Kode Bank Jateng
Perbankan

Kode Bank Jateng dan Kode Transfer Bank Jateng Syariah

Kode Bank Jateng – Sudah sejak lama Bank Jateng menjadi salah satu bank terbesar di Indonesia. Tujuan didirikannya bank Jateng adalah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Jawa Tengah. Selain itu, bank Jateng merupakan bank milik pemerintah Jawa Tengah.

Awal mulanya adanya bank Jateng yakni pada tahun 1963 dengan nama PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah. Berdirinya bank Jateng tersebut dipelopori oleh pemerintah daerah beserta tokoh masyarakat, tokoh pengusaha swasta di Jawa Tengah atas dasar pemikiran perlunya lembaga keuangan berbentuk bank yang dapat membantu pemerintah serta pembangunan daerah tersebut.

Biasanya bank Jateng ini, digunakan untuk pengambilan dana pensiun para pegawai negeri sipil. Namun perlu anda ketahui, tidak hanya digunakan untuk para pensiunan saja, melainkan dapat digunakan oleh orang-orang umum daerah Jawa Tengah.

Bank Jateng membuka beberapa produk tabungan yang dapat dinikmati oleh masyarakat Jawa Tengah demi meningkatkan perekonomian. Selain itu, bank Jateng juga memiliki beberapa fasilitas yang sama dengan bank-bank lain, meliputi kartu ATM, Buku Tabungan, Internet Banking dengan tujuan mempermudah nasabah dalam bertransaksi.

Dari beberapa fasilitas yang diberikan tersebut, dapat digunakan untuk penarikan tunai, setoran tunai, transfer sesama bank maupun antar bank, cek saldo, mutasi, hingga lainnya. Nah, untuk memudahkan nasabah bank lain yang akan transfer ke rekening Jateng, maka pihak bank memberikan kode bank karena tidak ada kode bank, maka nasabah bank lain tidak dapat melakukan pengiriman uang ke rekening bank Jateng.

Kode Bank Jateng

Kode Transfer Bank Jateng
Kode bank merupakan gabungan 3 digit angka dan setiap bank memiliki kode bank yang berbeda,  baik bank swasta maupun bank pemerintah. Untuk bank Jateng, memiliki kode bank 113 dan kode tersebut hanya bisa digunakan untuk transfer antar bank, tidak berlaku untuk transfer sesama bank.

Kode bank atau kode transfer memiliki kegunaan, yakni untuk mengidentifikasi transaksi yang dilakukan oleh masing-masing bank, agar masing-masing bank mengetahui hak serta kewajibannya saat mekanisme transfer dilakukan.

Kemudian, kode bank juga memiliki fungsi sebagai identitas bank yang bersangkutan dengan tujuan untuk mempermudah transaksi serta komunikasi antar sesama bank.

Cara Transfer Ke Bank Jateng

Ada banyak sekali nasabah Bank Jateng. Kami yakin jumlahnya mencapai jutaan orang. Syarat buka rekening Bank Jateng yang mudah menjadi salah satu alasan banyak orang memiliki bank BPD Jawa Tengah tersebut.

Nah bagi kalian yang ingin transfer ke rekening Bank Jateng dari rekening BRI, Mandiri, BCA, BNI, maupun bank lainnya maka wajib menggunakan kode bank atau kode transfer.

Pada setiap mesin ATM sudah disediakan daftar kode bank. Kalian bisa mencari kode bank Jateng pada daftar tersebut, namun apabila tidak ingin repot mencari satu persatu maka lebih baik menyimak cara transfer ke rekening Bank Jateng berikut ini.

  1. Silahkan datangi gerai ATM sesuai dengan rekening anda dengan membawa kartu ATM serta nomor rekening tujuan.
  2. Sesampainya di gerai ATM, masukkan kartu ATM pada slot kartu yang telah tersedia. Untuk menghindari kesalahan, anda dapat memilihat tutorial memasukkan kartu yang telah disedikan di atas slot kartu berupa stikker oleh pihak bank.
  3. Berikutnya, layar monitor menampilkan dua bahasa yang harus anda pilih yakni bahasa Indonesia dan Inggris. Untuk memudahkan proses transaksi, anda dapat memilih bahasa Indonesia agar lebih mudah dipahami.
  4. Masukkan PIN ATM yang terdiri dari 6 digit angka dan rahasiakan PIN tersebut kepada siapapun. Jangan sampai anda salah memasukkan PIN ATM sebanyak 3 kali secara berurutan, maka sistem akan memblokir kartu anda secara otomatis karena untuk menghindari segala bentuk yang tidak diinginkan.
  5. Layar monitor akan menampilkan beberapa pilihan menu transaksi dan untuk melakukan transaksi transfer, silahkan pilih menu “Transaksi Lainnya” lalu “Transfer” dan akhiri dengan memilih menu “Transfer Antar Bank Online”
  6. Silahkan masukkan kode transfer bank Jateng (113) dan diikuti dengan nomor rekening tujuan. Contoh: 1131234567890 dan diakhiri dengan memilih menu “Benar”.
  7. Selanjutnya, silahkan masukkan jumlah dana yang akan ditransfer. Pastikan saldo anda cukup untuk melakukan pengiriman dana serta pembayaran biaya admin sebesar Rp 6.500. Kemudian, silahkan pilih menu “Benar”.
  8. Layar monitor akan menampilkan beberapa infromasi transaksi yang meliputi nomor rekening tujuan, jenis bank tujuan, nama pemilik rekening tujuan, hingga jumlah dana yang akan ditransfer. Jika semua informasi data tersebut sudah benar, silahkan pilih menu “Ya”.
  9. Mesin ATM akan memproses transaksi transfer anda.
  10. Setelah proses transaksi transfer berhasil, maka mesin ATM akan mengeluarkan struk sebagai tanda bukti bahwa transaksi anda behasil dilakuan.
  11. Silahkan ambil struk tersebut dan ambilah kartu ATM anda sebelum meninggalkan gerai ATM.

Kode Transer Bank Jateng Syariah

Ada dua sistem perbankan di Indonesia, yakni Konvesional dan Syariah. Hampir semua bank menggunakan kedua sistem tersebut, tak terkecuali Bank Jateng.

Saat ini Bank Jateng Syariah menjadi salah satu bank Syariah terbaik di Indonesia. Ada banyak sekali produ yang ditawarkan, seperti tabungan haji, tabungan iB, Deposito, dll.

Nah apabila ingin mentransfer uang ke tabungan Bank Jateng Syariah dari bank lain maka dibutuhkan kode bank. Adapun kode bank Jateng Syariah adalah 725.

Cara menggunakan kode transer bank Jawa Tengah Syariah sama saja dengan bank Jateng konvesional, yakni berada di depan nomor rekening tujuan.

FAQ

Apakah Kode Bank Jateng dan Bank Jateng Syariah Sama?

Berbeda, untuk Bank Jateng adalah 113. Sedangkan untuk Bank Jateng Syariah memiliki kode transfer 725.

Apa Bisa Transfer Ke Bank Jateng Tanpa Kode Bank?

Bisa, namun hanya untuk transfer ke sesama Bank Jateng. Untuk beda rekening silahkan menggunakan kode yang kami sampaikan

Mengapa Harus Menggunakan Kode Bank?

Agar bisa mengidentifikasi tujuan bank. Seban kode bank berfungsi sebagai identitas bank tujuan transfer

Mengapa Transfer Gagal Meski Sudah Pakai Kode Bank?

Mungkin anda salah memasukan kode bank atau nomor rekening tujuan

Cukup sekian informasi viralorchard.com pada kesempatan kali ini. Simak pula artikel sebelumnya mengenai kode bank Mega dan beragam informasi menarik lainnya seputar dunia perbankan di Indonesia.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *