Cara Ganti Buku Tabungan BRI
Perbankan

13 Cara Ganti Buku Tabungan BRI : Syarat dan Biaya

Bank BRI merupakan salah satu perusahaan perbankan yang membekali buku rekening tabungan kepada setiap nasabahnya. Fungsi dari buku tabungan tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk alat transaksi, tetapi juga berbagai urusan administrasi seperti pengajuan pinjaman, pelaporan pajak, pengajuan kredit, rekonsiliasi rekening, cetak rekening tabungan, hingga lain sebagainya.

Dengan melakukan berbagai transaksi melalui buku tabungan, tentu saja akan memakan lembaran demi lembaran buku tabungan. Terlebih jika nasabah melalukan transaksi cetak atau print out tabungan secara berkala maka lembaran buku rekening anda akan cepat habis atau penuh.

Nah, bagi nasabah yang buku tabungannya udah penuh atau habis maka tak perlu khawatir karena permasalahan ini dapat di atas dengan mudah. Cara mengatasinya yaitu nasabah hanya perlu mengganti buku tabungannya ke buku tabungan yang baru di kantor cabang bank BRI terdekat.

Namun untuk pergantian buku rekening tabungan, nasabah harus melengkapi berbagai persyaratan hingga biaya pergantian. Untuk mengetahui syarat serta biaya ganti buku tabungan BRI, simak ulasan ViralOrchard.com di bawah ini:

Syarat dan Ganti Buku Tabungan BRI

Syarat dan Cara Ganti Buku Tabungan BRI

Cara mengganti buku tabungan BRI memang cukup mudah karena nasabah hanya perlu mendatangi kantor cabang bank BRI terdekat saja. Namun, untuk melakukan itu semua maka nasabah diminta untuk melengkapi berbagai persyaratannya dan mengikuti prosedur pergantian buku tabungan.

Adapun persyaratan pergantian buku tabungan BRI memiliki tujuan sebagai keamanan rekening anda oleh beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab. Untuk mengetahui bagaimana persyaratan serta biaya ganti tabungan BRI, simak di bawah ini:

Syarat Ganti Buku Tabungan BRI

Untuk syarat yang dimiliki oleh bank BRI dalam proses pergantian buku tabungan, sebagai berikut:

  1. Buku tabungan penuh atau yang mau di ganti
  2. Kartu identitas berupa KTP/ SIM/ Paspor
  3. Kartu debit atau kartu ATM
  4. Khusus untuk pergantian buku tabungan yang hilang, maka nasabah diminta untuk membawa surat kehilangan dari kepolisian terdekat.

Biaya Penggantian Buku Tabungan BRI

Hal yang sering dipertanyakan oleh nasabah bank BRI yakni apakah proses pergantian buku tabungan memiliki biaya?. Untuk jawabannya, ya tergantung pada jenis tabungan.

Adapun biaya pergantian buku tabungan BRI karena hilang pada jenis tabungan BritAma sebesar Rp 50.000, sedangkan untuk jenis tabungan Simpedes sebesar Rp 25.000. Kemudian, untuk biaya pergantian buku tabungan BRI karena habis atau penuh juga memiliki biayanya yakni sebesar Rp 25.000.

Cara Ganti Buku Tabungan BRI

 

Untuk cara mengganti buku tabungan BRI cukup mudah, yakni nasabah hanya diminta mendatangi kantor cabang bank BRI terdekat dan proses ini nantinya akan dibantu oleh petugas customer service. Adapun langkah-langkahnya, sebagai berikut:

  1. Silahkan datangi kantor cabang bank BRI terdekat dengan membawa berbagai persyaratan yang telah disiapkan
  2. Sesampainya di kantor cabang bank BRI terdekat, silahkan ambil nomor antrian untuk menuju ke customer service. Nasabah dapat meminta bantuan kepada satpam bank mengenai pengambilan nomor antrian
  3. Silahkan tunggu hingga nomor antrian terpanggil
  4. Jika nomor antrian telah terpanggil, silahkan datangi petugas customer serrvice dan beritahu tujuan anda yakni mengganti buku tabungan BRI
  5. Untuk proses pergantian buku tabungan BRI, petugas customer service meminta anda untuk menyerahkan beberapa dokumen persyaratan yang telah di bawa
  6. Jika semua persyaratan dokumen telah sama dengan data yang ada di sistem bank, maka petugas customer service memberikan formulir penggantian buku tabungan dan isilah formulir tersebut dengan data-data yang benar
  7. Setelah formulir diisi dengan lengkap, silahkan berikan kembali formulir tersebut kepada petugas customer service dan petugas akan memproses pergantian buku rekening tabungan
  8. Terakhir, nasabah akan diminta menandatangani buku rekening tabungan baru dan nantinya buku tabungan yang telah ditandatangani menjadi milik anda
  9. Sebelum meninggalkan kantor bank, jangan lupa untuk membayar pergantian buku rekening tabungan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh pihak bank.

Kesimpulan

Di atas merupakan sedikit informasi mengenai biaya penggantian buku tabungan BRI beserta dengan syarat dan caranya. Untuk proses pergantian buku rekening tabungan BRI memang mudah dan cepat, namun hal ini hanya bisa dilakukan oleh nasabah atau tidak dapat diwakilkan karena untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Cukup sekian informasi viralorchard.com pada kesempatan kali ini. Semoga informasi yang kami sampaikan di atas bermanfaat. Simak pula artikel sebelumnya mengenai Cara Melaporkan Pinjaman Online Ilegal dan beragam artikel lainnya seputar dunia perbankan dan keuangan di Indonesia.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *