20 Cara Mengatasi Lupa PIN SMS Banking BRI dan Cara Ganti

Banyak nasabah Bank BRI yang mengalami masalah lupa PIN SMS Banking BRI. Apabila hal ini terjadi maka nasabah tidak bisa bertransaksi menggunakan layanan tersebut. Nah yang jadi pertanyaan, bagaimanakah cara mengatasi lupa PIN SMS Banking BRI? Untuk mengetahui caranya, silahkan simak informasi viralorchard.com berikut ini. 

SMS Banking merupakan salah satu layanan mobile banking yang dihadirkan bank BRI untuk mempermudah nasabah bertransaksi. Layanan ini memiliki banyak kelebihan, salah satunya adalah bisa diakses dimanapun dan kapanpun tanpa perlu menggunakan koneksi internet.

[toc]

Bagi yang tinggal di daerah terpencil dan sulit mendapatkan akses internet pasti sangat terbantu dengan adanya layanan SMS Banking. Namun dibalik kelebihan tersebut, ada satu kekurangan SMS Banking. Kekurangan tersebut adalah tidak gratis. 

Setiap transaksi menggunakan SMS Banking akan dikenakan biaya sms dikirim dan sms diterima. Biaya tersebut tergantung dari operator seluler yang digunakan. Jadi pastikan memiliki pulsa yang mencukupi apabila bertransaksi menggunakan layanan ini.

Nah bagi yang ingin bertransaksi menggunakan SMS Banking maka harus memasukan PIN sebagai kode verifikasi. PIN tersebut bersifat rahasia dan tidak boleh ada orang lain yang mengetahuinya. Namun bagaimana jika mengalami masalah lupa PIN? Bagi nasabah yang mengalami masalah lupa PIN, silahkan simak cara mengatasinya di bawah ini. 

Tips Cara Mengatasi Lupa PIN SMS Banking BRI

Lupa PIN SMS Banking BRI

Cara Mengatasi Lupa PIN SMS Banking BRI Lewat ATM

Nasabah Bank BRI yang mengalami lupa PIN sms banking harus melakukan registrasi ulang di ATM BRI. Sebab nasabah tidak bisa melakukan penggantian PIN karena harus memasukan PIN yang lama. Nah untuk mengetahui bagaimana cara registrasi ulang SMS Banking BRI di ATM silahkan simak informasinya di bawah ini.

  1. Silahkan datangi gerai ATM BRI terdekat
  2. Sesampainya di gerai ATM BRI, silahkan masukkan kartu ATM pada slot kartu yang telah tersedia dengan posisi benar
  3. Terdapat dua bahasa transaksi yang harus nasabah pilih yakni bahasa Indonesia dan Inggris. Untuk memudahkan proses transaksi, silahkan pilih bahasa Indonesia
  4. Silahkan masukkan PIN ATM BRI anda yang terdiri dari enam digit angka. Pastikan nasabah tidak salah memasukkan PIN ATM hingga tiga kali, karena secara otomatis sistem akan memblokir kartu ATM
  5. Nasabah akan ditampilkan beberapa menu pilihan. Untuk proses mengatasi PIN SMS Banking maka pilih menu “Transaksi Lainnya” dan dilanjutkan dengan memilih menu “Lainnya”
  6. Langkah selanjutnya, silahkan nasabah pilih menu “Menu Registrasi
  7. Untuk proses registrasi ulang SMS Banking melalui gerai ATM, maka nasabah dapat memilih menu “Mobile Banking
  8. Nasabah diminta memasukkan nomor handphone yang nantinya akan digunakan untuk transaksi SMS Banking. Jika nomor handphone sudah dimasukkan, maka dapat dilanjutkan dengan memilih menu “Benar
  9. Selanjutnya, nasabah diminta membuat PIN SMS Banking yang terdiri dari enam digit angka. Jika nasabah telah mengisi PIN SMS Banking, maka dilanjut dengan memilih menu “Benar“.
  10. Silahkan masukkan kembali PIN SMS Banking yang telah anda buat sebelumnya untuk proses konfrimasi. Jika sudah, maka pilih menu “Benar“. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti lupa PIN SMS Banking, maka nasabah dapat menyamakan PIN SMS Banking dengan PIN SMS Banking
  11. Jika proses registrasi ulang SMS Banking telah berhasil, maka slot print akan mengeluarkan struk sebagai tanda bukti yang sah. Kemudian, fitur pelayanan SMS Banking sudah dapat digunakan kembali untuk bertransaksi menggunakan PIN yang baru anda buat di gerai ATM.

Yah, cara di atas sama saja dengan cara daftar SMS Banking BRI yang kami sampaikan pada artikel sebelumnya. Hanya inilah satu-satunya cara untuk mengatasi lupa PIN SMS Banking BRI. Namun apabila kurang yakin, anda bisa menghubungi Call Center BRI di nomor 14017 / 1500017

Cara Ganti PIN SMS Banking BRI

Setelah berhasil mengatasi lupa PIN SMS Banking BRI ada baiknya melakukan penggantian PIN secara berkala demi menjaga keamanan bertransaksi menggunakan layanan mobile banking tersebut. Cara ganti PIN SMS Banking BRI  juga sangat mudah, karena bisa dilakukan melalui aplikasi BRI Mobile.

Nah bagi yang belum mengetahui cara ganti PIN SMS Banking BRI lewat BRI Mobile silahkan simak caranya di bawah ini.

  1. Buka aplikasi BRI Mobile. Bagi yang belum memilikinya, silahkan download di Play Store atau App Store
  2. Kemudian pilih menu Mobile Banking BRI
  3. Selanjutnya pilih menu Pelayanan NasabahCara Mengganti PIN SMS Banking BRI
  4. Kemudian pilih Ganti PINGanti PIN SMS Banking
  5. Setelah itu, silahkan masukan PIN SMS Baru dan ulangi PIN SMS Baru. Setelah itu klik OK
  6. Selanjutnya masukan PIN Lama anda, kemudian klik Send
  7. Setelah itu akan muncul peringatan bahwa Mobile Banking BRi akan melakukan transaksi menggunakan SMS. Silahkan klik OK.
  8. Berikutnya akan muncul format SMS. Silahkan kirimkan format tersebut ke nomor 3300 untuk melanjutkan penggantian PIN.
  9. Setelah SMS berhasil terkirim maka anda bisa bertransaksi menggunakan PIN SMS Banking yang baru. 

Kesimpulan

Cara mengganti PIN SMS Banking BRI memang sangat mudah. Namun yang paling penting anda harus mengingat PIN yang lama. Apabila lupa maka harus terlebih dahulu registrasi ulang di ATM BRI terdekat. Sebab anda harus memasukan PIN yang lama apabila ingin mengganti PIN SMS Banking.

Nah apabila masih ada pertanyaan seputar PIN SMS Banking BRI, silahkan simak halaman FAQ di bawah ini.

Apakah Bisa Ganti PIN SMS Banking BRI Yang Lupa?

Bisa, namun anda harus terlebih dahulu registrasi ulang di ATM BRI

Apakah Registrasi Ulang PIN SMS Banking BRI Dikenakan Biaya?

Tidak, anda bisa melakukan registrasi secara gratis di semua gerai ATM BRI

Bagaimana Cara Ganti PIN SMS Banking BRI?

Cara termudah adalah melalui aplikasi BRI Mobile. Kemudian pilih menu Pelayanan Nasabah, lalu pilih Ganti PIN. Setelah itu masukan PIN yang baru dan PIN yang lama.

Apakah Ganti PIN Dikenakan Biaya?

Yah, anda akan dikenakan biaya sesuai dengan tarif operator seluler yang digunakan.

Apakah Bisa Ganti PIN Lewat Call Center?

PIN SMS Banking bersifat rahasia sehingga tidak bisa melalui Call Center. Namun ada baiknya terlebih dahulu menghubungi Call Center BRI di nomor 14017 / 1500017 untuk mengetahui prosedur dan cara penggantian PIN.

Cukup sekian informasi viralorchard.com pada kesempatan kali ini. Semoga artikel di atas bisa menjadi referensi bagi nasabah Bank BRI yang sedang mengalami masalah dengan PIN SMS Banking. Simak pula artikel sebelumnya mengenai “Biaya Admin Bank BRI Syariah” dan beragam artikel bermanfaat lainnya.

Tinggalkan komentar