Perbedaan Kelas BPJS Kesehatan
Asuransi, BPJS

Perbedaan Kelas BPJS Kesehatan 2020 (Kelas 1, 2 dan 3)

Perbedaan Kelas BPJS Kesehatan – BPJS adalah jaminan sosial tentang kesehatan yang diselanggarakan oleh pemerintah negara. BPJS kesehatan merupakan sebuah lembaga milik negara yang termasuk ke dalam kategori perusahaan BUMN.

BPJS Kesehatan pertama kalinya diresmikan pada tanggal 1 Januari 2014. Pada saat tanggal 1 Januari 2014, BPJS telah aktif aktif dan beroperasi melayani masyarakat di Indonesia melalui rumah sakit atau lembaga kesehatan yang telah bekerja sama dengan BPJS.

Dari tahun ke tahun, BPJS Kesehatan selalu memberikan dampak positif ke seluruh masyarakat Indonesia. Dampak positif tersebut berupa solusi untuk berobat dan rawat inap secara gratis bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Sayangnya BPJS Kesehatan tidak gratis. Ada biaya iuran perbulan yang wajib dibayarkan agar bisa menikmati setiap fasilitas yang diberikan BPJS. Bagi yang tidak mampu tak usah khawatir, karena pemerintah juga menyediakan kartu Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) bagi fakir miskin agar tidak perlu membayar iuran BPJS.

Untuk penerima JKN-KIS akah mendapatkan BPJS kelas 3 yang merupakan kelas terendah. Dibanding kelas 2 atau kelas 1, tentu ada perbedaannya. Nah untuk mengetahui perbedaan kelas BPJS kesehatan silahkan simak informasi berikut ini.

Perbedaan Kelas BPJS Kesehatan 

Perbedaan BPJS Kelas 1, 2 dan 3
Perbedaan BPJS Kelas 1, 2 dan 3

Sebenarnya perbedaan fasilitas kelas yang dimiliki oleh BPJS Kesehatan hanya berbeda pada ruang perawatan saat menginap di rumah sakit. Untuk pelayanan obat serta pelayanan rawat jalan memiliki pelayanan yang sama meskipun berbeda kelas.

1. Perbedaan Kelas I

Dengan peraturan yang terbaru tahun 2020, fasilitas kelas I BPJS memiliki beban biaya yang harus dibayarkan tiap bulannya mengalami naik 100% dari tahun sebelumnya. Pemerintah memutuskan peraturan tersebut per 1 Januari 2020 sebagai langkah untuk mengatasi defisit yang di alami perusahaan jaminan kesehatan.

Biaya perbulan untuk kelas I pada tahun 2019 sebesar Rp 80.000, namun dengan adanya peraturan baru biaya beban BPJS per I Januari 2020 menjasi Rp 160.000.

Kelas 1 merupakan pelayanan kesehatan yang bisa diperoleh. Tidak hanya dengan besar beban biaya perbulan, namun juga fasilitas yang ditawarkan.

Dengan biaya yang cukup besar, peserta BPJS Kesehatan akan mendapatkan pelayanan yang paling nyaman. Dimana masing-maisng peserta BPJS akan mendapatkan ruang perawatan dengan kapasitas lebih sedikit antara 2-4 orang.

Bagi peserta BPJS yang ingin mendapatkan ruag perawatan yang lebih privasi, kalian dapat Upgrade ke ruang pelayanan VIP. Untuk mendapatkan ruang pelayan tersebut cukup gampang, kalian hanya perlu membayar biaya kurangan pada kelas VIP.

2. Perbedaan Kelas 2

Fasilitas kelas II yang dimiliki oleh BPJS Kesehatan juga mengalami kenaikan beban biaya perbulannya. Beban biaya perbulan pada fasilitas kelas II juga naik 100%.

Mulanya, Biaya perbulan untuk fasilitas BPJS Kesehatan kelas II yaitu Rp 51.000 menjadi Rp 110.000. Biaya  fasilitas kelas I dan kelas II memang memiliki biaya yang lebih murah.

Meskipun biaya yang dimiliki kelas II lebih muran, namun tetap memiliki perbedaan dengan kelas I. Pelayanan kelas I mendapatkan ruang perawatan dengan kapasitas 2-4 orang, tetapi untuk kelas II akan mendapatkan ruang perawatan lebih minim privasi.

Jumlah pasien yang terdapat pada ruang perawatan kelas II antara lain 3 hingga lima orang. Bagi peserta BPJS yang ingin mendapatkan ruang yang lebih privasi dapat Upgrade ke ruang perawatan kelas 1. Untuk saat ini, jika perserta BPJS ingin Upgrade ruang perawatan hanya bisa naik 1 kelas saja tidak bisa lebih.

3. Perbedaan kelas 3

Fasilitas terakhir yang dimiliki oleh pelayanan BPJS Kesehatan adalah kelas III. Beban biaya yang diperlukan oleh kelas III sebesar Rp 42.000 berbulan.

Dengan beban biaya yang lebih murah dibadingkan dengan kelas I dan II, tentu saja memiliki perbedaan untuk ruang perawatan. Ruang perawatan yang didapatkan di kelas III berkapasitas 4-6 orang bahkan lebih tergantung pada pihak rumah sakit.

Untuk perbedaan kelas BPJS Kesehatan sudah kami ulas di atas. Memang antara kelas I, II dan III pada BPJS Kesehatan memiliki perbedaan masing-masing. Namun, kalian tidak usah khawatir sebenarnya semua kelas perawatan BPJS kesehatan itu sama saja yang membedakan adalah ruang perawatan dan beban biaya yang harus dibayarkan tiap bulannya.

Baca Juga Informasi Lainnya

Merchant Akulaku

Cara Investasi Emas Online

Nah itulah beberapa perbedaan kelas BPJS kesehatan yang terbagi menjadi kelas 1, kelas 2, dan kelas 3. Dapat disimpulkan bahwa perbedaan ketiganya adalah fasilitas yang didapatkan. Semakin tinggi kelasnya, tentu fasilitasnya semakin baik sehingga sebanding dengan iuran bulanan yang didapatkan. Nah cukup sekian informasi viralorchard.com kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *