Kode Bank CIMB Niaga
Perbankan

Kode Bank CIMB Niaga dan Kode Transfer

Kode Bank CIMB Niaga – Semakin maraknya penjual online shop di Indonesia, membuat pembeli mau tidak mau melakukan pembayaran melalui transfer rekening penjual. Memang belanja melalui online shop sangat dimudahkan, hanya tinggal memilih barang lalu membayar maka barang akan sampai kepada pembeli.

Namun, untuk melakukan transfer pembayaran biasanya memerlukan kode bank jika penjual tidak memiliki rekening yang sama dengan pembeli. Sebelum melakukan transaksi transfer antar bank tersebut, tentu saja nasabah harus mengerti kode bank tujuan.

Meskipun penggunaan kode bank saat melakukan transfer merepotkan nasabah, namun hal ini wajib dilakukan. Jika nasabah tidak menggunakan kode bank saat transfer dana, maka proses transfer akan gagal.

Sebenarnya sebuah bank dalam menentukan kode bank saat transfer bukan memiliki tujuan mempersulit nasabah. Hal tersebut hanya memudahkan pihak bank dalam mengidentifikasi transaksi yang dilakukan oleh masing-masing bank.

Hal ini terjadi pada bank-bank di Indonesia, salah satunya CIMB Niaga. Untuk melakukan transfer dengan bank CIMB Niaga, maka anda harus mengetahui kode bank CIMB Niaga terlebih dahulu.

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai kode bank CIMB Niaga, silahkan simak informasi viralorchard.com di bawah ini mengenai kode bank CIMB Niaga.

Kode Transfer Bank CIMB Niaga

Kode Bank CIMB Niaga

Kode bank memiliki fungsi untuk mempermudah transakasi antar penjual dan pembeli secara online, karena tanpa adanya kode bank maka transaksi transfer antar rekening bank tidak akan berhasil dilakukan. Semua transaksi tranfer melalui SMS Banking, Internet Banking, hingga gerai ATM, memerlukan kode bank.

Kode bank tersebut nantinya digunakan untuk indetifikasi yang dilakukan oleh masing-masing bank, dimana pihak bank agar mengetahui hak serta kewajiban pada saat terjadinya mekanisme transfer antara. Selain itu, kode bank memiliki fungsi sebagai identitas bank yang bersangkutan dengan tujuan mempermudah transaksi serta komunikasi sesama bank.

Setiap bank di Indonesia memiliki tiga kode angka yang berbeda baik bank swasta maupun bank pemerintah. Secara umum kode bank tujuan transfer dapat dilihat secara otomatis melalui mesin ATM atau Internet Banking.

Namun untuk mengetahui kode bank tujuan melalui mesin ATM atau Internet Banking, memerlukan waktu cukup lama, karena harus mencari dengan urutan kode bank yang panjang. Untuk menyingkat waktu, sebaiknya anda telah mengerti kode bank tujuan transfer. Nah, untuk kode transfer bank CIMB Niaga adalah 022.

Cara Penggunaan Kode Bank Via ATM

Agar lebih paham mengenai kode bank, sebaiknya anda mengerti dengan cara penggunaannya. Cara penggunaan kode bank CIMB Niaga via ATM sebagai berikut:

  1. Silahkan datangi gerai ATM terdekat dengan membawa kartu ATM dan nomor rekening CIMB Niaga tujuan.
  2. Sesampainya di gerai ATM, masukkan kartu ATM pada slot kartu dengan benar. Anda dapat melihat cara memasukkan kartu ATM yang tertera di atas slot kartu dalam bentuk stiker.
  3. Silahkan pilihlah bahasa yang akan digunakan untuk proses transfer, terdapat dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan Inggris. Untuk memudahkan proses transaksi, pilihlah bahasa Indonesia.
  4. Kemudian, dilanjutkan dengan memasukkan 6 digit PIN ATM. Masukkan PIN dengan benar dan jangan sampai salah memasukkan PIN sebanyak tiga kali, karena sistem secara otomatis akan memblokir kartu ATM anda.
  5. Monitor akan menampilkan beberapa pilihan trasaksi. Untuk melakukan transfer, silahkan pilih menu “Transaksi Lainnya” dan dilanjutkan dengan menu “Transfer”.
  6. Anda diminta memasukkan kode bank dan diikuti dengan nomor rekening tujuan. Silahkan masukkan kode bank CIMB Niaga yaitu 022, contoh = 022 12345678.
  7. Selanjutnya, masukkan jumlah nominal dana yang akan ditransfer dan jika sudah pilihlah menu “Benar”. Pastikan rekening anda terisi saldo yang mencukupi untuk melakukan transfer ke rekening tujuan.
  8. Layar monitor akan menampilkan beberapa informasi mengenai nomor rekening tujuan, bank tujuan, nama pemilik rekening tujuan, hingga nominal yang akan ditransfer. Silahkan perhatikan dengan seksama, apakah informasi transfer tersebut sudah benar atau belum, jika sudah benar maka dapat dilanjutkan dengan memilih menu “Ya”.
  9. Silahkan tunggu mesin ATM memproses pengiriman uang ke rekening tujuan. Setelah proses pengiriman uang berhasil, maka mesin ATM akan mengeluarkan kertas melalui slot print sebagai tanda bukti bahwa transaksi anda telah berhasil.
  10. Sebelum meninggalkan gerai ATM, pastikan anda telah mengambil kembali kartu ATM yang keluar melalui slot kartu dengan tujuan menghindari segala bentuk kejahatan.

Transfer beda bank di ATM memang membutuhkan kode bank untuk mengendentifikasi bank tujuan. Tanpa adanya kode bank maka transfer tidak akan bisa dilakukan, terkecuali untuk transfer ke sesama rekening (CIMB Niaga ke CIMB Niaga).

Kesimpulan

Berapa Kode Transfer CIMB Niaga?

Kodenya adalah 022

Apakah Kodenya Sama Dengan CIMB Niaga Syariah?

Ya kodenya sama, yakni 022.

Bagaimana Jika Transfer ke CIMB Niaga Syariah tanpa kode bank?

Apabila transfer ke sesama rekening CIMB Niaga tetap bisa. Namun untuk beda bank tidak akan bisa. Sebab kode bank wajib digunakan untuk mengindentifikasi rekening bank tujuan.

Mengapa Transfer Ke CIMB Niaga Gagal?

Transfer gagal bisa disebabkan oleh salah memasukan kode bank ataupun nomor rekening. Pastikan memasukan kode 022 pada depan nomor rekening CIMB Niaga tujuan.

Yah, kode transfer CIMB Niaga sama saja dengan CIMB Niaga Syariah. Kode tersebut wajib dimasuan saat transfer dari rekening BRI, BNI, Mandiri, BCA ataupun rekening beda bank lainnya.

Nah cukup sekian informasi kali ini. Simak pula artikel sebelumnya mengenai kode bank Mandiri Syariah dan kode bank BNI Syariah.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *