Pinjaman Bank BRI Jaminan Sertifikat Rumah
Pinjaman & Kredit Online

10 Syarat Pinjaman Bank BRI Jaminan Sertifikat Rumah (Kupedes)

Bank BRI memiliki beragam jenis pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah atau sertifikat tanah. Salah satunya adalah Kupedes yang merupakan pinjaman Mikro untuk para UMKM yang membutuhkan pinjaman uang dengan bunga bersaing dan syarat mudah. 

Pinjaman Kupedes ditujukan untuk semua nasabah Bank BRI, baik itu perseorangan maupun badan usaha. Dengan adanya pinjaman ini maka nasabah bisa mendapatkan pinjaman dengan plafon cukup besar serta tenor yang cukup panjang. 

Syarat pengajuan pinjaman Kupedes BRI sebenarnya tidak berbeda jauh dengan syarat KUR BRI. Sebab nasabah harus memiliki usaha yang dibuktikan dengan legalitas usaha berupa surat keterangan usaha dari Kepala Desa / Lurah / Pasar.

Selain syarat di atas, masih ada beberapa persyaratan lainnya agar bisa mengajukan pinjaman Bank BRI dengan jaminan sertifikat rumah. Nah untuk mengetahui informasinya secara lengkap, silahkan simak pembahasan viralorchard.com berikut ini. 

pinjaman uang jaminan sertifikat tanah di bank bri

Sebelum masuk pada syarat serta cara pengajuan pinjaman Kupedas BRI, sebaiknya anda perlu ketahui bahwa jenis pinjaman ini dapat dilakukan bagi individual yakni baik badan usaha maupun perorangan. Selain itu, proses peminjaman dana berjenis Kupedas ini dapat diajukan melalui teras BRI maupun unit bank BRI terdekat, dengan beberapa persyaratan tertentu.

Untuk mengetahui beberapa persyaratan pengajuan pinjaman Kupedas BRI, silahkan simak informasi yang kami lansir dari bri.co.id di bawah ini:

Syarat Pinjaman Bank BRI Jaminan Sertifikat Rumah

Untuk proses pengajuan pinjaman Kupedas BRI, memiliki dua persyaratan yang harus penuhi yaitu persyaratan ketentuan nasabah serta persyaratan dokumen. Adapun kedua jenis persyaratan tersebut, sebagai berikut:

Ketentuan Nasabah Pinjaman Kupedas

  1. Calon debitur merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) dan tidak memiliki cicilan di lembaga keuangan lainnya
  2. Usia calon debitur minimal 21 tahun dan maksimal 64 tahun hingga proses cicilan selesai
  3. Calon debitur memiliki usaha, setidaknya telah berjalan selama 1 tahun.

Persyaratan Dokumen

  1. Kartu identitas diri berupa KTP yang masih berlaku
  2. Kartu Keluarga (KK)
  3. Rekening koran atau copy rekening tabungan
  4. Fotocopy surat nikah (hanya berlaku bagi yang telah menikah)
  5. Pas foto terbaru dengan ukuran 4×6 sebanyak dua lembar
  6. Surat keterangan usaha dari pemerintah desa/ lurah/ atau pasar
  7. Menyiapkan agunan atau jaminan berupa sertifikat rumah atas nama milik sendiri. Namun, jika agunan tersebut bukan milik pribadi maka harus menyertakan surat persetujuan dari pemilik sertifikat rumah tersebut.

Cara Mengajukan Pinjaman BRI Jaminan Sertifikat Tanah

Setelah mengetahui serta mempersiapkan berbagai persyaratan yang dibutuhkan dalam pengajuan pinjaman Kupedas BRI, maka langkah selanjutnya anda bisa mengajukan pinjamannya melalui unit cabang bank BRI terdekat. Adapun langkah-langkahnya, sebagai berikut:

  1. Silahkan datangi unit cabang bank BRI terdekat dengan membawa beberapa persyaratan yang telah disiapkan. Pastikan segala persyaratan dokumen anda tersusun dengan rapih dan lengkap, agar proses pengajuan pinjaman Kupedas dapat diproses dengan baik oleh pihak bank
  2. Sesampainya di unit cabang bank BRI, silahkan ambilah nomor antrian untuk menuju customer service. Calon debitur dapat meminta bantuan kepada petugas satpam mengenai pengambilan nomor antrian di mesin antri
  3. Silahkan tunggu hingga nomor antrian anda terpanggil. Jika nomor antrian telah terpanggil, silahkan datangi petugas customer service dan berikan tujuan anda yakni mengajukan pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah atau pinjaman Kupedas BRI
  4. Langkah berikutnya, petugas customer service akan membantu anda dalam proses aplikasi pinjaman Kupedas dengan ketentuan serta kebijakan yang berlaku
  5. Calon debitur akan diminta untuk mengisi formulir permohonan. Dalam proses pengisian formulir permohonan pinjaman, maka petugas customer service akan membimbing anda dalam pengisian formulir permohonan dengan benar. Untuk memperlancar proses pengajuan pinjaman Kupedas, pastikan calon debitur tidak salah memasukkan data yakni baik nomor ponsel, buku tabungan hingga lain-lain
  6. Jika proses pengisian formulir permohonan telah diisi dengan lengkap, maka selanjutnya petugas customer service akan meminta formulir tersebut beserta dengan dokumen persyaratan. Setelah semua data diterima, maka petugas CS akan memperoses pengajuan pinjaman Kupedas anda. Namun perlu diketahui, bahwa proses pengajuan pinjaman akan sepunuhnya diperiksa, di analisis, serta direview oleh pejabat tinggi atau atasan bank BRI karena petugas CS hanya memproses data bagian permukaannya saja
  7. Langkah berikutnya yakni calon debitur menunggu proses pengajuan pinjaman Kupedas diterima oleh pihak bank BRI. Untuk waktu lamanya pengajuan pinjaman Kupedas kurang lebih hingga 1 pekan lamanya
  8. Pihak bank akan menghubungi calon debitur mengenai pengajuan pinjaman Kupedas anda baik di terima maupun di tolak. Namun jika pengajuan pinjaman Kupedas diterima, silahkan datangi kembali unit cabang bank BRI untuk proses persetujuan serta penandatanganan berkas pinjaman secepatnya
  9. Setelah anda tanda tangan atau akad pinjaman selesai, maka dapat kembali ke rumah dan tunggulah hingga dana pinjaman Kupedas masuk ke rekening yang telah terdaftar sebelumnya. Adapun proses pencairan pinjaman Kupedas yakni kurang lebih 30 menit dan untuk memastikan bahwa calon debitur telah menerima dana, maka dapat mengeceknya melalui gerai ATM BRI, Internet Banking BRI, Mobile Banking BRI, hingga fasilitas pelayanan transaksi lainnya.

Tips Agar Pinjaman Kupedas Mudah di ACC

Selain pada syarat serta langkah-langkah proses pengajuan pinjaman Kupedas BRI, ViralOrchard.com juga akan menginformasikan mengenai tips atau cara jitu agar pengajuan pinjaman Kupeas mudah di terima atau ACC. Adapun tipsnya, sebagai berikut:

  • Pastikan rumah yang dijadikan jaminan memiliki lokasi yang strategis, salah satunya yakni memiliki akses transportasi yang baik atau dapat untuk jalan kendaraan roda empat, tidak tusuk sate atau berada di pertigaan. Adapun hal ini sangat bertujuan untuk mempemudah surve lokasi serta taksiran harga (nominal dana pinjaman)
  • Pastikan rumah atau tanah yang dijadikan pinjaman tidak terlibat dengan sengketa, baik sengketa internal maupun eksternal
  • Rumah yang dijadikan pinjaman adalah rumah layak huni atau terawat
  • Pastikan kepemilikan rumah jaminan, milik anda sendiri atau calon debitur. Namun, apabila rumah tersebut bukan milik sendiri, maka harus menyertakan surat persetujuan dari sepemilik rumah.

Tabel Angsuran Pinjaman Kupedas

Untuk lebih memperjelas proses pinjaman Kupedas, maka calon debitur harus mengetahui beberapa tabel angsurannya agar memiliki gambaran. Oleh karena itu, ViralOrchard.com akan menginformasikan kepada anda mengenai tabel angsuran pinjaman BRI dengan sertifikat rumah atau pinjaman Kupedas:

Kesimpulan

Demikian beberapa informasi yang dapat ViralOrchard.com sampaikan mengenai pinjaman bank BRI sertifikat rumah. Sebelum calon debitur melakukan pengajuan pinjaman Kupedas, sebaiknya memperhatikan berbagai persyaratan hingga tabel angsuran.

Sebaiknya calon debitur mengambil jumlah pinjaman serta angsuran sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi kemacetan dalam membayar angsuran hingga tenor selesai.

FAQ

Apabila masih terdapat pertanyaan mengenai pinjaman BRI dengan jaminan sertifikat rumah yang kami sampaikan di atas, silahkan hubungi Call Center BRI di nomor 14017 / 1500017 atau datang langsung ke kantor cabang terdekat. Selain itu, simak pula halaman FAQ di bawah ini. 

Apakah dana pinjaman Kupedas dapat dilakukan untuk memenuhi segala kebutuahan debitur?

Tentu saja. Dana pinjaman yang diterima dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti pembiayaan pendidikan, perbaikan rumah, pembelian atau perbaikan kendaraan, modal usaha, hingga lain sebagainya.

Apakah dalam proses pinjaman Kupedas memiliki biaya administrasi?

Ya. Untuk biaya administrasi yang dimiliki oleh jenis pinjaman Kupedas sangatlah terjankau yakni Rp 10.000.

Apakah debitur peminjaman dana Kupedas akan mendapatkan asuransi?

Tentu. Asuransi yang didapatkan, meliputi asuransi jiwa kredit, kesehatan, kecelakaan hingga meninggal dunia.

Bagaimana cara membayar tagihan Kupedas BRI, setiap bulannya?

Debitur dapat membayar tagihan Kupedas melalui seluruh unit cabang bank BRI, ATM BRI, hingga mesin EDC BRI.

Apakah terdapat denda, jika debitur telat dalam membayar angsuran?

Ya. Debitur yang terlambat membayar angsuran akan dikenakan denda cukup tinggi yakni Rp 25.000.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai pinjaman bank BRI dengan jaminan sertifikat rumah. Kami berharap segala informasi yang telah diberikan ViralOrchard.com dapat bermanfaat dan menjadi referensi dalam peminjaman dana Kupedas. Terima kasih dan selamat mencoba.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *