Cara Mengatasi Lupa MPIN Mandiri Online Yang Terblokir
Perbankan

12 Cara Mengatasi Lupa MPIN Mandiri Online Yang Terblokir

Banyak nasabah Bank Mandiri yang mengalami masalah lupa MPIN Mandiri Online. Hal ini mengakibatkan MPIN Mandiri Online terblokir sehingga tidak bisa digunakan untuk bertransaksi menggunakan aplikasi mobile banking tersebut.

Fungsi MPIN adalah sebagai kode keamanan saat bertransaksi menggunakan aplikasi Mandiri Online. Kode tersebut besifat rahasia dan ada baiknya diganti secara berkala untuk meningkatkan keamanan bertransaksi.

Apabila ingin mengganti MPIN maka harus mengetahui MPIN yang digunakan saat ini. Apabila lupa maka tidak bisa melakukan penggantian MPIN . Sebab proses penggantian MPIN harus memasukan MPIN yang digunakan saat ini.

Tanpa adanya MPIN maka aplikasi Mandiri Online tidak bisa digunakan untuk transfer, bayar tagihan, beli pulsa, maupun transaksi finansial lainnya. Oleh karena itulah kami sarankan untuk segera melakukan penggantian MPIN Mandiri Online yang lupa maupun terblokir.

Yah, MPIN Mandiri Online bisa terblokir. Penyebabnya adalah karena salah memasukan MPIN sebanyak 3 kali berturut-turut. Lalu bagaimana cara mengatasi masalah tersebut? Untuk mengetahuinya silahkan simak informasi viralorchard.com berikut ini. 

Cara Mengatasi Lupa MPIN Mandiri Online

lupa mpin mandiri online

Satu-satunya cara mengatasi lupa MPIN Mandiri Online adalah dengan mengunjungi kantor cabang Mandiri terdekat untuk mengganti MPIN.  Sebenarnya aplikasi Mandiri Online menyediakan fitur untuk mengganti MPIN. Namun fitur tersebut hanya bisa digunakan apabila mengetahui MPIN sebelumnya.

Proses ganti MPIN di kantor cabang sangat mudah. Namun sebelum itu anda harus menyiapkan bebeapa persyaratan dokumen yang terdiri dari kartu ATM Mandiri, Buku Rekening Tabungan, serta Kartu Identitas diri berupa KTP.

Setelah semua persyaratan siap, maka selanjutnya tinggal mengurusi penggantian MPIN di kantor cabang. Nah untuk mengetahui prosedur ganti MPIN Mandiri Online terblokir  silahkan simak di bawah ini.

  1. Silahkan datangi kantor cabang bank Mandiri terdekat dengan membawa beberapa dokumen persyaratan
  2. Sesampainya di kantor cabang bank Mandiri Online, silahkan ambil nomor antrian untuk menuju customer service. Nasabah dapat meminta bantuan kepada satpam bank mengenai pengambilan nomor antrian dan tunggulah hingga nomor antrian anda terpanggil
  3. Setelah nomor antrian terpanggil, silahkan datangi petugas customer service dan beritahu tujuan anda yakni mengatasi lupa MPIN Mandiri Online
  4. Petugas customer service akan meminta beberapa data-data dokumen seperti buku rekening tabungan, KTP, serta kartu ATM, sebagai proses konfrimasi data yang ada di bank Mandiri
  5. Jika data-data tersebut telah sesuai, maka petugas customer service akan membantu anda dalam mereset MPIN Mandiri Online yang lupa.
  6. Setelah mendapatkan MPIN yang baru maka aplikasi Mandiri Online bisa kembali digunakan untuk bertransaksi

Bagi yang bertanya soal biaya tidak perlu khawatir. Sebab nasabah tidak akan dikenakan biaya penggantian MPIN di kantor cabang. Yang paling penting adalah harus menyiapkan semua persyaratan di atas agar proses penggantian MPIN berjalan lancar. 

Cara Ganti MPIN Mandiri Online

Apabila hanya sekedar ganti MPIN Mandiri Online maka caranya sangat mudah. Nasabah bisa melakukan penggantian MPIN melalui aplikasi Mandiri Online. Adapun caranya silahkan simak di bawah ini.

  1. Silahkan buka aplikasi Mandiri Online yang terpasang di smartphone pengguna. Kemudian login dengan memasukkan User ID serta Password. Jika User ID serta Password telah dimasukkan, maka dilanjut dengan memilih menu “Login
    Login Mandiri Online
  2. Jika telah berhasil login akun Mandiri Online, silahkan masuk ke menu utama di kiri layar atas ponsel anda
  3. Anda akan ditampilkan beberapa menu pilihan dan untuk melakukan penggantian MPIN, maka pilih menu “Pengaturan
    Cara Mengganti MPIN Mandiri Online
  4. Langkah selanjutnya, silahkan pilih menu “Ubah MPIN
    Cara Ganti MPIN Mandiri Online
  5. Untuk proses pembuatan MPIN baru, silahkan isi beberapa data-data yang meliputi MPIN saat ini, MPIN baru, serta Konfrimasi MPIN dengan cara memasukkan MPIN yang telah anda buat. Jika semua data-data tersebut telah diisi, maka dilanjut dengan memilih menu “Simpan Perubahan
    Ganti MPIN Berhasil
  6. Jika semua langkah-langkah di atas telah terselesaikan, maka anda akan ditampilkan notifikasi berupa “MPIN berhasil diubah” dan silahkan pilih menu “OK” untuk mengakhiri proses pergantian MPIN Mandiri Online.
    Ganti MPIN Berhasil

Cara ganti MPIN lewat aplikasi Mandiri Online memang sangat mudah. Kalian tinggal memilih menu Ubah MPIN pada menu pengaturan Mandiri Online. Setelah itu tinggal memasukan MPIN saat ini dan MPIN yang baru. Namun bagi yang masih bingung soal cara ganti MPIN silahkan buka situs resmi Bankmandiri.co.id  

Kesimpulan

MPIN Mandiri Online yang terblokir akan mengakibatkan nasabah Bank Mandiri tidak bisa bertransaksi menggunakan Mandiri Online. Sebab kode MPIN harus dimasukan saat melalukan pembayaran. Tanpa adanya kode tersebut maka aplikasi Mandiri Online hanya bisa digunakan untuk cek saldo dan mutasi rekening saja.

Yah, fungsi MPIN memang sangat penting. Oleh karena itulah kami sarankan untuk segera mengatasi MPIN Mandiri Online yang lupa dengan cara di atas. Nah apabila masih ada pertanyaan, silahkan simak halaman FAQ di bawah ini. 

Apa Fungsi MPIN Mandiri Online?

Fungsinya adalah sebagai kode keamanan saat bertransaksi secara finansial menggunakan Mandiri Online, seperti transfer, bayar tagihan, beli pulsa, dll

Apa Penyebab MPIN Terblokir?

MPIN akan terblokir apabila salah memasukannya 3 kali secara berturut-turut

Apakah Bisa Ganti MPIN Yang Lupa Lewat Mandiri Online?

Penggantian MPIN Mandiri Online yang lupa hanya bisa dilakukan di kantor cabang Mandiri terdekat.

Berapa Biaya Ganti MPIN Mandiri Online?

Proses penggantian MPIN di kantor cabang tidak dikenakan biaya.

Demikian langkah-langkah yang dapat anda lakukan dalam proses mengatasi lupa MPIN Mandiri Online. Setelah nasabah mendapatkan MPIN yang baru dr pihak bank Mandiri, sebaiknya ganti MPIN kembali melalui Mandiri Online demi keamanan aplikasi perbankan yang anda miliki.

Cukup sekian informasi viralorchard.com pada kesempatan kali ini. Simak pula artikel sebelumnya mengenai “Cara Mengatasi Internet Banking BCA Terblokir” dan beragam artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih dan selamat mencoba.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *