Perbankan

Kode Bank BTPN Untuk Transfer Antar Bank

Kode Bank BTPN – Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) berdiri sejak tahun 1958. Bank BTPN menjadi salah satu perusahaan perbankan yang dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai bank untuk orang-orang yang menerima dana pensiun.

Sebagai bank yang terkenal untuk penerima pensiunan, tetapi BTPN selalu mengembangkan produknya menjadi lebih baik melalui beberapa segmen usaha. Segmen usaha yang dilakukan oleh bank BTPN meliputi bisnis pendanaan, bisnis pensiun, bisnis usaha mikro dan kecil, hingga mitra bisnis.

Perlu anda ketahui, para pemilik rekening BTPN tidak hanya dapat menikmati rekeningnya sebagai alat pengambilan dana pensiun, melainkan bisa digunakan sebagai alat bertransaksi yang lainnya. Rekening BTPN dapat dilakukan untuk bertransaksi penarikan tunai, setor tunai, cek saldo, hingga transfer dana.

Meskipun sebagai tabungan pensiunan, BTPN tetap memiliki kode bank sama seperti bank-bank pada umumnya. Fungsi kode bank BTPN juga sama seperti lainnya yaitu digunakan untuk transaksi transfer.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kode bank BTPN? silahkan simak ulasan di bawah ini:

Kode Bank BTPN

Kode Transfer Bank BTPN
Kode bank sama halnya dengan kode transfer, yang memiliki tujuan sebagai proses identifikasi transaksi yang dilakukan oleh masing-masing bank agar mengetahui segala hak dan kewajibannya pada saat terjadinya mekanisme transfer. Selain itu, kode bank atau kode transfer memiliki fungsi untuk memperjelas identitas bank yang bersangkutan dengan tujuan mempermudah proses transaksi transfer.

Untuk bentuk kode bank sendiri terdiri dari 3 digit angka, dan setiap bank memiliki kode bank yang berbeda baik bank pemerintah hingga bank swasta. Pemakaian kode bank hanya berlaku untuk transaksi transfer dana antar bank, dan tidak dapat berfungsi untuk transfer sesama bank BTPN.

Kode bank yang dimiliki oleh bank BTPN sendiri yaitu 213.

Cara Penggunaan Kode Bank Via ATM

Agar lebih mudah dipahami, kami akan memberikan contoh penggunaan kode bank untuk transfer melalui via ATM. Adapun langkah-langkah yang harus ditentukan, sebagai berikut:

  1. Silahkan datangi gerai ATM sesuai dengan jenis rekening anda dengan membawa kartu ATM serta nomor rekening tujuan.
  2. Sesampainya di gerai ATM, masukkan kartu ATM pada slot kartu yang telah tersedia. Nasabah dapat mengikuti petunjuk cara memasukkan kartu ATM yang ada atas slot kartu berupa stiker, hal tersebut bertujuan untuk memastikan tidak ada kesalahan dalam memasukkan kartu ATM.
  3. Anda diminta memilih bahasa, terdapat dua pilihan bahasa yaitu bahasa Indonesia dan Inggris. Untuk mempermudah proses transaksi, maka dapat memilih bahasa Indonesia.
  4. Silahkan masukkan PIN ATM yang terdiri dari 6 digit angka dan rahasiakan PIN ATM anda kepada siapapun, dengan tujuan menghidari segala bentuk yang tidak diinginkan. Pastikan tidak salah memasukkan PIN ATM sebanyak tiga kali, karena dapat memblokir kartu ATM anda secara otomatis.
  5. Layar monitor akan menampilkan beberapa pilihan transaksi. Untuk melalukan transaksi transfer maka pilih menu “Transaksi Lainnya” lalu “Transfer” dan dilanjutkan memilih menu “Transfer Antar Bank Online”.
  6. Anda diminta memasukkan kode bank dan dilanjutkan dengan nomor rekening tujuan. Silahkan masukkan kode transfer bank BTPN (213) dan diikuti nomor rekening, contoh: 2131234567890. Sebenarnya nasabah dapat mengetahui kode bank melalui menu “Daftar Kode Bank”, tetapi hal tersebut tidak dapat menyingkat waktu karena harus mencari kode bank tujuan dari sekian banyaknya daftar kode bank yang disajikan di layar monitor.
  7. Selanjutnya, silahkan masukkan jumlah nomimal uang yang akan di transfer ke rekening tujuan atau rekening BTPN. Jika telah memasukkan jumlah nominal, dilanjutkan dengan memilih menu “Ya”.
  8. Layar monitor akan menampilkan beberapa informasi mengenai nomor rekening tujuan, nama bank tujuan, nama pemilik rekening tujuan, hingga jumlah nominal yang akan ditransfer. Jika semua informasi yang disajikan telah sesuai, silahkan dilanjutkan dengan memilih menu “Benar”.
  9. Silahkan tunggu mesin ATM memproses transaksi transfer anda hingga beberapa detik.
  10. Setelah transaksi berhasil, maka mesin ATM akan mengeluarkan struk melalui slot print sebagai tanda bukti proses transfer telah berhasil.
  11. Pastikan sebelum meninggalkan gerai ATM, ambilah kembali kartu ATM anda agar terhindar dari segala kejahatan yang tidak diinginkan.

Nah demikianlah cara menggunakan kode bank BTPN. Sudah bukan menjadi hal yang sulit yaa untuk proses transfer menggunakan kode bank atau kode transfer. Silahkan dicoba dan semoga informasi viralorchard.com di atas bermanfaat.

FAQ

Berapa Kode Transfer Bank BTPN?

Kodenya sama dengan kode bank BTPN, yakni 213

Mengapa Harus Menggunakan Kode Bank?

Kode bank dibutuhkan untuk mengidentifikasi tujuan transfer

Apakah Kode Bank Bisa Berubah?

Tidak bisa karena telah ditetapkan oleh Bank Indonesia (BI)

Apakah Perlu Memasukan Kode Bank Saat Transfer Ke Bank BTPN?

Jika transfer ke sesama bank BTPN tidak perlu. Namun untuk transfer antar bank seperti dari BCA, BRI, BNI, Mandiri, dll maka wajib memasukan kode bank saat transfer melalui ATM

Semua bank di Indonesia memiliki kode berbeda-beda, seperti kode bank Jatim dan kode bank Muamalat. Jangan sampai salah memasukan kode bank karena apabila salah maka transfer antar bank akan gagal.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *