Kode Bank Maybank
Perbankan

Kode Bank Maybank : Cara dan Kode Transfer

Kode Bank Maybank – Pusat perbelanjaan online saat ini sedang melejit-melejitnya. Hal tersebut terjadi karena banyak masyarakat yang lebih memilih berbelanja online untuk memenuhi segala kebutuhannya.

Melalui belanja online, maka pembeli akan mendapatkan beberapa kemudahan. Kemudahan yang didapatkan yakni hanya melalui gadget yang dapat diproses di mana aja serta sistem pembayaran transfer maka pembeli dapat memenuhi segala kebutuhannya.

Dengan adanya proses pembayaran transfer yang harus dilakukan oleh pembeli, maka penjual menyediakan beberapa nomor rekening. Namun perlu anda ketahui, tidak semua rekening penjual sama dengan jenis rekening pembeli.

Lalu bagaimana nasib pembeli jika tidak memiliki jenis rekening yang sama seperti penjual? tenang permasalahan tersebut dapat terselsaikan dengan adanya kode bank. Hal tersebut dapat terjadi oleh bank Mayabank.

Bank Maybank memberikan kode bank atau kode transfer dengan tujuan mempermudah anda dalam menyelesaikan transaksi transfer antar bank. Nasabah bank tidak dapat melakukan transaksi transfer antar bank atau beda bank, tanpa adanya kode bank tujuan.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kode bank, sebaiknya perhatikan beberapa ulasan viralorchard.com di bawah ini mengenai kode bank Maybank.

Kode Bank Maybank

Kode Transfer Maybank
Setiap bank baik swasta maupun pemerintah, memiliki kode bank yang berbeda-beda. Bentuk dari kode bank sendiri yakni terdiri dari 3 digit angka dan untuk bank Maybank memiliki kode bank 016.

Kode bank yang diberikan oleh pihak bank, nantinya digunakan untuk mengidentifikasi transaksi yang dilakukan oleh masing-masing bank, dimana agar masing-masing bank tersebut mengetahui hak serta kewajibannya saat mekanisme transfer terjadi. Selain itu, kode bank juga memiliki fungsi sebagai bentuk identitas bank yang bersangkutan dengan tujuan untuk mempermudah transaksi dan komunikasi sesama bank.

Kode bank hanya berlaku untuk melalukan transfer antar bank dan tidak berfungsi untuk transfer sesama bank.

Cara Transfer ke Rekening Maybank

Nasabah Bank Maybank di Indonesia memang cukup banyak. Hal ini tak lepas dari syarat buka rekening Maybank yang mudah dan didukung beragam produk perbankan yang berguna bagi masyarakat Indonesia.

Tak jarang ada penjual online yang menggunakan rekening Maybank untuk bertransaks. Agar bisa mengirima uang ke rekening Maybank dari bank lain seperti BCA, Mandiri, BNI, BRI, dll maka dibutuhkan kode bank.

Kode bank biasanya digunakan saat transfer antar rekening di mesin ATM. Nah untuk mengetahui bagaimana cara transfer ke rekening Maybank di ATM silahkan simak informasi di bawah ini.

  1. Silahkan datangi gerai ATM terdekat sesuai dengan rekening anda.
  2. Sesampainya di gerai ATM, silahkan masukkan kartu ATM ke dalam slot kartu yang telah tersedia dan pastikan memasukkan kartu dengan posisi benar serta sesuai. Untuk menghindari kesalahan, anda dapat mengikuti tutorial cara memasukkan kartu ATM yang tersedia di atas slot kartu berupa stikker.
  3. Anda diminta memilih bahasa yang akan digunakan untuk bertransaksi. Terdapat dua pilihan bahasa yakni bahasa Indonesia dan Inggris. Untuk memudahkan proses transaksi, silahkan pilih bahasa Indonesia atau bahasa yang paling anda pahami.
  4. Berikutnya, silahkan masukkan enam digit PIN ATM anda dengan benar. Hindari kesalahan memasukkan PIN secara berturut-turut sebanyak tiga kali, karena secara otomatis kartu anda dapat terblokir oleh sistem.
  5. Layar monitor akan menampilkan beberapa pilihan menu transaksi. Jika anda akan melakukan transaksi transfer maka pilihlah menu “Transaksi Lainnya”, kemudian “Transfer” dan diakhiri dengan menu “Transfer Antar Bank Online”.
  6. Anda diminta memasukkan nomor rekening tujuan. Namun sebelum memasukkan nomor rekening, silahkan masukkan kode transfer Maybank (016) terlebih dahulu baru diikuti dengan nomor rekening tujuan. Contoh: 0161234567890 dan diakhiri dengan memilih menu “Benar”.
  7. Selanjutnya, silahkan masukkan jumlah dana yang akan ditransfer, pastikan saldo rekening anda cukup untuk nominal transfer serta pembayaran biaya admin sebesar Rp 6.500. Jika jumlah dana yang akan ditransfer sudah diisi, maka dilanjut dengan memilih menu “Benar”.
  8. Layar monitor akan menampilkan beberapa infromasi mengenai transaksi anda, yang meliputi nomor rekening tujuan, jenis bank tujuan, nama pemilik rekening tujuan, hingga jumlah dana yang akan ditransfer. Silahkan perhatikan informasi tersebut, jika sudah benar silahkan pilihlah menu “Ya”.
  9. Tunggu beberapa saat agar mesin memproses transaksi transfer.
  10. Jika proses transaksi transfer berhasil, maka mesin ATM akan mengeluarkan kertas struk sebagai tanda bukti bahwa transaksi berhasil dilakukan.
  11. Silahkan ambil struk tersebut dan diikuti dengan pengambilan kartu ATM. Jangan sampai anda meninggalkan gerai ATM, namun belum mengambil kembali kartu anda karena untuk menghindari segala bentuk kejahatan.

Di semua mesin ATM biasanya sudah disediakan daftar kode bank. Namun daftar yang ditampilkan sangat banyak orang yang mengalami kesusahan mencari kode transfer Maybank.

Agar lebih mudah kalian bisa langsung menulis kode transfer Maybank 016 di depan nomor rekening Maybank tujuan. Namun untuk transfer ke sesama Maybank tidak membutuhkannya.

FAQ

Berapa Kode Transfer Bank Maybank?

Kodenya adalah 016

Mengapa Harus Transfer Dengan Kode Bank?

Kode bank berfungsi untuk mengidentifikasi tujuan transfer sehingga membutuhkan kode bank untuk transfer beda rekening

Apakah Kode Bank Maybank Bisa Berubah?

Tidak karena kode tersebut telah ditetapkan oleh Bank Indonesia

Apakah Butuh Kode Bank Saat Transfer Ke Sesama Maybank?

Tidak butuh. Sebab kode bank dikhususkan untuk transfer ke beda rekening/bank

Mengapa Transfer Gagal?

Mungkin salah memasukan kode bank atau nomor rekening

Apakah Kodenya Sama Dengan Kode Bank Maybank Syariah?

Berbeda. Untuk Maybank Syariah memiliki kode 947

Nah demikianlah informasi mengenai cara transfer ke rekening Maybank menggunakan kode bank atau kode transfer. Cukup sekian informasi kali ini, simak pula artikel sebelumnya tentang cara transfer BRI ke BNI dan beragam informasi seputar dunia perbankan di Indonesia.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *