8 Cara Menggunakan Shopee Paylater Untuk Kredit Barang

Bagaimana cara menggunakan Shopee PayLater? Banyak pengguna Shopeee yang menanyakan hal tersebut. Caranya sangat mudah, dan untuk mengetahui seperti apa cara menggunakan program cicilan tanpa kartu kredit tersebut, silahkan simak informasi viralorchard.com berikut ini. 

Shopee merupakan salah satu e-commerce yang sedang naik daun. Hal tersebut dikarenakan e-commerce Shopee selalu memberikan berbagai pelayanan yang terbaik bagi para pelanggannya.

[toc]

Mulai dari pelayanan pencarian produk, pembelian produk, hingga pembayaran produk, dapat anda lakukan dengan mudah dan cepat. Untuk metode pembayaran, Shopee memiliki fasilitas cicilan tanpa kartu kredit menggunakan Shopee Paylater.

Shopee Paylater sendiri dapat dikatakan sebagai alat peminjaman dana untuk pengguna yang ingin melakukan pembelian produk Shopee, namun belum memiliki uang yang cukup dan tidak memiliki kartu kredit.

Pengguna Shopee yang sudah mengaktifkan Paylater bisa menggunakan saldo Paylater untuk membeli barang seperti handphone dengan jangka waktu pembayaranmulai dari 30 hari, 2 bulan, hingga 6 bulan.

Tutorial Cara Menggunakan Shopee Paylater

Syarat Menggunakan ShopeePaylater

Syarat Menggunakan Shopee PayLater

Melakukkan pembayaran menggunakan Shopee Paylater, maka harus memastikan pengguna Shopee telah mengaktifkan fitur Paylater terlebih dahulu. Nah, untuk mengaktifkan Shopee Paylater anda harus melengkapi beberapa persyaratannya.

Adapun syarat yang harus dipenuhi untuk mengaktifkan Shopee Paylater, sebagai berikut:

  1. Pastikan akun Shopee anda telah terdaftar akun dan terverifikasi
  2. Pastikan anda telah memiliki akun Shopee berusia minimal 3 bulan
  3. Pastikan akun Shopee anda sudah sering dilakukan untuk bertransaksi
  4. Pastikan aplikasi Shopee anda telah di apdate ke versi yang terbaru. Pengguna bisa melakukan apdate aplikasi Shopee melalui PlayStore maupun AppStore
  5. Pastikan pengguna memiliki kartu identitas diri berupa KTP yang masih aktif atau berlaku
  6. Minimal usia pengguna Shopee 17 tahun.

Setelah memenuhi beberapa persyaratan di atas, maka pengguna Shopee sudah bisa melakukan pengaktifan fitur Shopee Paylater. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Silahkan buka aplikasi Shopee pada smartphone anda
  2. Silahkan masuk pada menu “Akun” yang ada di pojok kanan bawah
  3. Silahkan pilih menu “Shopee Paylater”
  4. Laman Paylater akan menampilkan beberapa keuntungan penggunaan Shopee Paylater hingga jumlah limit yang akan kalian dapatkan. Jika ingin mengaktifkan Shopee Paylater, maka pilih menu “Aktifkan Sekarang”.
  5. Pihak Shopee Paylater akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor handphone yang telah terdaftar Shopee sebelumnya. Silahkan masukkan kode verifikasi pada kolom yang telah tersedia dan pilihlah menu “Lanjut”
  6. Anda diminta megunggah foto diri atau foto selfie dengan memegang kartu identitas berupa KTP. Silahkan foto selfie dengan memegang KTP pada kolom kamera (ambil foto) yang telah tersedia. Pastikan wajah dan data KTP anda terlihat dengan jelas.
  7. Silahkan unggah foto KTP pada kolom yang tersedia. Pastikan foto KTP serta data KTP terlihat dengan jelas
  8. Jika foto selfie serta foto KTP telah di unggah dengan benar. maka dilanjutkan dengan memilih menu “Kirim”
  9. Silahkan tunggu proses aktivasi Shopee Paylater. Jika proses aktivasi telah berhasil, maka anda akan mendapatkan notifikasi yang bertulisan “Selamat! kamu telah berhasil mengaktifkan Shopee Paylater”
  10. Setelah proses aktivasi berhasil, maka anda akan mendapatkan limit kredit Shopee PayLater yang bisa digunakan untuk berbelanja ataupun membeli beberapa produk digital seperti Pulsa, Listrik PLN, Paket Data, BPJS, Tiket Kereta Api, Telkom, PDAF, Tiket Pesawat, Tiket Bus, dll.

Untuk mengetahui lebih lanjut cara mengaktifkan fitur cicilan tanpa kartu kredit tersebut, silahkan simak informasi sebelumnya mengenai “Cara Mengaktifkan Shopee PayLater“. Nah bagi yang sudah berhasil mengaktifkan fasilitas ini maka tinggal mencoba cara menggunakan Shopee PayLater untuk kredit hp ataupun kebutuhan lainnya.

Cara Menggunaan Shopee Paylater

Cara Menggunakan Shopee PayLater Untuk Kredit

Setelah berhasil mengaktifkan Shopee PayLater maka fasilitas ini bisa langsung digunakan untuk membeli barang dengan sistem cicilan dengan jangka waktu mulai dari 2 bulan, 3 bulan, hingga 6 bulan. Selain itu, fasilitas cicilan di Shopee tanpa kartu kredit ini juga bisa digunakan untuk program Beli Sekarang Bayar Nanti yang pembayarannya diselesaikan dalam waktu 1 bulan.

Menariknya lagi, anda tidak perlu membayar DP atau uang muka saat kredit barang menggunakan Shopee PayLater. Suku bunga Shopee PayLater juga tergolong ringan sehingga bisa menjadi alternatif untuk kredit barang tanpa kartu kredit.

Nah bagi yang belum mengetahui cara menggunakan Shopee PayLater untuk kredit hp ataupun barang lainnya, silahkan mengikuti tutorial yang kami sampaikan di bawah ini.

  1. Silahkan buka aplikasi Shopee pada smartphone anda, kemudian cari barang yang diinginkan melalui kolom “Pencarian” yang ada di bagian tengah atas layar aplikasi Shopee.Cara Cicilan di Shopee Dengan Akulaku
  2. Berikutnya, silahkan atur produk pembelian produk yang meliputi warna produk, ukuran produk, hingga jumlah produk yang ingin dibeli. Jika telah mengatur produk yang akan dibeli, maka dapat dilanjut dengan memilih menu “Beli Sekarang“.Belanja di Shopee Dengan Akulaku
  3. Anda akan di bawa ke laman checkout. Untuk laman checkout, silahkan atur alamat pengiriman, pilih opsi pengiriman (pemilihan ekspedisi), penulisan pesan (bisa dikosongkan), masukkan voucher gratis ongkir atau cashback (bagi yang memiliki), serta atur metode pembayaranMetode Pembayaran Akulaku di Shopee
  4. Bagi anda yang akan melakukan pembayaran kredit dengan Shopee Paylater, maka dapat memilih metode pembayaran “Shopee Paylater“. Silahkan atur jangka waktu pembayaran mulai dari 30 hari, 2 bulan, 3 bulan, hingga 6 bulan beserta dengan jumlah cicilan setiap bulannya.Cara Kredit Hp Menggunakan Shopee Paylater
  5. Setelah telah mengatur metode pembayaran, maka dapat dilanjut dengan memilih menu “KonfrimasiCara Kredit Dengan Shopee PayLater
  6. Anda akan di bawa kembali ke laman checkout. Jika semua data yang ada di laman checkout telah di atur, maka dapat dilanjutkan dengan memilih menu “Buat PesananCara Kredit Lewat Shopee Paylater
  7. Langkah selanjutnya, silahkan masukkan PIN ShopeePay yang anda miliki. Namun apabila belum mengaktifkan ShopeePay maka anda akan mendapatkan kode verifikasi berupa kode OTP.
  8. Jika sudah, maka anda akan ditampilkan notifikasi berupa “Pembayaran kamu telah disetujui Shopee Paylater” serta infromasi mengenai total pembayaran dan sisa limit Shopee Paylater anda.Pembayaran ShopeePay Berhasil

 

Selain menggunakan Shopee PayLater, anda juga bisa kredit barang di Shopee tanpa kartu kredit menggunakan Akulaku. Untuk mengetahui caranya silahkan simak informasi berikut “Cara Kredit di Shopee Dengan Akulaku“.

Biaya & Denda Shopee PayLater

Seperti yang anda lihat di atas, cara menggunakan Shopee PayLater untuk kredit hp ataupun barang lainnya sangatlah mudah. Namun perlu diingat, metode pembayaran menggunakan Shopee PayLater akan dikenakan biaya penanganan sebesar 1% per transaksi. Selain itu akan dikenakan suku bunga sekecil-kecilnya sebesar 2.95%.

Setelah membeli barang dengan Shopee PayLater maka kewajiban anda adalah membayar cicilan sesuai jangka waktu yang dipilih. Anda akan mendapatkan rincian tagihan setiap tanggal 25 dan tagihan tersebut harus dibayarkan paling lambat tanggal 5.

Sedangkan bagi yang mendapatkan rincian tagihan setiap tanggal 1 maka paling lambat harus membayar tagihan tanggal 11. Jangan sampai telat pembayar agar tidak mendapatkan denda keterlambatan sebesar 5%.

Kesimpulan

Jika telah menyelesaikan pembayaran produk dengan Shopee Paylater, maka secara otomatis pesanan anda akan dikemas oleh penjual. Setelah produk datang, jangan lupa untuk membayar cicilan setiap bulannya hingga jangka waktu pembayaran berakhir.

Nah jika terjadi kendala saat menggunakan Shopee Paylater, anda bisa menghubungi Tim Customer Service Shopee di nomor 1500702 atau mengirim email lewat help.shopee.co.id/s/contactusform. Selain itu, silahkan simak pula halaman FAQ di bawah ini. 

Apakah Aman Menggunakan Shopee PayLater?

Sangat aman, karena Shopee PayLater telah terdaftar dan di awasi oleh OJK.

Apakah Shopee PayLater Bisa Untuk Beli Barang?

Sangat bisa, anda bisa menggunakan fasilitas ini untuk membeli berbagai macam barang yang ada di Shopee tanpa ada minimum transaksi selama limit kredit mencukupi.

Berapa Limit Kredit ShopeePayLater?

Limit kredit setiap akun berbeda-beda. Semakin sering anda menggunakan fasilitas ini maka semakin besar limit kredit yang bisa didapatkan.

Apakah Shopee PayLater Bisa Untuk Beli Pulsa?

Tentu saja bisa, namun anda tidak bisa adalah menggunakan Shopee PayLater untuk membeli produk dari kategori Voucher, Emas, Uang Elektronik, dan Zakat.

Berapa Bunga Shopee PayLater?

Suku bunga sekecil-kecilnya adalah sebesar 2.95%.

Berapa Jangka Waktu Cicilan Menggunakan Shopee PayLater?

Anda bisa memiliki jangka waktu cicilan mulai dari 2 bulan, 3 bulan, hingga 6 bulan. Selain itu, anda bisa menggunakannya untuk program Beli Sekarang Bayar Nanti dengan jangka waktu pembayaran 1 bulan

Berapa Denda Jika Telat Membayar Shopee PayLater?

Jika telat membayar akan mendapatkan denda sebesar 5%

Cukup sekian informasi viralorchard.com mengenai cara menggunakan Shopee PayLater untuk kredit hp maupun berbagai macam transaksi lainnya. Simak pula artikel sebelumnya mengenai “Syarat Kredit Tanpa Agunan Bank BRI” dan beragam informasi bermanfaat lainnya.

Tinggalkan komentar