Syarat Pinjaman Tanpa Agunan BRI
Pinjaman & Kredit Online

15 Syarat Kredit Tanpa Agunan BRI Untuk Pinjaman Tanpa Jaminan

Viralorchard.com – Ada banyak sekali jenis pinjaman yang dimiliki Bank BRI. Salah satunya adalah pinjaman kredit tanpa agunan BRI (KTA). Pinjaman tanpa jaminan ini bisa menjadi solusi bagi nasabah Bank BRI yang membutuhkan dana untuk berbagai macam kebutuhan.

Melakukan pinjaman di bank menjadi salah satu solusi terbaik seseorang dalam melengkapi kebutuhan hidupnya. Namun terdapat kendala yang sering di alami seseorang dalam melakukan pengajuan pinjaman yakni jaminan yang dibutuhkan.

Untuk mengatasi hal tersebut, bank BRI sebagai bank milik pemerintah Indonesia (BUMN) menjadi salah satu bank yang memberikan fasilitas pelayanan pinjaman tanpa agunan atau jaminan. Banyak masyarakat Indonesia yang menganggap bahwa melakukan pinjaman tanpa agunan akan lebih ringan dan mudah.

Nah untuk produk kredit tanpa jaminan dari bank BRI adalah jenis kredit Briguna. Untuk KTA Briguna sendiri terdiri dari empat produk pilihan yang dapat anda cocokkan sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan anda, sehingga tidak merepotkan dalam hal pembayaran cicilan.

Kredit Tanpa Agunan (KTA) BRI diberikan kepada calon debitur atau debitur dengan sumber pembayaran (repayment) berasal dari sumber penghasilan tetap atau fixed income (gaji) dengan jangka waktu sejak pegawai aktif sampai dengan masa pensiun.

KTA BRI dapat digunakan untuk berbagai pembiayaan keperluan produktif hingga non-produktif. Contoh pembiayaan keperluan produktif hingga nonproduktif adalah pembelian barang bergerak/ non bergerak, perbaikan rumah, keperluan kuliah/ sekolah anak, pengobatan, pernikahan anak dan lainnya.

Jenis-Jenis Kredit Tanpa Agunan BRI

syarat kredit tanpa agunan bri

Di bawah ini merupakan macam-macam kredit tanpa agunan BRI yang dapat anda pilih sesuai dengan keingunan serta kebutuhan debitur.

1. Briguna Karya

Briguna Karya merupakan fasilitas Kredit Tanpa Agunan (KTA) atau pinjaman tanpa jaminan dari bank BRI yang diberikan kepada calon debitur atau debitur dengan sumber pembayaran (repayment) berasal dari sumber penghasilan tetap atau fixed income (gaji). Dana pinjaman dari Briguna Karya dapat digunakan untuk pembiayaan berbagai keperluan nasabah, mulai dari keperluan produktif hingga nonproduktif.

Untuk pinjaman Briguna Karya ini memiliki fasilitas kredit tanpa agunan yang kompetitif serta suku bunga yang beragam. Nah contoh saja, bagi pinjaman dengan jangka waktu 12 sampai 24 bulan maka mendapatkan cicilan sebesar 13 persen angsuran yang tetap.

Selain itu, bagi peminjam yang akan pindah kerja ke perusahaan lain, maka debitur tidak mengharuskan melunasi seluruh pinjamannya. Sedangkan untuk keuntungan yang dapat debitur nikmati melalui pinjaman Briguna Karya yakni proses pengajuan cepat, medapatkan bunga cukup rendah, cicilan ringan, hingga limit kredit tidak terbatas.

2. Briguna Umum

Briguna Umum merupakan fasilitas kredit yang diberikan kepada calon debitur/debitur dengan sumber pendapatan (repayment) berasal dari sumber penghasilan tetap atau fixed income (gaji) dengan jangka waktu sejak pegawai aktif sampai dengan masa pensiun. Untuk fasilitas pinjaman yang ada di Briguna Umum berbeda dengan Briguna karya, karena Briguna Umum memiliki jangka waktu pembayaran cicilan yang lebih panjang yakni 15 tahun atu 180 bulan dari awal mengajukan pinjaman hingga pensiun nanti (batas pelunasan ketika usia debitur 75 tahun).

Selain memiliki jangka waktu pembayaran cicilan yang cukup panjang, Briguna Umum ini juga memiliki bunga cicilan yang cukup sedikit. Bunga cicilan yang didapatkan dalam Briguna Umum ini yakni kiasaran 7,2% hingga 10% pertahunnya.

Nah untuk dana pinjaman yang didapatkan dari Briguna Umum ini yakni bisa digunakan untuk keperluan produktif dan nonproduktif seperti pembelian barang bergerak/ tidak bergerak, perbaikan rumah, keperluan kuliah/ sekolah anak, pengobatan, pernikahan anak dan lain sebagainya.

3. Briguna Purna

Briguna Purna merupakan fasilitas kredit tanpa agunan dari bank BRI yang diberikan kepada calon debitur/ debitur khusus bagi para pensiunan yang memiliki sumber pengasilan tetap berupa uang pensiun. Biasanya kredit Briguna Purna ini digunakan bagi para pensiunan TNI, Polri, PNS, hingga BUMN.

Dana yang didapatkan di Briguna Purna bisa digunakan untuk keperluan produktif dan non produktif, seperti keperluan kesehatan semasa pensiun, perbaikan rumah, keperluan kuliah/ sekolah anak, pernikan anak, dan lain sebagainya. Kemudian, pada Briguna Purna ini terdapat hal yang menarik yakni debitur akan mendapatkan perlindungan asuransi jiwa tanpa medical check up dengan dana hingga Rp 500juta.

4. Briguna Pendidikan

Briguna Pendidikan merupakan jenis pinjaman dari bank BRI yang diberikan kepada debitu atau calon debitur yang sedang melangsungkan pendidikan S2 maupun S3, namun telah memiliki penghasilan tetap. Jenis pinjaman tanpa agunan (KTA) Briguna Pendidikan akan sangat-sangat membantu debitur yang sedang melanjutkan jenjang pendidikannya, namun memiliki keterbaatasan biaya.

Selain itu, dalam penggunaan Briguna Pendidikan ini maka debitur akan mendapatkan suku bunga rendah dan kompetitif serta biaya pengajuan KTA yang rendah. Kemudian, untuk maksimal limit pinjaman Briguna Pendidikan yaitu sebesar biaya kuliah (UKT) dan tidak melebihi Rp 250.000.000.

Jangka waktu kredit di Briguna umum yaitu maksimal 6 tahun bagi S2 dan 10 tahun bagi S3. Sedangkan untuk biaya cicilan yang ada di Briguna Pendidikan cukuplah ringan karena nominal angsuran akan tetap sama hingga jatuh tempo.

Syarat Kredit Tanpa Agunan BRI

Syarat Pinjaman di Bank BRI Tanpa Jaminan

Tentu saja, untuk mendapatkan dana pinjaman tanpa agunan memiliki beberapa syarat agar pengajuan dapat di proses dengan cepat dan mudah. Adapun syarat yang dibutuhkan dalam pengajuan kredit tanpa agunan bank BRI adalah sebagai berikut:

  1. Menyiapkan Kartu Identitas diri berupa KTP yang masih berlaku
  2. Menyiapkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  3. Menyiapkan Kartu Keluarga (KK)
  4. Khusus calon debitur Briguna Umum dan Briguna Karya, maka harus menyiapkan SK pengangkatan pertama dan terakhir di tempat kerjanya
  5. Bagi calon debitur Briguna Umum dan Briguna Karya, maka siapkanlah Slip Gaji
  6. Menyiapkan buku tabungan bank BRI (calon debitur harus sudah bergabung menjadi nasabah bank BRI)
  7. Menyiapkan pas foto suami dan istri (bagi yang sudah menikah)
  8. Menyiapkan surat recomendasi dari atasan (khusus untuk calon debitur Briguna Umum dan Briguna Khusus)
  9. From permohonan pengajuan pinjaman.

Namun selain syarat kredit tanpa agunan BRI di atas, bagi calon debitur pengguna Briguna Purna tidak perlu lagi menyediakan dokumen perusahaan, cukup dengan menyiapkan beberapa dokumen pensiun di bawah ini saja:

  1. Menyiapkan SK Pensiun
  2. Menyiapkan Daftar Pembayaran Pensiun (Dapem)
  3. Menyiapkan kartu Registrasi Induk Pensiun (KARIP)
  4. Menyiapkan surat kuasa potong gaji pensiun
  5. Menyiapkan surat kuasa debet rekening
  6. Menyiapkan buku pensiun.

Untuk mengetahui syarat kredit tanpa agunan BRI yang lebih lengkap silahkan datang langsung ke kantor cabang BRI terdekat atau mengujungi situs bri.co.id. Selain itu, anda bisa menghubungi Call Center BRI di nomor 14017 / 1500017 dan via email ke callbri@bri.co.id

Kesimpulan

Syarat kredit tanpa agunan BRI (KTA) di atas sebenarnya cukup mudah. Namun tidak semua nasabah bisa mengajukan jenis pinjaman Bank BRI ini. Sebab KTA BRI hanya dikhususkan untuk nasabah yang memiliki penghasilan tetap. Silahkan anda memenuhi semua persyaratan di atas agar bisa mengajukan pinjaman BRI tanpa jaminan. Nah apabila masih ada pertanyaan, silahkan simak halaman FAQ di bawah ini.

Apakah Bank BRI Memiliki Pinjaman Tanpa Agunan?

Bagi yang mencari kredit tanpa agunan BRI, silahkam meilih pinjaman Briguna yang terbagi menjadi empat jenis, yakni Briguna Karya, Briguna Purna, Briguna Umum, dan Briguna Pendidikan.

Bagaimana Cara Mengajukan Pinjaman Bank BRI Tanpa Jaminan?

Silahkan datang langsung ke kantor cabang BRI terdekat dengan terlebih dahulu memenuhi semua syarat kredit tanpa agunan BRI.

Berapa Limit Pinjaman Tanpa Agunan BRI?

Untuk Briguna Pendidikan memiliki limit kredit Rp. 250 Juta. Sedangkan untuk jenis pinjaman KTA BRI lainnya memiliki limit kredit tidak terbatas.

Berapa Suku Bunga Pinjaman KTA BRI?

Suku bunga KTA BRI berubah-ubah. Untuk lebih jelasnya silahkan hubungi Call BRI 14017 atau datang langsung ke kantor cabang BRI terdekat.

Apakah KTA Bank BRI Bisa Digunakan Untuk Beli Mobil?

KTA Bank BRI bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan, sesuai dengan jenis KTA yang dipilih.

Demikianlah informasi syarat kredit tanpa agunan BRI yang bisa menjadi solusi untuk mendapatkan pinjaman uang secara cepat dan mudah. Namun sebelum mengajukan pinjaman tanpa jaminan di bank BRI silahkan penuhi terlebih dahulu semua persyaratan yang dibutuhkan. Jika salah satu syarat kredit tanpa agunan BRI tidak terpenuhi maka dana pinjaman tidak akan turun ke tangan debitur.

Cukup sekian informasi viralorchard.com pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat bagi nasabah Bank BRI yang mencari pinjaman tanpa jaminan atau agunan. Simak pula artikel sebelumnya mengenai “Cara Bayar Home Credit Via Mobile Banking Mandiri” dan beragam artikel menarik lainnya.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *