Cara Mengurus ATM Hilang
Perbankan

18 Cara Mengurus ATM Hilang : Syarat & Biaya

Cara Mengurus ATM Hilang – Keteledoran manusia memang tidak bisa dipungkiri lagi. Salah satunya yakni ketika nasabah bank kehilangan kartu ATMnya.

Ketika nasabah kehilangan kartu ATM, tentu saja merasa khawatir dan bingung karena saat ini kartu ATM menjadi alat transaksi perbankan yang memiliki banyak manfaat. Tidak hanya dapat digunakan di berbagai gerai ATM, tetapi nasabah juga bisa memanfaatkannya sebagai alat transaksi diberbagai merchant. 

Sebaiknya, bagi pengguna kartu ATM yang mengalami permasalahan tersebut tidak perlu khawatir dan merasa cemas mengenai saldo yang ada di dalam kartu ATM. Hal ini dikarenkan, saldo yang ada di kartu ATM tetap aman, kecuali jika orang yang menemukannya mengetahui PIN ATM ATM anda.

Namun bagi nasabah yang tetap merasa cemas, maka dapat melakukan pemblokiran ATM melalui call center bank yang bersangkutan. Kemudian, bagi kartu ATM yang hilang telah terhubung dengan M-Banking maka dapat melakukan transfer semua saldo ke rekening kerabat atau sodara yang dipercaya.

Nah bagi anda yang merasa kehilangan kartu ATM namun telah mengatasi isi saldo ATMnya, sebaiknya tetap mengurusnya agar bisa memiliki kartu ATM yang baru. Adapun cara mengurus kartu ATM yang hilang, silahkan simak ulasan ViralOrchard.com di bawah ini:

Cara Mengurus Kartu ATM yang Hilang

Syarat Mengurus Kartu ATM Hilang

Cara mengurus ATM yang hilang adalah cara yang mudah yakni cukup mendatangi kantor cabang bank terdekat. Pada saat nasabah mengurus kartu ATM yang hilang, maka nantinya pihak bank akan memberikan kartu ATM yang baru sebagai penggantinya.

Syarat Mengurus Kartu ATM Hilang

Namun sebelum melakukan itu semua, pengguna harus memenuhi beberapa persyaratannya terlebih dahulu. Untuk persyaratan pengurusan kartu ATM yang hilang, sebagai berikut:

  1. Kartu identitas berupa KTP/ SIM/ Passpor
  2. Surat keterangan kehilangan dari pihak kepolisian
  3. Buku rekening tabungan
  4. Biaya penggantian kartu ATM sebesar 10.000 hingga 20.000, tergantung pada jenis rekening bank yang anda miliki
  5. Informasi mengenai lokasi serta waktu kehilangan kartu ATM.

Cara Mengurus Kartu ATM Hilang

Cara Mengurus Kartu ATM Hilang

Adapun langkah-langkah mengurus kartu ATM yang hilang, sebagai berikut:

  1. Silahkan datangi kantor polisi terdekat untuk melakukan pembuatan surat kehilangan kartu ATM
  2. Saat proses pembuatan kartu kehilangan kartu ATM, maka anda diminta memberikan informasi mengenai lokasi serta waktu kehilangan
  3. Ketika anda telah menyampaikan informasi kehilangan kepada petugas, maka surat kehilangan akan segera di proses dan di cetak.
  4. Jika nasabah telah melengkapi beberapa persyaratan di atas termasuk surat kehilangan, maka anda sudah bisa mengurus kartu ATM yang hilang yakni dengan cara mendatangi kantor bank terdekat
  5. Sesampainya di kantor bank terdekat, silahkan ambil nomor antrian untuk menuju ke layanan customer service
  6. Silahkan tunggu hingga nomor antrian anda terpanggil
  7. Setelah nomor antrian anda terpanggil, silahkan datangi petugas customer service dan beritahu tujuan anda yakni kehilangan kartu ATM
  8. Petugas customer service meminta anda untuk menceritakan kronologi hilangnya kartu ATM serta menyerahkan beberapa persyaratannya. Bagi nasabah yang telah melakukan pemblokiran kartu ATM sebelum mengurus kartu ATM yang hilang, sebaiknya beritahu juga ke petugas customer service bahwa anda telah memblokir kartu ATM melalui call center pada tanggal tersebut
  9. Langkah berikutnya, silahkan isi formulir permintaan kartu ATM baru. Setelah formulir telah diisi dengan lengkap maka nasabah diminta untuk tanda tanga di atas materai 6000 (materai akan disediakan oleh pihak bank).
  10. Petugas customer service akan menginput data-data anda ke sistem dan bank akan menerbitkan kartu ATM yang baru untuk nasabahnya
  11. Setelah berhasil mendapatkan kartu ATM yang baru, nasabah diminta untuk membuat enam digit PIN ATM pada mesin EDC. Untuk pembuatan PIN ATM bisa menggunakan angka PIN lama atau PIN baru
  12. Jika nasabah telah berhasil menginput PIN ATM pada mesin EDC, maka anda diminta kembali untuk melakukan tanda tangan di hadapan petugas customer service
  13. Terakhir, jika semua proses di atas selesai maka pihak customer service akan menginformasikan biaya penggantian kartu ATM yang harus anda bayar.

Biaya Penggantian Kartu ATM

Untuk proses penggantian kartu ATM memilki biaya yang berbeda-beda tergantung pada jenis bank. Namun untuk biaya penggantianya, nasabah tak perlu khawatir karena masih memiliki biaya yang cukup terjangkau.

Untuk mengetahui besaran biaya penggantian kartu ATM, sebagai berikut:

  1. BRI = Rp 15.000
  2. BNI = Rp 15.000
  3. BTN  =  Rp 15.000
  4. Bank Mandiri = Rp 15.000
  5. BCA = mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 20.000 tergantung pada jenis kartu yang anda miliki.

Cara Blokir ATM Hilang

Sebelum mengurusi penggantian kartu ATM yang hilang, anda harus terlebih dahulu melakukan pemblokiran. Hal ini sangat penting untuk menjaga keamanan kartu ATM sehingga saldo yang tersimpan di rekening tetap aman. Nah untuk mengetahui cara blokirnya, silahkan simak informasi di bawah ini. 

  1. Cara Blokir ATM BRI
  2. Cara Blokir ATM Mandiri
  3. Tips Cara Blokir ATM BCA
  4. Cara Blokir ATM BNI

Kesimpulan

Setelah nasabah melakukan langkah-langkah di atas dan telah melakukan pembayaran kartu ATM yang baru, maka anda sudah bisa melakukan transaksi kembali melalui kartu ATM. Namun, banyak pihak bank yang memberikan informasi bahwa kartu ATM akan aktif setelah 2 jam anda melakukan pembuatan kartu ATM baru.

FAQ 

Apabila masih memiliki beberapa pertanyaan mengenai cara mengurus ATM yang hilang, sebaiknya simak ulasan FAQ di bawah ini:

Apakah permasalahan kartu ATM hilang sangat berbahaya?

Tentu saja tidak, karena pengguna dapat memblokir kartu ATM terlebih dahulu saat waktu kehilangan agar saldo ATM tetap aman.

Bagaimana cara memblokir kartu ATM yang hilang?

Pengguna dapat menghubungi call center bank tujuan dengan menyertakan nomor rekening serta nomor KTP.

Apakah dalam proses pengurusan kartu ATM dapat terwakilkan?

Tentu saja tidak. Nasabah harus mengurusnya sendiri dengan mendatangi kantor cabang bank terdekat.

Apa saja hal yang perlu diperhatikan dalam mengurus kartu ATM yang hilang?

Sebaiknya pengguna perhatikan beberapa persyaratannya yakni buku rekening tabungan, identitas diri berupa KTP, serta surat kehilangan dari kepolisian.

Apakah proses penggantian kartu ATM memakan banyak waktu.

Tidak. Proses penggantian kartu ATM yang hilang kurang lebih hanya memakan waktu 30 menit.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara mengurus kartu ATM yang hilang. Kami berharap informasi ini dapat bermanfaat dan menjadi referensi untuk anda dalam mengatasi kartu ATM hilang. Selain itu, simak pula informasi sebelumnya mengenai “Syarat dan Cara Daftar Kredivo” dan beragam artikel seputar dunia keuangan dan perbankan di Indonesia.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *