Cara Menggunakan LinkAja
Digital Payment

31 Cara Menggunakan LinkAja Untuk Bertransaksi

Cara Menggunakan LinkAja – Penggunaan transaksi melalui nontunai saat ini banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, khususnya para generasi milenial. Oleh sebab itu, banyak sekali keberadaan dompet digital di Indonesia yang dapat digunakan untuk bertransaksi nontunai.

LinkAja menjadi salah satu dompet digital yang dikeluarkan oleh pemerintah atau BUMN berupa sebuah aplikasi. Melalui aplikasi dompet digital LinkAja, pengguna dapat melakukan berbagai transaksi keuangan seperti transfer, pembayaran tagihan, hingga pembayaran merchant.

Semenjak munculnya dompet digital LinkAja, maka banyak sekali merchant-merchant yang telah bekerjasama dengan LinkAja. Dengan demikian, pengguna LinkAja tidak perlu khawatir karena dapat melakukan pembayaran belanjaan online dengan mudah dan cepat.

Sebenarnya cara menggunakan dompet digital LinkAja dapat dilakukan secara mudah mudah dan cepat, karena cukup menggunakan aplikasi LinkAja. Namun sebelum itu anda harus terlebih dahulu mendaftar agar bisa menggunakan aplikasi dompet digital tersebut.

Nah bagi yang saat ini belum mendaftar LinkAja, silahkan simak terlebih dahulu informasi mengenai “Cara Daftar LinkAja“.  Setelah berhasil membut akun maka aplikasi LinkAja bisa langsung digunakan. Namun sebelum itu anda harus terlebih dahulu mengisi saldo LinkAja.

Setelah sukses membuat akun dan mengisi saldo maka bisa langsung menggunakan LinkAja untuk berbagai macam transaksi, seperti beli pulsa, pembayaran merchant, belanja online, transfer, dan membayar tagihan. Nah bagi anda yang belum mengerti bagaimana cara menggunakan LinkAja dalam bertransaksi, silahkan simak ulasan viralorchard.com berikut ini.

Cara Menggunakan Dompet Digital LinkAja

Cara Menggunakan Aplikasi LinkAja

1. Pembelian Pulsa / Kuota

Pengguna LinkAja memiliki kesempatan untuk melakukan pembelian pulsa atau kuota melalui aplikasi LinkAja. Tentu saja hal ini sangat memudahkan serta dapat menjadi alternatif bagi anda, karena tidak perlu mendatangi counter atau tempat penjualan pulsa atau kuota.

Untuk langkah-langkah pembelian pulsa atau kuota, sebagai berikut:

  1. Silahkan buka aplikasi LinkAja dan lakukan login dengan memasukkan nomor handphone anda yang telah terdaftar akun LinkAja
  2. Silahkan pilih menu “Pulsa atau Kuota” yang terdapat pada laman utama aplikasi LinkAja
  3. Langkah ketiga, yakni silahkan isi nomor tujuan pembelian pulsa atau kuota. Pengguna dapat mengisi pulsa atau kuota untuk nomor handphone sendiri atau orang lain
  4. Silahkan masukkan nominal pengisian pulsa atau kuota yang ingin anda isikan
  5. Aplikasi LinkAja akan menampilkan data-data transaksi anda. Jika data telah sesuai, maka dapat dilanjutkan dengan memilih menu “Konfrimasi”
  6. Silahkan masukkan PIN akun LinkAja anda
  7. Transaksi berhasil, maka pulsa atau kuota yang anda beli akan masuk ke nomor handphone tujuan.

2. Pembayaran di Merchant

Pembayaran mercant melalui dompet digital LinkAja menjadi hal yang sering dilakukan. Hal ini dikarenakan, proses pembayaran akan lebih cepat dan mudah, cukup dengan Scan QR atau Scan Code.

Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Silahkan buka aplikasi LinkAja dan lakukan login dengan memasukkan nomor handphone anda yang telah terdaftar akun LinkAja
  2. Silahkan pilih menu “Bayar” yang terdapat di bawah tengah pada laman utama aplikasi LinkAja
  3. Silahkan lalukan “Scan QR dari mesin EDC atau Static QR”
  4. Silahkan masukkan nominal pembayaran . Jika sudah, maka dapat dilanjutkan dengan mengklik tombol centang
  5. Silahkan perhatikan detail-detail transaksi. Jika semua detail transaksi sudah benar, maka dapat dilanjutkan dengan memilih menu “Konfrimasi”
  6. Silahkan masukkan PIN LinkAja anda
  7. Transaksi pembayaran di merchant telah berhasil.

3. Belanja Online

Penggunaan LinkAja untuk transaksi nontunai tidak hanya dapat dilakukan untuk pembayaran merchant atau pembelian pulsa saja, tetapi bisa juga digunakan untuk belanja online seperti Shopee, Tokopedia, Buka Lapak atau e-commerce lainnya. Adapun langkah-langkahnya, sebagai berikut:

  1. Silahkan lakukan pembelian produk pada aplikasi belanja online atau e-commerce yang anda pilih
  2. Langkah kedua, ketika akan melakukan proses pembayaran maka pilihlah metode pembayaran LinkAja
  3. Berikutnya, silahkan masukkan nomor handphone anda yang telah terdaftar akun LinkAja sebelumnya
  4. Silahkan masukkan PIN LinkAja untuk menyelesaikan proses transaksi
  5. Silahkan tunggu proses transaksi. Jika transaksi berhasil, maka anda akan mendapatkan notifikasi verifikasi melalui SMS yang menyatakan bahwa transaksi pembayaran belanja online melalui LinkAja sudah berhasil dan terselesaikan.

4. Pengiriman Uang atau Transfer

Tidak hanya kartu debet saja yang dapat digunakan untuk kirim uang atau transfer, tetapi LinkAja juga bisa manjadi alternatif transaksi pengiriman uang. Pengguna LinkAja bisa melakukan transfer baik kesesama pengguna LinkAja maupun rekening bank.

Untuk langkah-langkah pengiriman uang melalui LinkAja, sebagai berikut:

  1. Silahkan buka aplikasi LinkAja dan lakukan login dengan memasukkan nomor handphone anda yang telah terdaftar akun LinkAja
  2. Silahkan pilih menu “Transfer Kirim Uang” yang berada di laman awal aplikasi LinkAja
  3. Silahkan pilih tujuan pengiriman uang yakni menggunakan nomor handphone untuk transfer ke sesama pengguna LinkAja atau ke nomor rekening bank
  4. Silahkan masukkan nomor hanpdhone tujuan (untuk sesama pengguna LinkAja) atau nomor rekening bank tujuan
  5. Silahkan masukkan PIN LinkAja, setelah itu maka secara otomatis transaksi akan berhasil
  6. Untuk lebih meyankikan, silahkan buka pesan SMS sebagai bentuk konfrimasi transaksi pengiriman uang.

5. Pembayaran Tagihan

Aplikasi dompet digital LinkAja tidak hanya bisa digunakan untuk berbagai transaksi di atas, tetapi bisa juga digunakan untuk pembayaran tagihan seperti listrik, TV kabel, internet, PDAM, hingga tagihan lainnya. Nah saat ini kami akan memberikan infromasi kepada anda mengenai pembayaran tagihan listrik melalui LinkAja.

Untuk langkah-langkah pembayarannya, sebagai berikut:

  1. Silahkan buka aplikasi LinkAja dan lakukan login dengan memasukkan nomor handphone anda yang telah terdaftar akun LinkAja
  2. Silahkan pilih menu “Listrik” yang berada di laman menu awal
  3. Berikutnya anda diminta untuk memilih bentuk pembayaran listrik yakni PLN Postpaid (untuk listrik meteran biasa) dan PLN Prepaid (listik token). Untuk proses ini, pengguna sama-sama diminta memasukkan nomor meteran atau ID pelanggan dan jika sudah, maka pilih menu “Lanjutkan”
  4. Laman aplikasi LinkAja akan menampilkan detail-detail transaksi. Jika data detail transaksi sudah sesuai, maka pilih menu “Konfrimasi”
  5. Silahkan masukkan kode PIN LinkAja
  6. Transaksi pembayaran tagihan listrik telah berhasil. Bagi pembayaran listrik dalam bentuk token maka bisa mengetahui nomer token melalui menu “inbox”.

Kesimpulan

Cara Bikin Akun LinkAja

Dapat kita simpulkan bahwa LinkAja merupakan aplikasi dompet digital yang memiliki fitur transaksi sangat lengkap. Melalui aplikasi ini kita bisa melakukan beragam transaksi secara online ataupun secara offline di merchant yang telah bekerjasama dengan LinkAja.

Saat ini LinkAja sudah bekerjasama dengan berbagai Merchant yang membuat dompet digital ini semakin bermanfaat bagi masyarakat Indonesia yang ingin merubah kebiasaan bertransaksi secara tunai menjadi non-tunai. Silahkan kalian terlebih dahulu mendaftar, lalu isi saldo. Setelah tinggal memakainya untuk bertransaksi.

Fitur yang tersedia pada LinkAja juga tidak kalah lengkap dari OVO maupun GoPay. Alhasil penggunanya bisa bertransaksi secara mudah dan cepat tanpa perlu uang tunai. Nah demikianlah informasi mengenai cara menggunakan LinkAja yang kami lansir dari Linkaja.id. Semoga informasi di atas bermanfaat dan bisa menjadi referensi.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *