Cara Transfer BRI ke BNI Lewat ATM
Perbankan

11 Cara Transfer BRI ke BNI Lewat ATM Dengan Kode Bank

Cara Transfer BRI ke BNI – Saat ini semua jenis bank di Indonesia telah mengeluarkan kode bank untuk para nasabahnya. Kode bank sendiri berfungsi untuk memudahkan transaksi transfer antar bank atau beda bank.

Kode bank sangat dibutuhkan saat melakukan transfer antar bank. Tanpa adanya kode bank saat melakukan transfer, maka transaksi tidak dapat dilakukan.

Biasanya penggunaan kode bank digunakan oleh para pembeli-pembeli online dengan tujuan menyelasaikan pembayarannya. Hal tersebut terjadi, karena semua penjual online tidak memiliki nomor rekening yang sesuai dengan rekening pembeli.

Mau tidak mau, para pembeli harus menyelesaikan pembeliannya dengan cara transfer serta menggunakan kode bank. Sebenarnya, tidak hanya dilakukan oleh para pembeli online tetapi kode bank digunakan oleh semua nasabah bank yang akan melakukan transfer ke jenis bank lain.

Nah, hal tersebut dapat terjadi oleh nasabah bank BRI yang akan melakukan transaksi transfer ke bank BNI. Untuk melakukan proses transaksi tersebut, maka nasabah bank BRI harus mengetahui kode bank BNI.

Kode Bank BRI Ke BNI

Kode Transfer BRI Ke BNI
Untuk bentuk kode bank yakni terdiri dari 3 digit angka dan setiap bank memiliki kode bank yang berbeda. Kemudian, untuk fungsi kode bank sendiri yaitu sebagai identitas bank yang bersangkutan dengan tujuan untuk mempermudah transaksi serta komunikasi antar sesama bank.

Saat akan melakukan transaksi transfer dengan antar bank, maka harus melibatkan kode bank agar proses transaksi berhasil dilakukan. Hal tersebut juga terjadi oleh nasabah bank BRI yang akan transfer ke rekening bank BNI.

Nah, untuk melakukan transfer ke bank BNI, silahkan gunakan kode bank BNI 009. Lalu bagaimana cara menggunakan kode tersebut?

Cara Transfer BRI ke BNI Lewat ATM

Cara Transfer Uang Dari Bank BRI ke BNI
Ada beberapa cara transfer BRI ke BNI, sepertil lewat internet banking, sms banking BRI, dan lewat ATM.  Sayangnya tidak semua pemilik rekening BRI telah mengaktifkan internet banking maupun sms banking, sehingga untuk transfer ke BNI harus melalui ATM.

Untungnya kita bisa dengan mudah mencari ATM BRI. Sebab ATM BRI telah tersedia di setiap desa atau kecamatan untuk memudahkan transaksi para nasabah bank BRI.

Setiap nasabah bank BRI bisa melakukan transaksi penarikan uang atau transfer ke semua rekening bank melalui ATM. Cara transfer BRI ke BNI lewat ATM juga sangat mudah.

Namun perlu kalian ketahui bahwa cara transfer BRI ke BNI lewat ATM wajib memasukan kode bank BNI sebagai kode bank tujuan. Untuk lebih jelasnya bagaimana cara transfer uang lewat atm BRI ke BNI silahkan simak di bawah ini.

  1. Silahkan datangi gerai ATM BRI terdekat dengan membawa kartu ATM dan nomor rekening tujuan.
  2. Setelah sampai di gerai ATM BRI, silahkan masukkan kartu ATM ke slot kartu dengan posisi yang benar. Jika anda ragu, maka dapat mengikuti tutorial memasukkan kartu yang ada di atas slot kartu berupa stikker.
  3. Anda diminta memilih bahasa yang akan digunakan saat proses transaksi transfer dilakukan, terdapat dua bahasa yakni bahasa Indonesia dan Inggris. Untuk memudahkan proses transaksi, silahkan pilih bahasa Indonesia agar lebih mudah dipahami.
  4. Berikutnya, silahkan masukkan PIN ATM anda yang terdiri dari 6 digit angka dan pastikan tidak salah memasukkan PIN sebanyak 3 kali secara berturut-turut. Jika nasabah salah memasukkan PIN ATM sebanyak 3 kali, maka secara otomatis sistem akan memblokir kartu ATM anda.
  5. Layar monitor menampilkan beberapa pilihan menu transaksi. untuk melakukan transaksi transfer, silahkan pilih menu “Transaksi lainnya”, kemudian menu “Transfer” selanjutnya menu “Transfer Antar Bank Online”.
  6. Anda diminta memasukkan nomor rekening. Namun sebelum memasukkan nomor rekening, silahkan masukkan kode transfer BRI ke BNI (009) terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan nomor rekening tujuan. Contoh: 0091234567890 dan dilanjut dengan memilih menu “Benar”.
  7. Selanjutnya, silahkan masukkan nominal dana yang akan ditransfer. Pastikan saldo anda cukup untuk transfer ke rekening BNI dan pembayaran biaya administrasi sebesar Rp 6.500. Silahkan pilih menu “Benar”, jika nominal dana transfer sudah dimasukkan.
  8. Layar monitor akan menampilkan beberapa informasi mengenai transaksi anda, yang meliputi nomor rekening tujuan, jenis bank tujuan, nama pemilik rekening, hingga nominal dana yang akan ditransfer. Silahkan perhatikan informasi tersebut, jika telaah sesuai dengan tujuan transaksi anda maka silahkan pilih menu “Ya”.
  9. Silahkan tunggu mesin ATM memproses transaksi anda.
  10. Jika proses transaksi telah berhasil, maka mesin ATM akan mengeluarkan struk melalui slot print yang berfungsi sebagai tanda bukti bahwa transaksi transfer berhasil dilakukan. Silahkan ambil kertas struk tersebut.
  11. Sebelum meninggalkan gerai ATM, sebaiknya ambil kembali kartu ATM anda. Jangan sampai kartu ATM anda tertinggal, hal tersebut bertujuan untuk menghindari segala bentuk yang tidak diinginkan.

Sebenarnya untuk mengetahui kode bank tujuan, dapat dilihat pada menu “Daftar Kode Bank” saat anda melakukan transaksi. Namun cara tersebut memaka waktu cukup lama karena harus mencari kode bank tujuan dari banyaknya daftar kode yang tertera. 

Kesimpulan

Kalian semua pasti setuju bahwa cara transfer BRI ke BNI lewat ATM sangatlah mudah. Namun akan lebih mudah jika kalian memiliki akun internet banking agar bisa transfer tanpa perlu pergi ke ATM.

Bagi yang belum memilikinya silahkan simak informasi berikut “Cara Daftar Internet Banking BRI“. Nah apabila masih ada pertanyaan seputar cara transfer BRI ke BNI lewat ATM silakan cari jawabannya di bawah ini. 

Apakah Bisa Transfer Dari Bank BRI ke BNI?

Sangat bisa. Caranya adalah melalui ATM atau menggunakan internet banking, sms banking, dan mobile banking

Berapa Biaya Transfer BRI ke BNI

Biayanya adalah sebesar Rp. 6.500 per transaksi

Mengapa Transfer Gagal?

Mungkin disebabkan oleh kesalahan memasukan kode bank atau nomor rekening tujuan

Berapa Kode Transfer BRI ke BNI?

Kodenya adalah 009

Bagaimana Jika Transfer Ke BNI Tanpa Kode Bank?

Transfer akan mengalami kegagalan karena wajib memasukan kode bank untuk mengidentifikasi nomor rekening tujuan

Mengapa Bukti Transfer Tidak Keluar?

Kemungkinan besar karena kertas struk ATM telah habis. Ada baiknya langsung mengecek sisa saldo untuk memastikan transfer telah berhasil atau gagal

Bagaimana Jika Kartu ATM Tidak Bisa Keluar?

Jangan panik, silahkan menghubungi Call BRI di Nomor 14017 / 1500017

Nah demikianlah informasi mengenai cara transfer BRI ke BNI lewat ATM. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi pemilik rekening BRI yang belum mengetahui cara mengirimkan uang ke rekening BNI. Simak pula informasi kami sebelumnya mengenai kode bank Sinarmas dan kode bank Mega.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *