Cara Mengatasi BNI Mobile Tidak Bisa Login
Perbankan

7 Cara Mengatasi BNI Mobile Banking Tidak Dapat Login

PT Bank Negara Indonesia atau yang sering disebut sebagai bank BNI merupakan salah satu penyedia berbagai pelayanan perbankan terkemuka di Indonesia. Pelayanan perbankan yang diberikan bank BNI, memiliki tujuan untuk mempermudah nasabah dalam bertransaksi.

Salah satu bentuk pelayanan perbankan yang dikeluarkan oleh bank BNI adalah Mobile Banking. Untuk bertransaksi melalui Mobile Banking BNI, maka akan dibantu oleh aplikasi bernama BNI Mobile yang terpasang di smartphone pengguna.

Melalui BNI Mobile, nasabah tidak perlu lagi melakukan transaksi di unit cabang maupun gerai ATM karena cukup melakukan login akun BNI Mobile maka segala transaksi dapat terkendalikan. Namun perlu diketahui, meskipun bertransaksi melalui BNI Mobile hanya perlu login di aplikasi yang tersedia di smartphone tetapi masih saja kendala yang dihadapi penggunanya.

Adapun kendala yang kerap terjadi adalah pengguna gagal login akun BNI Mobile. Dengan adanya kendala tidak bisa login akun, mungkin para pengguna akan merasa bingung, jengkel hingga khawatir karena merasa sudah benar dalam memasukkan user name serta password akun BNI Mobile nya.

Sebenarnya dengan kendala tersebut, pengguna tidak perlu khawatir karena terdapat beberapa cara untuk mengatasinya. Nah, agar dapat mengetahui cara mengatasi BNI Mobile Banking tidak bisa login, silahkan simak ulasan ViralOrchard.com di bawah ini

BNI Mobile Tidak Bisa Login

Adanya kendala tidak dapat login akun BNI Mobile, tentu saja itu semua terdapat penyebabnya. Nah, sebelum masuk pada inti pembahasan bagaimana cara mengatasi BNI Mobile Banking tidak bisa login, sebaiknya anda ketahui terlebih dahulu beberapa penyebabnya.

Penyebab BNI Mobile Banking Tidak Bisa Login

Adapun penyebab-penyebab terjadinya pengguna tidak dapat login BNI Mobile, sebagai berikut:

  1. Baru mengganti handphone
  2. Nomor yang digunakan atau yang terdaftar dengan BNI Mobile terdapat di slot SIM 2
  3. Aplikasi BNI Mobile yang ada di smartphone anda belum diperbarui
  4. Salah memasukkan user name serta password. Adanya kesalahan dalam memasukkan user name serta password sebanyak tiga kali secara berturut maka mengakibatkan akun BNI Mobile terblokir secara otomasti oleh sistem
  5. Server sedang dalam perawatan (Maintenance
  6. Pengguna BNI Mobile belum mengaktifkan pelayanan SMS Premium. SMS Premium ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada pengguna BNI Mobile, setelah melakukan transaksi melalui BNI Mobile.

Cara Mengatasi BNI Mobile Tidak Dapat Login

Cara Mengatasi BNI Mobile Banking Tidak Dapat Login

Setelah mengetahui berbagai penyebab terjadinya kendala tidak dapat login akun BNI Mobile, maka kini saatnya anda ketahui bagaimana cara mengatasinya. Adapun cara mengatasi BNI Mobile Banking tidak dapat login cukup mudah, yakni sebagai berikut:

1. Nomor yang Digunakan Atau Terdaftar BNI Mobile Berada di Slot SIM 1

Sebagai pengguna BNI Mobile, maka saat melakukan pendaftaran akan dihubungkan dengan nomor handphone. Namun, setelah akun BNI Mobile terhubung dengan nomor handphone maka pastikan nomor tersebut berada di slot SIM 1 (berlaku bagi handphone dual SIM).

Hal ini dikarenakan, bahwa BNI Mobile hanya dapat terdeteksi jika nomor yang terdaftar berada di slot SIM utama atau SIM 1.

2. Mengaktifkan Pelayanan Pesan Teks Premium

Aktifnya pelayanan pesan teks premium pada BNI Mobile, sebenarnya sangat bermanfaat bagi penggunanya karena pengguna dapat mengetahui berbagai transaksi pengeluaran maupun pemasukan pada rekening BNI. Namun, banyak pengguna yang mengabaikan pelayanan pesan teks premium ini, sehingga terkadang mereka tidak bisa melakukan login akun.

Oleh karena itu, silahkan lakukan pengaktifan pelayanan pesan teks premium yakni dengan langkah berikut:

  1. Pilih pengaturan
  2. Pilih aplikasi
  3. Pilih menu icon dengan tiga titik yang berada di sudut kanan atas
  4. Pilih akses khusus
  5. Pilih gunakan layanan pesan teks premium
  6. Terakhir, silahkan pilih aktifkan.

3. Update Aplikasi BNI Mobile

Cara ketiga yang dapat dilakukan pengguna BNI Mobile jika tidak bisa login akun adalah melakukan update aplikasi BNI Mobile. Proses update aplikasi BNI Mobile sebenarnya hal yang mudah, karena hanya perlu melakannya di aplikasi PlayStore (bagi pengguna Android) atau AppStore (bagi pengguna iOS).

Adapun langkah update aplikasi BNI Mobile di PlayStore maupun AppStore, sebagai berikut:

  1. Silahkan buka aplikasi PlayStore maupun AppStore
  2. Silahkan ketik atau cari aplikasi BNI Mobile
  3. Berikutnya, silahkan pilih menu “Update” dan tunggulah beberapa saat hingga proses update berhasil dilakukan.

4. Mengganti User Name serta MPIN

Salah satu kendala tidak dapat login akun BNI Mobile yakni pengguna salah atau lupa dalam memasukkan user name atau MPIN. Dengan adanya kesalahan memasukkan username serta MPIN berturut-turut, maka mengakibatkan akun BNI Mobile terblokir oleh sistem.

Oleh sebab itu, apabila pengguna mengalami hal ini maka dapat mengganti baru user name serta MPIN. Adapun langkahnya, sebagai berikut:

  1. Silahkan buka aplikasi BNI Mobile
  2. Silakan pilih menu “Lupa MPIN/ Password Transaksi”
  3. Silahkan masukkan User Name, serta nomor kartu debit. Jika sudah, silahkan pilih menu “dropdown” untuk pemilihan lokasi negara dan dilanjut dengan memilih menu “Ya, Kirim OTP”
  4. Silahkan masukkan kode OTP yang telah dikirimkan melalui SMS ke nomor handphone yang terdaftar dengan BNI Mobile sebelumnya
  5. Berikutnya, pengguna diminta untuk membuat MPIN baru serta password transaksi baru. Jika sudah, silahkan pilih menu “SIMPAN”
  6. Pengguna akan mendapatkan sebuah notifikasi bahwa telah berhasil mengganti MPIN serta Password transaksi. Jika telah menerima notifikasi tersebut, maka anda sudah bisa menggunakan BNI Mobile kembali.

5. Update Webview pada Sistem Android

Bagi pengguna handphone Android, silahkan lakukan update Webview yang ada di PlayStore. Namun untuk melakukan update Webview, silahkan lakukan clear cache pada menu “Pengaturan” handphone anda dan pilihlah aplikasi “BNI Mobile” serta lakukan aktivasi kembali dari awal.

Selanjutnya, maka pengguna akan mendapatkan SMS berupa kode OTP yang di kirimkan dari pihak bank BNI. Dengan demikian, silahkan masukkan kode OTP pada aplikasi BNI Mobile anda.

6. Menghubungi Call Center BNI

Salah satu cara yang dapat anda lakukan dalam mengatasi kendala tidak bisa login akun BNI Mobile yakni menghubungi call center BNI. Untuk proses ini, biasanya pengguna akan ditanyakan mengenai keluhannya dan silahkan jawab bahwa anda tidak bisa mlakukan login akun BNI Mobile.

Adapun cara menghubungi call center BNI, silahkan hubungi melalui telefon di nomor 1500046 atau mengirimkan pesan ke akun twitter customer service BNI di alamat @BNICustomerCare.

7. Mendatangi Kantor Bank BNI Terdekat

Apabila langkah-langkah di atas telah dilakukan, namun anda tetap tidak bisa melakukan login akun BNI Mobile maka dapat mendatangi kantor bank BNI terdekat. Dalam proses ini, silahkan datangi petugas customer service dan beritahu tujuan anda yakni BNI Mobile gagal login akun.

Berikutnya, petugas customer service akan meminta beberapa persyaratan seperti buku tabungan, KTP/ SIM/ Passpor serta kartu debit. Setelah itu, maka petugas customer service akan membantu anda menyelesaikan permasalahan tidak dapat login akun BNI Mobile.

Kesimpulan

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara-cara mengatasi BNI Mobile Banking tidak dapat login akun. Sebenarnya untuk kendala tidak dapat login akun BNI Mobile adalah kesalahan dari penggunanya sendiri.

Meskipun kendala tersebut seringkali terjadi oleh penggunanya sendiri, tetapi bank BNI tetap memberikan kemudahan dalam mengatasi permasalahn ini.

FAQ 

Apabila masih terdapat pertanyaan mengenai cara mengatasi BNI Mobile Banking tidak dapat login, silahkan simak FAQ di bawah ini:

Saat Tidak Bisa Login, Apakah Saldo Rekening Tetap Aman?

Tentu saja aman. Jumlah saldo yang ada di rekening akan tetap aman dan tidak berkurang.

Untuk Mengatasi BNI Mobile Tidak Bisa Login, Apakah Dikenakan Biaya?

Tidak. Semua proses mengatasi kendala tidak dapat login akun BNI Mobile yakni gratis.

Setelah Berhasil Login Apakah Bisa Langsung Bertransaksi?

Tentu. Setelah kendala tidak dapat login BNI Mobile terselesaikan, maka pengguna sudah bisa melakukan transaksi kembali di pelayanan Mobile Banking BNI.

Bagaimana Cara Bertransaki Pada Saat BNI Mobile Banking Tidak Bisa Login?

Sebagai alternatif anda bisa bertransaksi di gerai ATM BNI terdekat.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara mengatasi BNI Mobile Banking tidak bisa login akun. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menjadi sebuah referensi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Simak pula artikel sebelumnya mengenai “Cara Cek Saldo Flazz BCA” dan beragam artikel bermanfaat lainnya.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *