Cara Mengatasi Lupa Password Transaksi BNI Mobile
Perbankan

7 Cara Mengatasi Lupa Password Transaksi BNI Mobile Banking

Viralorchard.com – Banyak nasabah Bank BNI yang mengalami masalah lupa Password Transaksi BNI Mobile Banking. Padahal password tersebut sangatlah penting, karena transaksi hanya dapat dilakukan apabila memasukan Password Transaksi. Nah bagi yang lupa, silahkan simak caranya pada artikel berikut ini.

Karakter password transaksi BNI Mobile Banking cukup panjang, sehingga banyak nasabah lupa dengan password yang dibuat saat melakukan aktivasi mobile banking BNI. Sebenarnya Password Transaksi bukanlah satu-satunya sistem keamanan yang diberikan Bank BNI.

Selain Password Transaksi masih ada MPIN yang berguna sebagai kode keamanan saat mengakses aplikasi BNI Mobile Banking. Fungsinya memang, namun sama-sama digunakan untuk menjaga keamanan transaksi menggunakan aplikasi mobile banking BNI.

Bagi nasabah yang mengalami permasalahan tersebut, maka mau tidak mau anda harus mengganti password transaksi dengan yang baru. Adapun langkah penggantian password transaksi, silahkan simak ulasan viralorchard.com di bawah ini:

Cara Mengatasi Lupa Password Transaksi BNI Mobile Banking

Cara Mengganti Password Transaksi BN Mobile Banking

Fungsi Password Transaksi BNI

Sebelum membahas mengenai cara mengatasi lupa password transaksi, mari kita terlebih dahulu membahas mengenai fungsinya. Dilansir dari bni.co.id, fungsi Password Transaksi adalah sebagai kata sandi untuk otorisasi transaksi finansial menggunakan aplikasi BNI Mobile Banking.

Saat nasabah melakukan transaksi, maka akan diminta memasukan Password Transaksi. Password tersebut bersifat rahasia dan hanya boleh diketahui oleh pemilik rekening. Bahkan pihak Bank juga dilarang mengetahui password transaksi yang dimiliki nasabah.

Apabila Password Transaksi lupa dan akhirnya terblokir maka harus diganti. Jika tidak diganti maka dengan password baru maka nasabah tidak akan bisa bertransaksi menggunakan aplikasi BNI Mobile Banking. Lalu bagaimana cara menggantinya?

Cara Mengganti Password Transaksi BNI Mobile

Lupa MPIN BNI Mobile

Satu-satunya cara mengatasi lupa password transaksi BNI Mobile Banking adalah dengan membuat password baru. Cara menggantinya sangat mudah, karena bisa dilakukan secara langsung melalui aplikasi BNI Mobile. Nah untuk mengetahui bagaimana cara menggantinya, silahkan mengikuti setiap langkah di bawah ini.

  1. Silahkan buka aplikasi BNI Mobile yang telah terpasang di smartphone anda. Pastikan smartphone anda telah terkoneksi dengan jaringan internet stabil
  2. Setelah berhasil masuk pada aplikasi BNI Mobile, silahkan pilih menu “Lupa MPIN/ Password Transaksi” yang ada di bawah laman aplikasi
  3. Untuk langkah pertama penggantian password transaksi, maka anda diminta mengisi data-data berupa User ID BNI Mobile, Nomor Kartu Debit, serta Lokasi Negara. Jika semua data telah diisi, maka dilanjutkan dengan memilih menu “Ya Kirim OTP
  4. Silahkan cek menu pesan, maka anda akan menerima SMS berupa kode OTP dari pihak bank BNI. Untuk mendapatkan kode OTP ini, pastikan nomor handphone yang tersambung dengan BNI Mobile masih aktif dan memiliki saldo pulsa yang mencukupi
  5. Silahkan kembali lagi ke aplikasi BNI Mobile dan masukkan kode enam digit kode OTP yang tadi anda terima melalui pesan SMS. Jika pengguna tidak mendapatkan kode OTP atau kode OTP telah expired, silahkan klik menu “Kirim Ulang Kode OTP
  6. Langkah berikutnya anda diminta beberapa data MPIN/Pas yang meliputi Buat MPIN, konfirmasi MPIN, Buat Password Transaksi, Konfrimasi Password Transaksi. Silahkan buat MPIN sebanyak enam digit angka, sedangkan Password Transaksi merupakan kombinasi angka dan huruf dengan jumlah minimal 8 karakter dan maksimal 12 karakter. Perlu di ingat, meskipun permasalahan ini hanya lupa password transaksi tetapi pengguna tetap harus mengganti MPIN baru, tidak dapat menggunakan MPIN lama. Jika semua data-data pembuatan MPIN serta Password Transaksi sudah benar dan sesuai, maka dilanjutkan dengan memilih menu “Simpan
  7. Silahkan tunggu aplikasi BNI Mobile memproses permintaan anda dan jika berhasil, maka pengguna akan ditampilkan sebuah notifikasi bahwa proses ganti MPIN atau Password Transaksi telah berhasil dilakukan. Setelah proses penggantian Password Transaksi berhasil dilakukan, maka akun BNI Mobile anda sudah bisa digunakan kembali untuk bertransaksi.

Cara mengatasi lupa Password Transaksi BNI Mobile Banking sama saja dengan “Cara Ganti MPIN BNI Mobile Banking” yang kami sampaikan sebelumnya. Silahkan mengikuti setiap langkap di atas agar bisa kembali bertransaksi menggunakan aplikasi BNI Mobile Banking

Kesimpulan

Tutorial di atas juga berlaku bagi nasabah Bank BNI  yang mengalami masalah password transaksi BNI terblokir. Pemblokiran bisa terjadi apabila nasabah salah memasukan password sebanyak 3 kali berturut-turut. Jika hal tersebut terjadi maka secara otomatis passowrd transaksi BNI akan terblokir.

Demikian langkah-langkah yang dapat pengguna lakukan dalam proses mengatasi lupa password transaksi BNI Mobile Banking. Demi keamanan dan kelancaran proses transaksi berikutnya, sebaiknya pengguna benar-benar merahasiakan Password Transaksi kepada siapapun, serta mengingatnya agar tidak terjadi lagi permasalahan seperti ini. Terima kasih dan selamat mencoba.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *