Penyebab Pengajuan KUR BRI Ditolak
Pinjaman & Kredit Online

Kenapa Pengajuan KUR BRI Ditolak? Inilah 5 Penyebabnya

Kenapa pengajuan KUR BRI ditolak? Jika mengalami masalah tersebut, pastikan anda mengetahui penyebabnya. Ada banyak faktor yang menyebabkan pengajuan KUR ditolak dan untuk mengetahuinya silahkan simak informasi viralorchard.com berikut ini.

KUR merupakan pinjaman dengan bunga paling rendah yang disediakan Bank BRI. Dimana suku bunga efektif per tahun adalah sebesar 6%. Dengan bunga serendah itu, maka wajar apabila banyak orang yang tertarik mengajukan pinjaman KUR BRI.

Bank BRI melakukan seleksi ketat untuk menentukan apakah nasabah layak mendapatkan pinjaman atau tidak. Jika tidak layak maka otomatis pengajuan KUR BRI akan ditolak. Biasanya hal ini terjadi karena syarat pengajuan yang kurang lengkap.

Untuk mengetahui semua syarat yang dibutuhkan, anda bisa menyimaknya pada artikel berikut “Syarat Pengajuan KUR BRI“. Bisa dikatakan syaratnya cukup mudah, namun tetap saja banyak nasabah yang ditolak saat mengajukan pinjaman.

Bank BRI berhak menolak nasabah jika ada syarat yang tidak terpenuhi. Bagi yang mengalaminya tidak perlu kecewa karena tetap bisa mengajukan ulang dengan memenuhi semua syarat yang telah ditentukan Bank BRI.

Penyebab Pengajuan KUR BRI Ditolak

Pengajuan KUR BRI Ditolak

Jika anda telah mengajukan KUR BRI dan ternyata ditolak maka kami akan memberikan solusi agar pengajuan bisa di ACC. Namun sebelum itu, silahkan simak terlebih dahulu informasi penyebab pengajuan KUR BRI ditolak berikut ini.

1. Jenis Usaha Tidak Sesuai 

Bank BRI tidak asal-asalan dalam memberikan pinjaman KUR BRI. Ada banyak faktor yang menjadi pertimbangan Bank BRI dalam memutuskan apakah pengajuan KUR BRI diterima atau ditolak.

Jika ditolak mungkin penyebabnya adalah jenis usaha yang tidak sesuai ketentuan Bank BRI. Sebab pinjaman ini hanya diberikan kepada nasabah yang memiliki usaha aktif dan produktif.

Usaha yang dijalankan wajib telah beroperasi minimal 6 bulan. Jika kurang dari itu maka pengajuan KUR bisa ditolak. Nantinya akan ada petugas yang meninjau lokasi usaha untuk menentukan kelayakan usaha.

Selain itu, nasabah harus meminta Surat Ijin Usaha sebagai bukti bahwa usaha yang dijalani aktif dan produktif. Surat tersebut bisa didapatkan di kantor kelurahan ataupun melalui instansi yang terkait.

2. Sedang Menerika Kredit Dari Perbankan

Selain penyebab di atas, masih ada banyak penyebab pengajuan KUR BRI ditolak. Salah satunya adalah karena nasabah masih memilih pinjaman perbankan yang belum lunas.

Nasabah harus terlebih dahulu melunasi semua kredit perbankan, kecuali KPR, Kredit Kendaraan Bermotor dan Kartu Kredit. Jika semuanya sudah lunas maka pinjaman bisa disetujui.

Pinjaman tersebut tidak hanya berlaku untuk pinjaman BRI saja, namun juga pinjaman dari bank lain. Jadi lebih baik melunasinya terlebih dahulu sebelum mengajukan KUR BRI.

3. Riwayat Kredit Buruk

Pertimbangan utama untuk menentukan apakah nasabah layak mendapatkan pinjaman atau tidak adalah dengan mengecek riwayat kredit nasabah melalui laporan SLIK OJK.

Jika nama nasabah sudah masuk ke daftar blacklist SLIK OJK maka otomatis pengajuan KUR BRI akan ditolak. Hal ini bisa terjadi karena nasabah memiliki riwayat kredit yang buruk.

Riwayat kredit seseorang sangat menentukan ketika mengajukan pinjaman ke bank. Jadi pastikan selama ini tidak pernah bermasalah dengan kredit perbankan ataupun pinjaman online

4. Agunan Tidak Sesuai 

Saat ini Bank BRI menyediakan fasilitas KUR Tanpa Jaminan. Namun fasilitas tersebut hanya tersedia untuk pinjaman dalam jumlah kecil. Apabila mengajukan pinjaman KUR dalam jumlah besar maka wajib menggunakan jaminan.

Jaminan yang digunakan harus sesuai dengan total pinjaman. Anda bisa menggunakan sertifikat tanah, BPKB Motor, atuapun BPKB Mobile. Jika nilai agunan tidak sesuai dengan total pinjaman maka pengajuan KUR BRI akan ditolak.

5. Syarat Administrasi Kurang

Jika ingin mendapatkan pinjaman KUR BRI maka harus melampirkan beberapa persyaratan dokumen seperti KTP, Kartu Keluarga, Surat Ijin Usaha, dan NPWP bagi nasabah yang mengajukan pinjaman di atas Rp. 50 Juta.

Semua syarat harus lengkap dan menggunakan dokumen asli. Jia ada yang kurang maka Bank BRI berhak untuk menolak pengajuan pinjaman.

Tips Agar Pengajuan KUR BRI Disetujui

Semua penyebab di atas berhubungan dengan syarat pengajuan KUR BRI. Jadi apabila ingin pengajuan disetujui maka semua syaratnya harus lengkap.

Setelah semua syarat lengkap, maka barulah mengajukan pinjaman KUR. Untuk proses pengajuan bisa dilakukan secara online melalui website https://kur.bri.co.id/

Sayangnya maksimal pinjaman yang didapatkan nasabah hanya sebesar Rp. 50 Juta. Apabila ingin pinjaman dalam jumlah lebih besar maka harus datang langsung ke kantor cabang terdekat.

Pada intinya, agar pengajuan dapat disetujui maka anda harus memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan Bank BRI dan wajib memiliki riwayat kredit yang baik.

Kesimpulan

Anda tidak perlu kecewa jika pinjaman KUR BRI ditolak. Kami sarankan untuk melakukan pengajuan ulang dengan memenuhi semua syarat yang ditetapkan Bank BRI. Asalkan semua syaratnya lengkap, pasti pengajuan bisa disetujui.

Cukup sekian informasi viralorchard.com pada kesempatan kali ini. Simak pula artikel sebelumnya mengenai Penyebab Kenapa Shopee Paylater Tidak Bisa Digunakan dan beragam artikel lainnya.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *