Syarat Buka Rekening Bank BJB
Perbankan

10 Persyaratan Buka Rekening BJB 2020 : Biaya & Cara Membuat ATM

Persyaratan Buka Rekening BJB –  Asal kalian ketahui, Bank BJB merupakan bank BUMD milik pemerintahan Jawa Barat dan Banten. Meskipun bank BJB milik pemerintah, namun tetap memberikan produk tabungan kepada masyarakat.

Saat ini bank BJB telah bekerjasama dengan OJK (otoritas jasa keuangan) yaitu lembaga negara yang berfungsi menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang intergrasi terhadap seluruh kegiatan sektor jasa keuangan. Jadi, sudah pasti aman dan nyaman untuk bergabung dengan bank BJB.

Hebatnya lagi dari bank BJB yaitu memberikan keuntungan yang berbeda kepada para nasabahnya dibandingkan dengan bank-bank lainnya. Tidak hanya keuntungan, bank BJB selalu menanamkan nilai-nilai kebudayaan kepada seluruh karyawannya demi memperoleh kenyamanan para nasabahnya.

Nah bagi yang tertarik membuat tabungan Bank BJB, silahkan menyimak informasi mengenai cara dan persyaratan buka rekening Bank BJB yang kami sampaikan pada artikel viralorchard.com berikut ini.

Cara dan Persyaratan Buka Rekening BJB

Cara Membuat ATM Bank BJB

Jenis-Jenis Tabungan Bank BJB

Sebelum masuk pada pembahasan mengenai persyaratan buka rekening bank BJB, sebaiknya  anda terlebih dahulu mengetahui mengenai jenis-jenis rekening atau tabungan yang ada di bank BJB. Adapun jenis-jenis tabungannya adalah sebagai berikut. 

1. Tandamata

Tabungan Tandamata ini ditunjukkan kepada nasabah para nasabah perorangan maupun non-perorangan sepertu badan usaha atau badan hukum. Bentuk mata uang yang diterima oleh tabungan Tandamata hanya IDR (rupiah).

Selain itu, jenis tabungan Tandamata ini tidak hanya warga negara Indonesia (WNI) saja yang dapat memilikinya, para warga negara Asing juga diperkenakan memiliki produk tabungan ini dengan bentuk mata uang valuta asing USD ataupun SGD. Para nasabah Tandamata bank BJB akan mendapatkan beberapa fasilitas yang dapat memudahkan transaksi, seperti buku rekening, kartu ATM, hingga fitur e-channel yang meliputi BJB Net, BJB SMS, hingga SMS Notifikasi (khusus mata uang rupiah).

2. Tandamata Berjangka

Tandamata Berjangka menjadi produk tabungan BJB yang paling tepat untuk para nasabah yang ingin berinvestasi seperti pendidikan, wisata, ibadah, pensiun atau lainnya. Bank BJB telah menentukan jangka waktu menabung, mulai dari 1 tahun hingga 10 tahun dan nasabah bebas memilih jangka waktu menabungnya.

Selain itu, nasabah bebas memilih jumlah setoran setiap bulanya, mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 5.000.000. Namun, nasabah masih dapat menambah setoran di luar setoran yang dipilihnya.

3 Tandamata Gold

Tandamata Gold merupaakan produk tabungan dari bank BJB yang memberikan kemudahan nasabah untuk menikmati layanan weekend sabtu minggu di setiap kantor cabang. Jadi, sangat memberikan kesempatan kepada anda yang tidak dapat berinteraksi di hari kerja.

4. Tandamata My First

Tandamata My First merupakan jenis tabungan yang ditunjukkan kepada anak untuk belajar menabung sejak dini. Bentuk mata uang pada tabungan Tandamata My First hanya rupiah (IDR).

5. Tandamata Purnabakti

Tandamata Purnabakti menjadi produk tabungan yang digunakan para nasabah yang telah pensiun. Biasanya produk tabungan ini digunakan oleh para pensiunan untuk penerimaan dana pensiuan atau fasilitas pensiuan lainnya.

6. Tandamata Bisnis

Jenis tabungan tandamata bisnis ditunjukkan untuk para nasabah yang memiliki bisnis atau usaha. Dengan bergabung Tandamata Bisnis, maka para nasabah dapat mengelola keuangannya menjadi lebih baik.

7. Tandamata Dollar

Tandamata dollar dapat menjadi pilihan para nasabah yang ingin menabung dalam bentuk dollar.

Selain jenis tabungan di atas, Bank BJB juga memiliki produk tabungan Simpanan Pelajar dan TabungaKu. Kedua jenis tabungan tersebut bebas biaya adminstrasi tabungan per bulan. Namun untuk TabunganKu akan dikenakan biaya adminstrasi kartu ATM sebesar Rp. 6.000 (Kartu Silver), Rp. 5.000 (Kartu Gold) dan Rp. 10.000 (Kartu Classic).

Persyaratan Buka Rekening BJB (Tandamata)

Syarat Buka Rekening BJB Tandamata

Dari sekian banyak jenis tabungan Bank BJB, kami sarankan untuk memilih tabungan Tandamata. Sebab tabungan tersebut memiliki syarat setoran awal yang ringan dan tersedia dalam bentuk mata uang Rupiah maupun valuta asing (USD dan SGD). 

  1. Siapkan fotocopy kartu identitas diri berupa KTP atau SIM yang masih berlaku untuk nasabah Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Sedangkan untuk Warga Negara Asing (WNA) bisa menggunakan kartui dentitas berupa Kartu Ijin Tinggal Terbatas (KITAS)/Kartu Ijin Tetap (KITAP)/ Kartu Ijin Sesuai dengan Ketentuan Imigrasi.
  3. Mempunyai akta pendirian, NPWP, SIUP (surat izin usaha perdagangan), TDP (tanda daftar perusahaan), anggaran dasar, NPWP (nomor pokok wajib pajak),  bagi calon nasabah non-perorangan
  4. Memiliki biaya untuk setoran awal pembukaan rekening bank BJB. Untuk setoran awal pembukaan rekening BJB terbilang cukup terjangkau, hanya sebesar Rp 50.000
  5. Mengisi formulir pembukaan rekening Bank BJB
  6. Saldo yang mengendap di rekening bank BJB minimal Rp 25.000
  7. Nasabah harus membayar biaya administrasi setiap bulannya sebesar Rp 6.000
  8. Jika nasabah ingin menutup rekeningnya, maka harus membayar biaya sebesar Rp 15.000.
  9. Biaya penutupan rekening Rp. 15.000
  10. Melampirkan Fotocopy NPWP (Jika Ada)

Hanya itu saja syarat buka rekening BJB Tandamata. Syarat yang dibutuhkan sangat ringan sehingga cocok bagi anda yang ingin membuat tabungan Bank BJB. Owh yah, selain syarat di atas juga masih ada biaya admin kartu ATM per bulan dengan besaran biaya sebagai berikut.

Biaya Admin Kartu ATM BJB (Tandamata)

Nasabah bank BCA yang membuat tabungan Tandamata akan diberi beberapa pilihan kartu ATM. Setiap jenis kartu ATM memiliki biaya admin berbeda-beda. Untuk yang termurah adalah kartu Silver dengan biaya admin perbulan sebesar Rp. 7.500. Lalu ada pula kartu Classic, Gold, Gold Visa, dan Platinum Visa.

Kartu ATM BJB SilverRp. 7.500
Kartu ATM BJB ClassicRp. 12.500
Kartu ATM BJB GoldRp. 15.000
Kartu ATM BJB Gold (Visa)Rp. 15.000
Kartu ATM BJB Platinum (Visa)Rp. 17.500

Cara Membuat Rekening BJB

Cara Buka Rekening Bank BJB

Cara Buka Rekening BJB Online

Ada dua metode untuk membuat rekening Bank BJB, yakni secara online dan secara offline dengan datang langsung ke kantor cabang BJB. Nah bagi yang ingin mengetahui cara buka rekening BJB online silahkan simak di bawah ini. 

  1. Nah bagi yang ingin membuat rekening BJB online maka bisa melalui situs https://eform.bankbjb.co.id/.
  2. Silahkan buka situs di atas, kemudian pilih menu Simpanan. Lalu akan muncul 3 pilihan, yakni Giro Perorangan, Giro Non Perorangan, dan BJB Tandamata. Silahkan pilih BJB Tandamata, lalu klik DAFTAR REKENING.
  3. Kemudian akan muncul informasi Persyaratan dan Ketentuan. Silahkan klik Proses
  4. Setelah itu anda tinggal menyetujui persyatan nasabah. Silahkan klik pada bagian tanda cawang, kemudian klik Setujui.
  5. Kemudian langkah terakhir tinggal mengisi informasi pemohon secara lengkap dan benar, mulai dari nama lengkap, nomor KTP, alamat, pekerjaan, dll. Setelah itu tinggal klik Preview
  6. Lalu akan muncul Preview dari data pemohon yang diinputkan sebelumnya. Apabila semua data dianggap sudah benar, lalu masukan kode captcha dan klik Sumbit.
  7. Selanjutnya anda akan mendapatkan nomor registrasi yang harus dibawa ke kantor cabang BJB terdekat sesuai domisili dengan membawa kartu indentitas diri, NPWP (Jika Ada) paling lambat 5 hari jam kerja setelah bukti registrasi diterbitkan.

Selain melalui situs di atas, anda juga bisa mencoba buka rekening BJB Online melalui aplikasi bjb digi applications yang tersedia di Play Store 

Cara Membuat ATM BJB Offline

Meskipun sudah ada sistem online, namun anda tetap perlu datang ke kantor cabang. Cara di atas hanya sebatas untuk mempermudah pendaftaran saja. Sedangkan untuk aktivasi rekening harus datang ke kantor cabang. Nah untuk mengetahui seperti apa prosedurnya silahkan simak informasi berikut

  1. Silahkan datangi kantor cabang bank BJB terdekat dengan membawa beberapa persyaratan di atas
  2. Sesampainya di kantor cabang BJB, silahkan ambilah nomor antrian menuju customer service. Biasanya terdapat satpam bank yang akan membantu anda dalam pengambilan nomor antrian
  3. Silahkan tunggu hingga nomor antrian terpanggil
  4. Jika nomor antrian telah terpanggil, silahkan menuju customer service dan beritahu tujuan anda yaitu membuka rekening BJB
  5. Customer service akan menjelaskan secara detail mengenai jenis-jenis rekening bank BJB dan anda diminta untuk memilih jenis rekening yang diinginkan
  6. Jika telah memilih jenis rekening, anda diminta untuk mengisi formulir pembukaan rekening. Silahkan isi formulir tersebut sesuai dengan data diri anda
  7. Berikan syarat pendaftaran berupa kartu identitas kepada customer service
  8. Petugas customer service akan membantu anda dalam proses pembukaan rekening bank BJB hingga berhasil
  9. Jika pembukaan rekening bank BJB telah berhasil, maka anda diminta untuk membayar setoran awal sesuai dengan jenis tabungan yang dipilih.
  10. Petugas customer service akan memberikan fasilitas buku rekening, serta kartu ATM untuk para nasabahnya. Selain itu, nasabah juga dapat membuat fitur BJB Net, BJB SMS, hingga SMS Notifikasi yang akan dibantu oleh customer service.

Kesimpulan

Kami ingatkan sekali lagi, bahwa persyaratan buka rekening BJB untuk setiap jenis tabungan berbeda-beda. Namun bagi anda yang mencari tabungn BJB dengan setoran awal yang rendah dan persyaratan mudah, maka kami sarankan untuk membuat tabungan BJB Tandamata.

Nah apabila masih ada pertanyaan seputar produk tabungan Bank BJB, silahkan menghubungi BJB Call di nomor 14049 atau melalui kontak bank BJB di nomor 022-4234868. Selain itu, simak pula halaman FAQ berikut ini.

Apa Saja Jenis Tabungan Bank BJB?

Ada beberapa jenis tabungan Bank BJB dan diantaranya adalah Tandamata, Tandamat Berjangka, Tandamata My First, Tandamata Purnabakti, Tandamata Dollar, dan Tandamata Bisnis

Berapa Setoran Awal Buka Rekening Bank BJB?

Setoran awal tergantung jenis tabungan yang dipilih. Namun untuk tabungan Tandamata cukup menyerahkan setoran awal sebesar Rp. 50.000

Apakah Bisa Membuat Rekening Bank BJB Online?

Bisa. Ada dua metode yang diberikan, yakni melalui eform.bankbjb.co.id dan melalui aplikasi BJB Digi

Apakah Tabungan BJB Bebas Biaya Admin?

Hanya tabungan Simpanan Pelajar saja yang bebas biaya admin.

Berapa Biaya Admin Rekening Bank BJB Tandamata?

Khusus untuk tabungan Tandamata adalah Rp. 6.000 per bulan. Selain itu dikenakan biaya adminstrasi kartu ATM mulai dari Rp. 7.500 sampai Rp. 17.500

Apakah Persyaratan Buka Rekening BJB Butuh NPWP?

NPWP hanya diperlukan untuk pembuatan rekening non-perorangan atau perusahaan

Nah, selesai nih informasi mengenai cara serta persyaratan buka rekening BJB. Cukup mudah kan? jika anda tertarik, silahkan lakukan pembukaan rekening bank BJB di kantor cabang Bank BJB terdekat atau terlebih dahulu mendaftar secara online. Cukup sekian informasi viralorchard.com kali ini, simak pula artikel sebelumnya mengenai “Cara Daftar Internet Banking BCA di ATM“.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *