Perbankan

Kode Bank Muamalat : Cara dan Kode Transfer

Kode Bank Muamalat – Saat ini Bank Muamalat menjadi salah satu bank umum terbaik di Indonesia yang menerapkan prinsip syariah dalam menjalankan operasionalnya. Bank ini pertama kali didirikan pada tahun 1991, yang diperkasai atau diketuai oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) serta pemerintahan negara Indonesia.

Dari waktu didirikan hingga berjalanya waktu, bank Muamalat selalu mengembangkan perusahaan perbankannya agar lebih baik, sehingga mencapai bank Devisa pada tahun 1994. Produk pendanaan yang digunakan oleh bank muamalat yakni Wadiah (titipan) dan Mudharabah (bagi hasil).

Dengan berbagai perkembangan yang semakin meningkat, bank Muamalat juga memiliki peningkatan dalam hal nasabah. Banyak masyarakat Indonesia yang mempercayai bank Muamalat sebagai tempat penyimpanan harta mereka yang paling aman.

Bank Muamalat tidak hanya sebagai tempat penyimpanan harta atau uang yang paling aman serta terpercaya, melainkan dapat digunakan untuk berbagai transaksi meliputi setor tunai, transfer, cek saldo hingga penarikan tunai. Seperti bank-bank lainnya, bank Muamalat juga memiliki beberapa fitur yang mempermudah nasabah dalam bertransaksi seperti gerai ATM, hingga Internet Banking.

Tidak hanya memiliki fitur yang sama, melainkan bank Muamalat juga memiliki kode bank seperti bank-bank lainnya di Indonesia. Kode bank tersebut berfungsi untuk mempermudah nasabah dalam bertransaksi transfer.

Kode Transfer Bank Muamalat

Kode Bank Muamalat

Kode bank atau kode transfer tidak hanya memudahkan para nasabah, tetapi dapat mempermudah perusahaan perbankan dalam mengidentifikasi transaksi yang dilakukan masing-masing bank. Selain untuk mengidentifikasi trasnsaksi, kode bank dapat dijadikan sebagai identitas bank yang bersangkutan dengan tujuan untuk mempermudah transaksi serta komunikasi antar bank.

Nah, untuk kode bank sendiri terdiri dari 3 digit angka dan setiap bank, baik bank swasta maupuan pemerintah memiliki kode bank berbeda. Kode bank yang dimiliki oleh setiap bank hanya dapat digunakan pada saat transfer antar bank dan tidak berlaku untuk transaksi pada jenis bank yang sama.

Yah kode bank hanya dibutuhkan saat transfer antar bank. Nah bagi yang ingin transfer ke rekening Bank Muamalat dari bank BRI, BNI, Mandiri, maupun bank lainnya maka harus memasukan kode bank Muamalat. Adapun kodenya adalah 147.

Kode bank Muamalat di atas harus dimasukan di depan rekening bank Muamalat tujuan. Namun apabila transfer ke sesama rekening Muamalat maka tidak membutuhkan kode bank.

Cara Transfer Ke Bank Muamalat di ATM

Transfer antar bank wajib memasukan kode bank. Sebab kode tersebut berguna untuk mengidentifikasi tujuan transfer. Oleh karena itulah setiap bank memiliki kode transfer berbeda-beda.

Perlu kalian ketahui bahwa kode transfer Bank Muamalat sama saja dengan kode bank Muamalat, yakni 147. Untuk mengetahuhi bagaimana cara penggunaan kode tersebut silahkan simak informasi viralorchard.com di bawah ini.

  1. Silahkan datangi gerai ATM terdekat sesuai dengan jenis rekening bank yang anda miliki.
  2. Sesampainya di gerai ATM, masukkan kartu ATM anda dengan benar pada slot kartu yang telah tersedia. Nasabah dapat mengikuti petunjuk yang ada di atas slot kartu berupa stiker.
  3. Sebelum masuk pada proses transaksi transfer, nasabah diminta memilih bahasa yang akan digunakan dalam bertransaksi. Terdapat dua pilihan bahasa yakni bahasa Indonesia dan Inggris, namun untuk mempermudah proses trasaksi maka pilihlah bahasa Indonesia.
  4. Bahasa telah dipilih, maka dilanjutkan dengan memasukkan PIN ATM anda yang terdiri dari 6 digit angka. Pastikan anda tidak salah memasukkan PIN ATM sebanyak 3 kali, karena secara otomatis sistem akan memblokir kartu ATM tersebut.
  5. Berikutnya layar monitor akan menampilkan beberapa menu pilihan transaksi. Nah untuk transaksi transfer, silahkan pilih menu “Transaksi Lainnya” lalu “Transfer” serta di akhiri dengan memilih menu “Transfer Antar Bank Online”.
  6. Silahkan masukkan kode bank tujuan yaitu bank Muamalat (147) serta diikuti dengan nomor rekening tujuan. contoh: 1471234567890.
  7. Selanjutnya, layar monitor akan meminta anda memasukkan jumlah nominal yang akan ditransfer. Silahkan masukkan jumlah nominal yang akan ditransfer dan dilanjutkan dengan memilih menu “Ya”.
  8. Layar monitor akan menampilkan beberapa informasi mengenai transaksi anda, yang meliputi nomor rekening tujuan, nama bank tujuan, nama pemilik rekening tujuan serta jumlah nominal yang akan ditransfer. Jika informasi di atas telah sesuai dengan tujuan anda, maka pilihlah menu “Benar”.
  9. Mesin ATM akan memproses transaksi transfer selama beberapa detik.
  10. Jika proses transaksi berhasil, maka mesin ATM akan mengeluarkan kertas struk di slot print sebagai tanda bukti telah berhasil transfer uang.
  11. Pastikan kartu ATM anda telah di ambil kembali sebelum meninggalkan gerai ATM, dengan tujuan untuk mengindari suatu hal yang tidak diinginkan seperti kejahatan-kejahatan.

Sebenarnya, untuk mengetahui kode bank dapat dilakukan dengan memilih menu “Daftar Kode Bank” pada laman rekening, tetapi cara tersebut dapat memakan waktu anda karena harus melihat satu persatu dari sekian banyaknya kode bank.

Kesimpulan

Berapa Kode Bank Muamalat?

Kodenya adalah 147

Mengapa Transfer Ke Bank Muamalat Gagal?

Mungkin disebabkan oleh kesalahan memasukan rekening tujuan maupun kode bank

Bagaimana Jika Tanpa Kode Bank?

Transfer akan gagal apabila transfer dari beda rekening seperti BNI, BCA, Mandiri, dll. Namun untuk transfer antar bank tidak membutuhkan kode bank

Nah demikianlah informasi seputar kode bank Muamalat. Silahkan kalian menggunakan kode tersebut untuk transfer ke rekening Bank Muamalat. Simak pula informasi sebelumnya mengenai kode bank Danamon dan kode bank BRI Syariah.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *