Penyebab Kartu ATM BRI Disable
Perbankan

7 Penyebab Kartu ATM BRI Disable dan Cara Mengatasinya

Viralorchard.com – Apa penyebab kartu ATM BRI Disable? Banyak nasabah Bank BRI yang menanyakan hal tersebut. Sebab sering kali status kartu ATM berubah menjadi disable secara tiba-tiba, tanpa mengetahui apa penyebabnya.

Apabila kartu ATM yang digunakan tiba-tiba berstatus Disabled maka secara otomatis tidak bisa digunakan untuk bertransaksi di mesin ATM. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan hal tersebut.

Biasanya kasus kartu ATM BRI tiba-tiba disabled disebabkan oleh penyalahgunaan kartu, atau karena terjadi transaksi tidak wajar. Jika hal tersebut terjadi maka secara otomatis pihak bank akan menonaktifkan kartu demi keamanan.

Jika kartu ATM mengalami disable, berarti segala transaksi melalui gerai ATM BRI serta mesin EDC tidak dilakukan. Namun, nasabah tetap bisa melakukan transaksi melalui beragam layanan perbankan milik BRI, seperti Mobile Banking, Internet Banking, dan SMS Banking.

Itu artinya yang diblokir hanyalah kartu ATM saja, sehingga saldo yang disimpan di rekening tetap aman. Yah, kekhawatiran utama nasabah Bank BRI adalah saldo rekening hilang. Oleh karena itulah banyak yang merasa panik dan ketakutan saat mengalami masalah tersebut.

Anda tidak perlu panik, karena saldo tetap aman. Yang paling penting anda harus mengetahui penyebab kartu ATM BRI disable untuk mencegah masalah tersebut terulang kembali. Nah untuk mengetahui apa saja penyebabnya, silahkan simak informasi viralorchard.com berikut ini.

Cara Mengatasi dan Penyebab Kartu ATM BRI Disable

Penyebab Kartu ATM BRI Disable dan Cara Mengatasinya

Ciri-Ciri Kartu ATM Disabled

Banyak yang belum tahu apa ciri-ciri kartu ATM disable adalah kartu tiba-tiba tidak bisa digunakan untuk bertransaksi di ATM. Saat bertransaksi maka layar ATM akan menunjukan tulisan “Transaksi Gagal Kartu Anda Bersatus Disabled“.

Pada layar ATM juga dijelaskan mengenai cara mengatasi kartu yang disable, yakni melalui BRI Mobile dan Cabang BRI Terdekat. Selama kartu dalam keadaan disable maka tidak bisa digunakan untuk bertransaksi.

Yang jadi permasalahan utama bukanlah bisa digunakan untuk bertransaksi atau tidak. Namun masalah keamanan rekening. Pasti banyak nasabah Bank BRI yang takut dan khawatir saldo rekening akan hilang.

Seperti yang kami sampaikan di atas, saldo tetap akan aman. Anda hanya perlu mengaktifkan kembali kartu ATM melalui aplikasi BRI Mobile atau kantor cabang BRI terdekat. Setelah itu kartu ATM bisa digunakan secara normal.

Penyebab Kartu ATM BRI Disable

Bank BRI memiliki sistem disable kartu secara otomatis apabila terjadi masalah pada kartu ATM. Disable kartu juga bisa disebabkan oleh permintaan nasabah secara langsung apabila mengalami suatu kejadian yang mengharuskan kartu ATM dinonaktifkan.

Disable kartu bisa dikatakan sebagai salah satu sistem keamanan yang disediakan oleh Bank BRI untuk melindungi keamanan kartu ATM. Kalian tidak perlu marah atau kecewa apabila mengalami masalah ini. Yang paling penting kartu ATM menjadi aman.

Apabila kartu ATM tiba-tiba disable maka besar kemungkinkan terjadi masalah pada transaksi yang dilakukan sebelumnya. Nah untuk mengetahui secara jelas apa saja penyebab kartu ATM BRI disable, silahkan simak di bawah ini.

  1. Salah memasukan PIN ATM sebanyak tiga kali secara berturut-turut
  2. Bank BRI mensinyalir terjadi trasaksi yang mencurigakan
  3. Terjadi pembobolan kartu ATM oleh orang tidak bertanggung jawab
  4. Penyalahgunaan kartu ATM dan rekening seperti untuk penipuan, pemerasan, dll
  5. Terjadi skimming atau pencurian data nasabah yang tersimpan di dalam kartu ATM
  6. PIN kartu ATM BRI sudah lama tidak diganti sehingga pihak Bank memutuskan untuk mendisable kartu demi menjaga keamanan rekening
  7. Permintaan nasabah secara langsung dikarenakan kartu ATM hilang, tertelan, ataupun tercopet

Penyebab utama kartu ATM BRI disable adalah karena pihak Bank mendeteksi terjadi transaksi yang mencurigakan ataupun karena masalah penyalahgunaan rekening dan terjadi skimming. Apa irtu Skimming?

Skimming merupakan pencurian data nasabah yang tersimpan di dalam kartu ATM. Ada beberapa metode skimming. Yang paling sering terjadi adalah membuat kartu ATM tertelan, lalu nasabah menghubungi nomor telepon palsu yang tertera pada ATM. Setelah itu pelaku akan menanyakan PIN ATM dan membuat kartu dummy untuk transaksi.

Metode skimming lainnya adlah menggunakan kamera tersembunyi yang dipasang oleh pelaku untuk mengintip PIN ATM. Nah apabila pihak Bank mendeteksi hal tersebut maka secara otomatis kartu ATM akan disable.

Penyebab kartu ATM BRI disable juga bisa disebabkan oleh keinginan nasabah. Biasanya hal ini dilakukan oleh nasabah Bank BRI yang mengalami kehilangan kartu ATM ataupun kartu ATM tertelan.

Tips Agar Kartu ATM Tidak Disable

Sebelum mengakhiri artikel ini, kami akan memberikan beberapa tips untuk mencegah kartu ATM mengalami disable. 

  1. Selalu jaga kerahasiaan PIN, jangan sampai orang lain mengetahuinya.
  2. Selalu rutin mengganti PIN ATM secara berkala. Bagi yang belum mengetahui caranya silahkan simak artikel berikut “Cara Ganti PIN ATM BRI“.
  3. Selalu pantau transaksi yang terjadi pada rekening.
  4. Kurangi bertrasaksi menggunakan ATM Bank lain. Lebih baik bertransaksi melalui ATM Bank BRI.
  5. Selalu lindungi PIN saat bertransaksi menggunakan ATM. Hal ini sangat penting untuk mencegah terjadinya Skimming.

Apabila sudah mengikuti tips di atas, namun tetap mengalami kartu ATM maka kami sarankan untuk menghubungi Call Center Bank BRI di nomor 14017.

Cara Mengatasi Kartu ATM BRI Disable

Mungkin masih ada beberapa penyebab kartu ATM BRI disable lainnya. Namun menurut kami penyebab di atas merupakan penyebab utama. Nah yang jadi pertanyaan, bagaimanakan cara mengatasi masalah tersebut?

Bank BRI menyediakan beberapa metode cara mengatasi kartu ATM BRI Disable. Cara termudah adalah menggunakan aplikasi BRI Mobile yang tersedia untuk smartphone Android dan iPhone. 

Bagi yang belum mengaktifkan apikasi BRI Mobile maka bisa mengatasi masalah ini dengan datang langsung ke kantor cabang BRI terdekat atau menghubungi call center BRI di nomor 14017

Kesimpulan

Nah apabila masih ada pertanyaan mengenai  cara mengatasi penyebab kartu ATM BRI disable silahkan buka halaman bri.co.id/bantuan dan menyimak halaman FAQ di bawah ini. 

Apa Itu Disable Kartu ATM BRI?

Disable kartu adalah kondisi dimana kartu ATM tidak bisa lagi digunakan untuk bertransaksi lewat mesin ATM.

Kenapa Kartu ATM BRI Berstatus Disabled?

Ada banyak sekali penyebab kartu ATM BRI disabled. Salah satunya adalah karena sistem Bank BRI mendeteksi terjadi transaksi mencurigakan sehingga secara otomatis kartu ATM akan disable untuk menjaga keamanan rekening

Apakah Saldo Rekening Tetap Aman?

Saldo tidak akan berkurang sama sekali, jadi anda tidak perlu khawatir. Namun lain cerita jika ternyata kartu telah dibobol oleh orang lain melalui metode skimming.

Apakah Kartu ATM Yang Disable Bisa Diaktifkan Kembali?

Sangat bisa. Bank BRI menyediakan beragam metode untuk mengaktifkan kartu ATM yang disable

Apakah Bisa Mengatasi Kartu ATM Disable Tanpa Ke Bank?

Bisa, namun anda harus terlebih dahulu mendaftar mobile banking BRI atau Internet Banking BRI agar bisa menggunakan aplikasi BRI Mobile dan Brimo

Cukup sekian informasi mengenai penyebab kartu ATM BRI Disabled. Semoga informasi di atas bisa menjadi referensi bagi yang mengalami kartu ATM tiba-tiba berubah status menjadi disable. Simak pula informasi sebelumnya mengenai “Cara Ganti PIN ATM BCA” dan beragam informasi bermanfaat lainnya.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *