Cara Mengecek Saldo di ATM Mandiri
Perbankan

11 Cara Mengecek Saldo ATM Mandiri di Mesin ATM

Cara Mengecek Saldo ATM Mandiri – Bank Mandiri menjadi salah satu bank konvensional di Indonesia yang memiliki pelayanan baik untuk para nasabahnya. Selain pelayanan, para nasabah bank Mandiri juga akan dibekali fasilitas yang bisa digunakan untuk betransaksi seperti buku tabungan hingga kartu ATM.

Melalui kartu ATM, maka nasabah dapat melakukan sebuah transaksi seperti penarikan tunai, transfer atau kirim uang, pembayaran tagihan, pembayaran e-commerce, mutasi rekening hingga cek saldo. Kemudian untuk proses transaksi tersebut dapat dilakukan melalui gerai ATM Mandiri terdekat dari tempat nasabah.

Nah, saat ini bagi nasabah yang ingin melakukan transaksi melalui ATM tidak perlu khawatir karena bank Mandiri telah menyediakan gerai ATM yang telah tersebar hingga pelosok kota. Selain itu, untuk proses transaksi melalui ATM terbilang cukup mudah.

Mungkin masih banyak nasabah yang belum mengerti cara-cara transaksi melalui kartu ATM, salah satunya untuk cek saldo rekening. Sebenernya cara-cara yang harus dilakukan mudah, selain itu cek saldo rekening juga penting bagi nasabah sebelum melakukan transaksi seperti transfer, pembayaran tagihan, hingga tarik tunai.

Hal tersebut bertujuan agar proses transaksi nasabah tidak mendapatkan kendala karena tidak cukupnya saldo rekening. Untuk saat ini, kami akan memberikan sedikit informasi untuk anda mengenai cara cek saldo rekening melalui ATM Mandiri.

Hal-hal yang harus diperhatikan dan dilakukan nasabah dalam proses cek saldo, sebagai berikut:

Tutorial Cara Mengecek Saldo ATM Mandiri

Cara Cek Saldo ATM Mandiri

Cara Cek Saldo di ATM Mandiri

Bagaimana jika nasabah ingin melakukan transaksi cek saldo rekening Mandiri? sebenernya terdapat berbagai cara untuk melakukan transaksi tersebut, salah satunya cara konvesional yakni melalui gerai ATM. Untuk melakukan transaksi cek saldo melalui gerai ATM Mandiri, terdapat berbagai langkah yang harus dilakukan nasabah. Adapun langkah-langkahnya silahkan simak informasi berikut. 

  1. Pertama, silahkan cari dan datangi gerai ATM terdekat dari tempat tinggal anda. Untuk mendatangi gerai ATM Mandiri tersebut, jangan lupa membawa kartu ATM.
  2. Setelah sampai di gerai ATM Mandiri, silahkan masukkan kartu ATM pada slot kartu yang telah tersedia. Posisikan kartu ATM dengan benar atau dapat mengikuti contoh gambar stikker yang ada di bawah slot kartu, karena jika anda salah memasukkan kartu bisa mengakibatkan kerusakan kartu ATM.
  3. Anda akan disajikan dua pilihan bahasa transaksi yakni bahasa Indonesia dan Inggris. Untuk memudahkan proses transaksi, maka nasabah dapat memilih bahasa Indonesia atau bahasa yang paling dipahami.
  4. Berikutnya, silahkan masukkan PIN ATM yang terdiri dari enam digit angka. Pastikan nasabah tidak salah memasukkan PIN ATM hingga tiga kali secara berurutan, karena kartu ATM dapat terblokir secara otomatis. Jika suda memasukkan PIN ATM dengan benar, silahkan pilih menu “Enter”.
  5. Layar monitor akan menampilkan beberapa menu pilihan transaksi. Untuk transaksi cek saldo rekening Mandiri, maka nasabah dapat memilih menu “Transaksi Lainnya“.
    Transaksi Cek Saldo di ATM Mandiri
  6. Untuk melanjutkan proses transaksi cek saldo, maka nasabah dapat memilih menu “Informasi Saldo“.
  7. Langkah ketujuh, anda akan ditampilkan tiga menu yakni “Mandiri FiestaPoin, Informasi Saldo dan Informasi Budget”, untuk proses transaksi ini silahkan pilih menu “Informasi Saldo” kembali.
  8. Layar monitor akan menampilkan saldo ATM anda. Namun, untuk transaksi pengecekan saldo, nasabah tidak dapat melakukan cetak struk.
    Cara Mengecek Sisa Saldo ATM Mandiri
  9. Selanjutnya, layar monitor akan memberikan dua pilihan yakni melanjutkan transaksi atau tidak. Jika nasabah ingin melanjutkan transaksi maka pilih menu “YA” dan jika tidak ingin melakukan transaksi maka pilih menu “Tidak”.
  10. Ketika nasabah memilih menu “Tidak”, maka secara otomatis kartu ATM akan keluar melalui slot kartu.
  11. Silahkan ambil kartu ATM tersebut dan nasabah dapat meninggalkan gerai ATM. Nasabah dapat kembali ke gerai ATM Mandiri, jika akan melakukan sebuah transaksi kembali.

Cara mengecek saldo ATM Mandiri di mesin ATM merupakan cara yang termudah. Anda hanya perlu datang ke gerai ATM Mandiri terdekat, lalu masukan kartu ATM dan memiliki menu informasi saldo. Setelah itu akan muncul informasi saldo yang tersimpan di dalam rekening.

Biaya Cek Saldo di ATM Mandiri

Pasti banyak yang bertanya, apakah cek saldo di ATM Mandiri kena biaya?  Soal biaya tidak perlu khawatir, karena nasabah bank Mandiri tidak akan dikenakan biaya pengecekan saldo. Lalu bagiamana jika cek saldo di ATM Bank lain?

Apabila mengecek saldo di ATM Bank lain yang berlogo Link seperti ATM BNI, BRI, dan BTN maka tidak akan dikenakan biaya cek saldo. Sedangkan untuk ATM bank lain yang berlogo ATM Bersama dan ATM Prima akan dikenakan biaya cek saldo sebesar Rp 4.000/transaksi. Kemudian untuk ATM berlogo Visa/Plus dikenakan biaya Rp. 3.000/transaksi.

Kesimpulan

Selain cara mengecek saldo ATM Mandiri yang kami sampaikan di atas, sebenarnya masih ada cara lainnya yang jauh lebih cepat dan praktis, yakni menggunakan SMS Banking Mandiri. Nah untuk mengetahui seperti apa caranya, silahkan simak informasi berikut “Cara Cek Saldo SMS Banking Mandiri“.

Dengan SMS Banking Mandiri kita bisa cek saldo dimanapun dan kapanpun melalui handphone. Selain itu, Bank Mandiri juga menyediakan layanan Mobile Banking dan Internet Banking yang sama-sama bisa digunakan untuk mengecek saldo ATM Mandiri melalui handphone.

Meskipun lebih mudah dan lebih praktis, namun cara mengecek saldo ATM Mandiri lewat hp hanya bisa dilakukan jika nasabah telah mengaktifkan layanan internet, mobile, maupun SMS Banking Mandiri. Nah bagi yang belum mengaktifkan layanan perbankan tersebut, maka lebih baik mencoba cara mengecek saldo ATM Mandiri di mesin ATM terdekat. Nah apabila masih ada pertanyaan, silahkan simak halaman FAQ di bawah ini. 

Apakah Cek Saldo Mandiri di ATM Kena Biaya?

Apabila anda mengecek saldo di ATM Mandiri ataupun ATM Bank Lain berlogo Link maka tidak akan dikenakan biaya pengecekan saldo alias gratis.

Berapa Biaya Cek Saldo Mandiri di ATM Bank Lain?

Untuk ATM Bank lain berlogo ATM Bersama dan ATM Prima dikenakan biaya Rp. 4.000/transaksi. Sedangkan untuk ATM berlogo Visa/Plus dikenakan biaya Rp. 3.000/transaksi.

Mengapa Cek Saldo di ATM Mandiri Gagal?

Mungkin anda salah memasukan PIN ATM. Pastikan memasukan PIN ATM dengan benar. Jika sampai salah 3 kali berturut-turut maka kartu ATM akan diblokir.

Apakah Biasa Cek Saldo Selain di ATM Mandiri?

Bisa, alternatifnya adalah menggunakan layanan internet banking, sms banking, dan mobile banking mandiri.

Nah demikianlah informasi seputar cara mengecek saldo ATM Mandiri di mesin ATM. Semoga informasi di atas bermanfaat dan bisa menjadi solusi bagi nasabah Bank Mandiri yang belum mengetahui cara cek saldo di ATM Mandiri. Simak pula informasi sebelumnya mengencai cara mutasi rekening BCA di ATM dan beragam informasi menarik lainnya seputar dunia perbankan di Indonesia.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *