cara transfer sms banking mandiri
Perbankan

Cara Transfer SMS Banking Mandiri Ke Sesama dan Antar Bank

Cara Transfer SMS Banking Mandiri – Perkembangan zaman semakin modern, maka diikuti pula dengan teknologi yang modern. Salah satunya pada dunia perbankan.

Dunia perbankan sudah tidak seperti dahulu lagi. Segala jenis pelayanan yang diberikan sudah modern. Dahulu nasabah dapat melakukan transfer atau mengirim uang harus mendatangi kantor cabang bank, namun saat ini telah dibantu dengan tekhnologi dan nasabah hanya tinggal duduk manis di rumah untuk melakukannya.

Hanya cukup dengan smartphone atau gadget melalui SMS, nasabah dapat menstransfer uang. Aktivitas ini dikatakan sebagai SMS Banking.

Untuk transfer melalui SMS Banking Mandiri, tidak hanya dapat dilakukan sesama bank Mandiri melainkan dapat digunakan beda bank atau antar bank. Namun, tidak semua pemilik rekening Mandiri dapat menggunakan layanan SMS Banking, calon pengguna haruslah mendaftar terlebih dahulu melalui cs bank Mandiri.

Cara Daftar dan Aktivasi SMS Banking

Cara Daftar SMS Banking Mandiri

Cara mendaftar SMS Banking bank Mandiri dengan mendatangi kantor cabang merupakan cara yang paling mudah. Proses pendaftaran nantinya akan dibantu oleh customer service.

Sebaiknya sebelum mendatangi kantor cabang Mandiri, siapkan beberapa dokumen sebagai persyaratan pendaftaran. Persyaratan yang harus dipenuhi antara lain handphone, pulsa untuk SMS, KTP, serta buku tabungan bank Mandiri.

Untuk cara pendaftarannya sebagai berikut:

  1. Agar bisa daftar SMS Banking Mandiri, nasabah harus terlebih dahulu mendaftar Mobile Banking Mandiri di ATM
  2. Silahkan datangi kantor cabang bank Mandiri terdekat anda.
  3. Setelah sampai di kantor cabang bank Mandiri, silahkan ambil antrian dengan memencet mesin antrian untuk menuju customer service. Jika merasa kesulitan, silahkan meminta bantuan pada satpam bank.
  4. Jika nomer antrian telah terpanggil, silahkan temui petugas CS dan beritahu bahwa anda ingin mendaftar SMS Banking Mandiri.
  5. Silahkan ikuti panduan yang diberikan oleh petugas CS.
  6. Selanjutnya, anda diminta mengisi formulir pendaftaran. Isilah formulir dengan benar sesuai identitas asli.
  7. Nasabah harus memiliki SIM Card dari berbagai operator. Hal tersebut berfungsi sebagai media aktivasi transaksi yang berkaitan dengan SMS Banking.
  8. Jika semua syarat sudah benar dan terpenuhi, maka anda mendapatkan PIN dari mobile banking.
  9. Terakhir, akan diaktifkan oleh CS dan diminta untuk mengunduh atau menginstal Mandiri Mobile Banking di PlayStore maupun AppStore.

Setelah berhasil mendaftar SMS Banking Mandiri, maka kita tinggal menggunakan layanan tersebut untuk transfer uang ke sesama Mandiri ataupun beda Bank. Cara transer sms banking Mandiri cukup mudah, dan bagi yang belum mengetahui caranya silahkan simak informasi yang dirangkum viralorchard.com berikut ini.

Cara Transfer Sesama Bank Mandiri

Cara Transfer SMS Banking Bank Mandiri
Untuk cara transfer sesama bank Mandiri melalui SMS banking, dapat dilakukan melalui SMS manual yang telah ditentukan formatnya oleh bank Mandiri. Selain itu, kita bisa mencoba cara transfer SMS Banking Mandiri melalui layanan mandiri sms *141*6#. Untuk mengetahui secara jelas seperti apa cara sms banking Mandiri silahkan simak dibawah ini.

1. Mandiri SMS *141*6#

Agar bisa menggunakan layanan ini, nasabah Bank Mandiri harus terlebih dahulu melakukan pendaftaran dan mengakitfkan layanan Mandiri SMS *141*6# melalui ATM atau kantor cabang Mandiri terdekat. Selain itu, layanan ini hanya bisa digunakan di jaringan Telkomsel, XL, dan Indosat.

  1. Silahkan pilih menu atau panggilan telepon, dan masukkan *141*6#
  2. Silahkan pilih nomer 3 yaitu “Transfer
  3. Setelah itu, anda dapat memilih nomor 2 yaitu “Antar Rekening
  4. Silahkan masukkan nomer rekening tujuan sesama bank Mandiri
  5. Dilanjutkan dengan memasukkan jumlah nominal uang yang akan ditransfer
  6. Anda akan diminta memasukkan 2 digit PIN dengan urutan sesuai yang diminta lewat SMS yang telah dikirimkan ke nomer handpohone anda.
  7. Jika telah memasukkan PIN, selanjutnya anda akan mendapatkan notifikasi bahwa transfer telah sukses.

2. Format SMS Banking Mandiri Sesama

Selain melalui layanan Mandiri SMS *141*6#, kalian bisa mencoba cara transfer SMS Banking Mandiri secara manual dengan mengirimkan SMS ke 3355. Cara ini memutuhkan kode rekening. Dimana Kode rekening 1 menandakan pilihan nomer rekening anda sendiri.

Namun jika anda memiliki lebih dari satu rekening, maka pilihlah rekening yang akan digunakan, semisal 1 untuk rekening pertama, dan 2 untuk rekening kedua serta selanjutnya. Kemudian untuk format SMS yang dikirim adalah sebagai berikut

  1. Silahkan masuk ke menu SMS pada handphone anda
  2. Silahkan ketik format SMS anda : TRT <kode rek anda> <rekening tujuan> <jumlah nominal akan ditransfer>
  3. Contoh: TRT 1 123456789 90000
  4. Silahkan kirim format SMS tersebut ke nomer 3355

Cara Transfer SMS Banking Mandiri Antar Bank

Mandiri SMS

1. Mandiri SMS *141*6#

Asal kalian ketahui, Mandiri SMS *141*6# tidak hanya bisa digunakan untuk transfer sesama bank saja, namun juga antar bank seperti ke BCA, BNI, BRI, CIMB Niaga, ataupun bank lainnya.  Cara transfer SMS banking Mandiri tersebut juga cukup mudah, dan untuk mengetahui caranya silahkan simak dibawah ini.

  1. Ketikan *141*6# pada menu panggilan telepon (Dial) di handphone kalian
  2. Kemudian pilih 3
  3. Lalu pilih 1. Antar Bank
  4. Setelah itu tinggal memasukan 3 digit kode bank

2. Cara SMS Banking Mandiri Antar Bank

Sama halnya dengan transfer uang di ATM, kita tetap harus memasukan kode bank pada saat transfer antar bank melalui SMS Banking Mandiri. Selain itu, jangan lupa memasukan kode rekening sama seperti pada saat transfer ke sesama Mandiri. Untuk lebih jelasnya bagaimana cara transfer SMS Banking Mandiri antar bank silahkan simak dibawah ini.

  1. Silahkan masuk ke menu SMS pada handphone anda.
  2. Silahkan ketik format SMS Banking Mandiri untuk antar bank : TRB <kode rekening> <kode bank> <nomor rekening tujuan antar bank> <jumlah uang yang akan ditransfer>. Sebagai contoh,  TRB 1 002 082502580 100000
  3. Selanjutnya kirim format SMS tersebut ke nomer 3355.
  4. Silahkan tunggu balasan yang memberikan informasi tentang nama bank penerima, nama pemilik rekening, serta jumlah uang yang akan dikirimkan. Selain itu, format balasan SMS tersebut juga berisi nomor PIN yang akan digunakan untuk proses transaksi selanjutnya.
  5. Jika informasi tersebut telah sesuai dengan keinginan anda, silahkan balas SMS tersebut. Format SMS: Pin anda digit ke 3 atau ke 4 sesuai dengan yang diperintahkan oleh SMS balasan tersebut.
  6. Silahkan tunggu balasan SMS kembali, sebagai notifikasi bahwa proses transfer telah berhasil.

Dengan cara transfer SMS Banking Mandiri di atas, kalian tidak perlu lagi datang ke ATM terdekat untuk mengirimkan uang ke sesama rekening Mandiri ataupun beda bank. Alhasil kita bisa transfer kapan saja dan di mana saja.

Baca Juga Informasi Lainnya

Jenis-Jenis Reksadana

Cara Transfer SMS Banking BNI
Cara Transfer SMS Banking BRI Cara Blokir ATM Mandiri 

Tujuan hadirnya layanan SMS Banking Mandiri adalah untuk memudahkan nasabah bank Mandiri agar bisa bertransaksi kapanpun dan dimanapun. Namun agar bisa menggunakan layanan SMS Banking Mandiri, nasabah harus terlebih dahulu mendaftar dan melakukan aktivitas. Nah cukup sekian informasi viralorchard.com kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *