Syarat dan Cara Pengajuan KTA Mandiri
Pinjaman & Kredit Online

16 Syarat dan Cara Pengajuan KTA Mandiri KSM (Kredit Serbaguna)

Viralorchard.com – Kredit Serbaguna Mandiri atau KSM Mandiri merupakan salah satu produk pinjaman Bank Mandiri yang memungkinkan nasabah untuk mengajukan pinjaman kredit tanpa agunan (KTA).

KTA merupakan pelayanan kredit tanpa agunan (jaminan) yang ditunjukkan kepada para masyarakat Indonesia dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Kredit tanpa agunan atau KTA bisa digunakan untuk pendidikan, kesehatan, pernikahan, tambahan modal usaha, renovasi rumah, serta kebutuhan keluarga lainnya.

Pengajuan KTA Mandiri menjadi incaran semua orang karena tidak memerlukan sebuah jaminan pinjaman serta dana dapat cair dalam waktu satu hari. Selain itu, KTA Mandiri menjadi salah satu pinjaman tanpa agunan yang memiliki suku bunga kompetitif.

Tidak hanya bunga yang ringan, pinjaman KTA Mandiri juga memiliki tenor pinjaman cukup panjang yakni hingga 15 tahun. Nah untuk dana pinjamanya sendiri, bank Mandiri memberikan dana KTA mulai dari 5 juta hingga 1 miliar rupiah.

Pinjaman tanpa agunan atau KTA yang didirikan oleh bank Mandiri hanya diberikan kepada nasabah berstatus pekerjaan serta penghasilan tetap atau profesi tetap sebagai sumber pembayaran. Fasilitas kredit tanpa agunan ini sangat cocok bagi para pegawai TNI, POLRI, PNS, pegawai BUMN, pegawai BUMD, serta pegawai tetap perusahaan swasta.

Tidak hanya itu, para pensiun yang memiliki gaji pensiunan setiap bulan, juga bisa mengajukan pinjaman tanpa agunan atau KTA. Nah yang jadi pertanyaan, apa saja syarat pengajuan KTA Mandiri dan bagaimana prosedur pengajuan kredit tanpa agunan tersebut? Untuk mengetahuinya silahkan simak di bawah ini.

Syarat dan Cara Pengajuan KTA Mandiri KSM

Pinjaman KTA Bank Mandiri

Sebelum masuk pada pembahasan bagaimana cara melakukan pengajuan pinjaman tanpa agunan Mandiri atau Mandiri KSM, sebaiknya simak beberapa jenis KTA terlebih dahulu.

Jenis Pinjaman KTA Mandiri KSM

Kredit tanpa agunan dibagi menjadi dua jenis yakni KSM Mandiri Payroll serta KSM Mandiri non Payroll. Untuk mengetahui lebih lanjut simak ulasan di bawah:

  1. KSM Mandiri Payroll merupakan jenis pinjaman tanpa agunan atau KTA yang memiliki metode pembayaran dengan memotong cicilan secara langsung dari rekening Mandiri milik nasabah Mandiri.
  2. KSM Mandiri Non Payroll adalah jenis pinjaman tanpa agunan dari bank Mandiri yang memiliki metode pembayaran cicilan fasilitas pelayanan m-banking, internet banking atau teller bank Mandiri.

Jika telah mengetahui jenis KTA dan ingin melanjutkan pengajuan pinjaman tanpa agunan, sebaiknya melengkapi beberapa persyaratannya terlebih dahulu. Fungsi dari semua persyaratan ini yakni mempermudah proses pengajuan agar dapat di setujui oleh pihak bank Mandiri.

Syarat Pengajuan KTA Mandiri KSM

Untuk syarat-syarat yang harus dilengkapi pada pinjaman tanpa agunan Mandiri, sebagai berikut:

  1. Warga Negara Indonesia dan berdomisili di Indonesia
  2. Calon pengajuan pinjaman tanpa agunan memiliki usia minimal 21 tahun dan usia maksimum sebelum usia pensiun (hingga kredit lunas)
  3. Terbukti sebagai pegawai tetap dengan masa kerja minimum satu tahun
  4. Memiliki penghasilan minimum sebesar Rp 3.000.000 perbulan
  5. Memiliki rekening tabungan atau rekening giro

Syarat Dokumen Pengajuan Pinjaman KTA Mandiri KSM

Tidak hanya syarat di atas, anda juga harus melengkapi beberapa syarat dokumennya. Adapun syarat dokumen pengajuan pinjaman tanpa agunan Mandiri, sebagai berikut:

  1. Mengisi formulir aplikasi kredit dengan lengkap serta akurat
  2. Fotocopy kartu identitas diri berupa KTP yang masih berlaku
  3. Untuk pengajuan KTA dengan dana lebih dari Rp 50.000.000, maka harus melengkapi fotocopy Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  4. SK (surat keputusan) pengangkatan pegawai asli yang dikeluarkan dari instansi (khusus TNI/POLRI)
  5. Menyertakan slip gaji asli atau surat keterangan penghasilan terakhir (khusus Non Payroll)

Setelah semua syarat telah dilengkapi, maka anda sudah bisa melakukan pengajuan pinjaman tanpa agunan ke kantor cabang bank Mandiri terdekat dengan membawa beberapa persyaratan dokumen. Untuk proses pengajuannya, sebagai berikut:

Cara Pengajuan Pinjaman Tanpa Agunan Mandiri

Terdapat beberapa cara pengajuan pinjaman KTA yang perlu anda perhatikan, agar proses pengajuan pinjaman KTA anda dapat berjalan dengan lancar. Untuk cara-cara pengajuan pinjaman tanpa agunan atau KTA Mandiri sebagai berikut:

1. Memeriksa Riwayat Kredit di OJK

Untuk proses pengajuan KTA, pihak bank Mandiri akan memeriksa serta mempertimbangkan catatan riwayat kredit anda. Seperti, apakah nasabah pernah bahkan selalu telat membayar tagihan cicilan serta apakah nasabah memiliki cicilan yang belum terselesaikan.

Nah untuk proses ini, sebaiknya nasabah melunasi seluruh pinjaman serta tunggakan yang masih dimiliki. Hal ini dikarenakan pihak bank Mandiri tidak akan memproses pengajuan KTA jika masih memiliki pinjaman atau tunggakan cicilan yang lain.

2. Memiliki Rekening Tabungan atau Payroll Mandiri

Cara kedua agar proses pengajuan KTA dapat berjalan dengan lancar dan mudah yakni anda telah memiliki rekening tabungan. Kepemilikan rekening tabungan Mandiri dalam proses pengajuan pinjaman tanpa agunan yakni dapat memudahkan pihak bank dalam memantau cash flow calon debitur serta mempermudahan proses analisa kelayakan debitur dalam menerima pinjaman.

Nah untuk minimal waktu kepemilikan rekening Mandiri dalam proses pengajuan KTA yakni 6 bulan dengan tujuan memastikan bahwa rekening tersebut benar-benar aktif digunakan atau tidak.

3. Mengisi Formulir Pengajuan Pinjaman Tanpa Agunan

Setelah langkah pertama dan kedua terselesaikan, maka saat anda mendatangi kantor cabang untuk mengisi formulir aplikasi kredit yang diberikan oleh Mikro Kredit Sales (MKS). Silahkan isi formulir pengajuan tersebut dengan data yang akurat, benar dan sesuai.

4. Menyerahkan Beberapa Dokumen Persyaratan

Jika proses pengisian formulir pengajuan pinjaman tanpa agunan terselesaikan dengan data-data yang sesuai, selanjutnya yakni menyerahkan beberapa dokumen persyaratan kepada MKS. Biasanya pihak bank Mandiri juga akan meminta persyaratan dokumen lainnya sebagai dokumen pendukung dan adapun persyaratan pendukungnya adalah kartu identitas pasangan, fotocopy rekening tabungan, jaminan kesehatan, serta fotocopy kartu identitas diri.

5. Proses Persetujuan Pinjaman KTA

Setelah langkah-langkah di atas diselesaikan, maka anda harus menunggu persetujuan pinjaman KTA karena persetujuan KTA tidak hanya disetujui oleh sales saja. Segala data-data yang telah diberikan kepada sales akan di baca serta diperiksa terlebih dahulu oleh kepala cabang dan cluster manager.

Proses selanjutnya data-data pengajuan KTA akan masuk pada tahap Branch Delevery Sistem – Integrated Loan Sistem (BDS-ILS). Nah dalam proses tersebut yang akan menjadi penentuan, apakah pengajuan KTA anda bisa dilanjutkan atau tidak.

Jika proses ini berhasil dilakukan, maka terdapat tahap selanjutnya yakni data akan dimasukkan dalam Loan Organization System lalu dikirimkan ke pihak regional untuk melanjutkan ke proses review.

6. Menghubungi Calon Debitur serta Pencairan Pinjaman

Langkah selanjutnya, jika proses pinjaman disetujui maka pihak bank akan menghubungi debitur untuk mengikuti proses selanjutnya. Untuk proses selanjutnya, yakni verifikasi, review, serta analisis aplikasi kredit.

Proses verifikasi, review serta analisis akan membutuhkan waktu kurang lebih 1-14 hari. Namun setelah proses tersebut selesai, maka calon debitur diminta untuk menandatangani kontrak kredit serta acar serah terima dana pinjaman.

Untuk dana pencairan sendiri akan diterima melalui rekening tabungan atau giro sesuai yang dimiliki oleh debitur.

Biaya dan Denda KSM Mandiri

Setelah mengetahui syarat dan cara pengajuan KTA Mandiri KSM, maka selanjutnya kita tinggal membahas mengenai biaya dan denda KSM Mandiri.  Setiap pengajuan pinjaman akan dikenakan biaya adminstrasi dan biaya provisi, sesuai dengan jenis pekerjaan nasabah.

Selain itu, keterlambatan pembayaran angsuran akan dikenakan denda keterlambatan. Nah untuk mengetahui besaran denda dan biaya lainnya, silahkan simak di bawah ini.

Biaya Adminstrasi Pegawai PNS/TNI/POLRIRp. 100.000
Biaya Adminstrasi Pegawai BUMN/BUMD/swastaRp. 100.000
Biaya Adminstrasi Pegawai CPNS dan PensiunanRp. 50.000
Biaya Provisi Pegawai PNS/TNI/POLRI1%
Biaya Provisi Pegawai BUMN/BUMD/swasta1%
Biaya Provisi Pegawai CPNS dan Pensiunan0.5%
Biaya Keterlambatan Angsuran Kredit2% di Atas suku bunga yang berlaku dan dihitung berdasarkan jumlah tunggakan.
Biaya Pelunasan Sebelum Jatuh Tempo8% dari sisa kredit
Premi Asuransi JiwaSesuai rate yang berlaku

Suku Bunga & Tabel Angsuran KSM Mandiri

Nah bagi yang menanyakan mengenai suku bunga, maka bisa dikatakan suku bunga pinjaman KSM Mandiri tergantung dari jenis profesi peminjam. Sebab bank Mandiri menerapkan suku bunga berbeda untuk segmen swasta, PNS, TNI, dan Polri. Sebagai referensi, silahkan simak tabel angsuran KTA Mandiri berikut ini.

Tabel Angsuran Kredit KTA Mandiri

Tabel Angsuran KSM Mandiri

Untuk mendapatkan informasi suku bunga terbaru, silahkan menghubungi Mandiri Call di nomor 14000 atau datang langsung ke kantor cabang Mandiri terdekat.

Kesimpulan

Mandiri KSM (Kredit Serbaguna Mandiri) bisa menjadi solusi untuk mendapatkan pinjaman secara cepat dengan suku bunga kompetitif. Pinjaman kredit tanpa agunan ini bisa menjadi solusi bagi para pegawei yang memiliki penghasilan tetap atau profesi tetap.

Bagi para pensiunan juga bisa mengajukan pinjaman dengan syarat memiliki penghasilan minimum 3 Juta. Sayangnya proses pengajuan KTA Mandiri ini tidak bisa dilakukan secara online. Itu artinya nasabah harus datang langsung ke kantor cabang Mandiri terdekat.

Nah apabila masih ada pertanyaan seputar informasi di atas, silahkan bunga halaman resmi www.bankmandiri.co.id dan menyimak halaman FAQ di bawah ini?

Apakah Bisa Kredit Tanpa Agunan (KTA) di Bank Mandiri?

Bisa, anda bisa mengajukan pinjaman Kredit Serbaguna Mandiri atau KSM Mandiri di kantor cabang Mandiri terdekat

Berapa Maksimal Pinjaman KTA Mandiri KSM?

Maksimal pinjaman sebesar Rp. 1 Miliar

Berapa Jangka Waktu Maksimal Pinjaman Mandiri KSM?

Jangka waktu sampai dengan 15 tahun

Siapa Saja Yang Bisa Mengajukan KTA Mandiri?

Pinjaman ini ditujukan bagi pegawai yang memiliki penghasilan tetap atau profesi tetap, termasuk pensiunan dan pihak swasta.

Beraga Gaji Minimal Syarat KTA Mandiri?

Gaji minimal pemohon pinjaman adalah Rp. 3 Juta per bulan

Berapa Suku Bunga KTA Mandiri KSM

Suku bunga bisa berubah sewaktu-waktu. Untuk memastikannya silahkan menghubungi Mandiri Call di nomor 14000

Berapa Biaya Adminstrasi Kredit Serbaguna Mandiri?

Sampai dengan Rp 100 Ribu

Berapa Denda Keterlambatan Pembayaran Cicilan KSM Mandiri?

Dendan keterlambatan adalah sebesar 2% di Atas suku bunga yang berlaku dan dihitung berdasarkan jumlah tunggakan cicilan

Apakah Bisa Melunasi Cicilan Sebelum Jatuh Tempo?

Bisa, namun akan dikenakan biaya sebesar 8% dari sisa kredit

Di atas merupakan cara-cara pengajuan pinjaman tanpa agunan di bank Mandiri. Bagi debitur yang telah menerima dana pinjaman, sebaiknya bayar cicilan secara tepat waktu agar tidak ada kendala-kendala yang tidak diinginkan.

Cukup sekian informasi viralorchard.com pada kesempatan kali ini. Simak pula informasi sebelumnya mengenai “Cara Menutup Kartu Kredit Mandiri” dan “Syarat Pengajuan KUR Mandiri“. Semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat dan bisa menjadi referensi.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *