Biaya dan Syarat Ganti Kartu ATM BNI Yang Hilang, Tertelan & Terblokir

Syarat Ganti Kartu ATM BNI – Sebagai perusahaan perbankan, BNI selalu menghadirkan fasilitas pelayanan untuk bertransaksi. Salah satu fasilitas yang pasti dimiliki oleh nasabah atau pemilik rekening bank BNI adalah kartu ATM/ kartu debit.

Adapun penggunaan fasilitas pelayanan kartu ATM untuk bertransaksi adalah hal yang sangat mudah dilakukan. Meskipun mudah, tetapi masih terdapat beberapa nasabah yang mengalami kendala saat melakukan transaksi dengan kartu ATM.

[toc]

Untuk kendala yang dialami pengguna kartu ATM BNI, tentu saja berbeda-beda seperti hilangnya kartu ATM, tertelan, hingga terblokir. Jika beberapa nasabah bank BNI mengalami kendala seperti ini, maka transaksi melalui kartu ATM tidak dapat digunakan atau nasabah harus menunda transaksinya.

Namun tak perlu khawatir jika nasabah mengalami kendala seperti ini, karena pihak bank BNI memberikan solusinya yakni dengan  mengganti kartu ATM lamanya ke ATM yang baru dengan cara mendatangi kantor cabang bank BNI terdekat dengan membawa beberapa persyaratan yang dibutuhkan. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai syarat ganti kartu ATM BNI, sebaiknya nasabah simak ulasan ViralOrchard.com di bawah ini:

Biaya dan Syarat Ganti Kartu ATM BNI 

Biaya dan Syarat Ganti Kartu ATM BNI 

Syarat Ganti Kartu ATM BNI

Cara ganti kartu ATM BNI akibat terkena beberapa kendala seperti hilangnya kartu ATM, tertelan, bahkan terblokir, cukup mudah. Meskipun mudah, tetapi pengguna harus melengkapi beberapa persyaratan yang dibutukan dan untuk persyaratannya, sebagai berikut:

  1. Kartu identitas diri berupa KTP/ SIM/ Passpor
  2. Buku rekening tabungan
  3. Kartu ATM atau kartu debit
  4. Surat pernyataan kehilangan dari kepolisian (bagi kartu ATM yang hilang).

Nah setelah semua syarat ganti kartu ATM BNI di atas terkumpul, maka nasabah sudah bisa memprosesnya dengan cara mendatangi kantor cabang BNI terdekat dan membawa persyaratan tersebut. Untuk mengganti kartu ATM melalui kantor cabang BNI, maka nasabah akan dibantu dengan sepenuhnya oleh petugas customer service.

Biaya Ganti Kartu ATM BNI

Perlu nasabah ketahui, bahwa proses ganti kartu ATM BNI memiliki biaya. Namun untuk biaya pergantian kartu ATM BNI berbeda-beda yakni tergantung pada penyebab dengan masalah atau penyebab ganti serta jenis tipe kartunya.

Di bawah ini merupakan biaya-baiya ganti kartu ATM BNI:

1. Terblokir

Bank BNI memberikan besaran harga ganti kartu ATM karena terblokir sebesar Rp 15.000. Tetapi, hal itu terjadi jika nasabah harus mengganti kartu ATM lamanya ke kartu ATM yang baru.

Namun, untuk mengatasi kartu ATM yang terblokir tanpa mengganti kartu ATM baru, maka nasabah hanya perlu mengaktifkannya kembali melalui kantor cabang bank BNI  dengan cara riset atau unblock. Untuk proses riset atau unblock kartu ATM memiliki biaya yang cukup terjangkau yakni Rp 5.000.

2. Tertelan

Sebenarnya jika nasabah mengalami kendala kartu tertelan pada gerai ATM dengan kantor cabang, maka tidak dikenakan biaya. Nasabah cukup meminta bantuan kepada petugas bank untuk membuka mesin ATM dan mengambalikan kartu ATM pada anda.

Namun, apabila nasabah mengalami kartu ATM pada gerai ATM yang cukup jauh dengan kantor cabang bank BNI, maka harus mengganti kartu ATM baru di kantor cabang bank BNI terdekat. Nah untuk cara ganti kartu ATM baru BNI, maka nasabah akan dikenakan biaya sebesar Rp 15.000.

3. Hilang

Hilangnya kartu ATM menjadi hal yang sering terjadi oleh nasabah bank BNI. Untuk mengatasi hal ini, maka nasabah harus mengganti kartu ATMnya di kantor cabang bank terdekat dengan membawa beberapa persyaratan serta biaya.

Sedangkan untuk persyaratannya yakni KTP, buku rekening tabungan, surat pernyatanaan kehilangan dari kantor polisi serta biaya penggantian kartu ATM BNI. Untuk biaya ganti kartu ATM BNI yakni sebesar Rp 15.000 serta biaya penggantian materai 6000.

Penyebab ATM BNI Terblokir, Hilang, Tertelan

Tentu saja terdapat beberapa faktor penyebab yang menjadikan nasabah harus mengganti kartu ATM BNInya. Untuk mengetahui beberapa penyebab yang sering terjadi oleh nasabah dalam mengganti karti ATM barunya, sebagai berikut:

1. Terblokir

Salah memasukkan nomor PIN ATM mungkin menjadi hal pernah dilakukan oleh nasabah bank BNI. Namun, apabila nasabah salah memasukkan nomor PIN ATM BNI sebanyak tiga kali secara berturut-turut maka secara otomatis sistem akan memblokir kartu ATM.

Jika kartu ATM BNI nasabah terblokir, maka segala transaksi melalui kartu ATM tidak dapat digunakan lagi dan harus mengurusnya di kantor cabang bank BNI terdekat. Oleh sebab itu, agar terhindar dari terblokirnya kartu ATM sebaiknya pengguna gunakan PIN ATM yang mudah diingat namun tetap terjaga kerahasiaannya.

2. Tertelan

Apabila nasabah mendapatkan permasalahan tertelannya kartu ATM BNI, kemungkinan terjadi karena beberapa penyebab. Untuk beberapa penyebab tertelannya kartu ATM BNI, sebagai berikut:

  1. Mesin ATM yang pengguna gunakan saat bertransaksi mengalami kerusakan atau eror
  2. Terjadinya pemadaman listrik secara tiba-tiba, saat nasabah melakukan transaksi
  3. Kartu ATM nasabah memiliki kerusakan seperti retak, patah, bahkan kartu ATM kaduluarsa
  4. Setelah selesai melakukan transaksi di mesin ATM, nasabah tidak cepat-cepat mengambil kartu ATM BNI nya.

3. Hilang

Hilangnya kartu ATM BNI, menjadi hal yang tidak diinginkan oleh setiap nasabah. Adapun penyebab hilangnya kartu ATM sangat beragam seperti lupa menaruh, terkena kejahatan pencurian, maupun jatuh.

Dengan adanya permasalahan tersebut nasabah harus mengurusnya melalui kantor cabang bank BNI terdekat. Namun, sebelum itu nasabah harus membuat surat pernyataan kehilangan di kantor polisi terdekat.

Kesimpulan

Beberapa penyebab yang terjadi pada kartu ATM seperti hilang, terletan bahkan terblokir, tertelan memiliki cara yang mudah untuk mengatasi yakni hanya dengan mendatangi kantor cabang bank BNI terdekat dengan membawa berbagai persyaratan. Selain itu, pengguna juga cukup melakukan pembayaran untuk biaya ganti kartu ATM baru yang cukup terjangkau.

Meskipun demikian, sebaiknya pengguna harus tetap menggunakan kartu ATM sebaik mungkin  agar terhindar dari berbagai penyebab tersebut. Namun, jika pegguna masih mengalami beberapa kendala mengenai ganti kartu ATM BNI maka dapat menghubungi call center BNI di nomor 150046 atau customer service BNI.

FAQ

Apabila masih terdapat pertanyaan mengenai cara serta biaya ganti kartu ATM BNI, sebaiknya simak FAQ di bawah ini:

Jika mengganti kartu ATM baru apakah saldo ATM akan hilang?

Tidak. Adanya pergantian kartu ATM baru baik karena terblokir, hilang maupun tertelan tidak akan berpengaruh pada saldo ATM.

Apakah mengganti kartu ATM memiliki biaya?

Iya, nasabah akan dikenakan biaya sebesar Rp 15.000.

Apakah kita dapat mengganti kartu ATM baru di bank cabang BNI manapun?

Tentu saja bisa. Nasabah dapat mengganti kartu ATM BNI di bank BNI manapun yang terdekat atau sesuai keinginan.

Apa saja syarat ganti kartu ATM BNI?

Adapun persyaratannya yakni KTP, buku tabungan, serta surat pernyataan kehilangan dari kantor polisi.

Apakah bisa membuat kartu ATM baru karena ATM lama hilang, tanpa surat pernyataan kehilangan dari kantor polisi?

Tidak bisa. Nasabah wajib membawa surat pernyataan kehilangan untuk mengurusnya.

Apakah kartu ATM dapat kaduluarsa dan berapa masa lamanya?

Tentu saja. Untuk masa berlaku kartu ATM hanya 5 tahun.

Demikian beberapa informasi yang dapat kami sampaikan mengenai syarat serta biaya ganti kartu ATM BNI. Semoga sedikit informasi di atas dapat membantu nasabah untuk mengganti kartu ATMnya dan jangan lupa simak juga ulasan mengenai Syarat Ganti Kartu ATM Mandiri Beserta Dengan Syarat Dan Biayanya. Terima kasih dan selamat mencoba.

Tinggalkan komentar