Kode Bank Mega Terbaru
Perbankan

Kode Bank Mega dan Kode Transfer Ke Bank Mega

Kode Bank Mega – Asal mula bank Mega yaitu berasal dari PT Bank Karman yang berada di Surabaya. Perubahan nama yang terjadi di bank Mega, terjadi pada tahun 1992 dan pada tahun tersebut juga perusahaan memindahkan kantornya di Jakarta.

Sering dengan berkembangnya waktu, akhirnya bank Mega resmi menjadi salah satu perusahan publik yang menawarkan Saham Umum Perdana. Kemudian, bank Mega juga telah mendapatkan izin dari bank Indonesia ke bank Devisa, sehingga dapat memperluas serta menjangkau bisnis lebih luas.

Hebatnya dari bank Mega yaitu mereka selalu memiliki prinsip profesionalisme yaitu keterbukaan serta kehati-hatian dengan struktrur permodalan serta produk dan fasilitas yang terkini. Seiring dengan berkembang pesatnya bank Mega, menjadikan masyarakat Indonesia membuka mata lebih memilih bank Mega sebagai tempat pemilikan rekening paling aman dan nyaman.

Bank Mega memiliki sebuah produk yang sama seperti bank-bank lain, yakni rekening tidak hanya mendapatkan buku tabungan saja tetapi dilengkapi dengan kartu ATM agar proses transaksi nasabah dilakukan lebih mudah. Kartu ATM yang diberikan oleh bank Mega, dapat berfungsi sebagai setor tunai, penarikan tunai, cek saldo, mutasi, hingga transfer.

Selain itu, bank Mega telah dilengkapi dengan kode bank yang akan digunakan untuk transakasi transfer uang antar bank. Kode bank sangat dibutuhkan, jika tidak maka nasabah bank lain tidak bisa melalukan transfer ke rekening nasabah bank Mega.

Fungsi serta Bentuk Kode Bank Mega

Kode Transfer Bank Mega
Fungsi dari kode bank yaitu mempermudah nasabah serta masing-masing pihak bank dalam melakukan transaksi transfer. Dengan adanya kode bank tersebut maka akan digunakan untuk mengidentifikasi transaksi yang dilakukan oleh masing-masing bank agar dari kedua jenis bank yang berbeda tersebut mengetahui hak serta kewajibannya saat mekanisme transfer dilakukan.

Tidak hanya digunakan untuk sebuah indetifikasi, kode bank juga berfungsi sebagai sebuah identitas bank yang bersangkutan dengan tujuan agar mempermudah proses transaksi serta komunikasi antar bank. Kemudian, untuk bentuk kode bank sendiri terdiri dari tiga digit angka dan setiap jenis bank memiliki kode yang berbeda-beda.

Perlu diingat, kode bank atau kode transfer ini hanya berfungsi untuk melakukan transaksi antar bank dan hal ini tidak berlaku untuk transfer sesama bank atau sesama bank Mega. Untuk kode bank Mega sendiri yaitu 426.

Penggunaan Kode Bank Untuk Transfer Via ATM

Setelah mengetahui kode bank Mega, sekarang giliran kita membahas mengenai cara menggunakan kode transfer tersebut. Kode bank dibutuhkan saat transfer antar rekening. Semisalnya dari bank BRI ke bank Mega atau dari bank Mandiri ke bank Mega.

Namun untuk transfer ke sesama rekening Bank Mega bisa dilakukan tanpa memasukan kode bank. Nah untuk mengetahui cara menggunakan kode tersebut saat transfer antar bank di ATM silahkan simak di bawah ini.

  1. Silahkan datangi gerai ATM sesama jenis bank anda, dengan membawa kartu ATM serta nomor rekening tujuan.
  2. Sesampainya di gerai ATM, silahkan masukkan kartu ATM ke dalam slot kartu. Untuk menghindari kesalahan, anda dapat melihat cara memasukkan kartu ATM yang ada di atas slot kartu berupa stiker.
  3. Anda diminta memilih bahasa yang akan digunakan untuk bertransaksi. Terdapat dua bahasa yakni bahasa Indonesia dan Inggris, untuk memudahkan anda melalukan sebuah transaksi maka pilihlah bahasa Indonesia.
  4. Silahkan masukkan PIN ATM yang terdiri dari 6 digit angka dengan benar. Hindari salah memasukkan PIN ATM sebanyak tiga kali, karena secara otomatis kartu anda akan terblokir oleh sistem.
  5. Layar monitor akan menampilkan beberapa menu pilihan transaksi. Untuk melakukan transaksi transfer, maka anda dapat memilih menu “Transaksi Lainnya”, kemudian “Transfer” dan dilanjutkan dengan memilih menu “Transfer Antar Bank Online”.
  6. Selanjutnya, silahkan masukkan kode transfer bank Mega (426) dan diikuti dengan nomor rekening tujuan serta diakhiri dengan memilih menu “Benar”. Contoh: 4261234567890
  7. Silahkan masukkan nominal dana yang akan ditransfer dan pastikan saldo rekening anda cukup untuk melakukan transfer serta pembayaran biaya administrasi, karena melalukan transfer antar bank akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 6.500. Setelah nominal dana yang akan ditransfer telah dimakukkan, silahkan pilih menu “Benar”.
  8. Layar monitor mesin ATM akan menampilkan beberapa informasi mengenai nomor rekening tujuan, jenis bank tujuan, nama pemilik rekening tujuan, hingga jumlah dana yang akan ditransfer. Silahkan perhatikan informasi tersebut dengan seksama dan jika informasi sudah benar, maka pilih menu “Ya”.
  9. Mesin ATM akan memproses transaksi transfer dan jika berhasil, maka mesin akan mengeluarkan struk melalui slot print. Struk tersebut berfungsi sebagai tanda bukti bahwa transaksi anda telah berhasil.
  10. Silahkan ambil struk tersebut dan ambilah kartu ATM anda sebelum meninggalkan gerai ATM. ATM yang tertinggal akan berdampak pada suatu hal yang tidak diinginkan, seperti kejahatan.

Di setiap ATM juga tersedia daftar kode bank. Namun kalian harus mencari satu persatu untuk mengetahui kode bank Mega. Agar tak repot mencari satu persatu, maka lebih baik langsung mengetikan kode di atas di depan rekening bank Mega tujuan.

FAQ

Berapa Kode Transfer Bank Mega?

Kodenya adalah 426

Bagaimana Jika Transfer Tanpa Kode Bank?

Untuk transfer ke sesama Bank Mega bisa dilakukan tanpa kode bank. Namun untuk transfer antar rekening wajib menggunakan kode tersebut

Mengapa Transfer Ke Bank Mega Gagal?

Gagalnya transfer bisa disebabkan karena salah memasukan kode bank atau nomor rekening tujuan.

Di atas merupakan sebuah informasi mengenai kode bank Mega. Kami berharap informasi viralorchard.com di atas dapat bermanfaat bagi anda semua. Terima kasih. Simak pula informasi sebelumnya mengenai kode bank BTPN dan kode bank Danamon.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *