Cara Transfer Uang Dari BRI Ke Mandiri
Perbankan

30 Cara Transfer BRI ke Mandiri : Biaya dan Kode Transfer

Cara Transfer BRI ke Mandiri  – Hadirnya bank-bank di Indonesia memiliki tujuan mempermudah nasabahnya dalam hal pengeleloaan uang. Bank memiliki beberapa fungsi yang dapat bermanfaat bagi nasabahnya, antara lain yaitu sebagai alat penyimpanan uang/tabungan, alat transaksi pembayaran, transfer/kirim uang.

Selain memiliki beberapa fungsi, bank juga memiliki beberapa fitur pelayanan yang dapat mempermudah para nasabahnya untuk melakukan transaksi. Bagi para pemilik rekening bank, tidak hanya dibekali dengan buku tabungan saja melainkan untuk zaman modern ini para nasabah mendapatkan fitur kartu ATM, SMS Banking, Hingga Mobile Banking.

Dengan adanya berbagai fitur tersebut, para nasabah dapat melakukan transaksinya tanpa harus mendatangi kantor cabang bank untuk mengantri. Bank BRI menjadi salah satu bank konvensional yang memiliki beberapa fitur menarik tersebut.

Fitur menarik yang dibuat oleh bank, dapat digunakan sebagai media transaksi transfer, cek saldo, mutasi rekening, tarik tunai, hingga setor tunai. Hal yang sering digunakan oleh nasabah melalui fitur tersebut adalah transfer.

Melalui fitur tersebut, nasabah dapat melakukan transfer baik ke rekening BRI atau ke rekening bank lain atau rekening Mandiri. Melakukan transaksi transfer ke antar bank sering terjadi bagi para pembeli online, karena tidak semua penjual online menyediakan jenis rekening yang sama.

Kode Transfer BRI Ke Mandiri

Melakukan transaksi transfer dari rekening BRI ke rekening Mandiri, membutuhkan kode bank agar proses transfer dapat di proses. Untuk setiap bank tujuan transfer memiliki kode bank yang berbeda-beda.

Nah agar bisa transfer dari BRI ke Mandiri maka anda membutuhkan kode transfer dari bank tujuan. Dimana kode transfer yang kami maksud adalah kode transfer Bank Mandiri. Adapun kodenya adalah 008.

Kode di atas dibutuhkan saat anda transfer melalui ATM. Namun untuk metode lainnya tidak membutuhkan kode transfer karena secara otomatis akan diinputkan oleh sistem.

Biaya Transfer

Setelah mengetahui kode transfer BRI ke Mandiri maka anda bisa langsung bertransksi melalui berbagai metode transfer yang disediakan Bank BRI seperti ATM, Internet Banking, Mobile Banking, dan SMS Banking. Namun perlu diingat bahwa transfer BRI ke Mandiri tidaklah gratis.

Anda akan dibebankan biaya transfer yang langsung dipotong dari rekening pengirim. Setiap metode transfer yang dipilih juga memiliki biaya administrasi berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya silahkan simak tabel di bawah ini.

JENIS TRANSAKSIBIAYA TRANSFER
Transfer Via ATM LinkRp. 4.000
Transfer Via Internet BankingRp. 6.500
Transfer Via SMS BankingRp. 6.500
Transfer Via Mobile BankingRp. 6.500
Transfer Via KliringRp. 5.000
Transfer Via RTGSRp. 25.000

Seperti yang anda lihat di atas, untuk transfer VIA ATM Link dari BRI ke Mandiri dikenakan biaya sebesar Rp. 4.000. Namun biaya transfer tersebut hanya berlaku untuk transfer di ATM berlogo Link.

Cara Transfer BRI ke Mandiri Lewat ATM

Cara Transfer BRI Ke Mandiri Lewat ATM

Cara termudah untuk transfer ke rekening Mandiri adalah melalui ATM BRI. Terlebih bagi yang belum mendaftar layanan internet banking, mobile banking, maupun SMS Banking BRI maka jalan sat-satunya agar bisa transfer ke rekening Mandiri adalah melalui ATM. Nah untuk mengetahui seperti apa cara transfer BRI ke Mandiri lewat ATM silahkan simak di bawah ini.

  1. Silahkan datangi gerai ATM BRI terdekat
  2. Setelah sampai, silahkan masukkan kartu ATM pada slot kartu dengan posisi yang benar. Nasabah dapat mengikuti cara memasukkan kartu yang ada di bawah slot kartu berupa stikker
  3. Terdapat dua bahasa transaksi yakni bahasa Indonesia dan Inggris. Untuk memudahkan proses transaksi, silahkan pilih bahasa Indonesia
  4. Silahkan mausukkan PIN ATM BRI anda yang terdiri dari enam digit angka. Pastikan tidak salah memasukkan PIN ATM sebanyak tiga kali secara berurutan untuk menghindari keblokiran ATM oleh sistem
  5. Berikutnya, silahkan pilih menu “Transaksi Lainnya” untuk proses transaksi transfer
  6. Kemudian, pilih menu “Transfer” lalu diikuti dengan memilih menu “Bank Lain
  7. Silahkan masukkan kode bank Mandiri (008) dan diikuti dengan nomor rekening tujuan. Anda dapat mengetahui kode bank tujuan melalui menu “Kode Bank” yang ada di bawah layar ATM. Contoh : 0081234567890 dan jika sudah, pilih menu “Benar”
  8. Silahkan masukkan jumlah nominal transfer dan jika sudah pilih menu “Benar”
  9. Anda diminta memasukkan nomor referensi, nasabah dapat mengosongkannya dan langsung pilih menu “Benar”
  10. Layar ATM akan menampilkan data informasi transaksi. Perhatikan data tersebut dan jika sudah benar, silahkan pilih menu “Ya”
  11. Silahkan tunggu proses transaksi transfer. Jika transaksi berhasil maka mesin ATM akan mengeluarkan struk sebagai tanda bukti transfer berhasil dan pastikan anda telah mengambil kembali kartu ATM sebelum meninggalkan gerai ATM.

Cara Transfer SMS Banking BRI Ke Mandiri

Cara Transfer SMS Banking BRI Ke Mandiri

Sebelum melakukan transaksi melalui SMS Banking, pastikan anda telah mengaktifkan fitur SMS Banking terlebih dahulu. Nasabah dapat mengaktifkan SMS Banking melalui kantor cabang bank BRI terdekat dan nantinya proses tersebut akan dibantu oleh petugas customer service.

Jika nasabah telah mengaktifkan SMS Banking, maka sudah dapat melakukan transaksi transfer. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Silahkan buka menu pesan pada handphone anda
  2. Berikutnya, silahkan isi format transfer BRI ke Mandiri “Transfer(spasi)Kode bank Mandiri 008 dan diikuti dengan Rekening Tujuan(spasi)jumlah nominal transfer(spasi)PIN. contoh : Transfer 0081234567890 100000 123456
  3. Silahkan perhatikan format transfer sudah benar, silahkan kirimkan ke nomor 3300
  4. Jika transaksi berhasil, maka anda akan mendapatkan notifikasi atau balasan bahwa transfer telah berhasil.

Apabila masih belum paham dengan cara transfer SMS Banking BRI silahkan simak informasi sebelumnya mengenai “Cara Daftar SMS Banking BRI“. Pada informasi tersebut kami menjelaskan secara rinci, mulai dari pendaftaran sampai format transfer.

Cara Transfer Uang BRI Ke Mandiri Via Internet Banking

Anda tidak bisa langsung menggunakan layanan internet banking BRI untuk transfer ke rekening Mandiri. Agar bisa menggunakan layanan tersebut, anda wajib mendaftar terlebih dahulu. Adapun caranya silahkan simak informasi berikut “Cara Daftar Internet Banking BRI“.

Setelah berhasil mendaftar dan aktivasi di kantor cabang, maka anda bisa langsung menggunakan untuk bertransaksi melalui aplikasi BRI Mobile ataupun melalui situs ib.bri.co.id/ib-bri. Apabila ingin cara yang termudah kami sarankan menggunakan aplikasi BRI Mobile.

Nah untuk mengetahui cara mengirimkan uang dari BRI ke Mandiri menggunakan aplikasi BRI Mobile silahkan simak informasi berikut ini.

  1. Silahkan buka aplikasi BRI Mobile yang telah terpasang di smartphone anda
  2. Kemudian pilih menu Internet Banking. Berikutnya, silahkan lakukan login akun dengan memasukkan user ID dan Password Internet Banking anda
  3. Silahkan dilanjutkan dengan memilih menu “Transfer
    Transfer BRI Ke Mandiri Via BRI Mobile
  4. Kemudian dilanjutkan kembali dengan memilih menu “Transfer Ke Bank Lain
    Transfer Ke Bank Lain
  5. Kemudian klik pada bagian Ke Rekening
  6. Selanjutnya pilih bank tujuan, yakni bank Mandiri
    Cara Mengirimkan Uang Dari BRI Ke Mandiri
  7. Lalu masukan nomor rekening tujuan, dan klik OK
    Nomor Rekening Tujuan
  8. Kemudian klik pada bagian Jumlah, lalu masukan nominal transfer
    Klik Jumlah Transfer
  9. Nomor referensi bisa kalian isikan secara bebas.
  10. Setelah itu klik “KIRIM”
  11. Jika nomor rekening tujuan yang dimasukan benar, maka akan muncul informasi mengenai nama pemilik rekening tujuan.
  12. Kemudian klik pada bagian Password dan masukan password BRI Mobile yang anda miliki.
    Password BRI Mobile
  13. Setelah itu klik KIRIM
    Cara Transfer BRI Ke Mandiri Lewat BRI Mobile
  14. Selanjutnya akan muncul informasi bahwa transaksi anda telah diterima yang menandakan bahwa transfer telah berhasil. Silahkan klik Simpan untuk menyimpan bukti transfer.
  15. Silahkan lakukan logout akun mobile banking anda sebelum meninggalkan aplikasi tersebut.

Kesimpulan

Selain cara di atas, anda juga bisa transfer ke rekening Mandiri melalui kantor cabang BRI terdekat. Tak hanya itu, BRI juga menyediakan layanan Mobile Banking lelalui aplikasi BRImo yang bisa anda dapatkan jika membuka rekening BRI online. Nah apabila masih ada pertanyaan seputar informasi di atas silahkan simak halaman FAQ berikut ini.

Apakah Bisa Mentransfer Uang Dari Bank BRI Ke Mandiri?

Bisa, anda bisa memilih berbagai metode transfer, seperti via ATM, Mobile Banking, Internet Banking, SMS Banking, dan kantor cabang BRI terdekat.

Apakah Transfer BRI Ke Rekening Mandiri Kena Biaya?

Yah, untuk transfer antar bank akan dikenakan biaya adminstrasi

Berapa Biaya Transfer BRI Ke Bank Mandiri?

Untuk transfer via ATM Link dikenakan biaya transfer sebesar Rp. 4.000. Sedangkan untuk via SMS Banking, Internet Banking, dan Mobile Banking dikenakan biaya transfer Rp. 6.500

Berapa Limit Transfer BRI Ke Mandiri?

Untuk limit transfer tergantung dari jenis rekening BRI dan kartu ATM BRI yang anda miliki. Sebagai contoh untuk BRI Britama Gold memiliki limit transfer Rp. 15 Juta untuk transfer lewat ATM dan Internet Banking. Sedangkan via Mobile Banking memiliki limit transfer Rp. 10 Juta.

Berapa Kode Transfer BRI ke Mandiri?

Untuk transfer anda harus menggunakan kode bank Mandiri, yakni 008.

Apakah Bisa Transfer BRI ke Mandiri Lewat ATM Bank Lain?

Bisa, namun anda akan dikenakan biaya adminstrasi

Nah cukup sekian informasi mengenai cara mengirimkan uang dari BRI ke Mandiri. Simak pula informasi sebelumnnya mengenai cara transfer uang Mandiri ke BRI dan cara transfer BRI Ke BNI beserta beragam informasi menarik lainnya seputar dunia perbankan di Indonesia.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *