Syarat dan Cara Menjadi Agen Wahana
Peluang Bisnis

12 Syarat dan Cara Menjadi Agen Wahana : Keuntungan & Biaya Admin

Cara Menjadi Agen Wahana – Pada zaman yang modern saat ini, telah muncul banyaknya perusahaan yang bergerak di bidang pengiriman dan logistik. Hampir semua perusahaan pengiriman atau ekspedisi, berusaha keras memberikan pelayanan yang maksimal kepada konsumennya.

Wahana menjadi salah satu perusahaan ekspedisi yang sedang hangat-hangatnya diperbincangkan. Ekspedisi Wahana sangat terkenal dengan kecepatan proses pengiriman barang hingga sampai ke alamat tujuan.

Dengan proses pengiriman barang yang cukup cepat, sehingga banyak orang yang lebih memilih ekspedisi Wahana dalam proses pengiriman. Sehingga Wahana selalu berusaha menjadi ekspedisi yang paling aman serta terpercaya.

Majunya perusahaan Wahana, maka semakin berkembangnya pula agen-agen Wahana yang telah hadir diberbagai penjuru Indonesia. Untuk mendirikan sebuah agen Wahana dapat dilakukan oleh perorangan, sehingga dapat menjadi peluang usaha masyarakat Indonesia.

Tentu saja mendirikan agen Wahana sebagai salah satu usaha anda, akan membuakan keuntungan yang cukup besar. Nah bagi yang penasaran ingin mengetahui cara menjadi agen Wahana silahkan simak informasi berikut.

Syara dan Cara Menjadi Agen Wahana

Syarat Jadi Agen Wahana

1. Keuntungan Menjadi Agen Wahana

Komisi

Selain penghasilan yang cukup besar, menjadi sebuah agen Wahana juga akan mendapatkan bonus komisi. Bonus komisi yang didapatkan, diterima jika agen mampu melebihi target penghasilan setiap bulannya yang ditetapkan pihak Wahana.

Menurut informasi yang kami dapatkan dari situs resmi www.wahana.com/agen-wahana, komisi yang didapatkan agen untuk area Jawa Tengah dan Jawa Timur adalah 15% dari setiap kiriman. Sedangkan untuk arena Jabodetabek & Bandung sebesar 25% dari setiap kiriman.

Komosi yang didapatkan di setiap area berbeda-beda. Bisa saja untuk luar Jawa komisinya lebih besar atau bahkan lebih kecil. Namun yang pasti komisis yang didapatkan cukup besar sehingga bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan.

Sistem Kerja Jelas

Menjadi agen Wahana tidak akan terjadi sebuah koordinasi yang bersifat tertutup, karena segala sesuatu yang dilakukan oleh agen akan dijelaskan secara detail baik dari kontinu ataupun kantor Wahana pusat.

Mendapatkan Banyak Pelanggan

Saat ini wahana telah bekerjasama dengan berbagai marketplace, e-commerce hingga penjual-penjual online di Indonesia. Hal tersebut menjadikan sebuah agen Wahana tidak perlu khawatir mengenai pelanggan atau partner, karena para pembeli di marketplace, e-commerce dan lainnya lah yang menjadi sebuah partner kita.

Mendapatkan Tim Profesional

Untuk mewujudkan usaha yang maju, maka tidak akan lepas dengan sebuah tim yang profesional. Wahana tidak hanya memiliki komitmen menjadi salah satu perusahaan ekspedisi yang maju karena proses pengiriman yang cepat dan aman, tetapi dapat melayani para agen agar bisa memuaskan para konsumennya.

Salah satu contohnya mendirikan platform online yang berfungsi untuk mengecek status serta posisi barang yang sedang dikirimkan.

Jaringan Luas

Saat ini Wahana telah mendirikan sebuah distibutor ke berabagai daerah Indonesia hingga luar negeri yang mampu membantu para agen menyelesaikan barang pelanggannya hingga sampai kepada alamat tujuan.

2. Syarat-Syarat Menjadi Agen Wahana

Setelah mengetahui semua keuntungan di atas pasti banyak yang tergiur menjadi agen Wahana. Nah bagi yang tertarik, silahkan simak terlebih dahulu persyaratan menjadi agen Wahana berikut ini.

Syarat Administrasi

  1. Mengisi surat permohanan pembukaan agen Wahana yang akan ditunjukkan kepada PT Wahana Prestasi Logistik
  2. Fotocopy kartu identitas diri KTP serta NPWP yang masih berlaku
  3. Membayar biaya administrasi megenai pembukaan agen melalui rekening PT Wahana Prestasi Logistik
  4. Mendatangani MOU yang menjadikan kerjasama peragenan Wahana.

Syarat Lokasi

  1. Mampu menyiapkan area lokasi yang dapat menampung kendaraan roda empat dengan lebar jalan minimal 4 meter
  2. Denah lokasi atau kios strategis, dalam artian agar mudah dicari oleh pada konsumen.
  3. Luas bangunan minimal 2×2 meter

Syarat E-System

  1. Memiliki satu unit komputer atau laptop
  2. Memiliki satu unit printer
  3. Menyediakan jaringan internet yang stabil
  4. Memiliki satu unit timbangan digital yang mampu menampung 100kg barang
  5. Memiliki smartphone Android untuk mengakses aplikasi sahabat wahana.

3. Biaya dan Modal Awal

Persyaratan menjadi agen Wahana jauh lebih mudah dibanding menjadi agen JNE maupun agen JET Express. Namun untuk menjadi agen Wahana tidaklah gratis. Anda perlu membayar biaya adminstrasi sebesar Rp. 3.800.000 (berlaku per 1 juli 2020). Biaya adminstrasi tersebut bisa berubah sewaktu-waktu.

Wahana juga memberikan cash back berupa top up saldo awal. Besaran cash back di setiap area berbeda-beda. Sebagai contoh untuk arena Jawa Tengah dan Jawa Timur mendapatkan cashback Rp. 1 Juta. Sedangkan untuk area Jakarta dan Bandung mendapatkan cashback senilai Rp. 500 Ribu.

Uang Rp. 3.8 Juta hanya sebatas untuk biaya adminstrasi saja. Anda masih harus mengeluarkuan uang untuk membeli perlengkapan seperti komputer/laptop, printer, timbagan, neon-box, dll. Apabila ditotal-total nilainya bisa melebihi 10 Juta Rupiah.

Cara Jadi Agen Wahana

4. Cara Menjadi Agen Wahana

Untuk cara pendafatran agen Wahana cukup mudah, adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Mendatangi kantor cabang Wahana terdekat di kota anda atau melalui sales marketing Wahana
  2. Saat mendatangi kantor cabang Wahana, silahkan bawa persyaratan-persyaratan administasi yang dibutuhkan
  3. Silahkan melalukan pengisian formulir pengajuan menjadi agen Wahana
  4. Berikan kembali formulir penjuan agen kepada petugas, dan silahkan tunggu 1 hingga 3 hari untuk proses pengajuan agen
  5. Jika pengajuan agen telah diterima, silahkan bayarkan biaya administrasi melalui via transfer ke rekening PT Wahana Logistik
  6. Silahkan melakukan proses pembuatan ID agen Wahana
  7. Melakukan training system di PT Wahana Logistik.
  8. Jika proses training telah selesai, maka agen anda dapat dibuka dan silahkan mulai beroperasi serta berusaha mendapatkan komisi lebih dari target.

Selain datang ke kantor cabang, anda juga bisa mencoba cara menjadi agen Wahana secara online dengan mengisi form pengajuan agen Wahana melalui www.wahana.com/agen-wahana. Ada beberapa form yang harus diisi, mulai dari nama, provins, alamat lengkap, jenis bangunan, nomor handphone, dll.

Silahkan mengisi semua form yang tersedia. Nantinya pihak Wahana akan menghubungi anda melalui telepon. Jika pengajuan pendaftaran keagenan diterima maka anda tinggal membayar biaya adminstrasi dengan cara sebagai berikut.

5. Metode Pembayaran

Uang pendaftaran keagenan Wahana hanya bisa dibayarkan melalui transfer ke rekening Wahana dengan nomor rekening sebagai berikut

Bank BCA 6580630888
a.n PT. Wahana Prestasi Logistik

6. Kesimpulan

Komisi besar dan biaya pendaftaran yang ringan bisa menjadi alasan utama untuk bergabung menjadi agen Wahana. Nah apabila masih ada pertanyaan seputar syarat dan cara mendaftar menjadi agen Wahana silahkan hubungi customer.service@wahana.com atau kantor cabang Wahana terdekat.

Apa Itu Agen Wahana?

Agen Wahana merupakan mitra resmi dari Wahana Express yang telah memenuhi syarat dan ketentuan sebagai perpanjangan tangan Wahana Express dalam layanan pengiriman barang

Apakah Jadi Agen Wahana Menguntungkan?

Sangat menguntungkan karena akan mendapatkan komisi setiap kiriman.

Berapa Komisi Menjadi Agen Wahana?

Besaran komisi tergantung dari area agen. Dimana komisinya sekitar 15% sampai 25% dari setiap kiriman

Berapa Biaya Adminstrasi Menjadi Agen Wahana?

Untuk saat ini biaya administrasi menjadi agen Wahana adalah sebesar Rp. 3.8 Juta. Perlu diingat bahwa biaya adminstrasi bisa berubah sewaktu-waktu

Untuk Jadi Agen Wahana Apakah Butuh NPWP?

Yah, anda harus menyertakan NPWP sebagai persyaratan wajib untuk menjadi agen Wahana

Nah demikianlah informasi mengenai syarat dan cara menjadi agen Wahana. Semoga informasi yang kami sampaikan di atas bermanfaat bagi yang sedang mencari peluang bisnis menguntungkan dengan modal tidak terlalu besar.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *