Penyebab Kenapa Shopee Paylater Tidak Bisa Digunakan Padahal Sudah Aktif
Pinjaman & Kredit Online

Kenapa Shopee Paylater Tidak Bisa Digunakan Padahal Sudah Aktif?

Sebagai e-commerce terbaik di Indonesia, Shopee memunculkan metode pembayaran yang dapat memudahkan penggunanya. Salah satu metode pembayaran terbaru dari pihak Shopee adalah metode pembayaran cicilan atau yang disebut dengan Shopee PayLater.

Melalui Shopee Paylater kini pengguna dapat membeli produk secara kredit tanpa adanya kartu kredit. Untuk proses penggunaan metode pembayaran tersebut, pengguna cukup mengaktifkan pelayanan Shopee Paylater dan dapatkan limit kredit dengan jumlah yang telah ditentukan oleh pihak Shopee.

Kemudian, setelah pengguna berhasil bergabung dan menggunakan limit Shopee Paylater maka mereka di minta untuk membayar cicilan setiap bulannya beserta dengan bunganya, hingga waktu tenor selesai atau lunas. Namun, hal yang di sayangkan dari kemudahan metode pembayaran Shopee Paylater adalah tidak semua pengguna Shopee bisa menggunakan meskipun fitur ini telah muncul di aplikasi Shopee anda.

Tetapi dari kendala tersebut sebaiknya pengguna tak perlu khawatir, karena ViralOrchard.com akan memberikan sedikit solusi agar anda bisa menggunakan kembali metode pembayaran Shopee Paylater. Untuk itu, simak ulasan di bawah ini.

Penyebab Kenapa Shopee Paylater Tidak Bisa Digunakan

Penyebab Kenapa Shopee Pinjam Tidak Muncul

Ada beberapa faktor yang menyebabkan Shopee Paylater tidak bisa digunakan, meski fasilitas pinjaman online tersebut telah aktif. Nah untuk mengetahui apa saja penyebabnya silahkan simak informasi di bawah ini.

  1. Masih ada tunggakan cicilan yang melewati jatuh tempo
  2. Produk yang dibeli tidak mendukung metode pembayaran Shopee Paylater
  3. Limit pinjaman Shopee Paylater habis sehingga tidak bisa digunakan untuk membeli barang
  4. Ada masalah pada cache aplikasi Shopee

Nah itulah beberapa penyebab yang sering kali menjadi faktor utama kenapa Shopee Paylater tidak bisa digunakan padahal sudah aktif. Untuk mengatasi permasalahan tersebut cukup mudah, anda bisa mencoba tips yang kami berikut ini

Cara Mengatasi Shopee Paylater Tidak Bisa Digunakan

Penyebab SPaylater Tidak Bisa Digunakan padahal SUDAH AKTIF

Untuk mengatasi masalah Shopee Paylater tidak bisa digunakan padahal sudah aktif, silahkan mencoba tips di bawah ini

1. Lunasi Semua Tunggakan Cicilan

Seperti yang kami sampaikan di atas, penyebab Shopee Paylater tidak bisa digunakan adalah karena masih ada tunggakan cicilan SPaylater atuapun pinjaman online lainnya yang tersedia di Shopee.

Tunggakan cicilan akan membuat Shopee Paylater dibekukan sehingga tidak bisa digunakan untuk membeli barang di Shopee. Solusinya adalah dengan melunasi semua tagihan cicilan.

Semua tagihan yang melewati jatuh tempo telah dibayarkan maka anda bisa kembali menggunakan Shopee Paylater secara normal. Nah untuk melihat tagihan yang belum dibayarkan silahkan simak caranya di bawah ini.

  1. Buka aplikasi Shopee
  2. Masuk ke menu Saya
  3. Klik menu SPaylater
  4. Kemudian buka menu Tagihan Saya
  5. Setelah itu anda bisa melihat tagihan yang berstatus Belum Dibayar

2. Pilih Produk Yang Mendukung SPaylater

Tidak semua produk yang tersedia di Shopee bisa dibeli menggunakan limit SPaylater. Ada beberapa produk yang tidak bisa dibeli menggunakan pinjaman online tersebut, diantaranya adalah produk dari kategori Emas, Voucher, Uang Elektronik, dan Zakat.

Jadi apabila mengalami masalah Shopee Paylater tidak bisa digunakan maka kemungkinan disebabkan oleh produk yang tidak mendukung layanan tersebut. Untuk mengeceknya silahkan mencoba membeli barang lain dan lihat apakah SPaylater bisa digunakan atau tdak. 

3. Bayar Tagihan

Shopee membatasi limit pinjaman SPaylater. Setiap akun memiliki batasan limit berbeda-beda. Nantinya limit pinjaman akan bertambah atau kembali seperti semula ketika pengguna telah membayar tagihan.

Apabila limit pinjaman habis maka otomatis tidak bisa digunakan untuk berbelanja atau membeli produk di Shopee. Anda harus terlebih dahulu membayar tagihan agar limit pinjaman bisa bertambah.

Bagi yang belum mengetahui bagaimana cara bayar tagihan SPaylater, silahkan simak informasi sebelumnya mengenai “Cara Bayar Tagihan Shopee Paylater“. Setelah pembayaran berhasil maka limit pinjaman akan bertambah atau kembali seperti semula. 

4.Membersihkan Cache Aplikasi Shopee

Untuk mengatasi Shopee PayLater yang tidak bisa digunakan, anda bisa mencoba dengan cara membersihkan cache pada aplikasi Shopee. Kemudian, untuk proses permbersihan cache ini dapat dilakukan bagi semua jenis handphone baik Android maupun iOS.

Adapun langkah-langkahnya, sebagai berikut:

Android

  1. Silahkan buka aplikasi Shopee yang telah terpasang di smartphone anda. Namun, untuk melakukan ini semua maka pastikan smartphone anda telah terhubung dengan koneksi internet stabil
  2. Setelah berhasil membuka aplikasi Shopee, silahkan pilih menu “Saya” yang berada di pojok kanan bawah
  3. Berikutnya, silahkan pilih menu “Pengaturan Akun”
  4. Langkah berikutnya, silahkan pilih menu “Informasi”
  5. Silahkan pilih menu “Bersihkan Cache”
  6. Terakhir, silahkan pilih menu “Ya”.

Selain pembesihkan cache, pengguna juga bisa mengatasi kendala ini dengan cara mengupdate atau memperbarui aplikasi Shopee ke versi terbaru. Untuk proses perbarui aplikasi Shopee, maka dapat dilakukan melalui Google Play atau PlayStore di smartphone pengguna.

Nah, untuk mengetahui versi aplikasi Shopee anda yakni dapat terlihat di bawah menu “Log Out”.

iOS (iPhone)

Untuk mengatasi Shopee PayLater yang tidaj bisa digunakan di iOS, tidak kalah mudah dengan Android. Untuk langkah-langkahnya, sebagai berikut:

  1. Silahkan buka aplikasi Shopee yang telah terpasang di smartphone anda. Pastikan smartphone anda terkoneksi dengan jaringan internet stabil
  2. Setelah berhasil membuka aplikasi Shopee, silahkan pilih menu “Saya” yang berada di pojok kanan bawah layar aplikasi
  3. Berikutnya, silahkan pilih menu “Pengaturan Akun”
  4. Silahkan pilih menu “Tentang”
  5. Terakhir, silahkan pilih menu “Hapus Cache”.

Cara lain untuk mengatasi Shopee PayLater yang tidak bisa digunakan di iOS yakni dengan cara mengupgrade aplikasi Shopee ke versi yang terbaru. Untuk cara upgradenya, cukuplah mudah karena dapat dilakukan melalui AppStore yang ada di smartphone anda.

Namun, untuk melakukan hal tersebut maka pastikan pengguna telah mengetahui versi aplikasi Shopee anda saat ini yakni dapat terlihat di halaman “Tentang”.

Kesimpulan

Di atas merupakan cara-cara yang dapat anda lakukan ketika Shopee PayLater tidak bisa digunakan. Namun, apabila cara-cara tersebut telah dilakukan dan belum berhasil, sebaiknya pengguna hubungi customer service Shopee di nomor 1500702 atau melalui Pusat Bantuan yang ada di aplikasi Shopee.

FAQ

Apabila masih terdapat pertanyaan mengenai Shopee PayLater yang tidak bisa digunakan, silahkan simak FAQ di bawah ini:

Apakah metode pembayaran Shopee PayLater cukup aman?

Tentu. Untuk metode pembayaran ini merupakan kerjasama dari PT Lentera Dana Nusantara serta PT Comerce Finance, dan kerjasama tersebut telah di awasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Kenapa SPaylater Tidak Bisa Digunakan?

Ada banyak faktornya, seperti masih ada tunggakan yang lewat jatuh tempo, limit habis, sampai masalah cache pada aplikasi Shopee

Bagaimana jika langkah-langkah di atas tidak berhasil dilakukan?

Sebaiknya pengguna segera menghubungi customer Service Shopee di nomor 1500702.

Apakah customer service Shopee buka dalam waktu 24 jam?

Ya. Petugas customer service akan senang hati melayani customernya dalam waktu 24 jam. (Senin sampai Minggu, termasuk Hari Libur Nasional).

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Shopee PayLater yang tidak bisa digunakan. Semoga informasi di atas menjadi referensi bagi anda. Jangan lupa untuk menyimak artikel sebelumnya mengenai “Cara Ganti Buku Tabungan BRI” beserta dengan artikel-artikel menarik lainnya.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *