Cara Mengatasi ATM BNI Terblokir Tanpa Ke Bank
Perbankan

14 Cara Mengatasi ATM BNI Terblokir Tanpa Ke Bank

Viralorchard.com – Banyak nasabah BNI yang menanyakan, bagaimana cara mengatasi ATM BNI terblokir tanpa ke bank? Caranya cukup mudah, namun tergantung dari kasus yang menyebabkan kartu ATM terblokir. 

Bank Negara Indonesia atau yang dikenal sebagai bank BNI merupakan salah satu bank milik pemerintahan Indonesia (BUMN). Bank BNI memiliki beberapa jenis rekening tabungan yang dapat dimiliki oleh semua masyarakat Indonesia.

Melalui rekening tabungan BNI, maka masyarakat Indonesia dapat mengelola keuangannya lebih baik dan aman. Jika anda sebagai pemilik salah satu jenis rekening tabungan BNI, maka akan diberikan fasilitas pelayanan kemudahan transaksi yakni kartu ATM.

Pemilik rekening BNI dapat melakukan segala bentuk transaksi mulai dari setor tunai, tarik tunai, transfer, pembayaran, hingga investasi di gerai-gerai ATM BNI atau para agen ATM mini BNI yang telah tersebar di berbagai daerah terpencil. Namun untuk melakukan transaksi dengan kartu ATM, pemilik harus menyertakan PIN ATM untuk memverifikasi transaksi serta demi meningkatkan kenyaman dan kenyamanan transaksi.

Tetapi sebagai manusia biasa, banyak pemilik kartu ATM yang lupa PIN ATMnya bahkan hingga salah memasukkan PIN ATM sebanyak tiga kali. Jika telah salah memasukkan PIN ATM sebanyak tiga kali, maka secara otomatis kartu ATM akan terblokir oleh sistem.

Nah jika mengalami hal tersebut, maka kartu ATM anda tidak bisa digunakan untuk bertransaksi. Sebenarnya terjadinya kartu ATM terblokir tidak hanya salah memasukkan PIN ATM saja, bisa juga disebabkan oleh penyalahgunaan kartu ATM oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Tutorial Cara Mengatasi Kartu ATM BNI Terblokir

Cara Mengatasi ATM BNI Terblokir

Bagi pengguna kartu ATM BNI yang mengalami hal ini, tentu saja resah dan merasa bingung bagimana cara mengatasi ATM BNI terblokir. Banyak nasabah yang beranggapan jika kartu ATM terblokir maka semua saldonya akan habis.

Nasabah Bank BNI tidak perlu khawatir jika mengalami kartu ATM terblokir. Sebab saldo yang tersimpan di dalam rekening tetap aman. Nah yang jadi pertanyaan, bagaimana cara mengatasi ATM BNI terblokir, apakah bisa tanpa ke bank?

Cara Mengatasi Kartu ATM BNI Terblokir Tanpa Ke Bank

Ada dua kondisi ATM BNI terblokir. Kondisi yang pertama adalah karena kesalahan memasukan PIN ATM sebanyak 3 kali sehingga membuat kartu ATM terblokir. Sedangkan untuk kondisi kedua adalah karena kartu ATM hilang, tertelan atau rusak.

Nah apabila pemblokiran kartu ATM dikarenakan salah memasukan kode PIN, maka nasabah tidak perlu datang ke kantor cabang Bank. Cara mengatasinya cukup dengan mengubungi layanan Call Center BNI di nomor 1500046.

Sebelum menghubungi BNI Call, pastikan sudah mengingat PIN Kartu ATM. Jika masih lupa maka akan percuma. Sebab petugas BNI Call hanya sebatas membuka kartu ATM yang terblokir dan tidak berhak untuk mengganti PIN kartu ATM.

Bagi yang sudah mengingat pin kartu ATM yang terblokir, maka bisa mencoba cara mengatasi ATM BNI terblokir tanpa ke bank dengan menghubingi BNI Call. Adapun prosedurnya silahkan simak di bawah ini.

  1. Silahkan hubungi BNI Call di nomor 1500046
  2. Jika telah tersambung dengan petugas call center BNI, maka beritahu tujuan anda yakni mengaktifkan kembali kartu ATM yang terblokir
  3. Berikutnya, customer service akan meminta data-data serta informasi yang diperlukan seperti nomor ATM, nama anda, nama ibu kandung, serta nomor ponsel yang telah terdaftar sebelumnya saat pembuatan rekening BNI
  4. Petugas call center akan mengecek data-data anda
  5. Silahkan tunggu petugas call center mengaktifkan ATM anda kembali. Untuk proses pengaktifan kartu ATM kurang lebih 10 menit dan jika berhasil, maka kartu ATM anda sudah bisa digunakan kembali untuk bertransaksi.

Layanan BNI Call siap melayani nasabah Bank BNI yang mengalami masalah ATM BNI terblokir selama 24 jam non-stop. Namun perlu diingat, setiap panggilan akan dikenakan biaya sesuai tarif masing-masing provider.

Cara Buka Blokir ATM BNI Lewat Kantor Cabang

Bagi nasabah Bank BNI yang mengalami masalah lupa PIN ATM sehingga mengakibatkan kartu ATM terblokir maka bisa datang ke kantor cabang BNI terdekat dengan membawa beberapa persyaratan sebagai berikut.

  1. Kartu identitas (KTP)
  2. Buku tabungan
  3. Kartu ATM

Cara mengatasi ATM BNI terblokir ini juga berlaku bagi nasabah yang mengalami kartu ATM hilang, rusak, atau tertelan. Jangan lupa menyiapkan semua persyaratan di atas, lalu tinggal mengikut prosedur membuka blokir kartu ATM BNI di bawah ini.

  1. Silahkan datangi kantor cabang bank BNI terdekat dengan membawa persyaratan di atas.
  2. Sesampainya di kantor cabang bank BNI, silahkan ambilah nomor antrian untuk menuju customer service. Anda dapat meminta bantuan kepada satpam bank BNI dalam proses pengambilan nomor antrian di mesin antri
  3. Silahkan tunggu hingga nomor antrian anda terpanggil
  4. Setelah nomor antrian terpanggil, silahkan datangi customer service dan beritahu tujuan anda yakni mengaktifkan kembali kartu ATM yang terblokir
  5. Silahkan berikan semua persyaratan yang telah anda siapkan kepada petugas customer service
  6. Petugas customer service akan memproses aktivasi kartu ATM kembali
  7. Selanjutnya, anda diminta memasukkan PIN ATM baru yang terdiri dari enam digit angka dan pastikan nomor PIN anda dirahasiakan oleh siapapun termasuk petugas bank
  8. Silahkan masukkan kembali PIN ATM baru untuk proses verifikasi (pastikan anda tidak lupa lagi PIN ATM yang baru)
  9. Proses pengaktifan kembali kartu ATM BNI anda berhasil dan kartu ATM sudah bisa digunakan kembali untuk bertransaksi.

Customer service BNI akan membantu nasabah mengganti PIN ATM BNI yang terblokir agar bisa kembali digunakan untuk bertransaksi di mesin ATM. Setelah PIN berhasil diganti maka jangan lupa mengganti PIN secara berkala demi menjaga keamanan rekening.

Proses penggantian PIN bisa dilakukan lewat ATM dan Mobile Banking. Bagi yang penasaran ingin mengetahui caranya, silahkan simak informasi berikut “Cara Ganti PIN ATM BNI“.

Kesimpulan

Setelah mengetahui cara mengatasi ATM BNI terblokir tanpa ke bank, maka anda tidak perlu lagi panik. Sebab cara mengatasi masalah ini sangatlah mudah. Anda hanya perlu menghubungi Call Center BNI (BNI Call) dengan catatan masih mengingat PIN ATM.

Apabila lupa dengan PIN ATM maka jalan satu-satunya untuk mengatasi masalah ATM BNI terblokir adalah dengan datang langsung ke kantor cabang BNI terdekat. Nah apabila masih ada pertanyaan seputar cara mengatasi ATM BNI terblokir, silahkan simak halaman FAQ di bawah ini.

Apa Penyebab Kartu ATM BNI Terblokir?

Biasanya disebabkan oleh kesalahan memasukan PIN kartu ATM sebanyak 3 kali berturut-turut. Selain itu, kartu ATM BNI bisa terblokir karena kartu ATM hilang, tertelan, rusak dan masa kadaluarsa habis.

Apakah Kartu ATM BNI Yang Terblokir Bisa Diaktifkan Kembali?

Bisa, caranya adalah dengan menghubungi BNI Call di nomor 1500046 atau datang langsung ke kantor cabang BNI terdekat.

Apakah Buka Blokir ATM BNI Dikenakan Biaya?

Biaya hanya dibutuhkan apabila terpaksa harus mengganti kartu ATM. Namun apabila hanya sekedar membuka blokir kartu ATM maka tidak dikenakan biaya sama sekali (Gratis).

Apakah Saldo Rekening Tetap Aman?

Anda tidak perlu khawatir saldo akan hilang. Sebab yang diblokir hanya kartu ATM saja. Banyak anda tetap bisa bertransaksi menggunakan layanan perbankan lainnya seperti mobile banking, sms banking, dan internet banking.

Cukup sekian informasi seputar cara mengatasi ATM BNI terblokir. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi nasabah Bank BNI yang mengalami masalah kartu ATM terblokir. Simak pula artikel sebelumnya mengenai “Cara Enable Kartu ATM BRI” dan beragam informasi seputar dunia perbankan di Indonesia.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *