Penyebab Saldo Rekening BRI Berkurang Sendiri
Perbankan

5 Penyebab Saldo Rekening BRI Berkurang Sendiri

Apa penyebab saldo rekening BRI berkurang sendiri? Ada beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut. Bagi yang mengalaminya tidak perlu panik. Yang paling penting harus terlebih dahulu mengetahui penyebabnya sehingga bisa mengatasi masalah tersebut secara tepat.

Pasti banyak nasabah Bank BRI yang merasa panik ketika saldo yang ada direkening tiba-tiba berkurang sendiri. Terlebih jika saldo yang berkurang tergolong banyak, mungkin ratusan ribu atau bahkan jutaan rupiah.

Bank BRI sendiri merupakan Bank milik pemerintah dengan jumlah nasabah  terbesar di Indonesia. Ada ratusan juta nasabah Bank BRI yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Salah satu alasan mengapa banyak orang lebih memilih menabung di Bank BRI adalah karena faktor keamanan yang terjamin.

Meskipun keamanannya terjamin, namun tak jarang ada kasus saldo rekening BRI berkurang sendiri. Nah untuk mengetahui penyebabnya silahkan simak informasi viralorchard.com berikut ini.

Penyebab Kenapa Saldo Rekening BRI Berkurang Sendiri

Cara Mengaktifkan Rekening BRI Dormant

1. Membayar Biaya Admin

Alasan pertama kenapa saldo rekening BRI berkurang sendiri adalah untuk membayar biaya admin. Yah, setiap kepemilikan rekening BRI akan dikenakan biaya admin sesuai dengan jenis rekening yang dimiliki. Biayanya tidak terlalu besar. Sebagai contoh untuk rekening BRI Simpedes hanya sebesar Rp. 5.500 per bulan dan BRItAMA Rp. 12.000 per bulan.

Untuk mengetahui secara lengkap mengenai besaran biaya admin perbulan, silahkan simak informasi sebelumnya mengenai “Daftar Biaya Admin Rekening BRI“. Besaran biaya admin setiap rekening BRI berbeda-beda. Bahkan ada rekening yang gratis biaya admin seperti rekening Simpanan Pelajar BRI (Simpel) dan Junio.

Jadi apabila saldo yang terpotong cuma beberapa ribu saja maka kemungkinan besar digunakan untuk membayar biaya admin. Apabila keberatan dengan biaya tersebut maka lebih baik memiliki rekening BRI yang gratis biaya admin sehingga saldo rekening tidak akan berkurang sendiri.

2. Autdebet Tagihan

Selain untuk membayar biaya admin, penyebab saldo rekening BRI berkurang sendiri bisa disebabkan oleh autodebet pembayaran tagihan seperti BPJS, cicilan KUR, dll. Mungkin anda tidak sengaja mengaktifkan autodebet pembayaran tertentu sehingga membuat saldo rekening terpotong secara otomatis.

Kami sarankan untuk bertanya ke pihak BRI untuk memastikan apakah ada pembayaran autodebet yang menyebabkan saldo rekening berkurang. Anda bisa datang langsung ke kantor cabang terdekat untuk menghubungi Call BRI di nomor 14017 / 1500017.

Nantinya petugas Bank BRI akan meninjau apa saja pembayaran yang dilakukan melalui rekening. Jika ternyata ada pembayaran autodebet maka anda bisa meminta bantuan untuk menonaktifkannya. Namun perlu diingat, tidak semua tagihan autodebet bisa dinonaktifkan.

3. Rekening Dibobol

Sudah ada banyak sekali kasus pembobolan rekening yang menyebabkan saldo rekening berkurang sendiri. Modusnya bermacam-macam, namun yang paling sering adalah karena kartu ATM tertelan dan pemilik rekening memberikan informasi PIN ATM ke orang lain.

Bertransaksi di mesin ATM memang harus hati-hati. Jangan sekali-kali meminta atau menerima bantuan orang lain yang bukan petugas Bank BRI. Kami sarankan untuk langsung memblokir kartu ATM BRI yang tertelan dengan cara menghubungi nomor 14017 / 1500017.

Dengan memblokir kartu maka otomatis kartu yang tertelan tidak akan bisa digunakan. Anda bisa kembali menonaktifkannya dengan mendatangi kantor cabang terdekat. Meskipun cukup ribet namun hal ini bisa menyegah saldo rekening berkurang sendiri.

4. Bayar Biaya Transfer

Transfer ke rekening Bank lain akan dikenakan biaya transfer. Besaran biaya tergantung dari tujuan transfer. Sebagai contoh untuk transfer ke rekening BCA, CIMB Niaga, dan Bank Mega akan dikenakan biaya Rp. 6.500 per transaksi.

Sedangkan untuk transfer ke bank tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) seperti Bank Mandiri, BRI, Bank BNI, dan Bank BTN akan dikenakan biaya Rp. 4.000 per transaksi. Dengan adanya biaya tersebut maka jangan heran apabila saldo rekening tiba-tiba berkurang.

5. Rekening Digunakan Orang Lain

Penyebab selanjutnya adalah karena rekening digunakan oleh orang lain tanpa memberitahu terlebih dahulu. Mungkin saja kartu ATM ataupun layanan M-Banking digunakan untuk transfer atau membeli barang tanpa sepengetahuan pemilik rekening.

Jika mengalami hal ini lebih baik bertanya terlebih dahulu ke orang terdekat untuk memastikan apakah mereka melakukan transaksi atau tidak. Jika ternyata tidak, maka jangan ragu untuk menghubungi Call BRI atau datang langsung ke kantor cabang terdekat.

Kesimpulan

Nah itulah beberapa penyebab saldo rekening BRI berkurang sendiri. Yang paling bahaya adalah mengalami pembobolan rekening yang disebabkan oleh penipuan ataupun kartu ATM tertelan. Namun apabila cuma digunakan untuk membayar biaya admin maka tidak perlu khawatir.

Untuk memastikan penyebabnya kami sarankan untuk menghubungi Call BRI agar bisa dilakukan pelacakan terkait transaksi yang telah dilakukan. Selain itu, pengecekan transaksi juga bisa dilakukan melalui aplikasi M-Banking BRI.

Nah demikianlah informasi seputar penyebab saldo rekening BRI berkurang sendiri. Semoga informasi yang kami sampaikan di atas bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi yang mengalami masalah saldo rekening terpotong. Simak pula artikel sebelumnya mengenai Cara Mengaktifkan Rekening Dormant BRI dan beragam artikel lainnya.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *