KENAPA ATM BRI TIDAK BISA TARIK TUNAI
Perbankan

Kenapa ATM BRI Tidak Bisa Tarik Tunai dan Cek Saldo?

Penggunaan kartu ATM sebagai alat transaksi digital sudah tidak asing lagi. Berbagai transaksi kini dapat dilakukan melalui ATM yakni mulai dari penarikan tunai, cek saldo, transfer, pembayaran hingga investasi.

Dari beberapa fungsi kartu ATM yang ditawarkan oleh pihak bank, tarik tunai serta pengecekan saldo rekening menjadi suatu kegiatan transaksi yang sering dilakukan oleh nasabah. Untuk proses transaksi tarik tunai atau cek saldo memang sangat mudah dilakukan karena nasabah cukup mendatangi ke gerai ATM BRI terdekat dalam waktu 1×24 jam.

Meskipun proses transaksi yang dilakukan melalui ATM akan lebih mudah dibandingkan dengan mendatangi kantor bank, tetapi masih saja banyak nasabah yang mengalami beberapa kendalanya. Salah satu kendala yang sering dihadapi oleh nasabah ATM BRI adalah ketika tarik tunai uangnya tidak keluar tetapi ketika cek saldo rekening, jumlah saldo telah berkurang.

Lalu, pertanyaan yang kerap muncul oleh nasabah adalah apakah kendala-kendala tersebut dapat teratasi? tentu saja bisa yakni dengan beberapa cara. Adapun cara-cara yang harus dilakukan nasabah ketika tidak bisa tarik tunai maupun cek saldo, sebaiknya simak ulasan ViralOrchard.com di bawah ini:

Penyebab ATM BRI Tidak Bisa Tarik Tunai

Tidak Bisa Tarik Tunai di ATM BRI dan Cek Saldo

Terdapat beberapa hal penyebab yang perlu anda ketahui, kenapa ATM BRI yang nasabah miliki tidak dapat melakukan transaksi tarik tunai ataupun cek saldo. Adapun penyebab dari kartu ATM BRI tidak dapat melakukan transaksi tarik tunai dan cek saldo, sebagai berikut:

1. Mesin ATM Rusak

Melakukan transaksi melalui ATM memang mudah dilakukan, selain mudah juga cepat. Namun, dari sekian banyaknya mesin ATM BRI yang telah terpasang di berbagai penjuru tedapat beberapa ATM yang mengalami kerusakan, mainance atau perbaikan secara berkala.

Dengan adanya kerusakan mesin ATM tersebut, maka nasabah tidak dapat melakukan transaksi perbankan seperti tarik tunai maupun cek saldo rekening.

2. Gangguan pada Jaringan ATM

Tidak hanya smartphone yang mengharuskan koneksi internet agar dapat bekerja, begitupun terjadi pada mesin ATM. Mesin ATM merupakan sebuah perangkat elektonik yang membutuhkan jaringan internet internal agar dapat menjalankan segala keinginan transaksi nasabahnya.

Nah ketika mesin ATM tersebut mendapatkan kendala pada jaringan internal, maka transaksi nasabah seperti tarik tunai maupun cek saldo tidak dapat dilalukan.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Tarik Tunai di ATM BRI

ATM BRI TIdak Bisa Tarik Tunai

Ketika nasabah melakukan tarik tunai dan uang tidak keluar dari mesin ATM, tetapi saldo rekening mereka terpotong maka menjadi hal yang mengkhawatirkan serta panik. Sebaiknya, dengan hal-hal demikian maka nasabah tidak perlu khawatir karena terdapat beberapa cara mengatasinya.

Untuk cara mengarasi uang tidak bisa tarik tunai di ATM BRI, sebagai berikut:

1. Silahkan Tunggu Beberapa Saat

Jika nasabah gagal melakukan transaksi tarik tunai tetapi saldo rekening telah terpotong, sebaiknya tidak perlu panik berlebihan. Nasabah dapat mengatasinya dengan cara menunggu beberapa saat atau hingga 1 jam.

Dengan kejadian hal ini, biasanya pihak bank membutuhkan waktu untuk proses recovery sistem atau pemulihan sistem beberapa saat setelah terjadi kendala. Setelah proses recorvery sistem selesai, biasanya saldo ATM BRI anda akan kembali ke rekening.

Namun, jika proses ini tidak berhasil maka nasabah dapat melakukan langkah-langkah selanjutnya.

2. Mengumpulkan Keterangan

Setelah proses recorvery sistem tidak berhasil, maka langkah sebaiknya adalah mengumpulkan beberapa keterangan yang dapat dijadikan bukti. Beberapa keterangan yang harus disiapkan oleh nasabah sebagai berikut:

  • Lokasi ATM saat proses tarik tunai
  • Kartu ATM
  • Jenis bank yakni jika nasabah melakukan tarik tunai di lain bank atau antar bank
  • Buku rekening tabungan
  • Kartu identitas diri berupa KTP/ SIM/ Paspor
  • Hingga nama ibu kandung
  • Struk sebagai tanda bukti transaksi (jika slot print ATM BRI mengeluarkan struk).

3. Menghubungi Bank BRI

Jika proses pengumpulan keterangan atau bukti anda telah gagal melakukan transaksi tarik tunai, maka langkah selanjutnya adalah menghubungi pihak bank BRI. Nasabah dapat menghubungi pihak bank dalam 2 cara yakni dengan cara menghubungi call center BRI di nomor 14017 atau mendatangi kantor bank BRI terdekat.

Untuk proses menghubungi call center BRI, menjadi langkah efektif apabila nasabah mengalami kendala ini pada sore hari, malam hari atau pada hari libur. Hal ini dikarenakan, petugas call center BRI dapat melayani nasabah dengan senang hati dalam waktu 1×24 jam.

Namun, bagi nasabah yang memiliki waktu luang atau ingin lebih gamblang dalam proses mengatasi permasalahan ini maka dapat mendatangi kantor bank BRI terdekat dengan membawa beberapa data keterangan yang telah dipersiapkan sebelumnya. Untuk proses ini, nasabah nantinya akan dibantu sepenuhnya oleh petugas customer service bank BRI dan lakukan cara ini pada jam kerja bank.

Kemudian, untuk proses ini maka nasabah diminta untuk menyerahkan data-data keterangan. Setelah semua data telah sama dengan yang ada di sistem bank dan petugas bank tela memproses permintaan anda maka langkah selanjutnya adalah menunggu saldo rekening kembali.

4. Menunggu Saldo Rekening Kembali

Untuk langkah selanjutnya adalah menunggu saldo anda kembali ke rekening. Proses menunggu saldo rekening kembali ini, membutuhkan waktu yang cukup lama yakni kurang lebih 10 hingga 21 hari kerja.

Namun, ketika waktu estimasi yang diberikan oleh pihak bank selesai dan saldo rekening anda belum kembali maka sebaiknya melakukan konfrimasi ulang. Silahkan lakukan konfrimasi ulang ke pihak bank yakni baik melalui call center BRI (14017 / 1500017) maupun mendatangi kantor bank BRI terdekat.

Setelah proses ini dilakukan, maka tidak menunggu lama saldo rekening yang terpotong tersebut akan kembali.

Kesimpulan

Di atas merupakan penyebab serta cara mengatasi kegagalan transaksi tarik tunai maupun cek saldo. Bagi nasabah yang mengalami hal demikian, tak perlu khawatir bahkan panik berlebih karena ViralOrchard.com telah memberikan solusinya.

Cukup sekian informasi viralorchard.com pada kesempatan kali ini. Semoga informasi di atas bisa menjadi referensi bagi nasabah BRI yang mengalami masalah tidak bisa tarik tunai di ATM. Simak pula artikel kami lainnya mengenai Penyebab Saldo ATM BCA Berkurang Sendiri dan beragam artikel lainnya.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *