Syarat Kur BNI
Pinjaman & Kredit Online

18 Syarat KUR BNI 2020 dan Cara Pengajuan Pinjaman

Syarat KUR BNI 2020 – Mencari sebuah pinjaman dana untuk modal usaha atau mengembangkan sebuah usaha, sudah ditemukan. Para pencari dana usaha bisa mendapatkanya melalui bank-bank di Indonesia.

Salah satu penyedia pelayanan dana bagi para pengusaha atau UMKM adalah bank BNI. Peminjaman dana melalui bank BNI dapat dikatakan sebagai KUR (Kredit Usaha Rakyat).

Pelayanan KUR BNI ini sudah sangat aman dan terpercaya, sehingga dari waktu ke waktu banyak orang yang berminat menjadi nasabahhnya. Selain aman dan terpercaya, untuk mendapatkan pinjaman KUR BNI juga sangatlah mudah dan cepat.

Kredit Usaha Rakyat atau KUR BNI memberikan fasilitas kredit kepada pelaku usaha mikro, usaha kecil, serta koperasi sebagai Kredit Modal Kerja atau kredit investasi. KUR BNI memberikan modal usaha ke nasabah hingga Rp 500.000.000 serta jangka waktu pelunasan disesuaikan dengan kegunaan kredit.

Biasanya bank BNI memberikan tenor pelunasan selama 3 tahun untuk kredit modal kerja dan 5 tahun untuk kredit investasi. Adanya KUR BNI ini bertujuan untuk mengembangkan perekonomian Indonesia melalui usaha rakyat.

Jenis-Jenis KUR BNI

JENIS JENIS KUR BANK BNI

Jika nasabah berminat dengan KUR BNI, sebaiknya pahami tentang jenis-jenis KUR yang telah disediakan oleh bank BNI. Tujuan dari jenis-jenis ini agar calon nasabah tidak salah memilih jenis KUR.

Silahkan simak ulasan di bawah:

1. KUR Mikro

Jenis KUR Mikro ini diberikan kepada nasabah yang akan digunakan sebagai pembiayaan pengembangan usaha yang telah berjalan. Bank BNI akan mengeluarkan plafon kepada nasabah mencapai 25 juta.

Jangka waktu yang diberikan kepada nasabah kredit KUR yaitu selama 4 tahun. Untuk jaminan yang digunakan pengajuan KUR Mikro ini berupa usaha yang sedang dijalankan.

2. KUR Ritel

Kedua yaitu KUR Ritel, jenis KUR Ritel sama seperti KUR mikro karena sama-sama memberikan tambahan modal kepada para pengusaha. Untuk pinjaman KUR Ritel memiliki pinjaman yang lebih tinggi dibandingkan KUR Mikro yaitu 25 juta hingga 500 juta.

Kemudian untuk tenor pinjaman, bank BNI memberikan waktu pinjaman maksimal 5 tahun. Peminjaman KUR Ritel ini haruslah dilengkapi dengan jaminan dan jaminan tersebut sesuai ketentuan bank BNI.

3. KUR TKI

BNI mengeluarkan pelayanan KUR TKI yang dikhususkan bagi calon nasabah yang akan berangkat ke negara penempatan menjadi TKI. Jumlah pinjaman KUR TKI sama seperti KUR Mikro yaitu 25 juta dengan tenor jangka waktu paling lama 3 tahun.

Namun tidak semua TKI diseluruh negara dapat memanfaatkan pelayanan KUR TKI, bank BNI hanya menyediakan beberapa negara saja meliputi Singapore, Hong Kong, Taiwan, Brunei, Japan, Korea, hingga malaysia.

4. KUR Tani

Tujuan dari adanya KUR Tani yaitu demi meningkatkan kapasitas dan kompetensi usaha masyarakat tani, pedagang pupuk, serta ekosistem pendukung pertanian lainnya. Untuk jangka waktu pelunasanan KUR Tani selama 5 bulan atau sebanding dengan musim tanam.

Harapan dari bank BNI, setelah menuai hasil panen maka petani mampu mengembalikan pinjaman modal usaha yang telah diberikan. Nah, jumlah pinjaman yang diberikan kepada petani bermacam-macam sesuai dengan jenis tanaman serta luas lahan, meliputi:

  1. Pinjaman modal yang diberikan kepada petani tanam padi sebesar Rp 22.000.000
  2. Pinjaman modal yang diberikan kepada petani tanam jagung sebesar Rp 15.000.000
  3. Selain itu, luas masing-masih tanah pertanian selebar 2ha dengan suku bunga pertahun sebesar 6% dan 0,03% perlima bulan.

Syarat Kur BNI

Persyaratan KUR BNI
Setelah mengetahui beberapa jenis KUR di atas, untuk menjadi nasabah KUR, calon nasabah haru memenuhi beberapa persyaratan dan ketentuan pendaftaran KUR BNI.

Terdapat beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi. Untuk mengetahui apa saja syarat KUR BNI silahkan simak di bawah ini

  1. Syarat KUR BNI yang pertama adalah nasabah telah menjalankan bidang usahanya dengan waktu minimal 6 bulan.
  2. Pastikan bahwa calon nasabah tidak sedang memiliki memiliki atau mendapatkan kredit dari bank lain.
  3. Sebagai Warga Negara Indonesia (WNI)
  4. Usia calon nasabah minimal 21 tahun atau sudah menikah.
  5. Melengkapi persayaratan administrasi meliputi Kartu Indentitas Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), fotocopy surat keterangan menikah bagi yang sudah menikah.
  6. Melampirkan surat ijin usaha seperti SIUP, TDP, SITU, HO, atau surat keterangan usaha yang diterbitkan dari kelurahan/ kecamatan/ maupun pasar.
  7. Melampirkan Nomor Wajib Pajak (NPWP) untuk pengajuan kredit di atas Rp 50.000.000
  8. Untuk pengajuan kredit di atas Rp 50.000.000 wajib melampirkan fotocopy bukti kepemilikan tanah, IMB dan PBB, BPKB sebagai jaminan.
  9. Namun bagi calon nasabah yang mengajukan pinjaman kredit di bawah Rp 50.000.000 tidak diwajibkan menyertakan bukti kepemilikan atau jaminan.
  10. Maksimal waktu pinjaman mencapai 5 tahun

Bisa dikatakan syarat KUR BNI tidak berbeda jauh dengan syarat pengajuan KUR BRI ataupun KUR Mandiri. Yang paling penting semua syarat KUR BNI di atas harus dipenuhi agar pengajuan kredit dapat disetujui.

Nah yang jadi pertanyaan sekarang, bagaimana cara mengajukan pinjaman KUR BNI? Untuk mengetahui semua prosedurnya silahkan simak informasi berikut ini.

Cara Pengajuan Peminjaman KUR BNI

Cara Pengajuan Pinjaman KUR BNI
Kami akan memberikan informasi mengenai cara pengajuan pinjaman KUR BNI secara umum, karena cara ini mudah untuk dipahami dan dicontoh. Cara peminjaman KUR BNI yang akan kami informasikan yaitu melalui kantor bank BNI, dengan cara sebagai berikut:

  1. Silahkan datangi kantor bank BNI dengan membawa persyaratan pengajuan KUR BNI.
  2. Ambilah nomor antrian menuju customer service. Silahkan tunggu hingga antrian anda telah terpanggil.
  3. Setelah nomor terpanggil, silahakan menuju customer service dan beritahu petugas bahwa anda ingin mengajukan pinjaman KUR BNI.
  4. Petugas customer servuce akan memberikan informasi mengenai usaha apa yang sedang dilakukan oleh calon nasabah.
  5. Silahkan kembali ke rumah dan pihak bank akan mensurvey lokasi usaha yang sedang dijalankan oleh calon nasabah.
  6. Jika memang layak untuk ACC permohonan pinjaman, maka dana KUR akan dicairkan selama 7 higga 14 hari kerja.
  7. Apabila disetujui, maka anda akan dihubugi kembali untuk melakukan tanda tangan perjanjian kontrak kredit.
  8. Silahkan siapkan materai 6000 sebanyak 6 lembar beserta buku tabungan untuk memproses pencairan. Nah, bagi nasabah yang belum mempunyai buku tabungan maka diminta untuk membuka rekening bank BNI terlebih dahulu.

Meskipun sudah memenuhi semua syarat KUR BNI, namun bisa saja pengajuan pinjaman di tolak. Sebab yang menentukan apakah pinjaman disetujui atau tidak adalah pihak surveyor. Nantinya surveyor akan mengecek secara langsung, apakah calon nasabah pantas mendapatkan pinjaman KUR atau tidak.

Pertanyaan Seputar KUR Bank BNI

Apa Itu KUR BNI?

KUR BNI merupakan fasilitas kredit dari Bank Negara Indonesia (BNI) sebagai tambahan modal usaha produktif dalam bentuk kredit modal kerja.

Berapa Bunga KUR BNI Per Tahun?

Suku bunga KUR BNI tergolong rendah hanya 6% eff per tahun

Berapa Maksimal Jangka Waktu Pengembalian Pinjaman?

Mencapai 5 Tahun

Berapa Maksimal Pinjaman KUR BNI?

Mencapai 500 Juta Rupiah

Apakah Wajib Memiliki NPWP?

Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) hanya dikhususkan untuk pinjaman dengan kredit di atas 50 Juta Rupiah.

Berapa Lama Pencairan Dana Pinjaman?

Dana pinjaman KUR BNI bisa cair dalam waktu 7-14 hari kerja

Apa Saja Jaminan Yang Bisa Digunakan?

Calon nasabah bisa menyertakan Bukti kepemilikan tanah, IMB dan PBB, atau BPKB motor dan mobil sebagai jaminan pinjaman

Apakah Bisa Mengajukan Pinjaman KUR BNI Secara Online?

Sayangnya untuk saat ini belum bisa

KUR BNI bisa menjadi solusi paling tepat untuk mengembangkan usaha agar bisa terus berkembang semakin besar. Terlebih Bank BNI memberikan fasilitas kredit hingga 500 Juta Rupiah dengan persyaratan yang mudah dan proses yang cepat.

Silahkan datangi kantor cabang BNI terdekat untuk menjakukan pinjaman KUR BNI. Sebelum itu, kami sarankan untuk terlebih dahulu memenuhi semua syarat KUR BNI di atas agar proses pengajuan pinjaman dapat diterima secara mudah.

Cukup sekian informasi viralorchard.com mengenai cara pengajuan dan syarat kur BNI. Simak pula artikel sebelumnya mengenai “Cara Menutup Kartu Kredit BRI“. Nah apabila masih ada pertanyaan seputar syarat KUR BNI, silahkan menghubungi BNI Call di nomor 1500046 atau mengakses situs resmi bni.co.id

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *