Cara Top Up E-Money Mandiri
Digital Payment

10 Cara Top Up E-Money Mandiri di ATM, Online & Indomaret

Viralorchard.com – Apabila pada informasi sebelumnya kami sudah membahas mengenai cara membuat e-money Mandiri dan cara cek saldo e-money Mandiri, maka selanjutnya mari kita membahas mengenai cara top up e-money.

Ketertarikan masyarakat Indonesia terhadap uang elektronik saat ini cukup tinggi. Hingga saat ini tidak hanya operator telekomunikasi saja, tetapi pihak bank di Indonesia juga meramaikan pasar uang elektronik tersebut.

Bank Mandiri menjadi salah penyedia uang eletronik berupa e-Money. Untuk bentuk e-Money Mandiri yakni sebuah kartu yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran hingga bertransaksi.

Pengguna dapat menggunakan e-Money sebagai alat pembayaran seperti tol, kereta, transjakarta, hingga transaksi di toko retail. Untuk melakukan transaksi tersebut, maka pengguna tidak perlu membawa uang tunai cukup dengan kartu e-Money dengan saldo yang mencukupi.

Hebatnya lagi dari e-Money yakni telah didukung dengan teknologi (Radio Frequency Indentification), sehingga pengguna atau pemilik kartu dapat melakukan transaksi melalui sentuhan dalam hitungan detik. Selain itu, kartu e-Money tidak hanya bisa didapatkan bagi para pemilik rekening Mandiri, tetapi semua masyarakat Indonesia bisa memiliki serta menikmati uang elektronik tersebut.

Cara Top Up e-Money Mandiri

Cara Top Up Saldo E-Money Mandiri

Untuk melakukan transaksi dengan e-Money, maka anda harus terlebih dahulu melakukan top up untuk mengisi saldo e-money. Ada beberapa cara yang bisa dipilih dan untuk mengetahui seperti apa caranya silahkan simak informasi cara top up saldo e-money Mandiri pada artikel viralorchard.com berikut ini.

1. Kantor Cabang Mandiri

Cara top up e-money Mandiri yang pertama adalah melalui kantor cabang Mandiri terdekat. Di kantor cabang anda bisa sekaligus membuat kartu e-money apabila belum memilikinya.

Proses pengisian saldo e-money akan dibantu oleh petugas Bank Mandiri sampai saldo benar-benar terisi. Namun apabila tidak memiliki waktu untuk datang ke kantor cabang maka bisa memilih cara top up saldo e-money di bawah ini.

2. ATM Mandiri

Untuk para pengguna rekening Mandiri yang ingin melakukan pegisian saldo e-Money, maka dapat dilakukan melalui gerai ATM Mandiri terdekat. Adapun langkahnya, sebagai berikut:

  1. Silahkan datangi gerai ATM Mandiri terdekat
  2. Masukkan kartu ATM pada slot kartu yang tersedia dan pastikan kartu dalam posisi benar
  3. Pilih bahasa transaksi. Pilihlah bahasa Indonesia untuk memudahkan transaksi
  4. Masukkan PIN ATM yang terdiri dari enam digit angka. Pastikan anda tidak salah memasukkan PIN ATM hingga tiga kali agar kartu ATM tidak terblokir oleh sistem
  5. Pilihlah menu “Uang Elektronik” dan dilanjutkan dengan memilih menu “Mandiri e-Money”
  6. Silahkan tempelkan kartu e-Money anda pada tulisan “e-Money” yang ada di bawah layar ATM
  7. Selanjutnya, pilihlah menu “Top Up”
  8. Silahkan pilih nominal Top Up. Jika jumlah Top yang anda inginkan tidak ada di layar maka dapat memilih menu “Jumlah Lainnya”
  9. Silahkan masukkan jumlah pembelian saldo e-Money. Jika sudah maka pilih menu “Benar”
  10. Layar ATM akan memberikan data konfrimasi pembelian yang meliputi pembelian, nomor kartu e-Money, jumlah pembelian, biaya hingga total pembelian. Jika semua data sudah benar, maka pilih menu “Ya”
  11. Slot Print akan mengeluarkan struk sebagai bukti transaksi anda mengenai pembelian saldo e-Money
  12. Jika transaksi telah selesai, silahkan ambil kartu e-Money dan kartu ATM anda.

3. ATM Berlogo Bersama

Bagi anda sebagai pengguna e-Money yang tidak memiliki kartu debit, maka dapat melakukan pengisian saldo di ATM Berlogo bersama. Untuk langkahnya sebagai berikut:

  1. Silahkan datangi gerai ATM berlogo bersama di ATM Mandiri
  2. Masukkan kartu ATM pada slot kartu yang tersedia dan pastikan kartu dalam posisi benar
  3. Pilih bahasa transaksi. Pilihlah bahasa Indonesia untuk memudahkan transaksi
  4. Masukkan PIN ATM yang terdiri dari enam digit angka. Pastikan anda tidak salah memasukkan PIN ATM hingga tiga kali agar kartu ATM tidak terblokir oleh sistem
  5. Pilihlah menu “Transaksi Lainnya” dan dilanjutkan dengan menu “Mandiri Prabayar”
  6. Silahkan pilih nominal isi ulang saldo e-Money atau dapat memilih menu “Jumlah lainnya” jika nominal yang ada inginkan tidak tertera di layar ATM. Jika nominal saldo isi ulang e-Money sudah dimasukkan,  maka pilih menu “Benar”
  7. Layar ATM akan memberikan data konfrimasi pembelian yang meliputi pembelian, nomor kartu e-Money, jumlah pembelian, biaya hingga total pembelian. Jika semua data sudah benar, maka pilih menu “Ya”
  8. Slot Print akan mengeluarkan struk sebagai bukti transaksi anda mengenai pembelian saldo e-Money
  9. Jika transaksi telah selesai, silahkan ambil kartu e-Money dan kartu ATM anda.

4. Mandiri Online

Bagi nasabah bank Mandiri yang telah mengaktifkan Mandiri Online, maka pelayanan tersebut dapat digunakan untuk Top Up e-Money. Pengguna akan lebih mudah, karena tidak perlu mendatangi gerai ATM.

Untuk langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Silahkan buka aplikasi Mandiri Online dan lakukan login akun anda
  2. Silahkan pilih menu e-Money, kemudian dilanjutkan dengan menu “Isi Ulang e-Money”
  3. Silahkan masukkan data-data isi ulang yang meliputi kartu tujuan isi ulang, jumlah isi ulang, deskripsi (bisa dikosongkan). Jika semua data telah diisi, maka pilih menu “Lanjut”
  4. Munculah halaman konfrimasi. Jika konfrimasi transaksi sudah benar, maka pilih menu “Konfrimasi”
  5. Silahkan masukkan PIN Mandiri Online
  6. Jika transaksi pengisian ulang berhasil, maka aplikasi Mandiri Online akan mengeluarkan resi bukti transaksi
  7. Selanjutnya yakni perbarui saldo yang terdapat di menu “e-Money” dan pilihlah menu “Perbarui Saldo”
  8. Silahkan letakkan kartu e-Money anda dibekalang smartphone dan secara otomatis saldo yang telah anda beli sudah masuk pada kartu e-Money.

5. Merchant e-Money

Bagi pengguna e-Money yang tidak memiliki kartu debit untuk Top Up saldo e-Money maka dapat melakukanya di merchant e-Money seperti Alfamart, Indomaret, Alfamidi, Lawson, Dandan dan Family Mart, Gramedia dan Toko Buku Gunung Agung. Untuk langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Silahkan datangi merchant Indomart atau Alfamart dengan membawa kartu e-Money
  2. Setelah sampai di salah satu merchant tersebut, beritahu kepada petugas kasir bahwa anda akan melakukan pengisian ulang saldo e-Money atau Top Up e-Money
  3. Petugas kasir akan memprosesnya dengan menanyakan nomor kartu e-Money anda atau berikan kartu tersebut kepada petugas
  4. Selanjutnya petugas kasir akan menanyakan jumlah nominal pengisian saldo e-Money
  5. Pengisian saldo e-Money berhasil terisi dan berikan jumlah uang tunai sebagai pembayaran Top Up
  6. Petugas kasir akan memberikan kartu e-Money kembali dan struk sebagai tanda bukti Top Up saldo e-Money berhasil dilakukan.

6. Kantor Pos

Cara top up e-money Mandiri juga bisa dilakukan di kantor pos. Namun tidak semua kantor pos menerima top up saldo e-money. Untuk mengetahui lokasi kantor pos yang menerika top up e-money silahkan”Klik Di Sini“.

Proses top up di Kantor Pos sangat mudah. Anda hanya perlu menyerahkan uang tunai beserta kartu e-money kepada petugas Pos. Setelah itu petugas Pos akan memproses pengisian saldo e-money sesuai dengan jumlah top up.

Setiap transaksi top up e-money di Kantor Pos akan dibebankan biaya sebesar Rp. 1.500. Anda bisa melakukan top up minimal Rp. 20.000 dan maksimal Rp. 2.000.000.

7. E-Commerce

Top up E-money Mandiri juga bisa dilakukan secara online melalui beberapa e-commerce yang telah bekerjasama dengan Bank Mandiri seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan Blibli.com.

Cara top up e-money Mandiri di setiap e-commerce berbeda-beda. Selain itu, top up di e-commerce akan dikenakan biaya adminstrasi sebesar Rp. 1.500 per transaksi.

Setelah melakukan pembayaran top up saldo e-money dan transaksi berhasil, maka langkah selanjutnya harus melakukan update saldo e-money Mandiri.

Anda bisa update saldo e-money melalui smartphone yang memiliki fitur NFC, ATM Mandiri, atau mesin EDC yang terdapat di gerai retail terdekat.

Yah, cara top up e-money Mandiri di e-commerce memang lebih ribet karena perlu melakukan update saldo. Namun apabila memiliki smartphone dengan fitur NFC maka caranya ini bisa menjadi pilihan utama.

Untuk mengetahui secara detail cara top up saldo e-money Mandiri di e-commerce silahkan mengikuti petunjuk pada link di bawah ini.

  1. Tokopedia 
  2. Shopee 
  3. Bukalapak 
  4. Blibli.com  

8. LinkAja

Salah satu keuntungan top up saldo e-money melalui LinkAja adalah biaya admin yang lebih murah. Setiap transaksi akan dikenakan biaya admin sebesar Rp. 1.000. Caranya juga mudah, yakni dengan mengakses fitur Kartu Uang Elektronik yang tersedia di aplikasi LinkAja.

Setelah transaksi berhasil anda harus update saldo di ATM Himbara (BNI, Mandiri, BRI, BTN). Selain itu, update saldo juga bisa dilakukan di minimarket yang menerima update saldo seperti Alfamart dan Indomaret. Untuk lebih jelasnya silahkan simak petujuk pengisian saldo e-money pada situs resmi LinkAja

9. Public Area

Selain cara top up e-money Mandiri di atas, nasabah Bank Mandiri juga bisa melakukan top up dibeberapa publik area seperti stasiun commuterline, Halte Transjakarta dan beberapa gerbang tol tertentu. Lalu bagaimana dengan non-nasabah bank Mandiri?

10. Transfer (Non-Nasabah Bank Mandiri)

Sebenarnya cara top up e-money Mandiri untuk non-nasabah Bank Mandiri caranya hampir sama. Top up saldo bisa dilakukan di e-commerce, vending machine kartu e-money, kantor pos, publik area, dan kantor cabang Bank mandiri terdekat.

Non-nasabah Bank Mandiri juga bisa melakukan top up saldo melalui ATM Link dan ATM Bersama. Namun caranya berbeda. Sebab untuk top up melalui ATM harus menggunakan menu transfer antar bank. Kemudian masukan nomor tujuan transfer 008 diikuti dengan nomor kartu. Setelah itu tinggal melakukan update saldo di ATM.

Kesimpulan

Silahkan memilih salah satu cara top up saldo e-money Mandiri yang kami sampaikan di atas. Nah apabila masih ada pertanyaan, silahkan simak halaman FAQ berikut ini. 

Apa Itu Top Up Mandiri E-Money?

Top up merupakan proses pengisian saldo e-money agar bisa digunakan untuk bertransaksi.

Apakah Bisa Top Up E-Money Mandiri di Indomaret?

Bisa, anda bisa melakukan top up diberbagai merchant retail yang menerima pengisian saldo e-money seperti Alfamart, Indomaret, Alfamidi, Lawson, Dandan dan Family Mart, Gramedia dan Toko Buku Gunung Agung. Selain itu, top up saldo juga bisa dilakukan di Kantor Pos.

Berapa Biaya Admin Top Up E-Money Mandiri?

Biaya admin tergantung dari metode top-up yang dipilih. Apabila top up melalui ATM Mandiri atau kantor cabang tidak dikenakan biaya admin. Sedangkan untuk top-up via e-commerce, Indomaret, Alfamart, dan beragam retail lainnya akan dikenakan biaya admin sekitar Rp. 1.500. Lalu untuk via Link aja biaya adminnya sebesar Rp. 1.000.

Berapa Minimal Top Up Mandiri E-Money

Minimal top up sebesar Rp. 20.000

Berapa Maksimal Top Up Mandiri E-Money

Maksimal pengisian saldo e-money adalah Rp. 2.000.000 dengan maksimal pengisian selama satu bulan sebesar Rp. 20.000.000.

Apakah Nasabah Bank Lain Bisa Menggunakan E-Money Mandiri?

Bisa, semua orang bisa membuat dan menggunakan e-money Mandiri meski bukan merupakan nasabah Bank Mandiri.

Nah demikianlah informasi mengenai cara mengisi e-money Mandiri di ATM, Indomaret, Online, dan berbagai metode pengisian saldo e-money lainnya. Semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat dan simak pula informasi sebelumnya mengenai “Cara Cek Mutasi Rekening BNI“.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *