Cara Mengatasi Lupa PIN SMS Banking Mandiri
Perbankan

22 Cara Mengatasi Lupa PIN SMS Banking Mandiri Yang Terblokir

Banyak nasabah Bank Mandiri yang mengalami masalah lupa PIN SMS Banking. Masalah tersebut bisa mengakibatkan SMS Banking terblokir sehingga tidak bisa digunakan untuk bertransaksi. Nah untuk mengetahui bagaimana cara mengatasinya, silahkan mengikuti informasi viralorchard.com berikut ini.

Berbagai media pelayanan transaksi saat ini telah dikeluarkan oleh pihak bank, salah satunya yaitu SMS Banking. Untuk pelayanan transaksi SMS Banking hampir semua perusahaan perbankan di Indonesia memilikinya, salah satunya adalah bank Mandiri.

Melalui SMS Banking, proses transaksi menjadi lebih mudah. Sebab nasabah bisa bertransaksi melalui handphone dengan menggunakan nomor telepon yang telah terdaftar SMS Banking. Beragam transaksi bisa dilakukan, seperti transfer, cek saldo, hingga bayar tagihan.

Transaksi menggunakan SMS Banking Mandiri juga aman. Sebab nasabah harus memasukan PIN sebagai kode verifikasi saat bertransaksi menggunakan layanan tersebut. Tanpa adanya PIN maka transaksi perbankan tidak bisa dilakukan sehingga transaksi dijamin aman.

PIN SMS Banking Mandiri harus dimasukan dengan benar. Apabila salah 3 kali berturut-turut maka layanan SMS Banking Mandiri akan terblokir. Agar terhindar dari hal tersebut maka nasabah harus mengingat baik-baik PIN SMS Banking.

Apabila sudah terlanjur lupa PIN SMS Banking Mandiri sehingga membuat layanan perbankan tersebut terblokir, maka silahkan simak cara mengatasi lupa PIN SMS Banking Mandiri pada artikel viralorchard.com berikut ini.

Cara Mengatasi Lupa PIN SMS Banking Mandiri

Lupa PIN SMS Banking Mandiri

Terdapat dua cara mengatasi lupa PIN SMS Banking Mandiri. Cara yang pertama adalah dengan reset PIN di kantor cabang terdekat. Sedangkan cara yang kedua adalah registrasi ulang di ATM Mandiri. Silahkan memilih salah satunya, dan untuk mengetahui prosedurnya secara lengkap silahkan simak di bawah ini.

1. Mendatangi Kantor Cabang Bank Mandiri

Cara mengatasi lupa PIN SMS Banking melalui kantor cabang bank Mandiri menjadi cara yang mudah, karena jika pengguna telah menyampaikan keluhannya maka petugas bank akan membantu anda dalam meriset PIN SMS Banking. Namun, untuk melakukan hal ini maka pengguna harus menyiapkan beberapa dokumen persyaratan yang meliputi kartu debit/ ATM, kartu identitas diri berupa KTP/ SIM/ Paspor, buku rekening tabungan bank Mandiri, serta nomor telephon yang telah tersambung dengan SMS Banking.

Untuk langkah-langkahnya, sebagai berikut:

  1. Silahkan datangi kantor cabang bank Mandiri terdekat dengan membawa beberapa dokumen persyaratan
  2. Sesampainya di kantor cabang bank Mandiri, silahkan ambilah nomor antrian untuk menuju customer service. Anda dapat meminta bantuan kepada satpam bank mengenai pengambilan nomor antrian di mesin antri dan silahkan tunggu hingga nomor atrian terpanggil
  3. Ketika nomor antrian telah terpanggil, silahkan datangi petugas customer service dan beritahu tujuan anda yakni mengatasi lupa PIN SMS Banking Mandiri
  4. Petugas customer service akan meminta beberapa dokumen persyaratan seperti kartu identitas, kartu ATM, nomor telephon yang tersambung dengan SMS Banking hingga nomor rekening tabungan. Dokumen persyaratan tersebut digunakan untuk proses konfrimasi serta verifikasi data anda yang ada di pihak bank Mandiri
  5. Setelah beberapa dokumen tersebut diserahkan kepada petugas customer sevice, maka pihak CS akan membantu anda dengan cara meriset PIN SMS Banking atau mengganti PIN SMS Banking yang baru.

2. Registrasi Ulang di Gerai ATM Mandiri

PIN SMS BANKING MANDIRI TERBLOKIR

Jika pengguna SMS Banking tidak memiliki waktu luang untuk mendatangi kantor cabang, maka dapat mengatasi lupa PIN SMS Banking melalui gerai ATM terdekat. Untuk cara ini pengguna diminta untuk meregistrasi ulang SMS Banking, adapun langkahnya sebagai berikut:

  1. Silahkan datangi gerai ATM Mandiri terdekat
  2. Sesampainya di gerai ATM, silahkan masukkan kartu ATM pada posisi yang benar
  3. Silahkan pilih bahasa transaksi. Untuk memudahkan proses transaksi maka dapat memilih bahasa “Indonesia”
  4. Silahkan masukkan enam digit PIN ATM Mandiri. Pastikan anda tidak salah memasukkan PIN hingga tiga kali, karena sistem dapat memblokir ATM secara otomatis
  5. Anda akan ditampilkan menu utama ATM Mandiri dan untuk proses registrasi SMS Banking, maka pilih menu “Transaksi Lainnya”
  6. Langkah keenam, silahkan pilih menu “Pendaftaran E-Banking”
  7. Nasabah akan dibawa ke laman E-Banking, untuk proses pendafatran SMS Banking maka dapat memilih menu “Mobile Banking”
  8. Berikutnya anda akan ditampilkan sebuah notifikasi bertuliskan “Hati-hati penipuan pastikan nomor handphone yang didaftarkan adalah nomor handphone milik anda”. Jika telah memastikan nomor handphone yang nantinya terdaftar SMS Banking milik anda, maka pilih menu “Lanjut”
  9. Silahkan masukkan nomor handphone anda dan pastikan saldo pulsa anda cukup untuk menerima SMS mengenai kode OTP. Jika telah mengisi nomor handphone, maka dilanjutkan dengan memilih menu “Benar”
  10. Silahkan buat PIN SMS Banking Mandiri yang terdiri dari enam digit angka. Jika telah membuat PIN SMS Banking, maka dilanjutkan dengan memilih menu “Benar”
  11. Silahkan pahami beberapa notifikasi Mandiri SMS. Jika telah membaca dan memahaminya, silahkan pilih menu “Ya”
  12. Langkah berikutnya, silahkan masukkan tanggal lahir anda. Jika tanggal lahir sudah dimasukkan, silahkan pilih menu “Benar”
  13. Anda akan ditampilkan laman konfrimasi pendaftaran Mandiri SMS yang berisi nomor handphone, nomor rekening, notifikasi, serta tanggal lahir. Selanjutnya, silahkan masukkan kode OTP yang anda terima melalui SMS ke nomor handphone yang telah terdaftar sebelumnya  dan jika sudah, silahkan pilih menu “YA”
  14. Jika pendaftaran SMS Banking berhasil, maka slot print akan mengeluarkan struk sebagai tanda bukti.

Registrasi ulang di ATM bisa menjadi solusi paling tepat untuk mengatasi lupa PIN SMS Banking Mandiri yang terblokir. Caranya sama saja dengan “Cara Daftar SMS Banking Mandiri” yang kami sampaikan sebelumnya sehingga lebih simple dan tidak memakan banyak waktu.

3. Cara Ganti PIN SMS Banking Mandiri

Cara Ganti PIN SMS Banking Mandiri

Setelah mendapatkan PIN SMS Banking yang baru maka jangan lupa untuk mengganti PIN secara berkala. Tujuannya adalah untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan PIN sehingga bisa bertransaksi secara aman menggunakan layanan SMS Banking Mandiri.

Proses penggantian PIN mengharuskan anda memasukan PIN SMS Banking Mandiri yang digunakan saat ini. Jadi apabila lupa PIN SMS Banking Mandiri maka harus terlebih dahulu mereset PIN dengan mengikuti cara di atas.

  1. Buka menu SMS yang ada di handphone maupun smartphone
  2. Kemudian ketikan format SMS : PIN (spasi) PIN lama (spasi) PIN baru (spasi) PIN baru kirim ke 3355
  3. Sebagai contoh apabila PIN lama : 2222222 dan ingin mengganti PIN baru menjadi : 123456, maka harus mengetikan perintah : PIN 111111 123456 123456. Kemudian kirim ke 3355

Kesimpulan

Proses penggantian PIN SMS Banking Mandiri melalui SMS akan dikenakan biaya sesuai dengan tarif operator yang digunakan. Hal tersebut tak jadi masalah selama bisa bertransaksi secara aman menggunakan SMS Banking Mandiri.

Nah apabila terjadi kendala saat mengatasi lupa PIN SMS Banking Mandiri, silahkan hubungi Mandiri Call 14000. Selain itu, simak pula halaman FAQ yang kami sampaikan di bawah ini

Mengapa PIN SMS Banking Mandiri Terblokir?

Masalah tersebut dikarenakan kesalahan memasukan PIN 3 kali berturut-turut

Apakah Bisa Ganti PIN SMS Banking Yang Lupa Lewat Hp?

Tidak bisa, proses penggantian PIN yang lupa hanya bisa dilakukan dengan cara datang ke kantor cabang atau melakukan registrasi ulang di ATM Mandiri

Mengapa Tidak Bisa Ganti PIN Yang Lupa Lewat SMS?

Sebab proses penggantian PIN mengharuskan nasabah memasukan PIN yang lama.

Apakah Ganti PIN Dikenakan Biaya?

Apabila ganti PIN lewat SMS akan dikenakan biaya SMS Banking sesuai dengan tarif masing-masing operator. Sedangkan untuk penggantian PIN yang lupa lewat ATM maupun kantor cabang tidak dikenakan biaya.

Demikian beberapa cara yang dapat anda lakukan mengenai lupa PIN SMS Banking. Pengguna dapat memilih dari kedua cara tersebut sesuai dengan keinginan dan kenyamanan. Simak pula artikel sebelumnya mengenai “Cara transfer ShopeePay ke rekening bank” dan beragam artikel bermanfaat lainnya

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *