cara mengetahui atm mandiri masih aktif atau tidak
Perbankan

4 Cara Mengetahui Rekening Mandiri Masih Aktif atau Tidak

Bagaimana cara mengetahui rekening Mandiri masih aktif atau tidak? Bagi yang sudah lama tidak melakukan transaksi melalui ATM Mandiri ataupun layanan perbakan lainnya pasti bertanya seperti itu. Nah untuk mengetahui jawabannya silahkan simak informasi berikut. 

Bank Mandiri sebagai bank milik pemerintahan Indonesia atau BUMN, membekali kartu ATM kepada setiap nasabahnya. Tujuan dari kartu ATM tersebut yakni memudahkan aktivitas transasi setiap nasabahnya.

Melalui kartu ATM, maka nasabah bank Mandiri tidak perlu mendatangi kantor bank untuk bertransaksi. Nasabah cukup mendatangi gerai-gerai ATM Mandiri yang telah tersebar luas hingga penjuru Indonesia.

Meskipun kartu ATM memiliki banyak manfaat, namun banyak nasabah yang tidak memanfaatkannya untuk bertransaksi. Nah apabila suatu saat kembali menggunakannya maka bisa sewaktu-waktu kartu ATM tidak aktif.

Apabila kartu ATM sudah tidak aktif maka berarti rekening tabungan juga sudah tidak aktif.  Lalu bagaimana cara mengetahui rekening Mandiri masih aktif atau tidak? Untuk mengetahuinya silahkan simak ulasan ViralOrchard.com di bawah ini:

Tips Cara Mengetahui Rekening Mandiri Masih Aktif atau Tidak

cara mengetahui rekening mandiri masih aktif atau tidak

Penyebab Rekening Mandiri Tidak Aktif

Ada beberapa penyebab yang bisa mengakibatkan rekening Mandiri menjadi tidak aktif. Untuk mengetahui penyebabnya silahkan simak di bawah ini.

  1. Tidak melakukan transaksi selama 6 bulan
  2. Saldo direkening Rp. 0 sehingga tidak ada uang yang bisa digunakan untuk membayar biaya admin
  3. Rekening tidak aktif juga bisa disebabkan oleh permintaan nasabah yang ingin menonaktifkan rekening

Cara Mengecek Rekening Mandiri Aktif Atau Tidak

Nah itulah beberapa faktor yang bisa menyebabkan rekening Mandiri tidak aktif. Nah agar bisa mengetahui rekening Mandiri masih aktif atau tidak ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Untuk mengetahui caranya silahkan simak informasi berikut. 

1. Cek Rekening Via Mandiri Call

Cara termudah untuk mengecek rekening Mandiri masih aktif atau tidak adalah dengan menghubungi Mandiri Call di nomor 14000. Silahkan hubungi nomor tersebut, lalu meminta bantuan ke petugas Mandiri Call untuk mengecek status rekening yang anda miliki.

Nantinya petugas Mandiri Call akan meminta anda menyebutkan nomor rekening. Setelah itu petugas akan melakukan pengecekan status rekening apakah masih aktif atau tidak.

Untuk mengetahui nomor rekening bisa melihatnya pada buku tabungan. Jika ternyata rekening sudah tidak aktif, maka anda bisa bertanya apakah rekening bisa diaktifkan kembali atau tidak. 

2. Mendatangi Kantor Bank Mandiri Terdekat

Bagi nasabah bank Mandiri yang memiliki waktu cukup luang, maka dapat melakukan pengecekan rekening dan kartu ATM Mandiri melalui kantor cabang terdekat

Sebelum mendatangi kantor bank Mandiri, silahkan siapkan terlebih dahulu persyaratan yang dibutuhkan. Dimana syaratnya adalah harus membawa buku rekening tabungan, kartu ATM, serta kartu identitas diri berupa KTP.

Setelah segala persyaratan tersebut terkumpulkan, silahkan datangi kantor cabang bank Mandiri terdekat. Untuk langkah-langkah lebih jelasnya, sebagai berikut:

  1. Datangi kantor cabang bank Mandiri terdekat dengan membawa beberapa dokumen persyaratan
  2. Sesampainya di kantor bank, silahkan ambil nomor antrian untuk menuju ke customer service
  3. Jika nomor antrian telah terpanggil, silahkan menuju ke petugas customer service dan beritahu tujuan anda yakni ingin mengecek apakah rekening dan kartu atm masih aktif atau tidak
  4. Petugas customer service akan meminta anda untuk menyerahkan beberapa persyaratan dokumen. Tidak hanya persyaratan tersebut, teteapi nasabah juga diminta untuk menyebutkan nama ibu kandung dengan tujuan untuk menyamakan data yang ada di anda dengan data di sistem bank
  5. Ketika semua data telah sesuai, maka petugas customer service akan memberitahu kepada nasabah mengenai keaktifan atau tidaknya kartu ATM Mandiri anda.

3. Transaksi Transfer dari Bank Lain

Cara kedua yang dapat anda lakukan untuk mengecek rekening Mandiri masih aktif atau tidak yakni dengan melakukan transaksi transfer dari bank lain. Jika transfer berhasil maka berarti rekening masih aktif. 

Transfer bisa dilakukan melalui rekening Bank lain ataupun sesama Mandiri.  Sebagai contoh silahkan simak informasi mengenai “Cara Transfer BCA Ke Mandiri“.  Nah apabila transfer berhasil maka bisa dipastikan rekening masih aktif. 

4. Melalui ATM Mandiri

Sebagai nasabah bank Mandiri tentu saja akan dibekali kartu ATM. Nah, dari fitur kartu ATM tersebut maka dapat anda manfaatkan sebagai alat pengecekan kartu ATM masih aktif atau tidak.

Untuk langkah-langkah yang dapa dilakukan dalam proses pengecekan kartu ATM masih aktif atau tidak melalui ATM, sebagai berikut:

  1. Silahkan datangi gerai ATM Mandiri terdekat
  2. Sesampainya di gerai ATM, silahkan masukkan kartu ATM pada slot kartu yang tersedia dengan posisi yang benar
  3. Nasabah diminta untuk memilih bahasa transaksi yang terdapat dari bahasa Indonesia dan Inggris. Untuk mempermudahkan proses transaksi, silahkan pilih bahasa Indonesia
  4. Berikutnya, silahkan masukkan enam digit PIN ATM Mandiri dengan benar. Pastikan anda tidak salah memasukkan PIN ATM sebanyak tiga kali secara berurutan, karena sistem dapat memblokir kartu ATM secara otomatis
  5. Untuk proses pengecekan kartu ATM masih aktif atau tidak, maka nasabah dapat memilih menu transaksi berupa “Transfer, Tarik Tunai, Pembayaran, atau Pengecekan Saldo”
  6. Jika proses transaksi yang anda pilih gagal atau di tolak, hal tersebut menandakan bahwa kartu ATM anda sudah tidak aktif. Namun, jika transaksi tersebut berhasil dilakukan maka kartu ATM anda masih aktif.

Apakah Rekening Tidak Aktif Bisa Diaktifkan Kembali?

Biaya Admin Tabungan Mandiri

Banyak nasabah yang bertanya, apakah rekening Mandiri yang sudah tidak aktif bisa diaktifkan kembali? Sebenarnya bisa, namun tergantung dari status rekening. Apabila rekening dalam kondisi dormant maka bisa diaktifkan kembali dengan cara datang langsung ke kantor cabang terdekat.

Kesimpulan

Jika setelah dicek dan ternyata rekening Mandiri masih aktif maka anda bisa menggunakannya untuk bertrasanski di ATM ataupun melalui layanan mobile banking yang disediakan Bank Mandiri.

Beragam transaksi bisa dilakukan, seperti transfer, tarik tunai, hingga membayar tagihan. Semua transaksi tersebut hanya bisa dilakukan apabila rekening dalam keadaan aktif.

Nah apabila masih terdapat pertanyaan mengenai cara mengecek rekening Mandiri masih aktif atau tidak silahkan simak informasi berikut

Apa Penyebab Rekening Mandiri Tidak Aktif?

Salah satu penyebabnya adalah karena rekening tidak digunakan untuk bertransaksi selama 6 bulan dan saldo yang ada di rekening Rp. 0

Apa Ciri-Ciri Kartu ATM Mandiri Tidak Aktif?

Ciri-ciri tidak aktifnya kartu ATM yakni nasabah tidak dapat melakukan berbagai transaksi perbankan melalui fitur ATM tersebut.

Apa Bisa Mengecek Status Rekening Mandiri Secara Online?

Bisa. Anda bisa mengeceknya melalui aplikasi Livin’ by Mandiri. Silahkan buka aplikasi tersebut dan login menggunakan akun m-banking yang sudah dibuat sebelumnya. Jika bisa login maka berarti masih aktif

Apakah Rekening Yang Tidak Aktif Bisa Diaktifkan Kembali?

Bisa, namun tergantung status rekening itu sendiri. Untuk mengeceknya silahkan hubungi Mandiri Call di nomor 14000 atau datang langsung ke kantor cabang terdekat.

Sekian informasi mengenai cara mengetahui rekening Mandiri, apakah masih aktif atau tidak. Jangan lupa untuk menyimak artikel sebelumnya mengenai “Cara Mengetahui Nomor Rekening BRI” beserta dengan artikel-artikel menarik lainnya.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *