Cara Mengatasi Lupa MPIN BNI Mobile Banking
Perbankan

8 Cara Mengatasi Lupa MPIN BNI Mobile Banking

BNI Mobile Banking merupakan sebuah aplikasi yang dikhususkan untuk mengakses layanan mobile banking. Cara menggunakan aplikasi tersebut sangat mudah, karena hanya perlu memasukan MPIN yang didapatkan saat melakukan aktivasi Mobile Banking. Lalu bagaimana jika lupa MPIN BNI Mobile Banking?

Meskipun fitur pelayanan Mobile Banking lebih mudah digunakan oleh nasabah untuk bertansaksi, tetapi masih ada saja keteledoran nasabah dalam penggunaan fitur tersebut. Salah satu keteledoran pengguna BNI Mobile yakni nasabah lupa MPIN.

Nah bagi pengguna BNI Mobile yang lupa MPIN, biasanya mereka akan terus berusaha memasukkan MPIN terus-menerus. Namun, jika anda telah memasukkan MPIN dengan salah secara tiga kali maka secara otomatis BNI Mobile akan terblokir secara otomatis oleh sistem.

Setelah BNI Mobile telah terblokir, pengguna tidak dapat lagi melakukan transaksi dan mau tidak mau maka anda harus meriset kembali MPIN Mobile Banking. Dengan adanya permasalahan tersebut, untuk itu kami akan memberikan sedikit cara mengatasi terjadinya lupa MPIN BNI Mobile yang akan kami ulas pada artikel  viralorchard.com di bawah ini.

Tutorial Cara Mengatasi Lupa MPIN BNI Mobile Banking

Cara Ganti MPIN BNI Mobile Yang Lupa

Apa Itu MPIN BNI?

MPIN BNI adalah kode akses untuk membuka aplikasi BNI Mobile Banking yang bersifat rahasia. Kode tersebut didapatkan saat nasabah melakukan aktivasi Mobile Banking BNI yang terdiri dari 6 digit angka. Fungsinya adalah untuk menjaga keamanan saat mengakses aplikasi BNI Mobile Banking.

Apabila lupa MPIN BNI maka nasabah tidak akan bisa mengakses aplikasi BNI Mobile Banking. Sebab kode MPIN harus dimasukan saat mengakses aplikasi tersebut. Untuk mengatasi MPIN yang lupa maka perlu membuat MPIN yang baru. Adapun caranya silahkan simak informasi berikut.

Cara Mengatasi Lupa MPIN BNI

Untuk mengatasi lupa MPIN BNI Mobile, sebaiknya pengguna tidak perlu khawatir karena saat ini anda dapat meriset MPIN melalui aplikasi BNI Mobile tanpa harus mendatangi gerai ATM atau kantor cabang BNI. Proses reset MPIN melalui aplikasi BNI Mobile terbilang cukup mudah dan cepat, pengguna hanya membutuhkan nomor kartu debit, nomor smartphone yang telah terdaftar BNI Mobile serta saldo pulsa untuk proses verifikasi nantinya.

Adapun langkah-langkah yang dapat anda lakukan, sebagai berikut:

  1. Silahkan buka aplikasi BNI Mobile Banking yang telah terinstal di smartphone. Pastikan smartphone telah terkoneksi ke jaringan internet. Setelah membuka aplikasi BNI Mobile, silahkan pilih menu “Lupa MPIN/ Password Transaksi” yang ada di bawah laman aplikasi.
    Lupa MPIN BNI Mobile
  2. Untuk langkah berikutnya, pengguna diminta mengisi beberapa data seperti User ID, Nomor Kartu Debit/ ATM, serta pemilihan Lokasi Negara. Jika semua data telah diisi dengan benar, maka dilanjutkan dengan memilih menu “Ya Kirim OTP
    Cara Mengatasi Lupa PIN BNI Mobile
  3. Berikutnya anda akan mendapatkan format SMS secara otomatis ke nomor handphone yang terdaftar BNI Mobile sebelumnya. Pastikan nomor handphone yang digunakan memiliki pulsa. Setelah itu tinggal mengirimkan format SMS yang didapatkan ke nomor 3346.
    SMS MPIN BNI MOBILE
  4. Selanjutnya anda akan mendapatkan balasan SMS berupa PIN OTP Lupa MPN.
  5. Silahkan kembali ke aplikasi BNI Mobile dan masukkan enam digit kode OTP yang telah diterima melalui SMS tersebut. Jika pengguna tidak menerima SMS berupa kode OTP atau kode OTP telah expired, maka dapat memilih menu “Kirim Ulang Kode OTP”
    Masukan Kode OTP
  6. Langkah selanjutnya anda diminta untuk membuat ulang MPIN dengan cara mengisi data-data yang meliputi Buat MPIN, Konfrimasi MPIN, serta pembuatan Password Transaksi dan Konfrimasi Password Transaksi. Silahkan buat MPIN sebanyak enam digit angka, sedangkan untuk password transaksi merupakan kombinasi huruf dan angka minimal 8 karakter dan maksimal 12 karakter. Jika pengguna telah membuat ulang MPIN serta password transaksi, silahkan dilanjutkan dengan memilih menu “Simpan
    Cara Buat MPIN Baru BNI Mobile
  7. Kemudian tingga menunggu hingga muncul notifikasi yang bertuliskan bahwa proses ganti MPIN serta Password transaksi telah berhasil dilakukan. Setelah mendapatkan pemberitahuan, maka akun BNI Mobile anda sudah dapat digunakan kembali untuk bertransaksi.

Silahkan mengikuti setiap langkah cara ganti MPIN BNI Mobile Banking yang kami sampaikan di atas. Setelah proses penggantian MPIN berhasil maka anda bisa langsung bertransaksi menggunakan layanan mobile banking BNI tersebut.

Kesimpulan

Demikian langkah-langkah yang dapat anda lakukan dalam cara mengatasi MPIN BNI Mobile yang terblokir melalui aplikasi BNI Mobile. Meskipun permasalahannya hanya pada lupa atau terblokirnya MPIN, maka pengguna juga harus mengubah password transaksi.

Password transaksi berbeda dengan MPIN. Fungsinya adalah sebagai kata sandi untuk otorisasi transaksi finansial saat bertransaksi menggunakan BNI Mobile Banking. Sedangkan untuk MPIN hanya sebagai kode akses untuk membuka aplikasi mobile banking BNI.

Meskipun berbeda, namun keduanya sama-sama penting. Ada baiknya selalu mengingat MPIN serta Password Transaksi agar tidak perlu lagi mengalami kendala saat bertransaksi. Nah demikianlah informasi viralorchard.com pada kesempatan kali ini, simak pula artikel sebelumnya mengenai “Cara Beli Pulsa Lewat SMS Banking BRI” dan beragam artikel bermanfaat lainnya.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *