Cara Tarik Tunai BCA Tanpa Kartu ATM
Perbankan

13 Cara Tarik Tunai BCA Tanpa Kartu ATM

Cara Tarik Tunai BCA Tanpa Kartu – Melakukan tarik tunai atau pengambilan uang di rekening bank, biasanya dilakuan melalui kartu ATM atau mendatangi kantor cabang bank. Namun seiring berkembangnya tekhnologi yang semakin modern, pengambilan uang atau tarik tunai bisa dilakukan tanpa adanya kartu ATM.

Tentu saja hal ini sangat menguntungkan bagi para nasabahnya, terutama bagi nasabah yang suka lupa membawa kartu ATM saat akan melakukan transaksi tarik tunai.  Selain itu, transaksi ini sangat aman bagi nasabah yang suka lupa mengambil kartu ATM sebelum meninggalkan gerai ATM.

Mungkin masih terdengar asing dengan pelayanan pengambilan uang tanpa kartu ATM. Namun hal ini terjadi di salah satu bank swasta di Indonesia yakni bank BCA yang telah menciptakan tekhnologi modern dan melibatkan aplikasi BCA Mobile pada smartphone nasabah.

Untuk pengambilan uang tanpa penggunaan kartu ATM, tidak dapat digunakan secara begitu saja karena nasabah harus mendapatkan kode transaksi terlebih dahulu. Kode transaksi yang didapatkan tersebut harus digunakan sebelum 1 jam nasabah mendapatkan kode.

Selain itu, tidak semua mesin ATM memiliki fitur pelayanan pengambilan uang tanpa kartu ATM. Tetapi pihak bank BCA telah memberikan pelayanan tersebut ke berbagai daerah di Indonesia.

Jika ingin mengetahui lebih lanjut mengenai cara mengambil uang di ATM BCA tanpa kartu silahkan simak informasi berikut ini. 

Cara Tarik Tunai Tanpa Kartu ATM BCA

Cara Transaksi Tarik Tunai Tanpa Kartu BCA

Cara transaksi tarik tunai tanpa kartu ATM dilakukan dengan bantuan pelayanan BCA Mobile atau M-Banking. Jadi para nasabah yang akan melakukan transaksi tersebut harus terdaftar dengan M-Banking BCA terlebih dahulu.

Syarat Tarik Tunai ATM BCA Tanpa Kartu

Terdapat beberapa syarat yang harus dilakukan nasabah dalam penarikan tunai tanpa ATM. Adapun syarat-syarat yang harus dipenuhi sebagai berikut:

1. Terdaftar M-Banking BCA

Untuk melakukan transaksi penarikan tunai tanpa kartu ATM, maka pastikan nomor rekening nasabah telah terdaftar dengan pelayanan  M-banking BCA. Jika belum, maka daftarkan rekening anda melalui customer service di kantor cabang bank BCA terdekat.

Hanya dengan mendatangi kantor cabang BCA dan membawa persyaratan berupa buku rekening, kartu identitas diri berupa KTP dan kartu debit / ATM, maka petugas customer service akan membantu anda dalam pendafatran M-Banking BCA hingga berhasil.

2. Menginstal Aplikasi BCA Mobile

Setelah melakukan pendaftaran M-Banking BCA, maka nasabah harus menginstal apikasi BCA Mobile agar bisa digunakan bbertransaksi. Nasabah dapat menginstal aplikasi BCA Mobile melaui PlayStore atau AppStore.

Nasabah membutuhkan koneksi internet yang stabil untuk melakukan pemasangan aplikasi BCA Mobile serta melakukan sebuah transaksi. Untuk mengakses aplikasi tersebut, maka nasabah harus melakukan login dengan akun BCA Mobile yang telah dibuat saat pendaftaran M-Banking.

3. Cara Memunculkan Pelayanan Tarik Tunai Tanpa ATM

Bagi nasabah yang telah bergabung dengan M-Banking BCA, tetapi aplikasinya belum muncul maka harus update aplikasi melalui alamat “banksetral.com”.

Cara Mendapatkan Kode Transaksi Tarik Tunai

Untuk melakukan sebuah transaksi tarik tunai tanpa ATM, nasabah harus memiliki kode transaksi terlebih dahulu. Kode transaksi tersebut didapatkan dengan anda mengakses mobile banking BCA.

  1. Silahkan buka aplikasi BCA Mobile, kemudian pilih m-BCA lalu login menggunakan akun M-Banking anda
    Cara Tarik Tunai Tanpa Kartu Lewat BCA Mobile
  2. Silhakan pilih menu “Cardless” yang berada di bagian bawah aplikasi BCA Mobile
    Tarik Tunai Tanpa Kartu BCA
  3. Nasabah akan disuguhkan tiga menu pilihan transaksi yaitu tarik tunai, setor tunai dan cabang. Untuk transaksi tarik tunai, maka pilih menu “Tarik Tunai
    TarikTunai Tanpa Kartu ATM BCA
  4. Terdapat beberapa pilihan nominal tarik tunai yang bisa anda pilih. Silahkan pilih nominal tarik tunai sesuai dengan kebutuhan nasabah.
    Nominal Tarik Tunai BCA Tanpa Kartu ATM
  5. Jika jumlah nominal tarik tunai tidak tersedia, anda bisa memilih menu Nominal Lain, lalu masukan jumlah nominal tarik tunai di ATM denga kelipatan Rp. 50.000 hingga maksimal Rp. 1.250.000. Setelah itu klik OK.
  6. Nasabah akan ditampilkan pemberitahuan konfrimasi yang memastikan saldo rekening dan penarikan tunai di ATM menyediakan pecahan uang yang anda pilih, contoh Rp 50.000 atau Rp 100.000. Jika sudah, maka pilih menu “OK” untuk melanjutkan transaksi
    Konfirmasi Tarik Tunai Tanpa Kartu BCA
  7. Berikutnya, silahkan masukkan PIN M-BCA anda dengan benar dan dilanjutkan dengan memilih menu “OK”. Terakhir, anda akan mendapatkan pesan berupa isi kode transaksi tarik tunai, beserta tanggal dan jam jatuh tempo penarikan tunai.
    Cara Mengambil Uang di ATM BCA Tanpa Kartu

Kode transaksi tarik tunai yang anda dapatkan yakni berfungsi untuk pengambilan uang di ATM tanpa adanya kartu ATM. Nasabah harus mengingat-ingat kode tersebut, namun jika lupa anda dapat membuka kembali pesan pada aplikasi M-Banking BCA.

Setelah anda mendapatkan kode transaksi tarik tunai, sebaiknya dilakukan sebelum jatuh tempo. Anda diberikan waktu untuk melakukan transaksi 1 jam sebelum masa jatuh tempo berakhir.

Cara Tarik Tunai BCA Tanpa Kartu di ATM

cara tarik tunai tanpa kartu bca
Jika nasabah telah mendapatkan kode transaksi tarik tunai, maka bisa langsung tarik tunai tanpa kartu di ATM BCA yang mendukung transaksi tanpa kartu. Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan nasabah adalah sebagai berikut:

  1. Silahkan datangi gerai ATM BCA terdekat dengan membawa kode transaksi tarik tunai yang didapatkan melalui aplikasi BCA Mobile. Namun perlu diingat bahwa tidak semua ATM BCA mendukung transaksi tanpa kartu. Untuk mengetahui lokasi ATM BCA terdekat yang bisa tarik tunai tanpa kartu silahkan KLIK DI SINI
  2. Secara langsung mesin ATM menampilkan menu “Transaksi Tanpa Kartu” dan disilahkan pilih menu tersebut
    Cara Ambil Uang di ATM BCA Tanpa Kartu ATM
  3. Berikutnya, silahkan pilih menu BCA Mobile
  4. Silahkan masukkan nomor handphone anda yang telah terdaftar atau teregistrasi BCA Mobile. Jika sudah memasukkan nomor handphone tersebut, silahkan pilih menu “Benar
  5. Selanjutnya, silahkan masukkan kode transaksi yang anda dapatkan melalui aplikasi BCA Mobile
  6. Terakhir, silahkan tunggu beberapa saat hingga mesin ATM mengeluarkan uang dengan jumlah yang sesuai dengan yang anda pilih pada aplikasi BCA Mobile.

Kesimpulan

Bagaimana ternyata cukup mudah yaa, untuk melakukan transaksi tarik tunai tanpa kartu ATM. Hal yang terpenting dari transaksi ini adalah nasabah jangan sampai memberikan kode transaksi dan nomor handphone anda kepada siapapun. Meskipun transaksi ini terlihat mudah dan cepat, tetapi anda harus menjaga keamanan transaksi kepada siapapun.

Untuk itu bank BCA hanya memberikan waktu transaksi 1 jam setelah mendapatkan kode transaksi karena untuk menjaga keamanan para nasabahnya dalam bertransaksi tarik tunai tanpa ATM. Nah apabila masih ada pertanyaan seputar cara tarik tunai BCA tanpa kartu silahkan simak halaman FAQ berikut ini.

Apakah BCA Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu?

Bisa, namun nasabah harus terlebih dahulu mendaftar M-Baking BCA agar bisa mengakses aplikasi BCA Mobile untuk mendapatkan kode transaksi tarik tunai.

Apakah Tarik Tunai ATM BCA Tanpa Kartu Dikenakan Biaya?

Tidak, penarikan tanpa kartu tidak dipungut biaya adminstrasi atau dengan kata lain gratis.

Berapa Maksimal Tarik Tunai BCA Tanpa Kartu?

Maksimal tarik tunai tergantung dari jenis rekening BCA yang anda miliki. Namun rata-rata sebesar Rp. 10 Juta per hari.

Apakah Tarik Tunai Tanpa Kartu Aman?

Sangat aman. Namun pastikan anda menjaga kerahasiaan kode transaksi tarik tunai

Apakah Semua ATM BCA Mendukung Transaksi Tarik Tunai?

Tidak, masih ada beberapa ATM BCA yang belum mendukung layanan tersebut.

Mengapa Tarik Tunai BCA Tanpa Kartu Gagal?

Mungkin kode transaksi sudah kadaluarsa. Sebab kode tersebut hanya berlaku selama 1 jam. Selain itu, mungkin anda salah memasukan kode transaksi.

Bagaimana Jika Lupa Kode Transaksi?

Jika lupa karena tidak mencatat kode transaksi tarik tunai tanpa kartu, maka anda bisa melihatnya di aplikasi BCA Mobile. Silahkan buka aplikasi tersebut, kemudian pilih M-BCA , lalu pilih Tarik Tunai, kemudian pilih tab INBOX.

Nah demikianlah informasi seputar cara tarik tunai BCA tanpa kartu ATM. Silahkan anda mencoba cara di atas dan rasakan kemudahkan tarik tunai tanpa perlu kartu ATM di semua gerai ATM BCA yang mendukung transaksi tanpa kartu. Sekian informasi kali ini, simak pula artikel sebelumnya mengenai cara bayar cicilan Kredivo di Indomaret dan beragam informasi menarik lainnya.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *