Cara Mengurus ATM BCA Hilang
Perbankan

7 Cara Mengurus ATM BCA Hilang : Syarat dan Biaya

ATM menjadi salah satu alat transaksi elektronik yang paling mudah digunakan. Pemilik kartu ATM tidak hanya dapat melakukan transaksi perbankan saja, tetapi melalui kartu ATM maka segala kebutuhan seperti pembayaran pembelanjaan, pembayaran tagihan, hingga investasi.

Dengan adanya beberapa fungsi dari kartu ATM, sebaiknya nasabah simpan alat transaksi tersebut dengan hati-hati. Namun, namanya manusia tetap saja terjadi suatu hal yang tidak diinginkan yakni salah satunya hilangnya kartu ATM.

Nah adanya kendala hilangnya kartu ATM tentu saja membuat panik nasabah karena meraka takut terjadi suatu hal yang tidak diinginkan, seperti hilangnya saldo, hingga penyalahgunaan kartu ATM. Namun, untuk hal ini nasabah tidak perlu khawatir atau panik karena perusahaan perbankan Indonesia memberikan berbagai solusi untuk mengatasi kartu ATM yang hilang, salah satunya adalah bank BCA.

Dari kendala tersebut, maka ViralOrchard.com akan mengulas sedikit informasi mengenai cara mengurus kartu ATM BCA Hilang. Silahkan simak ulasan ViralOrchard.com di bawah ini:

Tips Cara Mengurus ATM BCA Hilang

https://www.viralorchard.com/cara-blokir-atm-bca/

Cara mengurus kartu ATM BCA yang hilang adalah hal yang mudah, karena nasabah hanya perlu mendatangi kantor cabang bank BCA terdekat dengan membawa berbagai persyaratannya. Namun, sebelum mendatangi kantor cabang BCA, nasabah harus terlebih dahulu mengamankan kartu ATM yang hilang. Caranya adalah dengan melakukan pemblokiran kartu ATM. 

Cara Mengamankan Kartu ATM Yang Hilang

Adapun cara pemblokiran kartu ATM dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari menghubungi call center, Mobile Banking, hingga Internet Banking. Untuk langkah-langkahnya, sebagai berikut:

1. Via Call Center

Bagi nasabah yang akan memblokir kartu ATM BCA maka dapat menghubungi call center BCA di nomor 1500888. Namun, sebelum melakukan hal ini maka pastikan handphone nasabah telah terisi saldo pulsa yang mencukupi.

Selain saldo pulsa, nasabah juga harus menyiapkan berbagai persyaratannya seperti nomor rekening, KTP, hingga nama ibu kandung. Nah, setelah terhubung dengan petugas call center, silahkan beritahu tujuan anda yakni ingin memblokir kartu ATM.

Petugas call center akan memberikan beberapa pertanyaan kepada nasabah seperti nomor rekening, nomor KTP, nama ibu kandung, jumlah saldo, hingga lain sebagainya. Setelah semua data yang dipertanyakan oleh petugas call center sama seperti data yang ada di bank, maka proses pemblokiran kartu ATM akan dilakukan.

2. Via Mobile Banking

Cara kedua yang dapat anda lakukan dalam pemblokiran kartu ATM yakni melalui aplikasi BCA Mobile. Namun, cara ini hanya bisa dilakukan oleh nasabah yang telah terdaftar dengan pelayanan Mobile Banking BCA.

Adapun langkah-langkahnya, sebagai berikut:

  1. Silahkan buka aplikasi BCA Mobile. Pastikan smartphone anda, terkoneksi dengan jaringan internet stabil
  2. Berikutnya, silahkan pilih menu “m-Admin”
  3. Silahkan pilih menu “Blokir Kartu ATM”
  4. Layar aplikasi akan memunculkan informasi kartu. Untuk lanjutan proses pemblokiran kartu ATM, silahkan pilih menu “OK”
  5. Silahkan masukkan PIN m-BCA anda dengan benar
  6. Selanjutnya, layar aplikasi akan memunculkan informasi bahwa kartu ATM BCA anda berhasil di blokir.

3. Via Internet Banking

Cara pemblokiran kartu ATM via Internet Banking, hampir sama dengan Mobile Banking yakni hanya dapat dilakukan oleh nasabah yang telah terdaftar dengan pelayanan tersebut. Selain itu, untuk cara pemblokiran kartu ATM via Internet Banking terbilang cukup mudah karena dapat diakses melalui browser.

Untuk langkah-langkahnya, sebagai berikut:

  1. Silahkan buka website resmi internet banking BCA di alamat www.klikbca.com
  2. Berikutnya, silahkan lakukan login dengan cara memasukkan user ID serta PIN akun internet banking anda
  3. Silahkan pilih menu “Administrasi”
  4. Langkah berikutnya, silahkan pilih menu “Blokir Kartu ATM”
  5. Silahkan masukkan tanggal lahir anda, untuk proses validasi
  6. Selanjutnya lakukan konfrimasi data yang terhubung dengan KlikBCA
  7. Silahkan lakukan penyetujuan pemblokiran kartu yakni dengan memilih menu “Kirim”
  8. Terkahir, anda akan ditampilkan notifikasi bahwa kartu ATM BCA telah berhasil diblokir.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai pemblokiran kartu yang hilang, silahkan simak informasi sebelumnya mengenai “Cara Blokir Kartu ATM BCA Yang Hilang“. 

Cara Mengurus ATM BCA Hilang

Cara Mengurus ATM BCA Yang Hilang

Setelah proses pemblokiran kartu berhasil dilakukan, maka nasabah sudah bisa mengurus kartu ATMnya yang hilang melalui kantor cabang bank BCA terdekat. Untuk melakukan hal ini, maka nasabah harus membawa persyaratan yang meliputi buku rekening tabungan BCA, uang pembuatan kartu ATM sesuai dengan jenis kartu, serta kartu identitas KTP.

Hal yang menarik cara mengurus kartu ATM BCA yang hilang yakni nasabah tidak perlu mengurus surat kehilangan dari kepolisian, cukup dengan persyaratan di atas saja. Adapun langkah-langkahnya, sebagai berikut:

  1. Silahkan datangi kantor cabang bank BCA terdekat dengan membawa berbagai persyaratan tersebut
  2. Sesampainya di kantor cabang bank, silahkan lakukan pengambilan nomor antrian untuk menuju ke customer service dan tunggulah hingga nomor antrian anda terpanggil
  3. Jika nomor antrian telah terpanggil, silahkan datangi petugas customer service dan beritahu tujuan anda yakni mengurus kartu ATM BCA yang hilang
  4. Untuk proses ini, petugas customer service meminta anda untuk menyerahkan berbagai persyaratan. Oleh sebab itu, silahkan berikan beberapa persyaratan dokumen yang anda bawa ke petugas customer service
  5. Petugas customer service akan melakukan validasi data, yakni apakah data yang ada di pihak bank sama atau tidak dengan dokumen-dokumen yang anda bawa
  6. Jika semua data sama, maka petugas customer service akan memproses permintaan anda yakni dengan mengganti kartu ATM yang baru
  7. Setelah kartu ATM telah diganti dengan yang baru, silahkan lakukan pembayaran penggantian kartu dengan jumlah biaya sesuai dengan jenis kartu ATM anda.

Apabila kartu identitas (KTP) yang dimiliki hilang maka bisa menggunakan Resi KTP atau membawa surat kehilangan dari Kepolisian. 

Biaya Mengurus Kartu ATM BCA Hilang

Cara Buka Rekening BCA Tahapan Gold

Untuk biaya penggantian kartu ATM BCA yang hilang, disesuaikan dengan jenis kartu ATM yang dimiliki. Adapun biayanya, sebagai berikut:

  1. Kartu ATM BCA Silver, sebesar Rp 10.000
  2. Kartu ATM BCA Gold, sebesar Rp 15.000
  3. Kartu ATM BCA Platinum, sebesar Rp 20.000.

Kesimpulan

Di atas merupakan beberapa langkah yang dapat anda lakukan dalam mengurus kartu ATM BCA. Memang mengurus kartu ATM BCA hilang adalah hal mudah dilakukan, tetapi tetap akan menguras tenaga serta waktu anda.

Untuk menghindari dari hal-hal seperti ini, sebaiknya simpan-simpan dengan baik kartu ATM yang anda miliki.

FAQ

Apabaila masih terdapat pertanyaan mengenai cara mengurus kartu ATM hilang, silahkan simak FAQ di bawah ini:

Apakah melakukan pemblokiran kartu ATM yang hilang adalah hal penting?

Tentu. Cara ini dilakukan agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Apakah proses pemblokiran kartu ATM dapat dilakukan dalam waktu 24 jam?

Iya. Nasabah dapat memblokir kartu ATMnya tanpa adanya batasan waktu atau selama 24 jam.

Apakah kartu ATM yang terblokir, masih dapat dilakukan untuk transaksi?

Bisa, namun hanya dilakukan melalui pelayanan e-banking saja.

Apakah proses mengurus kartu ATM BCA hilang dikenakan biaya?

Ya. Namun untuk biayanya, akan digunakan untuk proses pergantian kartu ATM baru.

Jika kartu ATM diganti yang baru, apakah nomor rekening tetap sama?

Ya, untuk nomor rekeningnya tetap sama.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara mengurus kartu ATM BCA hilang. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menjadi referensi bagi anda. Jangan lupa untuk menyimak artikel sebelumnya mengenai “Cara Cek Saldo Bank BTN“, serta artikel-artikel menarik lainnya.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *