Perbankan

11 Cara Mengambil Uang di ATM BNI Beserta Gambarnya

Viralorchard.com Banyak nasabah bank BNI yang belum mengetahui cara mengambil uang di ATM BNI. Padahal cara menarik uang di ATM BNI sangatlah mudah. Caranya tidak berbeda jauh dengan ATM bank lainnya.

Bank BNI sendiri merupakan sebuah institusi bank milik pemerintah atau perusahaan BUMN yang menyediakan pelayanan tentang keuangan. Biasanya orang menggunakan bank BNI, sebagai tempat menyimpan uang yang aman dan terpercaya.

Selain menjadi tempat penyimpanan uang yang aman dipercaya, bank BNI juga menyediakan pelayanan modern untuk memudahkan nasabahnya. Bank BNI menyediakan pelayanan kartu debit atau ATM, semua uang nasabah yang tersimpan di rekening BNI akan otomatis masuk ke kartu ATM.

Adanya kartu ATM BNI sangat memudahkan nasabah untuk mengambil uang tabungannya yang telah tersimpan di bank BNI atau transaksi yang lain seperti transfer, pembayaran merchant dan cek saldo. Tanpa harus mendatangi  dan mengantri di kantor cabang bank BNI, nasabah dapat melakukan berbagai transaksi di gerai ATM BNI.

Melakukan sebuah transaksi dengan ATM cukup mudah, karena dengan hitungan menit maka nasabah dapat berhasil melakukan sebuah transaksi. Salah satu contoh transaksi yang sering digunakan di gerai ATM BNI adalah mengambil atau menarik uang.

Cara mengambil uang di ATM BNI hanya membutuhkan beberapa menit saja. Kami yakin semua orang bisa melakukannya. Namun bagi kalian yang belum mengetahui cara mengambil uang di ATM BNI, silahkan mengikuti setiap langkah yang kami sampaikan di bawah ini agar bisa menarik uang di ATM BNI secara amna.

Tutorial Cara Mengambil Uang di ATM BNI

ATM BNI Terdekat

1. Datangi Gerai ATM BNI Terdekat

Cara mengambil uang di ATM BNI yang pertama adalah silahkan mencari dan datangi gerai ATM BNI terdekat. Saat ini mengambil uang melalui ATM BNI sangat dipermudah, karena banyaknya gerai ATM BNI yang telah tersebar diseluruh penjuru Indonesia.

Sebelum anda menarik uang di ATM BNI, sebaiknya cari pecahan nominal pengambilan yang tertera di mesin ATM. Pecahan nominal di ATM biasanya berupa stiker yang menempel di mesin.

Jumlah pecahan nominal di ATM BNI sangat beragam, mulai dari 20.000, 50.000 hingga 10.000. Hal tersebut akan berpengaruh terhadap jumlah nominal yang akan di ambil oleh nasabah.

Sebaiknya, jika anda ingin mengambil uang dengan kelipatan 20.000 atau 50.000 pakailah mesin ATM pecahan tersebut. Namun, jika ingin mengambil uang dengan nominal 100.000 dapat memakai mesin ATM pecahan 100.000,  50.000 atau 20.000.

2. Masukkan Kartu ATM

Cara Ambil Uang di ATM BNI

Setelah langkah 1 dan 2 terlewati, silahkan masukkan kartu ATM BNI anda pada slot yang telah disediakan. Slot untuk memasukkan kartu ATM disediakan di sebelah kanan mesin ATM dengan bentuk garis tipis dengan ukuran sebesar kartu.

Pastikan untuk memasukkan kartu ATM dengan benar, seperti yang tertera distiker yang tertera di atas slot. Jika anda salah memasukkan, maka kartu ATM anda akan tertahan, rusak, bahkan dipaksakan kartu anda dapat tertelan.

3. Pilihlah Bahasa

Cara Mengambil Uang di Mesin ATM BNI

Jika kartu ATM berhasil dimasukkan, maka akan muncul laman yang berisi pemilihan bahasa. ATM BNI menyediakan dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Untuk memudahkan anda bertransaksi gunakanlah bahasa Indonesia. Namun, jika anda pandai menggunakan bahasa Inggris maka dapat menggunakannya atau gunakanlah bahasa sesuai dengan keinginan.

4. Masukkan PIN ATM

Cara Mengambil Uang di ATM BNI

Selanjutnya, anda diminta memasukkan PIN ATM. Masukkan PIN ATM yang terdiri dari 6 digit angka.

Pastikan anda selalu hafal dengan PIN ATM anda, karena jika anda lupa sebanyak 3 kali dalam memasukkan PIN secara otomatis sistem akan memblokir kartu dan tidak dapat digunakan lagi. Jalan satu-satunya jika kartu ATM anda terblokir yaitu mengurus secara manual di kantor cabang bank BNI.

5. Menu Penarikan Cepat

Cara Mengambil Uang di Mesin ATM BNI

Selesai memasukkan PIN ATM, maka anda akan dibawa ke laman penarikan cepat yang berisi paket nominal pengambilan uang. Jika pilihan paket nominal tertera di layar monitor, pilihlah jumlah jumlah uang yang akan anda ambil dengan menakan ditombol disamping pilihan tersebut.

6. Memilih Nominal Penarikan

Cara Tarik Tunai ATM Mandiri

Namun, jika pilihan nominal yang anda pilih tidak ada di layar monitor maka pilihlah “Menu Lain“, lalu pilih “Penarikan Tunai“.

7. Memasukan Nominal Penarikan

Tarik Tunai ATM BNI

Selanjutnya, anda akan diminta memasukkan jumlah nominal yang diinginkan secara manual melalui pinpad, jika telah selesai dilanjutkan dengan memilih menu “Benar“. 

8. Memilih Sumber Dana

Rekening Tabungan

Jika telah menentukan jumlah nominal yang dipilih, anda diminta memilih sumber dana yang akan ditarik. Sumber dana di bank Mandiri ada dua yaitu Giro dan Tabungan. Untuk mengambil uang di ATM, pilihlah sumber dana “Tabungan“.

9. Mengkonfrimasi Pencetakan Struk atau Resi

Cetak Struk

Pada konfrimasi pencetakan struk, anda diminta apakah ingin mencetak struk atau tidak. Jika ingin mencetak struk, pilihlah menu “Ya” dan jika tidak menginginkan pilihlah menu “Tidak“.

10. Menunggu Uang Keluar Dari Mesin ATM

Menunggu Uang Keluar Dari ATM

Langkah kesembilan yaitu menunggu jumlah uang yang keluar dari mesin ATM. Tunggulah beberapa detik untuk mesin menghitung uang dan mengeluarkan jumlah uang yang dipilih. Uang akan keluar pada slot pengeluaran uang yang terdapat di bawah pinpad.

11. Mengkomfrimasi Penyelesaian Transaksi

Tidak

Terakhir, anda perlu mengkonfrimasi yang bertuliskan “apakah anda ingin melanjutkan transaksi ya atau tidak”. Jika anda tidak ingin melanjutkan transaksi, pilihlah menu “Tidak” dan tunggulah ATM anda keluar dari mesin ATM.

Kesimpulan

Bagaimana Cara Mengambil Uang di ATM BNI Agar Aman?

Ada beberapa tips cara mengambil uang di ATM BNI secara aman. Yang pertama adalah selalu menutupi posisi tangan saat memasukan PIN ATM. Kami juga menyarankan untuk selalu mengganti PIN ATM secara berkala dan jangan beritahukan PIN ATM ke orang lain.

Apabila ada kendala pada mesin ATM kami sarankan untuk langsung menghubungi BNI Call 1500046. Sebab terkadang ada nomor handphone palsu yang bertujuan untuk membobol rekening korban apabila mengalami kejadian ATM tertelan atau tidak bisa keluar.

Berapa Maksimal Penarikan ATM BNI Per Hari?

Setiap kartu debit memiliki jumlah limit masing-masing untuk melakukan penarikan uang di mesin ATM setiap harinya. Bagi nasabah yang menarik jumlah uang melebihi kapasitas, maka mesin ATM akan secara otomatis menolak penarikan uang. Adapun limit yang diberikan perhari adalah sebesar Rp. 10.000.000 untuk kartu ATM BNI Platinum dan Gold. Sedangkan untuk kartu ATM BNI Silver maksimal Rp. 5.000.000 perhari.

Apakah Bisa Menarik Uang Lebih Dari Limit Perhari?

Bagi nasabah yang ingin mengambil uang melebihi limit penarikan haruslah mengambil uang melalui kantor cabang bank BNI atau menunggu hari berikutnya.

Mengapa ATM BNI Tidak Bisa Digunakan?

Apabila menjumpai ATM BNI yang tidak bisa digunakan, maka kemungkinan penyebabnya dikarenakan kerusakan pada mesin ATM. Penyebab lainnya adalah karena uang yang ada di mesin ATM sudah habis.

Mengapa Struk ATM BNI Tidak Keluar?

Apabila struk tidak keluar, kemungkinan kertas struk sudah habis. Nasabah Bank BNI tidak perlu khawatir apabila mengalami hal tersebut karena tidak akan berpengaruh terhadap jumlah saldo.

Bagaimana Jika ATM BNI Tertelan dan Tidak Mau Keluar?

Jika mengalami hal ini, kami sarankan untuk langsung menghubungi BNI Call di nomor 1500046 agar kartu ATM yang tertelan bisa diblokir. Untuk mengaktifkannya kembali, kalian bisa mendatangi ke kantor cabang BNI terdekat agar mendapatkan kartu ATM yang baru.

Nah demikianlah informasi mengenai cara mengambil uang di ATM BNI. Bisa dikatakan caranya sangat mudah dan tidak berbeda jauh dengan cara tarik tunai di ATM Mandiri ataupun bank lainnya. Cukup sekian informasi viralorchard.com kali ini. Simak pula informasi mengenai cara mendaftar Mandiri Online pada artikel sebelumnya.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *