7 Syarat Buka Rekening BSI Semua Jenis Tabungan 2021

BSI atau Bank Syariah Indonesia, menjadi salah satu perbankan syariah yang berdiri pada tanggal 1 Febuari 2021. Berdirinya bank BSI, merupakan hasil kerjasama dari beberapa bank Syariah seperti bank BNI Syariah, Bank Mandiri Syariah, serta bank BRI Syariah.

Meskipun terbilang cukup baru, BSI telah menawarkan berbagai produk rekening tabungan yang dapat dipilih nasabahnya sesuai dengan keinginannya. Selain itu, jenis rekening tabungan BSI ini menggunakan akad Wadiah serta Mudharabah seperti bank-bank Syariah pada umumnya.

Adapun arti dari akad Wadiah yakni nasabah sebagai penitip dana dan memberikan amanah sepenuhnya kepada pihak bank untuk memanfaatkan dana tersebut. Sedangkan akad Mudharabah yakni nasabah hanya sebatas menitipkan dana saja, tetapi juga mengizinkan pihak bank untuk mengelolanya demi mencapai sebuah keuntungan.

Kemudian, ketika nasabah membuka rekening tabungan di bank BSI maka mereka akan dibekali fasilitas buku rekening tabungan serta kartu ATM yakni dengan tujuan untuk mempermudah transaksi nasabah. Adapun cara membuka rekening bank Syariah Indonesia juga dipermudah, karena dapat dilakukan melalui online.

Lalu bagaimana caran dan syaratnyaya? Untuk mengetahui cara dan syarat membuka rekening BSI, silahkan simak ulasan ViralOrchard.com di bawah ini:

Syarat dan Cara Membuka Rekening BSI

Persyaratan Buka Rekening Bank Syariah Indonesia

Sebelum masuk pada syarat dan cara pembukaan rekening BSI, sebaiknya anda ketahui terlebih dahulu mengenai produk-produk tabungan BSI. Tujuan dari mengetahui terlebih dahulu produk tabungan BSI yakni agar calon nasabah dapat menyesuaikan jenis produk yang sesuai dengan keinginan serta kemampuannya.

Jenis-Jenis Tabungan Bank BSI

Untuk produk-produk tabungan BSI, sebagai berikut:

1. Tabungan Easy Wadiah dan Mudharabah

Tabungan Easy Wadiah dan Mudharabah merupakan produk tabungan dari BSI yang paling unggul. Adapun keunggulan yang dimiliki dari BSI meliputi tidak ada biaya administrasi, dapat tarik tunai di seluruh ATM bank Mandiri secara gratis, tidak ada biaya tarik tunai baik di bank Mandiri maupun jaringan Prima.

Kemudian, keunggulan lainnya yakni fasilitas kartu ATMnya dapat digunakan diseluruh ATM BSI, Mandiri, Bersama, Prima, Link serta ATM berlogo Visa.

2. TabunganKu

Sama dengan bank-bank pada umumnya, untuk BSI juga memiliki produk rekening TabunganKu. Rekening TabunganKu ini, diluncurkan kepada nasabah perorangan dengan syarat dan cara yang mudah.

Adapun kemudahan pembukaan rekening TabunganKu, bertujuan untuk meningkatkan budaya menabung masyarakat Indonesia. Kemudian, nasabah produk rekening TabunganKu juga akan dibekali beberapa fasilitas transaksi seperti buku rekening tabungan, kartu ATM, serta fasilitas e-Banking yang lengkap seperti Mobile Banking, Internet Banking, hingga SMS Banking.

3. BSI Giro

BSI Giro merupakan produk tabungan yang ditunjukkan kepada perorangan maupun badan usaha dalam bentuk rupiah. Kemudian, keuntungan yang nantinya didapatkan nasabah BSI Giro yakni mendapatkan perjanjian bonus sebesar 3% dari total pengelolaan data.

Adapun dalam proses penarikan tunai yakni dapat dilakukan kapan saja tetapi harus berada di jam kerja. Kemudian, saat proses tarik tunai ini harus menggunakan bilyet giro, cek, maupun kartu kredit.

4. Tabungan Pensiun

Tabungan Pensiun merupakan produk tabungan yang ditunjukkan kepada nasabah perorangan yang sedang mempersiapkan masa tuanya. Untuk masalah dananya akan diserahkan ke lembaga pengelolaan pensiun yang telah bekerjasama dengan BSI.

5. Tabungan Mabrur

Seperti dengan namanya, produk tabungan Mabrur ini ditunjukkan kepada nasabah yang sedang mempersiapkan keberangkatan haji maupun umrah. Dengan bergabung di tabungan Mabrur, maka proses keberangkatan haji maupun umrah akan dibantu oleh BSI dan sudah pasti mendapatkan porsi keberangkatan.

Selain produk tabungan di atas, masih ada beragam tabungan Bank BSI lainnya yang bisa anda simak pada website resmi www.bankbsi.co.id. Setiap jenis tabungan memiliki keunggulan berbeda-beda. Untuk persyaratan tidak berbeda jauh dan untuk mengetahui apa saja syarat buka rekening Bank BSI silahkan simak di bawah ini

Syarat Buka Rekening BSI

Syarat Buka Rekening BSI

Untuk membuka rekening BSI, calon nasabah diminta menyiapkan berbagai syaratnya. Untuk syarat buka rekening BSI, cukuplah mudah. Dimana persyaratannya adalah sebagai berikut

  1. Sebagai Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Usia minimal calon nasabah yakni 18 tahun
  3. Kartu identitas diri berupa KTP/ SIM/ Passpor
  4. Menginstal aplikasi BSI Mobile di smartphone, sebagai sarana pendaftaran rekening BSI
  5. Untuk pembukaan rekening BSI, maka pastikan anda memiliki jaringan koneksi internet
  6. NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), jika memiliki
  7. Membayar biaya setoran awal sesuai dengan jenis tabungan yang dipilih

Cara Membuka Rekening BSI Melalui Online

Cara Buka Rekening Bank BSI

Setelah mengetahui produk-produk tabungan BSI dan menyiapkan berbagai persyaratannya. Langkah selanjutnya adalah membuka rekening BSI melalui aplikasi BSI Mobile yang telah anda instal melalui smartphone.

Adapun langkah-langkah pembukaan rekening BSI, sebagai berikut:

  1. Apabila calon nasabah belum memiliki aplikasi BSI Mobile, silahkan instal aplikasi tersebut melalui PlayStore maupun AppStore. Pastikan smartphone anda memiliki koneksi internet stabil
  2. Jika telah mengintal aplikasi BSI Mobile, silahkan buka aplikasi tersebut. Berikutnya, silahkan pilih menu “Buka Rekening”
  3. Silahkan tentukan jenis rekening, yakni apakah jenis rekening Easy Wadiah atau Easy Mudharabah
  4. Silahkan pilih jenis kartu ATM. Namun, untuk pembukaan rekening BSI melalui online hanya tersedia jenis kartu ATM GPN Silver
  5. Silahkan melengkapi informasi kontak. Untuk infromasi kontak ini meliputi email dan nomor handphone. Jika sudah, silahkan dilanjutkan dengan memilih menu “Selanjutnya”
  6. Langkah berikutnya, silahkan masukkan kode OTP yang dikirimkan ke nomor handphone anda melalui SMS. Silahkan masukkan enam digit kode OTP tersebut sesuai dengan instruksi layar aplikasi BSI Mobile
  7. Langkah ketujuh, silahkan melengkapi data diri yang meliputi foto KTP, foto memegang KTP, masukan NIK, serta alamat lengkap pada kolom yang tersedia
  8. Buatlah tanda tangan di selembar kertas putih, kemudian foto dan unggah
  9. Silahkan lengkapi informasi keuangan dan pekerjaan yang meliputi status pekerjaan, nama perusahaan, hingga lain sebagainya
  10. Silahkan lengkapi informasi rekening yang meliputi tujuan pembuatan rekening BSI, sumber dana, pengasilan, serta kantor cabang bank BSI terdekat
  11. Silahkan lakukan konfrimasi rekening. Untuk proses ini, maka layar smartphone akan muncul rincian data pembukaan rekening BSI Online dan pastikan semua data telah sesuai. Jika sudah, silahkan centang pada kolom kecil untuk menyetujui syarat dan ketentuan. Langkah berikutnya, silahkan pilih menu “Selanjutnya”
  12. Langkah selanjutnya, silahkan lakukan verifikasi rekening. Untuk proses ini calon nasabah akan melalukan video call dengan petugas customer service BSI
  13. Pihak BSI akan memerikan semua data sebagai proses pemeriksaan status. Jika semua data benar, maka anda akan mendapatkan kode aktivasi melalui alamat email
  14. Pembukaan rekening BSI Online telah berhasil, silahkan datangi kantor bank BSI yang telah anda pilih sebelumnya untuk mengambil buku tabungan, kartu ATM, beserta dengan melakukan setoran awal.

Biaya Tabungan Bank BSI

Biaya Tabungan BSI

Jika telah selesai membuka rekening BSI, maka nasabah diminta melalukan pembayaran setoran awal. Pertanyaan yang kerap muncul adalah berapa nominal setoran awalnya? adapun setoran awal pembukaan rekening BSI tergantung pada jenis rekeningnya.

Untuk BSI sendiri, telah menyediakan dua jenis rekening yakni Easy Wadiah dan Easy Mudharabah. Nah, untuk kedua jenis rekening tersebut memiliki biaya setoran awal yang sama yakni sebesar Rp 100.000.

Kesimpulan

Di atas merupakan beberapa informasi yang kami sajikan khusus untuk calon nasabah BSI yang akan membuka rekening. Untuk proses pembukaan rekening BSI terbilang cukup mudah dan memiliki nominal setoran awal yang cukup terjangkau.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai syarat dan cara buka rekening BSI. Kami berharap informasi di atas dapat bermanfaat dan menjadi referensi bagi anda semua. Jangan Lupa untuk menyimak artikel sebelum mengenai “Syarat KUR Bank Jateng” serta artikel-artikel menarik lainnya.

Tinggalkan komentar