Cara Mengatasi KeyBCA Ke Lock
Perbankan

14 Cara Mengatasi KeyBCA Ke Lock : Syarat dan Biaya

Banyak nasabah bank BCA yang mengalami masalah KeyBCA ke lock. Bagi yang mengalami masalah ini tidak perlu khawatir karena cara mengatasi KeyBCA ke lock sangat mudah. Nah untuk mengetahui bagaimana caranya, silahkan simak informasi viralorchard.com berikut ini. 

KeyBCA adalah sebuah alat berbentuk remote yang berfungsi untuk mengeluarkan password saat bertransaksi menggunakan internet banking BCA (KlikBCA). Alat ini bisa didapatkan nasabah saat mengaktifkan internet banking BCA di kantor cabang. 

Dengan adanya token KeyBCA, maka nasabah bisa bertransaksi dengan aman. Sebab setiap transaksi finansial melalui KlikBCA harus memasukkan kode token yang dikeluarkan KeyBCA, sehingga transaksi menjadi lebih aman dan terjaga kerahasiannya. 

Cara menggunakan KeyBCA sangat mudah. Nasabah hanya perlu memasukan PIN KeyBCA, lalu mengikuti instruksi yang ditampilkan KlikBCA. Namun tak jarang nasabah mengalami KeyBCA ke Lock sehingga tidak bisa digunakan untuk bertransaksi. Lalu apa penyebab masalah tersebut dan bagaimana cara mengatasinya?

Tips Cara Mengatasi KeyBCA Ke Lock

keybca ke lock

Apabila pengguna internet banking BCA mengalami KeyBCA ke lock atau PIN terblokir, tentu saja terdapat beberapa penyebabnya. Nah, sebelum masuk pada pembahasan cara mengatasi KeyBCA yang ke lock, silahkan simak terlebih dahulu penyebab KeyBCA ke lock pada artikel viralorchard.com di bawah ini. 

Penyebab KeyBCA ke Lock

Penyebab yang sering terjadi oleh pengguna KeyBCA yakni lupa PIN atau salah memasukkan PIN hingga tiga kali secara berturut-turut. Dengan salah memasukkan PIN secara berturut-turut tersebut, maka KeyBCA akan terblokir atau Lock PIN.

Adapun penyebab kedua dari KeyBCA ke lock yakni apabila anda atau sodara anda iseng-iseng asal memencet tombol KeyBCA. Namun hal tersebut, seringkali dilakukan oleh anak-anak yang merasa ingin tahu atas benda kecil biru tersebut.

Penyebab lainnya adalah karena menaruh token KeyBCA pada tempat yang mudah terpencet secara tidak sengaja seperti di tas, saku, dll. Dengan demikian, maka KeyBCA akan ke lock secara otomatis karena tidak sengaja terpecet

Syarat Ganti KeyBCA Yang Ke Lock

Kesalahan memasukan PIN KeyBCA sebanyak tiga kali berturut-turut menjadi penyebab utama token KeyBCA ke lock. Untuk mengatasi masalah ini sangat mudah, anda bisa terlebih dahulu menghubungi Halo BCA di nomor 1500888 untuk mengetahui pengaktifannya.

Apabila tertanya KeyBCA tidak bisa diaktifkan kembali maka jalan satu-satunya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan melakukan penggantian Token KeyBCA di kantor cabang terdekat.

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar bisa melakukan penggantian KeyBCA. Adapun syaratnya silahkan simak di bawah ini. 

  1. Kartu ATM BCA
  2. Buku Tabungan
  3. Kartu identitas diri 
  4. KeyBCA yang terblokir
  5. Menyiapkan biaya penggantian KeyBCA

Cara Mengatasi KeyBCA ke Lock

Silahkan menyiapkan semua persyaratan di atas agar bisa melakukan penggantian KeyBCA yang ke lock. Setelah itu tinggal datang ke kantor cabang BCA terdekat dan mengikuti setiap prosedur di bawah ini. 

  1. Silahkan datangi kantor cabang bank BCA terdekat dengan membawa semua persyaratan di atas. 
  2. Sesampainya di bank BCA, silahkan ambil nomor antrian untuk menuju ke customer service
  3. Silahkan tunggu nomor antrian anda terpanggil
  4. Setelah nomor antrian terpanggil, silahkan datangi petugas customer service dan beritahu tujuan anda yakni KeyBCA ke Lock atau PIN KeyBCA terblokir
  5. Petugas customer service akan menanyakan kepada anda bagaimana kronologi kejadiannya dan pengguna diminta menyerakan beberapa persyaratan yang telah disiapkan
  6. Untuk proses mengatasi KeyBCA ke lock yakni dengan cara mengganti KeyBCA yang baru. Oleh sebab itu, pengguna diminta mengisi formulir pergantian KeyBCA yang diberikan oleh petugas customer service
  7. Setelah formulir terisi dengan lengkap, silahkan berikan kembali formulir tersebut kepada customer service
  8. Petugas customer service akan memberikan KeyBCA yang baru untuk penggunanya
  9. Untuk proses pergantian baru KeyBCA ini, pengguna tidak perlu lagi melakukan pengaktifan. Hal ini terjadi karena petugas customer service akan mengakses laman KlikBCA dan pengguna diminta login akun, kemudian KeyBCA akan diaktifkan oleh bantuan petugas customer service.

Biaya Penggantian KeyBCA Akibat Ke Lock 

Biaya penggantian KeyBCA selama masa garansi tidak dikenakan biaya. Bank BCA sendiri memberikan garansi selama 6 bulan sejak KeyBCA diaktifkan oleh nasabah. Nah apabila sudah melewati masa garansi maka nasabah akan dikenakan biaya penggantian KeyBCA sebesar Rp. 25.000

Sebagai informasi tambahan, garansi KeyBCA hanya berlaku untuk kerusakan yang bukan disebabkan oleh kelalaian nasabah seperti salah memasukan PIN KeyBCA, muncul kode error pada layar, keypad tidak merespon, dan beragam penyebab lainnya. Namun apabila karena kesalahan nasabah seperti pecah dan retak maka garansi tidak berlaku.

Biaya penggantian KeyBCA yang rusak karena kelalaian nasabah berbeda. Sebab nasabah akan dikenakan biaya sebesar Rp. 50.000. Kemudian untuk pembayaran penggantian KeyBCA bisa dilakukan secara langsung atau dengan memotong saldo tabungan.

Cara Ganti PIN KeyBCA Baru

Setelah pengguna mendapatkan token KeyBCA yang baru, maka secara otomatis KeyBCA sudah diaktifkan oleh petugas customer service dan telah diberikan PIN KeyBCA standar. Namun demi menjaga keamanan, sebaiknya pengguna ganti PIN KeyBCA standar ke PIN KeyBCA sesuai dengan keinginan anda.

Adapun langkah-langkah proses pergantian KeyBCA baru, sebagai berikut:

  1. Silahkan nyalakan KeyBCA dengan cara memencet tombol power yang berwarna merah
  2. Berikutnya, silahkan masukkan PIN KeyBCA yang telah diberikan oleh petugas customer service BCA
  3. Berikutnya layar KeyBCA akan muncul tulisan APPLI_, untuk itu silahkan tekan tombol segitiga sekali lagi hingga muncul keluar tulisan NEW PIN
  4. Langkah selanjutnya, silahkan masukkan enam digit PIN baru. Pastikan PIN baru anda udah diingat agar tidak lagi terjadi kesalahan PIN dan meskipun mudah, tetaplah menjaga kerahasiaan PIN KeyBCA
  5. Silahkan masukkan kembali enam digit PIN baru KeyBCA sebagai proses konfrimasi
  6. Ketika proses pergantian PIN KeyBCA berhasil, maka layar akan menunjukkan tulisan APPLI_ dan jika gagal maka layar memunculkan tulisan NEW PIN FAILED.

Nah, jika proses pergantian PIN KeyBCA gagal maka pengguna dapat mengulang kembali yakni dengan cara mengikuti langkah-langkah di atas hingga berhasil.

Cara Aktivasi KeyBCA

Langkah berikutnya, setelah pengguna berhasil mengganti PIN KeyBCA yang baru maka anda harus melakukan pengaman tambahan  yakni dengan cara aktivasi KeyBCA. Adapun langkah-langkah aktivasi KeyBCA, sebagai berikut:

  1. Silahkan buka internet banking BCA melalui website resmi https://ibank.klikbca.com/
  2. Berikutnya, silahkan login ke akun Klik BCA dengan cara memasukkan user ID serta PIN internet banking
  3. Silahkan pilih bahasa yang pengguna inginkan
  4. Langkah berikutnya, silahkan pilih menu “Administrasi” dan dilanjutkan dengan memilih menu “Aktvasi KeyBCA”
  5. Pengguna diminta mengisi kolom data seperti 16 digit nomor kartu ATM, nomor seri KeyBCA (dapat terlihat di belakang token BCA), terakhir diisi dengan respon KeyBCA APPLI 1 (caranya yakni dengan melihat point 9-12 berikut)
  6. Selanjutnya, silahkan ambil KeyBCA dan hidupkan
  7. Silahkan masukkan PIN KeyBCA dengan benar
  8. Layar KeyBCA akan menampilkan tulisan APPLI dan silahkan pilih tombol angka 1 pada token KeyBCA
  9. Layar KeyBCA akan memunculkan kode respon APPLI 1
  10. Silahkan masukkan kode respon tersebut pada KlikBCA
  11. Berikutnya, silahkan matikkan KeyBCA dengan cara menekan tombol merah
  12. Silahkan pastikan kolom laman Klik BCA telah terisi lengkap. Jika sudah lengkap, silahkan dilanjutkan dengan memilih menu “Send/Kirim”
  13. Jika proses aktivasi berhasil, maka layar akan menampilkan notifikasi bahwa anda telah berhasil melakukan aktivasi KeyBCA.

Kesimpulan

Fungsi KeyBCA memang sangat penting. Tanpa adanya alat ini maka nasabah Bank BCA tidak bisa melakukan transaksi finansial melalui internet banking BCA. Agar bisa bertransaksi kembali maka harus melakukan penggantian KeyBCA di kantor cabang terdekat dengan membawa semua persyaratan di atas. 

Proses penggantian KeyBCA sangat mudah. Yang paling penting semua persyaratan harus lengkap dan menyiapkan biaya penggantian KeyBCA. Nah, apabila masih ada pertanyaan mengenai cara mengatasi KeyBCA ke lock, silahkan simak FAQ di bawah ini:

Bagaimana cara mengatasi KeyBCA ke lock?

Cara mengatasi KeyBCA ke lock atau terblokir yakni dengan mendatangi kantor cabang bank BCA terdekat dan membawa beberapa persyaratannya.

Apakah cara mengatasi KeyBCA hilang sama seperti mengatasi KeyBCA ke lock?

Tentu sama. Namun, untuk KeyBCA hilang pengguna harus menyertakan surat kehilangan dari kepolisan

Apakah proses mengatasi KeyBCA hilang terdapat biaya?

Tentu. Untuk biayanya sebesar Rp 25.000, sebagai biaya penggantian token KeyBCA yang baru.

Apakah proses mengatasi KeyBCA ke lock, pengguna perlu melakukan mengaktifan kembali?

Tidak perlu, karena proses pengaktifan dibantu oleh petugas customer service. Pengguna hanya perlu mengganti PIN standar ke PIN keinginan serta aktivasi kembali KeyBCA.

Biaya penggantian KeyBCA yang ke lock bisa berubah sewaktu-waktu. Silahkan hubungi Halo BCA 1500888 untuk mengetahui biaya terbaru beserta persyaratan yang dibutuhkan. Selain itu, anda bisa menghubungi Halo BCA Chat melalui halaman bca.co.id. Cukup sekian informasi viralorchard.com pada kesempatan kali ini, simak pula artikel sebelumnya mengenai “Biaya Admin Mandiri Per Bulan” dan beragam artikel bermanfaat lainnya. 

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *