Daftar Kode Bank di Indonesia
Perbankan

Daftar Kode Bank dan Kode Transfer Bank Indonesia Terlengkap

Daftar Kode Bank – Tujuan utama memiliki rekening bank adalah untuk menambung. Namun manfaatnya bukan itu saja. Sebab dengan memiliki rekening bank anda juga bisa dengan mudah mengirimkan uang ke seluruh Indonesia.

Kemudahan dalam mengirimkan uang melalui transfer antar bank menjadi alasan utama mengapa anda harus membuka rekening sebuah bank. Anda bisa memilih bank konvesional maupun bank syariah yang sama-sama menawarkan kemudahan dalam bertransaksi.

Saat ini ada ratusan bank di Indonesia. Setiap bank memiliki produk tabungan berbeda-beda. Anda harus memilih tabungan yang dilengkapi kartu ATM ataupun layanan perbankan lainnya seperti Internet Banking dan Mobile Banking.

Dengan adanya kartu ATM maka anda bisa mengirimkan uang tanpa perlu datang ke kantor cabang. Terlebih jika bank yang dipilih sudah mendukung layanan Internet dan Mobile Banking yang otomatis akan semakin memudahkan anda dalam bertransaksi.

Namun perlu diingat, bahwa  transfer antar bank yang dilakukan di ATM, Internet Banking, dan Mobile Banking membutuhkan kode bank. Kode tersebut harus dicantumkan di depan nomor rekening tujuan untuk menjebatani sistem transfer antar bank.

Setiap bank memiliki kode transfer berbeda-beda yang berfungsi untuk mengidentifikasi tujuan transfer saat transfer antar bank. Tanpa adanya kode tersebut maka transfer tidak mungkin bisa dilakukan, terkecuali untuk transfer ke sesama rekening seperti dari BRI ke BRI atau BCA ke BCA.

Untuk mengetahui kode transfer sebuah bank anda bisa melihatnya dari mesin ATM. Semua mesin ATM sudah dilengkapi daftar kode transfer yang jumlahnya sangat banyak. Mungkin anda akan sedikit kebingungan mencari salah satunya. Oleh karena itulah kami akan memberikan informasi mengenai daftar kode bank di seluruh Indonesia pada artikel viralorchard.com di bawah ini.

Daftar Kode Bank dan Kode Transfer

Kode Transfer Semua Bank di Indonesia

Silahkan anda mencari kode transfer bank tujuan dengan memasukan nama bank pada kolom pencarian. Kami sudah menginputkan banyak sekali kode transfer yang kami lansir dari situs resmi  ATM Bersama dan Jaringan Prima.

Seperti yang anda lihat di atas, setiap bank memiliki kode transfer berbeda-beda. Jangan sampai salah memasukan kode tersebut karena bisa mengakibatkan gagal transfer. Selain itu perlu diingat bahwa transfer antar bank tidaklah gratis.

Biaya Transfer Antar Bank

Meskipun tidak gratis, namun transfer antar bank sangat membantu masyarakat Indonesia dalam mengirimkan uang. Terlebih saat ini sudah semakin banyak cara transfer yang bisa dilakukan. Nah yang jadi pertanyaan sekarang, berapakah biayanya?

Setiap transfer antar bank akan dikenakan biaya adminstrasi sebesar Rp. 6.500/transaksi. Biaya tersebut berlaku untuk transfer melalui ATM, Internet Banking, SMS Banking dan Mobile Banking. Namun untuk transfer antar bank via ATM Link melalu ATM bank BNI, Mandiri, BRI, dan BTN akan dikenakan biaya sebesar Rp. 4.000 /transaksi.

Cara Transfer Antar Bank

Kami yakin sebagian besar orang sudah mengetahui cara transfer antar bank. Namun perlu anda ketahui bahwa setiap bank memiliki metode transfer berbeda-beda. Namun apabila memilih melalui ATM maka caranya hampir sama.

Semua mesin ATM sudah dilengkapi menu transfer. Silahkan anda memilih menu tersebut kemudian dilanjutkan dengan memilih menu transfer Ke Rekening Bank Lain. Selanjutnya tinggal memasukan kode transfer yang kami sampaikan di atas, lalu diikuti dengan nomor rekening tujuan.

Langkah terakhir tinggal memasukan nominal yang ingin ditransfer. Sebagai contoh anda bisa melihatnya pada artikel “Cara Transfer Uang Lewat ATM BCA” yang kami sampaikan pada artikel viralorchard.com sebelumnya.

Tidak semua mesin ATM memiliki tampilan menu yang sama. Namun pada intinya anda hanya perlu mencari menu transfer, lalu pilih transfer ke rekening bank lain. Setelah transaksi berhasil maka ada akan dikenakan biaya adminstrasi.

Kesimpulan

Silahkan anda mencari kode transfer rekening tujuan melalui daftar kode transfer di atas. Nah apabila masih ada pertanyaan seputar informasi yang kami sampaikan silahkan simak halaman FAQ berikut ini.

Apakah Bisa Transfer Antar Bank Tanpa Kode Transfer?

Tidak bisa, anda wajib memasukan kode transfer saat mengirimkan uang ke rekening bank lain

Mengapa Harus Menggunakan Kode Bank?

Kode tersebut berfungsi untuk menjebatani transfer antar bank sehingga bisa mengindentifikasi tujuan transfer saat mengirimkan uang lewat ATM, Mobile Banking, SMS Banking, maupun Internet Banking.

Bagaimana Cara Menggunakan Kode Transfer?

Caranya sangat mudah, karena hanya perlu ditaruh di depan nomor rekening tujuan.

Apakah Perlu Memasukan Kode Transfer Saat Transfer Ke Sesama Rekening

Tidak perlu, anda bisa langsung transfer tanpa perlu memasukan kode.

Nah demikianlah informasi seputar kode bank dari seluruh bank di Indonesia. Semoga informasi yang kami sampaikan di atas bermanfaat bagi anda yang kebingungan saat mengirimkan uang ke rekening bank lain. Simak pula artikel sebelumnya mengenai Cara Transfer Mandiri ke BCA dan beragam artikel lainnya seputar dunia perbankan di Indonesia.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *