Denda Telat Bayar Shopee Pinjam
Pinjaman & Kredit Online

Denda Shopee Pinjam dan Resiko Tidak Bayar

Ada dua jenis pinjaman yang disediakan Shopee, yakni SPinjam dan SPaylater. Keduanya berbeda karena SPinjam merupakan pinjaman dalam bentuk uang tunai. Sedangkan SPaylater menggunakan limit kredit. Meksipun berbeda, namun keterlambatan pembayaran Shopee Pinjam sama-sama dikenakan denda.

Denda bisa membengkak sangat besar jika telat membayar hingga berbulan-bulan. Agar terhindar dari denda keterlambatan, maka wajib membayar tagihan sebelum tanggal jatuh tempo. Dimana tanggal jatuh tempo Shopee Pinjam adalah tanggal 5 setiap bulannya.

Sebelum tanggal 5, semua tagihan Shopee Pinjam wajib dibayarkan. Jika telat bayar 1 hari maka dendanya sama saja dengan 1 Minggu atau 2 Minggu. Pasalnya denda Shopee Pinjam bukan dihitung per hari,  melainkan per bulan.

Untungnya denda telat bayar Shopee Pinjam tidak dihitung per hari. Anda saja per hari pasti banyak orang stres karena harus membayar denda beserta bunganya. Belum lagi jika telat membayar hingga berbulan-bulan maka akan membuat bunga dan denda menjadi sangat besar.

Bagi yang belum tahu, bunga Shopee Pinjam adalah mulai 2.95% dari total pinjaman. Sebagai contoh, apabila meminjam uang di Shopee Pinjam sebesar Rp. 6.000.000 maka bunganya menjadi Rp. 177.000 per bulan. Bunga tersebut akan digabung dengan total tagihan yang harus dibayarkan setiap bulannya.

Terlebih dari masalah bunga, anda tetap harus membayar Shopee Pinjam secara tepat waktu sebelum tanggal jatuh tempo. Jika telat bayar atau tidak bisa membayar tagihan Shopee Pinjam maka harus menanggung semua resikonya. Nah untuk mengetahui semua resikonya, silahkan simak informasi viralorchard.com berikut ini.

Resiko Tidak Bayar Shopee Pinjam

Syarat Mengaktifkan Shopee Pinjam

1. Denda Shopee Pinjam

Denda keterlambatan menjadi resiko utama jika telat membayar tagihan Shopee Pinjam. Dimana dendanya adalah sebesar 5% dari total tagihan. Jadi apabila tagihan anda sebesar Rp. 2.000.000 per bulan maka dendanya menjadi Rp. 100.000.

Silahkan anda hitung sendiri berdasarkan total tagihan yang harus dibayarkan setiap bulannya. Yang jelas, semakin besar total tagihan maka dendanya semakin besar. Belum lagi ditambah dengan bunga sebesar 2.95% dari total pinjaman.

Denda Shopee Pinjam memang tidak sedikit. Agar tidak perlu membayar biaya keterlambatan tersebut maka pastikan membayar tagihan Shopee Pinjam secara tepat waktu. Jangan sampai melebihi tanggal jatuh tempo yang ditetapkan tanggal 5 setiap bulannya.

Meskipun hanya telat 1 hari, anda tetap dikenakan denda keterlambatan. Denda akan bertambah jika di bulan berikutnya tetap tidak bisa membayar.

2. Penagihan Debt Collector

Selain denda bertambah besar, resiko tidak bayar tagihan Shopee Pinjam adalah harus berhadapan dengan Debt Collector. Pihak Shopee berhak melakukan penagihan melalui debt collector apabila pengguna SPinjam tidak melakukan pembayaran hingga berbulan-bulan.

Penagihan bisa dilakukan secara baik-baik jika anda bersikap kooperatif. Namun jika bersikap sebaliknya, maka pihak debt collector bisa melakukan penagihan secara langsung dengan cara mendatangi alamat rumah yang terdaftar pada saat mengaktifkan Shopee Pinjam.

Mengingat Shopee Pinjam telah terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) kami yakin 100% penagihan yang dilakukan debt collector akan dilakukan secara baik-baik. Hanya saja anda harus tetap membayar semua tagihan beserta bunga dan denda keterlembatan Shopee Pinjam.

3. Masuk Ke Blaclist SLIK OJK

Keterlambatan pembayaran Shopee Pinjam akan berpengaruh terhadap riwayat kredit. Jika telat bayar hingga berbulan-bulan atau bahkan tidak bisa membayar tagihan maka otomatis riwayat kredit menjadi buruk. Hal ini bisa mengakibatkan anda masuk ke daftar blacklist SLIK OJK atau BI Checking.

Apabila nama sudah diblacklist maka anda akan mengalami kesulitan jika mengajukan pinjaman ke bank ataupun ke perusahaan pinjaman online. Sebab untuk menentukan apakah seseorang layak mendapatkan pinjaman atau tidak maka harus terlebih dahulu mengecek riwayat kredit di SLIK OJK.

Untuk membersihkan nama yang sudah diblacklist butuh waktu cukup lama. Agar hal tersebut tidak terjadi, maka pastikan selalu membayar tagihan Shopee Pinjam sebelum jatuh tempo.

Cara Bayar Tagihan Shopee Pinjam

Shopee Pinjam memiliki tanggal jatuh tempo yang tetap pada setiap bulannya, yakni pada tanggal 5. Pembayaran harus dilakukan paling lambat tanggal 5. Jika melebihi tangagl tersebut maka akan dikenakan denda keterlambatan.

Lalu bagaimanakah cara bayar tagihan Shopee Pinjam? Caranya sangat mudah, anda bisa menyimaknya di bawah ini.

  1. Buka Aplikasi Shopee
  2. Klik Tab Saya pada bagian pojok kanan bawah. Selanjutnya pilih menu SPinjam (Shopee Pinjam)
    Cara Membayar Shopee Pinjam
  3. Kemudian akan muncul tagihan yang harus dibayarkan. Kemudian klik tombol Bayar
    Cara Bayar Shopee Pinjam
  4. Berikutnya tinggal klik Pilihan Pembayaran untuk memilih metode pembayaran yang diinginkan. Setelah itu tingal klik tombol Bayar

Dengan mencoba cara bayar Shopee Pinjam di atas maka anda bisa terhindar dari denda keterlambatan. Lagi pula cara bayarnya sangat mudah, karena Shopee menyediakan beragam metode pembayaran seperti lewat ShopeePay, Transfer Virtual Account, Transfer Via ATM, dan masih banyak lagi lainnya.

Kesimpulan

Perlu kami ingatkan, denda Shopee Pinjam bisa berubah sewaktu-waktu. Namun untuk saat ini dendanya adalaha sebesar 5% dari total tagihan. Untuk memastikannya silahkan hubungi Customer Service Shopee melalui nomor telepon 1500702 atau email yang bisa diakses melalui website help.shopee.co.id

Bagi yang belum mengaktifkan pinjaman ini dan tertarik mencobanya, maka bisa menyimak tutorial sebelumnya mengenai “Cara Mengaktifkan Shopee Pinjam“. Selain itu, simak pula halaman FAQ di bawah ini. 

Berapa Persen Denda Telat Bayar Shopee Pinjam?

Dendanya sebesar 5% dari total tagihan

Denda Shopee Pinjam Per Hari Atau Per Bulan?

Bisa dikatakan dendanya dihitung per bulan karena berdasarkan total tagihan yang harus dibayarkan setiap bulannya

Kapan Tanggal Jatuh Tempo Shopee Pinjam?

Tanggal jatuh tempo Shopee Pinjam adalah tanggal 5 setiap bulannya atau ditentukan pada saat melakukan aktivasi

Bagaimana Jika Tidak Bayar Tagihan Shopee Pinjam?

Selain denda, akan ada penagian dari debt collector dan anda bisa masuk kedaftar blaclist BI Checking

Nah cukup sekian informasi mengenai denda telat bayar Shopee Pinjam dan berbagai resiko jika tidak membayar pinjaman tunai dari Shopee tersebut. Simak pula informasi sebelumnya mengenai Cara Buka Rekening BCA Online di BliBli dan beragam artikel menarik lainnya.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *