Kode Transfer Bank BNI
Perbankan

Kode Bank BNI di ATM dan Kode Transfer Ke Semua Rekening

Viralorchard.com – Salah satu syarat transfer ke rekening BNI adalah memasukan kode transfer atau yang dikenal sebagai sebagai kode bank. Fungsinya adalah untuk memudahkan transaksi dan komunikasi antar dua bank yang saling bertransaksi.

Kode bank juga bisa dikatakan sebagai identitas bank sehingga setiap bank memiliki kode berbeda-beda. Hal yang sama juga berlaku untuk Bank BNI yang termasuk salah satu bank milik pemerintah Indonesia. Melalui rekening BNI, anda bisa mengirimkan uang ke rekening bank lain ataupun menerima transfer dari bank lain.

Apabila ingin transfer ke bank BNI maka anda harus mengetahui kode bank BNI. Sedangkan untuk transfer dari rekening BNI ke bank lain, seperti BCA, BRI, Mandiri, BTN, dll maka anda harus mengetahui kode bank dari tujuan transfer.

Sebenarnya cara mengetahui kode transerfer Bank BNI sangatlah mudah. Anda bisa melihatnya melalui menu “Daftar Kode Bank” yang tersedia pada menu transfer antar bank di ATM.  Namun untuk  mempermudah serta mempercepat proses transaksi, sebaiknya anda menyimak informasi viralorchard.com berikut ini.

Kode Bank BNI

Kode Bank BNI

Kode bank terdiri dari 3 digit angka, baik pada bank milik swasta maupun pemerintah. Meskipun sama-sama terdiri dari 3 digit angka, tetapi memiliki bentuk yang berbeda-beda dan untuk bank BNI memiliki kode bank “009“.

Kode tersebut dapat digunakan untuk transfer antar bank atau ke rekening BNI. Contohnya, rekening BRI transfer ke rekening BNI, rekening BCA ke rekening BNI, atau jenis bank lainnya yang akan transfer ke rekening BNI.

Kode Transfer Bank BNI

Silahkan memasukan kode transfer di atas saat mengirimkan uang ke rekening BNI. Lalu bagaimana jika transfer dari rekening BNI ke bank lain? Untuk melakukan transaksi tersebut anda harus mengetahui kode transfer bank tujuan. Misalnya dari transfer BNI ke BCA, maka anda harus mengetahui kode transfer bank BCA.

Setiap bank memiliki kode transfer berbeda-beda yang berfungsi untuk mengidentifikasi tujuan transfer. Oleh karena itulah setiap transfer antar bank membutuhkan kode transfer dari rekening tujuan. Nah untuk mengetahui kode transfer BNI ke bank lain silahkan simak tabel di bawah ini.

Biaya Transfer Ke Rekening BNI

Selanjutnya mari kita membahas mengenai biaya transfer. Perlu anda ketahui, transfer antar bank tidaklah gratis. Apabila anda transfer melalui ATM Berlogo Link akan dikenakan biaya sebesar Rp. 4.000 untuk setiap transaksi. Biaya tersebut berlaku untuk transfer dari BRI ke BNI, Mandiri ke BNI, dan BTN ke BNI.

Saat ini Bank BRI, Bank BNI, Bank BTN, dan Bank Mandiri tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara). Oleh karena itulah biaya transfernya lebih terjangkau. Namun untuk transfer di ATM Bersama ataupun ATM Bank lain akan dikenakan biaya sebesar Rp. 6.500 per transaksi.

Cara Transfer Ke Bank BNI Lewat ATM

Ada banyak cara transfer ke BNI. Salah satu yang termudah adalah melalui ATM. Nah pada kesemaptan kali ini kami akan memberikan contoh cara transfer ke bank BNI di ATM. Namun sebelum transfer, pastikan saldo anda mencukupi untuk membayar biaya administrasi. Setelah tu tinggal mengikuti setiap langkah di bawah ini.

  1. Silahkan datangi gerai ATM sesuai dengan jenis rekening anda
  2. Sesampainya di gerai ATM, silahkan masukkan kartu ATM anda ke slot kartu. Pastikan anda tidak salah memasukkan kartu ATM atau dapat mengikuti tutorial memasukkan kartu ATM yang ada di bawah slot kartu berupa stikker
  3. Terdapat dua pilihan bahasa transaksi yang harus di pilih, yakni bahasa Indonesia dan Inggris. Silahkan pilih bahaha Indonesia untuk mempermudah proses transaksi
  4. Berikutnya, silahkan masukkan PIN ATM yang terdiri dari enam digit angka. Pastikan anda tidak salah memasukkan PIN ATM hingga tiga kali secara berurutan, karena kartu ATM ajan terblokir otomatis oleh sistem
  5. Terdapat beberapa menu pilihan transaksi pada layar monitor. Untuk transaksi transfer maka pilih menu “Transaksi Lainya”
  6. Kemudian, silahkan dilanjutkan dengan memilih menu “Transfer” dan dilanjutkan dengan memilih menu “Transfer Ke Rekening Bank Lain”
  7. Anda diminta memasukkan kode bank tujuan atau bank BNI “009” dan dilanjutkan dengan nomor rekening tujuan atau rekening BNI. Contoh : 0091234567890. Jika telah memastikan bahwa kode bank serta nomor rekening tujuan sudah benar, maka dilanjutkan dengan memilih menu “Benar”
  8. Anda diminta memasukkan kode referensi transfer, namun pada menu ini anda dapat mengosongkannya dan dilanjutkan dengan memilih menu “Benar”
  9. Silahkan masukkan jumlah nominal dana yang akan di transfer ke rekening tujuan atau rekening BNI. Jika jumlah nominal dana telah dimasukkan, silahkan dilanjut dengan memilih menu “Benar”
  10. Layar monitor akan menampilkan data konfrimasi transfer yang meliputi nomor rekening tujuan, jenis bank tujuan, nama pemilik rekening tujuan, nominal dana yang akan di transfer. Silahkan perhatikan data tersebut, dan jika merasa sudah benar dapat dilanjutkan dengan memilih menu “Ya”
  11. Silahkan tunggu mesin ATM memproses transaksi transfer anda
  12. Jika transaksi berhasil, maka slot print akan mengeluarkan struk berupa tanda bukti transaksi transfer telah dilakukan
  13. Silahkan ambilah struk dan kartu ATM sebelum anda meninggalkan gerai ATM.

Kesimpulan

Cara transfer ke BNI di ATM memang cukup mudah. Anda hanya perlu datang ke gerai ATM terdekat, lalu memasukan kode bank BNI diikuti nomor rekening tujuan. Namun sebenarnya ada yang jauh lebih mudah, yakni transfer melalui Internet Banking dan Mobile Banking. Sebab transfer melalui internet dan mobile banking tidak membutuhkan kode bank karena biasanya telah diinput otomatis oleh sistem.

Setiap bank memiliki layanan mobile banking berbeda-beda. Begitu pula dengan Bank BNI yang memiliki layanan mobile banking yang dikhususkan untuk pengguna Android dan iPhone agar bisa bertransaksi lewat hp. Agar bisa menggunakan layanan tersebut, nasabah bank BNI harus terlebih dahulu mendaftar dengan cara sebagai berikut “Cara Daftar Mobile Banking BNI“.

Bagi yang tidak memiliki hp Android ataupun iPhone tetap bisa transfer lewat hp. Caranya adalah dengan menggunakan layanan SMS Banking BNI yang bisa digunakan di semua handphone dan smartphone tanpa perlu koneksi internet.

Bagi yang tertarik menggunakan layanan SMS Banking, silahkan simak informasi “Cara Daftar SMS Banking BNI“. Nah apabila masih ada pertanyaan seputar kode bank BNI silahkan simak halaman FAQ di bawah ini. 

Apa Itu Kode Bank?

Kode Bank merupakan kode unik yang dimiliki setiap bank di Indonesia. Kode tersebut berfungsi untuk mengidentifikasi tujuan transfer saat transfer antar bank.

Berapa Kode Transfer Ke Rekening Bank BNI?

Untuk Bank BNI memiliki kode 009.

Apakah Transfer Antar Rekening BNI Butuh Kode Bank?

Tidak, anda bisa langsung transfer tanpa perlu memasukan kode bank

Apakah Kode Transfer BNI Sama Dengan BNI Syariah?

Berbeda, untuk Bank BNI Syariah memiliki kode bank 427.

Apakah Bisa Transfer Ke Bank BNI Tanpa Kode Bank?

Bisa, namun anda harus menggunakan layanan mobile banking atau internet banking karena biasanya kode bank sudah diinputkan secara otomatis.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai kode transfer BNI. Simak pula artikel sebelumnya mengenai kode bank Mandiri dan beragam informasi seputar dunia perbakan di Indonesia.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *