak hanya sebagai penyimpanan uang yang palin dipercaya dan aman. Melainkan, dengan memiliki rekening BCA nasabah dapat melakukan penarikan tunai, transfer sesama bank, transfer antar jenis bank, pembayaran tagihan, dan lainnya secara mudah.

Hal tersebut terjadi karena pemilik rekening bank BCA, tidak hanya dibekali dengan buku tabungan saja. Nasabah bank BCA juga akan dibekali dengan kartu ATM atau debit, hingga fitur E-Banking seperti Internet Banking, SMS Banking, sehingga akan lebih mempermudah anda dalam bertransaksi.

Untuk membuat rekening BCA tentu ada persyaratan yang harus dipenuhi. Untungnya syarat yang dibutuhkan tidak ribet dan tergolong mudah. Kami yakin semua masyarakat Indonesia bisa membuatnya.  

Perlu kalian ketahui, bahwasanya Bank BCA tidak hanya menawarkan satu jenis tabungan saja. Ada banyak sekali jenis tabungan yang bisa dipilih nasabah bank BCA. Setiap jenis tabungan juga memiliki syarat berbeda-beda. Oleh karena itulah kami akan menjabarkannya pada artikel viralorchard.com berikut.

Syarat Membuat Rekening BCA

Syarat Membuat Rekening BCA

1. Rekening Tahapan BCA

Tahapan BCA merupakan jenis tabungan bank BCA yang memiliki tujuan memberikan kemudahan kepada nasabah dalam berbagai hal transaksi perbankan. Untuk syarat-syarat membuat rekening BCA silahkan simak di bawah ini.

  1. Calon nasabah merupakan perorangan ataupun yayasan
  2. Mampu menandatangani dan mengisi formulir permohonan pembukaan rekening Tahapan BCA
  3. Memiliki dan membawa kartu identas diri seperti KTP, SIM atau KITAS serta NPWP yang masih berlaku
  4. Membayar setoran awal pembuatan rekening sebesar Rp 500.000, kemudian untuk setoran selanjutnya sebesar Rp 50.000
  5. Saldo rata-rata minimum sebulan sebesar Rp 100.000
  6. Kemudian, untuk saldo minimum yang ditahan sebesar Rp 50.000
  7. Biaya pembuatan kartu sebesar Rp 15.000
  8. Untuk biaya administrasi bulanan, maka sesuai dengan jenis  Passpor BCA atau kartu ATM yang dipilih oleh nasabah.

Selanjutnya, terdapat jenis-jenis Passpor BCA atau kartu ATM yang tersedia pada jenis tabungan Tahapan BCA. Jenis-jenis Passpor BCA sebagai berikut:

1. Passpor BCA Silver

Untuk jenis kartu BCA Silver memiliki limit pengambilan tunai pada mesin ATM sebesar Rp 7.000.000 setiap harinya. Kemudian untuk transfer melalui mesin ATM hingga Rp 25.000.000 perharinya, serta nasabah akan dikenakan biaya administrasi perbulan sebesar Rp 15.000.

2. Passpor BCA Gold

Jenis kartu ATM yang kedua dari tabungan Tahapan adalah BCA Gold. Kartu BCA Gold memiliki jumlah limit yang berbeda denagn BCA Silver, yaitu untuk limit pengambilan tunai melalui mesin ATM sebesar Rp 10.000.000.

Sedangkan untuk limit transfer sesama bank BCA sebesar Rp 50.000.000. Kemudian untuk limit belanja, nasabah akan mendapatkan dana sebesar Rp 50.000.000 serta dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 20.000 perbulan.

3. Passpor BCA Platinum

Passpor BCA Platinum merupakan jenis kartu yang memiliki jumlah limit paling besar di antara Gold dan Silver. BCA Platinum memiliki limit pengambilan tunai hingga Rp 100.000.000, sedangkan untuk limit berbelanja di merchant sebesar Rp 100.000.000.

Namun untuk biaya administrasi berbulannya, sama dengan BCA Gold yaitu sebesar Rp 20.000.

2. Rekening Tahapan Xpresi BCA

Syarat Membuat Tabungan BCA Tahapan Xpresi

Jenis tabungan Tahapan Expresi merupakan jenis tabungan dari bank BCA dengan sasaran para calon nasabah yang memiliki jiwa muda dan dinamis. Syarat membuat rekening BCA Tahapan Xpresi berbeda dengan Tahapan BCA. Dimana persyaratannya adalah sebagai berikut. 

  1. Minimal usia calon nasabah 12 tahun ke atas
  2. Mampu mengisi dan menandatangani formulir pembukaan rekening serta beberapa kelengkapan dokumen seperti KTP khusus untuk calon nasabah berusia di atas 17 tahun
  3. Membayar setoran awal sebesar Rp 50.000 dan setoran selanjutnya sebesar Rp 50.000
  4. Bagi nasabah perorangan tidak dapat menggunakan joint account
  5. Saldo minimum yang ditahan di rekening sebesar Rp 10.000
  6. Biaya pembuatan kartu Tahapan Expresi sebesar Rp 25.000
  7. Perlu diingat, untuk jenis Tahapan Expresi tidak mendapatkan buku tabungan
  8. Kerennya dalam Tahapan Expresi, nasabah dapat mendesign kartu sesuai dengan selera.

3. Rekening Simpanan Pelajar BCA

Syarat Bikin Rekening BCA Simpanan Pelajar

Tabungan Simpanan Pelajar atau SimPel, merupakan jenis tabungan yang dikhususkan kepada semua para pelajar mulai dari TK, SD, SMP, SMA dengan syarat usia di bawah 17 tahun dan belum memiliki KTP. Jenis tabungan ini akan sangat membantu kepada pelajar untuk lebih disiplin dalam pengelolaan uang serta melatih anak gemar menabung.

Nasabah tabungan Simpanan Pelajar akan mendapatkan kartu ATM dengan limit sama seperti passpor BCA Silver. Adapun syarat-syarat yang harus dilakukan calon nasabah dalam pembukaan rekening Simpanan Pelajar adalah sebagai berikut:

  1. Akte Kelahiran
  2. Kartu Keluarga
  3. Kartu identitas orang tua sebagai pendamping
  4. Kartu pelajar jika ada
  5. NPWP orang tua jika ada
  6. Wajib mengisi formulir data nasabah perorangan
  7. Membayar setoran awal minimal Rp 5.000
  8. Kemudian untuk calon nasabah yang berusia di atas 17 tahun, melampirkan kartu pelajar/ surat keterangan dari sekolah dan surat pernyataan orang tua.

4. Rekening Tapres BCA

Syarat Membuat Tapres BCA

Tapres BCA merupakan jenis tabungan BCA yang memberikan manfaat lebih kepada para nasabahnya, salah satunya dengan memberikan fasilitas E-Banking BCA. Selain fasilitas tersebut, Tapres BCA akan mendapatkan suku bunga yang lebih kepada nasabahnya.

Untuk tabungan Tapres, nasabah tidak lagi mendapatkan buku tabungan tetapi hanya rekening koran sebagai laporan keuangan yang lebih pribadi. Jenis tabungan ini dapat dimiliki oleh seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) yang berusia di atas 17 tahun.

Kemudian, untuk Tapres BCA memilik beberapa pilihan passpor yang sama seperti Tahapan BCA yaitu Gold, Platinum dan Silver.

5. Rekening Tahapan Gold BCA

Bank BCA memberikan jenis rekening Tahapan Gold dengan tujuan untuk mempermudah para nasabahnya dalam melakukan transaksi bisnis.  Jenis tabungan ini akan sangat membantu kelancaran usaha para nasabahnya karena dapat digunakan selama 24 jam.

Adapun syarat membuat rekening BCA Tahapan Gold, sebagai berikut:

  1. Pemilik rekening dapat digunakan untuk individu maupun yayasan
  2. Mengisi dan mendatangani permohonan pembukaan rekening Tahapan Gold
  3. Membawa kartu identitas asli seperti KTP, SIM atau PASPOR serta NPWP
  4. Untuk setoran awal pembukaan rekening Tahapan BCA minimal Rp 10.000.000 dengan saldo minimum yang ditahan sebesar Rp 50.000.

Pemilik rekening Tahapan Gold, akan dilengkapi dengan kartu Passpor BCA Silver, Gold, maupun Platinum.

6. Rekening Tabungan BCA Dollar

Tabungan BCA Dollar merupakan jenis tabungan dengan transaksi mata uang asing USD atau SGD. Untuk setoran awal pembuata rekening BCA Dollar, akan dikenakan biaya sebesar USD 100 atau SGD 200.

Kemudian, untuk biaya admistrasi tabungan BCA Dollar sebesar 1 USD atau 2 untuk SGD. Jenis tabungan ini bisa didapatkan oleh individu dengan syarat usia minimal 21 tahun atau lebih.

Selain setoran awal untuk pembuatan rekening BCA Dollar, calon nasabah harulah mengkapi dokumen identitas diri serta mengisi dan menandatangani formulir permohonan pembukaan rekening BCA Dollar.

7. Rekening TabunganKu BCA

Syarat Membuat Rekening BCA TabunganKu

TabunganKu merupakan produk bank BCA yang menawarkan kemudahan menabung bagi perseorangan dengan umur kurang dari 12 tahun sampai lebih dari 17 tahun. Tabungan ini memiliki kelebihan bebas biaya adminstrasi bulanan dan setoran awal buka rekening yang sangat ringan.

Untuk membuka rekening bank BCA ini cukup menyerahkan setoran awal sebesar Rp. 20.000. Kemudian untuk setoran miniman per bulan sebesar Rp. 10.000. Nasabah juga mendapatkan suku bunga sehingga tetap menguntungkan.

Syarat membuat rekening BCA TabunganKU dibagi berdasarkan umur pemilik rekening.  Nah untuk mengetahui apa saja syarat yang dibutuhkan silahkan simak di bawah ini. 

Umur >17 tahun

  1. Identitas Diri Asli (KTP/Paspor)
  2. NPWP (jika ada).

Umur 12 – 17 tahun

  1. Kartu Pelajar/Surat Keterangan dari Sekolah *
  2. Identitas Diri salah satu Orang Tua (KTP/Paspor)
  3. NPWP salah satu Orang Tua (Jika Ada).
  4. Mengisi Surat Persetujuan salah satu Orang Tua untuk Pembukaan Rekening 
  5. Mengisi  Formulir Data Nasabah Perorangan (untuk data salah satu Orang Tua **)

Umur <12 tahun

  1. Akte Kelahiran Anak/Kartu Keluarga
  2. Identitas Diri salah satu Orang Tua (KTP/Paspor)
  3. NPWP salah satu Orang Tua (Jika Ada).

8. Tahapan Berjangka SiMuda

Persyaratan Buka Rekening BCA Tahapan SiMuda Berjangka

Bagi yang ingin menabung untuk tujuan tertentu dalam beberapa tahun kedepan, maka bisa memilih Tabungan Berjangka SiMuda. Tabungan ini cukup istimewa, karena nasabah tidak dapat melakukan penarikan dana selama jangka waktu menabung.

Saat membuat tabungan Berjangka SiMuda nasabah harus memilih jangka waktu menabung mulai dari 12 bulan hingga 240 bulan. Sedangkan untuk setoran per bulan minimal adalah Rp. 100.000 dan akan secara otomatis akan dipotong dari sumber dana (rekening nasabah).

Ada beberapa keuntungan jika membuka rekening Tahapan Berjangka SiMuda. Salah satunya adalah mendapatkan manfaat asuransi. Selain itu tabungan ini bebas biaya adminstrasi bulanan dan memiliki suku bunga lebih besar dibanding tabungan BCA lainnya.

Owh yah, untuk membuat rekening Tahapan Berjangka SiMuda,  nasabah harus terlebih dahulu memiliki produk TabunganKu. Selain itu nasabah harus memenuhi berberapa syarat membuat rekening BCA di bawah ini

  1. Warga Negara Indonesia (WNA) dengan usia minimal 18 tahun dan maksimal 30 tahun
  2. Mengisi formulir pembukaan Tahapan Berjangka SiMuda
  3. Menyetujui Syarat dan Ketentuan Pembukaan Rekening serta Syarat dan Ketentuan Produk Asuransi Jiwa
  4. Memilih pilihan waktu menabung mulai dari 12 bulan hingga 240 bulan
  5. Setoran perbulan akan di autodebet dari rekening TabunganKu yang dimiliki nasabah Tahapan Berjangka SiMuda
  6. Setoran perbulan minimal Rp. 100.000 
  7. Dana tidak dapat ditarik selama jangka waktu menabung

9. Tahapan Berjangka 

Syarat Membuat Rekening Tahapan Berjangka BCA

Tabungan berjangka merupakan solusi untuk menyiapkan dana pendidikan anak ataupun kebutuhan lainnya, seperti membeli rumah, tanah, liburan, dll. Tabungan ini mengharuskan nasabah untuk menabung rutin setiap bulan dengan sistem autodebet.

Nasabah harus memilih jangka waktu menabung minimal 12 bulan dan maksimal 240 bulan. Setoran per bulan minimal Rp. 500.000 dan dana tidak dapat ditarik selama jangka waktu menabung. Meskipun tidak bisa ditarik, namun nasabah akan mendapatkan asuransi dan suku bunga lebih besar.

Nah bagi yang tertarik membuat rekening BCA Tahapan Berjangka silahkan simak terlebih dahulu persyaratan yang dibutuhkan untuk membuat rekening BCA tersebut. 

  1. Warga Negara Indonesia dengan usia minimal 12 tahun dan maksimal 60 tahun
  2. Umur maksimal untuk menabung adalah 65 tahun
  3. Sebelumnya harus menjadi nasabah bank BCA untuk produk produk Tahapan, Tahapan Gold, Tahapan Xpresi, atau Tapres BCA.
  4. Mengisi formulir pembukaan Tahapan Berjangka.
  5. Menyetujui Syarat dan Ketentuan Pembukaan Rekening serta Syarat dan Ketentuan Produk Asuransi Jiwa.
  6. Memilih jangka waktu menabung mulai dari 12 bulan sampai 240 bulan
  7. Bebas biaya adminstrasi
  8. Setoran perbulan minimal Rp. 500.000

10. BCA Laku

Syarat Membuat Rekening BCA Laku

LAKU merupakan produk tabungan BCA yang memudahkan masyarakat Indonesia untuk menabung tanpa perlu harus ke bank. Cara membuat tabungan ini adalah melalui Agen Laku yang sudah tersebar di seluruh Indonesia.

Anda cukup datang ke Agen Laku terdekat, kemudian mengisi formulir dan dilengkapi dengan identitas diri. Setelah itu anda akan langsung mendapatkan kartu LAKU yang bisa digunakan untuk bertransaksi, baik itu setor tunai maupun tarik tunai.

Bisa dikatakan syarat membuat rekening BCA ini hanyalah membutuhkan kartu identitas saja. Sayangnya tabungan ini memiliki limit penarikan uang perbulan sebesar Rp. 5.000.000 dan maksimum saldo tabungan Rp. 20.000.000.

Tabungan ini juga bebas biaya admin bulanan dan akan mendapatkan buka jika saldo tabungan lebih dari Rp. 1. Nah bagi yang tertarik membuat rekening Laku silahkan datang langsung ke agen Laku terdekat.

11. Deposito Berjangka 

Deposito Berjangka BCA

Masih ada satu lagi produk BCA yang bisa menjadi solusi untuk menabung dan berinvestasi, yakni Deposito Berjangka. Produk ini menawarkan suku bunga lebih besar dengan jangka waktu lebih singkat.

Nah bagi yang tertarik menabung melalui Deposito BCA silahkan simak informasi berikut ini “Persyaratan Deposito Bank BCA“. Syarat yang dibutuhkan tidaklah sulit dan anda akan mendapatkan beragam keuntungan. 

Kesimpulan

Seperti yang kalihan lihat di atas, ada banyak sekali produk tabungan yang ditawarkan bank BCA. Silahkan anda memilih salah satunya. Apabila masih ada pertanyaan silahkan simak menghubungi Halo BCA di nomor 1500888 atau www.bca.co.id.  Selain itu, silahkan simak pula halaman FAQ syarat membuat rekening BCA berikut ini. 

Mana Saja Rekening Tabungan BCA Yang Bebas Biaya Admin?

Apabila mencari rekening tabungan BCA yang bebas biaya admin bisa memilih TabungaKu, Tabungan Berjangka SiMuda, Tabungan Berjangka, dan Simpanan Pelajar.

Apakah Buka Rekening BCA Harus Sesuai Domisili?

Tidak, anda bisa membuka rekening BCA dimanapun selama memenuhi syarat membuat rekening BCA

Apakah Bisa Membuat 2 Rekening BCA?

Bisa, namun tergantung dari jenis rekening yang dipilih

Apakah Syarat Buka Rekening BCA Harus Punya NPWP?

Tidak, anda bisa membuat rekening BCA tanpa NPWP

Apakah Bisa Buka Rekening BCA Online?

Bisa, saat ini BCA menyediakan layanan buka rekening online melalui aplikasi BCA Mobile

Berapa Biaya Buka Rekening BCA?

Biaya pembukaan rekening tergantung dari jenis rekening tabungan yang dipilih.

Apa Syarat Membuat Rekening BCA Untuk Anak?

Bank BCA memiliki produk Simpanan Pelajar dan TabunganKu yang bisa menjadi solusi untuk membuat rekening BCA untuk anak.

Apakah Syarat Membuat Rekening BCA Konvesional sama Dengan BCA Syariah?

Berbeda. Untuk mengetahui perbedaannya silahkan simak informasi berikut “Syarat Membuat Rekening BCA Syariah“.

Setelah mengetahui semua persyaratan yang dibutuhkan, maka anda bisa langsung datang ke kantor cabang BCA terdekat. Bagi yang tidak ada waktu juga bisa membuat rekening secara online via BCA Mobile.

Cukup sekian informasi viralorchard.com pada kesempatan kali ini. Simak pula artikel sebelumnya mengenai syarat dan cara daftar merchant GoPay dan beragam informasi menarik lainnya seputar dunia perbankan di Indonesia.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *