Cara dan Syarat Buka Rekening Bank DKI
Perbankan

Syarat Buka Rekening Bank DKI dan Setoran Awal Semua Jenis Tabungan

Syarat Buka Rekening Bank DKI – Asal kalian ketahui, Bank DKI merupakan salah satu bank umum di Ibu kota Jakarta atau bank pembangunan daerah dengan kepemilikan saham Pemerintah Provinsi Jakarta dan PD Pasar Jaya. Didirikannya bank DKI memiliki tujuan yakni membantu serta mendorong pertumbuhan ekonomi dan pembangunan di segala bidang.

Bank DKI juga memiliki pelayanan yang sama untuk para nasabahnya, yaitu adanya jenis-jenis produk tabungan. Produk tabungan yang dimiliki oleh bank DKI, sama seperti bank-bank konvensional lainnya yakni sama-sama menguntungkan bagi para nasabahnya.

Meskipun bank DKI milik pemerintah Ibu kota Jakarta, tetapi anda dapat menemukannya di kota besar pulau Jawa. Memang keberadaan bank DKI di kota besar pulau Jawa tidak banyak seperti bank konvensional lainnya, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa nasabah tidak bisa melakukan transaksi di bukan wilayah DKI.

Fungsi bank DKI tidak hanya digunakan untuk menabung atau menyimpan uang, tetapi melalui perushaan perbankan tersebut anda dapat melakukan investasi. Sama seperti bank konvesional lainnya, pada bank DKI ini jika anda sebagai pemilik rekening maka akan mendapatkan layanan kartu ATM untuuk mempermudah transaksi.

Nah, untuk mendapatkan segala pelayanan yang menguntungkan anda, maka harus bergabung menjadi nasabah bank DKI atau mendaftar rekeningnya. Untuk melalukan pendaftaran rekening bank DKI, tentu saja calon nasabah harus melengkapi persyaratan.

Cara dan Syarat Buka Rekening Bank DKI

Syarat Buka Rekening Bank DKI

Sebelum masuk pada pembahasan syarat buka rekening bank DKI, sebaiknya anda mengetahui jenis-jenis rekening yang ada di bank DKI. Hal tersebut dikarenakan, pada pembuatan rekening maka calon nasabah harus memilih jenis rekening yang diinginkan sesuai kebutuhan.

Bank DKI, hanya memiliki tiga jenis rekening yang dapat anda pilih. Meskipun hanya tiga rekening, tetapi jenis rekening tersebut dapat memanfaatkan bagi anda.

Jenis-Jenis Rekening Bank DKI

Sebelum membuat tabungan Bank DKI anda harus terlebih dahulu memilih jenis tabungan. Ada tiga jenis tabungan yang bisa dipilih, yakini Simpeda, Monas, dan TabunganKu. Selain itu, Bank DKI juga memiliki produk Deposito dan Giro namun kami tidak akan membahasnya pada artikel kali ini.

1. Rekening Simpeda

Rekening Simpeda merupakan salah satu bagian dari Bank Pembangunan Daerah (BPD) dan melalui rekening ini, nasabah dapat melakukan transaksi keseluruh jaringan antar BPD di Indonesia. Untuk setoran awal pembukaan rekening Simpeda, cukup simpel yakni hanya Rp 50.000.

2. Rekening Monas

Rekening Monas menjadi salah satu bagian dari rekening bank DKI yang dapat digunakan untuk transaksi online maupun offline. Pemilik rekening Monas akan dibekali fasilitas autodebit, sehingga mempermudah nasabahnya dalam bertransaksi.

Tabungan Bank DKI Monas juga terbagi menjadi beberapa jenis tabungan yang terdiri dari Monas Umum, Monas Pelajar, Monas Mahasiswa, dan Monas Bisnis Perkulakan. Setiap jenis tabungan tersebut memiliki persyaratan buka rekening berbeda-beda.

3. Rekening TabunganKu

Tujuan bank DKI mendirikan jenis rekening TabunganKu yakni tabungan yang ditunjukan untuk perorangan dengan persyaratan lebih mudah dan ringan. Jenis rekening TabunganKu didirikan bersamaan dengan bank-bank lainnya di Indonesia, guna menumbuhkan budaya menabung serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Untuk pembuatan rekening TabunganKu, calon nasabah hanya membutuhkan nominal sebesar Rp 20.000 sebagai setoran awal. Namun, untuk transaksi penarikan tunai serta pemindahbukuan hanya dapat dilakukan di kantor cabang tempat rekening dibuka.

Persyaratan Buka Rekening Bank DKI

Gambar Bank DKI

Setelah anda mengetahui serta memilih jenis rekening bank DKI, maka dalam langkah selanjutnya adalah memenuhi persyaratan pembukaan rekening bank DKI. Terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon nasabah , antara lain:

  1. Syarat pertama yaitu kartu identitas diri berupa KTP/ SIM / Passpor yang masih aktif atau berlaku. Bagi calon nasabah yang di bawah umur atau belum memiliki identitas diri tersebut, bisa menggunakan kartu pelajar serta fotocopy KTP milik orang tua.
  2. NPWP bagi yang ingin membuat rekening tabungan Monas Bisnis
  3. Calon pemilik rekening bank DKI merupakan warga negara Indonesia yang bedomisili di Jakarta atau pekerja di wilayah DKI Jakarta.
  4. Untuk pendaftaran rekening bank DKI, maka calon nasabah diminta mengisi formulir pendaftaran. Pengisian formulir pendaftaran dilakukan di kantor cabang bank DKI, dan biasanya dibantu oleh customer service bank DKI.
  5. Calon nasabah harus menyiapkan uang sebagai setoran awal pembuatan rekening DKI. Namun, tenang saja karena setoran awal yang dibutuhkan dalam pembuatan rekening DKI sangat terjangkau.

Jika hanya membuat rekening Bank DKI Monas Umum dan Simpeda maka cukup memenuhi semua persyaratan di atas. Namun untuk jenis tabungan lainnya, kami sarankan untuk menghubungi Customer Service Bank DKI di nomor 1500-351.

Setoran Awal Buka Rekening Bank DKI

Seperti yang kami sampaikan di atas, syarat buka rekening Bank DKI harus membayar setoran awal sesuai dengan jenis tabungan yang dipilih. Nah untuk mengetahui berapa setoran awal buka rekening Bank DKI silahkan simak tabel di bawah ini.

JENIS TABUNGANSETORAN AWAL
Tabungan Monas UmumRp. 250.000
Tabungan Monas BisnisGold : Rp. 1.000.000

Platinum : Rp. 2.000.000

Tabungan Monas Bisnis PerkulakanRp. 250.000
Tabungan Monas MahasiswaRp. 50.000
Tabungan SimpedaRp. 50.000
TabunganKuRp. 20.000

Biaya Admin Tabungan Bank DKI

Setelah membuat rekening Bank DKI maka nasabah akan dikenakan biaya adminstrasi berdasarkan jenis tabungan yang dibuat. Biaya admin setiap jenis tabungan Bank DKI berbeda-beda. Bahkan ada yang gratis biaya adminstrasi. Untuk lebih jelasnya silahkan simak informasi berikut ini.

JENIS TABUNGANBIAYA ADMIN
Tabungan Monas UmumRp 10.000/Bulan
Tabungan Monas BisnisRp 12.500/Bulan
Tabungan Monas Bisnis PerkulakanRp 100.000/Tahun
Tabungan Monas MahasiswaRp. 2.000/Bulan
Tabungan SimpedaRp. 7.500/Bulan
TabunganKuGratis

Cara Membuat ATM Bank DKI

Cara Buka Rekening Bank DKI

Jika beberapa syarat pendaftaran rekening DKI telah disiapkan, maka anda sudah bisa melakukan pembukaan rekening. Adapun langkah-langkah yang harus anda lakukan dalam pembuatan rekening, sebagai berikut:

  1. Silahkan datangi kantor cabang bank DKI terdekat dengan membawa beberapa persyaratan di atas
  2. Sesampainya di kantor cabang bank DKI, silahkan ambil nomor antrian untuk menuju ke customer service
  3. Tunggulah hingga nomor antrian anda terpanggil. Jika nomor antrian telah terpanggil, silahkan datangi customer service dan beritahu tujuan anda yakni pembukaan rekening bank DKI
  4. Petugas customer service akan menjelaskan mengenai jenis-jenis rekening, hingga keuntungan kepemilikan rekening DKI
  5. Jika telah memilih jenis rekening, anda diminta untuk mengisi formulir pendaftaran. Jika anda bingung, maka pengisian rekening dapat dibantu oleh petugas customer service
  6. Berikan kembali formulir pendaftaran yang telah diisi lengkap kepada petugas customer service. Petugas customer service akan meminta anda untuk menyerahkan persyaratan kartu identitas serta pembayaran setoran awal
  7. Petugas customer service akan memproses pembuatan rekening bank DKI hingga berhasil
  8. Setelah proses pembuatan berhasil, maka anda akan mendapatkan buku tabungan serta kartu ATM untuk mempermudah transaksi
  9. Anda diminta melalukan pembuatan PIN ATM, melalui petugas teller bank DKI
  10. Jika anda telah menerima buku tabungan atas nama anda, kartu ATM serta PIN ATM, maka rekening anda sudah dapat digunakan untuk bertransaksi.

Saat membuat rekening DKI di kantor cabang ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu ke petugas terkait untuk mengetahui setiap fasilitas yang didapatkan. Sebelum datang ke kantor cabang Bank DKI anda juga bisa telepon terlebih dahulu ke nomor 1500-351 untuk memastikan setiap syarat buka rekening Bank DKI yang anda butuhkan.

Kesimpulan

Membuat rekening Bank DKI merupakan solusi untuk menabung secara mudah dan aman bagi anda yang tinggal di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Nah apabila masih ada pertanyaan seputar cara dan syarat buka rekening Bank DKI silahkan simak informasi berikut. 

Apakah Membuat Rekening Bank DKI Butuh NPWP?

NPWP hanya dibutuhkan untuk membuat tabungan Monas Bisnis

Berapa Setoran Awal Buka Rekening Bank DKI

Setoran awal tergantung jenis tabungan yang dipilih. Untuk yang terendah adalah TabunganKu dengan setoran awal sebesar Rp. 20.000. Sedangkan untuk yang tertinggi adalah tabungan Monas Bisnis dengan setoran awal Rp. 1 Juta sampai Rp. 2 Juta.

Apakah Bank DKI Memiliki Tabungan Pelajar?

Yah, anda bisa membuat Tabungan Monas Pelajar, Tabungan Monas Mahasiswa, atau TabunganKu yang dikhususkan untuk pelajar.

Apakah Rekening Bank DKI Mendapatkan ATM?

Yah, anda akan mendapatkan kartu ATM apabila membuat rekening Bank DKI.

Apakah Rekening Bank DKI Bisa Transfer Ke Bank Lain?

Tentu saja bisa

Nah demikianlah informasi mengenai syarat buka rekening Bank DKI. Cukup sekian informasi viralorchard.com pada kesempatan kali ini. Simak pula artikel sebelumnya mengenai “Cara Setor Tunai di ATM BCA Tanpa Kartu“” dan beragam informasi menarik lainnya seputar dunia perbankan di Indonesia.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *